Pengertian Operating system dan Fungsi-funsinya Beserta Tipe OS

Sumber Gambar: zhato-TECH.id
Sebelum kita membahas tentang Sistem operasi pasti anda belum mengatahui dimana sistem operasi itu digunakan, Maka  menjawabnya pada umumnya sistem operassi digunakan di perangkat komputer, handphone, smartphone, serta Gadget lainya. 


Pengertian Sistem Operasi (Operating system)

Os atau Sistem Operasi (Operating Sistem)  adalah software lapis pertama atau komponen yang digunakan untuk suatu perangakat yang berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi dari perangkat keras(Hardware) yang  dengan perangkat lunak (Software) disuatu perangkat (Device). Operating System merupakan nyawa bagi suatu perangkat electronic seperti komputer, smartphone, dan lain sebagainya. Tanpa adanya Os maka perangkat tersebut hanyalah benda yang tidak bermanfaat. Dalam sistem operasi terdapat Kernel yang merupakan bagaian kode yang bertugas untuk menjallankan tugas tugas utama/pokok dan umum. Contoh sistem operasi: Microsoft Windows, Linux, Mac Os, DOS, Android, dll.

Baca Juga: Pengertian Food & Beverage - Struktur Organisasi F&B Departmant dan Job Desk Section F&B Service Secara Lengkap

Pengertian Sistem Operasi Menurut Ahli

  1. Abraham Silberschatz, Galvin, Gagne (2003) Sistem operasi adalah sebuah program yang bekerja sebagai perantara antara client atau pengguna dengan hardware komputer.
  2. Iim Rusyamsi  Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mengontrol perangkat keras dan juga operasi dasar dari sistem lainnya termasuk dalam menjalankan program aplikasi.
  3. M. Suyanto Sistem operasi merupakan sebuah sistem yang terdiri dari beberapa komponen software atau perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk mengontrol semua kegiatan yang telah dilakukan oleh komputer.
  4. Fery Indayudha Sistem yang diperlukan supaya komputer bisa menjalankan seluruh aplikasi program maupun software yang ada di dalamnya.
  5. Sunarto Software yang dapat berkomunikasi langsung dengan hardware.
  6. Mc Leod - Program komputer yang berfungsi sebagai pengendali sumber daya hardware serta software yang terdapat di dalam komputer.
  7. Ali Zaki Sistem operasi merupakan software atau perangkat lunak yang mengoperasikan komputer.
  8. Haer Talib - Program utama yang langsung berinteraksi lewat bahasa yang dikenal oleh mesin komputer yakni bahasa komputer.
  9. Zainal Abidin Program pertama komputer yang ada di dalam sebuah komputer.


Fungsi dari Sistem Operasi (Operating System) antara lain:

  1. Interface (Antar muka) berfungsi untuk memudahkan  pengguna atau user  untuk menggunakan perangkat keras dengan disediakanya tampilan (Display) yang user friendly (mudah untuk dipahami dan dimengerti serta lebuh bersahabat. 
  2. Coordinator berfungsi untuk mengatur semua perangkat lunak (Software) yang berupa aplikasi yang sedang digunakan atau dijalankan didalam perangkat agar dapat berjalan lancar. Selain itu Os juga befungsi untuk  menglola semua aktivitas yang terkait atau berhubungan dengan perangkat keras (hardware) baik itu Input Device maupun Output Device. 
  3. Optimizer  berfungsi sebagai pengaksesan basis data serta penjadwalan masuk atau input data oleh pengguna atau user dan prosess komputasi dan penggunaan 
  4. Accountant berfungsi untuk mengatur penggunaan memory dan disk storage, mengatur waktu CPU dan waktu koneksi Terminal 
  5. Server berfungsi untuk melayani segala kebutuhan yang diperlukan oleh seorang pengguna perangkat atau User 
  6. Interpretasi dalam sistem operasi yang berfungsi sebagai instruksi instruksi perangkat kepada pengguna atau User. Bertugas sebagai penerjemah dan Perintah -perintah  antara pengguna kepada sistem. 
  7. Resource manager  berfungsi untuk mengelola sumber daya  serta mengalokasikanya seperti Memory, Disk drive, dan CPU 
  8. Gate Keeper berfungsi untuk mengendalikan serta mengawasi  siapa saja yang berhak dan diberi hak untuk memasuki sistem dan mengawasi hal hal yang dilakukan oleh Nya. 
  9. Guardian  bertugas untuk memegang kendali proses dari sistem tersebut serta melindungi atau memproteksi file pada perangkat. Selain itu juga dapat berfungsi untuk mengatur siapa saja yang diberi izin untuk masuk kedalam perangkat kita.

