Sistem Operasi Beserta Jenis Sistem Operasi Komputer Secara Lengkap

Apa Itu Sistem Operasi?

Secara umum, pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak (software) yang berfungsi sebagai antarmuka dan pengatur semua sumber daya pada perangkat komputer. Peran utama OS yaitu menjadi penghubung antara tiga komponen utama yang terdiri dari software (aplikasi dan program), hardware (CPU, kartu grafis, monitor, keyboard, dlll), serta brainware (pengguna/manusia).
Tanpa sistem operasi, sebuah komputer, konsol game, maupun smartphone tidak akan bisa berjalan optimal karena OS inilah yang berperan menjadi jembatan pengatur fungsi secara keseluruhan.

Fungsi Sistem Operasi

  1. Sebagai Pengatur Hardware
  2. Menjalankan perintah dasar pada komputer
  3. Mengorganisir dan mengatur berbagai macam Aplikasi
  4. Menterjemahkan bahasa pemrograman dalam bentuk grafis
  5. Untuk peran komputer yang lebih optimal


Jenis Sistem Operasi Komputer

  • Sistem Operasi Microsoft Windows

Salah satu jenis – jenis sistem operasi yang cukup terkenal atau populer di kalangan pengguna adalah Microsoft Windows. Sistem operasi sangat terkenal dan rata-rata hampir digunakan seluruh pengguna di dunia di komputer mereka. Siapa yang tak kenal dengan sistem operasi ini? Setiap Anda membuka laptop baik milik Anda maupun milik teman Anda, Anda akan menemukan banyak sekali gambar windows setiap komputer baru dinyalakan.
Windows sendiri merupakan pengembangan dari MS-DOS, yang sudah mendukung fitur GUI. Windows pertama kali meluncurkan produk sistem operasi yang bernama very 1.0. Produk dari windows kini sudah berkembang pesat. Saat ini Windows sudah masuk ke tahapan perkembangan terakhirnya, yatu windows versi 10.0.
Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam sistem operasi windows yang dapat Anda bandingkan dengan sistem operasi yang lainnya. Kelebihannya sendiri adalah, Windows menawarkan banyak fitur kompatibilitas dan juga kemudahan dalam mengoperasikan, sehingga banyak menarik minat usernya. Selain itu, windows juga cukup mudah dipahami sehingga sistem operasi windows mungkin dapat dibilang sistem operasi terbaik.
Salah satu kekurangan dari windows adalah harganya yang cukup mahal, sehingga dilakukan pembajakan terhadap sistem operasi ini. Mungkin Anda tidak pernah tahu mengenai harga sistem operasi karena membelinya dalam PC dan sudah tersedia. Satu lisensi windows nyatanya dapat mencapai ratusan ribu rupiah. Selain itu, ada beberapa versi windows yang diaggap buruk performanya, seperti windows Vista.
Salah satu sistem operasi tentu memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda pahami sebelum menggunakannya. Namun kebanyakan jika Anda menemukan sistem operasi yang terinstal adalah bawaan dari PC dan kebanyakan orang tidak memahami sistem operasi dengan baik.

  • Sistem Operasi MS-DOS

Sistem operasi MS-DOS adalah cikal bakal dari Microsoft Windows yang kita kenal hingga saat ini. MS-DOS sendiri sistem operasi biasa dipakai oleh komputer IBM-PC atau yang kompatibel dengan perangkat serupa. Sistem operasi ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1981 oleh Bill Gates & Paul Allen.MS-DOS ini bersifat single tasking dengan modus Text dan Command–Line. MS-DOS sendiri mulai ditinggalkan oleh sang empunya seiring dibuatnya sistem operasi berbasis grafis antarmuka yang sekarang kita kenal dengan Microsoft Windows. MS-DOS sendiri secara resmi dihentikan pada tahun 2000 oleh Microsoft.

Kelebihan Sistem operasi DOS:
  1. Ringan sehingga tidak menghabiskan banyak memori
  2. Ukurannya kecil
  3. Memiliki kompatibilitas tinggi
Kekurangan Sistem Operasi DOS:
  1. Belum ada antarmuka
  2. Intruksinya hanya berupa tulisan tidak ada grafis

  • Sistem Operasi Unix

Unix adalah sistem operasi yang dikembangkan pada tahun 1965 dengan proyek awal yang disebut Multiplexed Information and Computing Service (Multics). Pada tahun 1973 sistem operasi UNIX di-rework menggunakan bahasa pemrograman C oleh Dennis