Tipe OS

Berikut ini beberapa tipe dari sistem operasi, antara lain:

  1. Stand-alone Sistem operasi stand-alone merupakan OS lengkap yang bertugas di dalam komputer desktop maupun perangkat komputer yang bergerak.Beberapa sistem dari operasi ini juga dikenal dengan sistem operasi client sebab OS ini bisa bekerja sama dengan sistem operasi jaringan.OS ini bisa bekerja dengan jaringan maupun tanpa jaringan sekalipun, karena pada dasarnya OS stand-alone disertakan dengan kemampuan terhadap jaringan sehingga akan memungkinkan user untu membuat jaringan.
  2. Jaringan Sistem Operasi jaringan merupakan sebuah sistem operasi yang dibikin secara khusus guna mendukung sebuah jaringan. Atau pada umumnya OS ini ada di dalam suatu server di jaringan komputer.
  3. Embedded Sistem operasi  Embedded pada umumnya ada di dalam komputer mini seperti, smartphone, OS yang ditanam pada Chip ROOM pada komputer mini.
  4. Live CD Sistem operasi live CD adalah sebuah sistem yang bisa dijalankan dengan memakai CD ROOM atau tanpa memakai OS yang disimpan dalam hard disk.Pada mulanya, OS ini terbuat dari sistem operasi stand-alone yang fungsinya diminimalkan, sehingga dijalankan dengan menggunakan piringan DVD atau juga USB.
  5. Tujuan khusus Sistem operasi ini dibuat secara khusus untuk tujuan dari yang skala kecil hingga sistem operasi dengan skala lebih besar.


Layanan Sistem Operasi


Sebuah sistem operasi yang baik menurut Tanenbaum harus memiliki layanan sebagai berikut:pembuatan program, eksekusi program, pengaksesan I/O Device, pengaksesan terkendali terhadap berkas pengaksesan sistem, deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan, serta akunting.
Pembuatan program yaitu sistem operasi menyediakan fasilitas dan layanan untuk membantu parapemrogram untuk menulis program; Eksekusi Program yang berarti Instruksi-instruksi dan data-dataharus dimuat ke memori utama, perangkat-parangkat masukan/ keluaran dan berkas harus di-inisialisasi, serta sumber-daya yang ada harus disiapkan, semua itu harus di tangani oleh sistem operasi; Pengaksesan I/O Device, artinya Sistem Operasi harus mengambil alih sejumlah instruksi yang rumit dan sinyal kendali menjengkelkan agar pemrogram dapat berfikir sederhana dan perangkat pun dapat beroperasi; Pengaksesan terkendali terhadap berkas yang artinya disediakannya mekanisme proteksi terhadap berkas untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas; Pengaksesan sistem artinya pada pengaksesan digunakan bersama (shared system); Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sejumlah sumber-daya dan data dari pemakai tak terdistorsi serta menyelesaikan konflik-konflik dalam perebutan sumber-daya; Deteksi dan Pemberian tanggapan pada kesalahan, yaitu jika munculpermasalahan muncul pada sistem komputer maka sistem operasi harus memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi serta dampaknya terhadap aplikasi yang sedang berjalan; dan Akunting yang artinya Sistem Operasi yang bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber-daya dan memonitor parameter kinerja.

 Contoh operating system

Contoh operating system adalah PC- DOS (Personal Computer Disk Operating System), MS- DOS (Microsoft Disk Operating System), Microsoft Windows (Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows Vista, Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8), Linux, Unix, MAC OS (Macintosh Operating Sistem), IBM OS/2, Free BSD, Chrome OS, Solaris dan lain-lain.

Baca Juga: Food and Beverage Service adalah - Tujuan , Tugas Dan Tanggung jawab, Macam-Macam dan Istilah Dalam Food and Beverage Service


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Operating system dan Fungsi-funsinya Beserta Tipe OS. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Operating system
  • macam-macam operating system
  • fungsi perangkat lunak adalah
  • pengertian dari operation system adalah brainly
  • pengertian operating system support
  • konsep operating system
  • rangkuman operating system
  • materi sistem operasi
  • tuliskan dan jelaskan pengertian sistem operasi
  • Ilmuips

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel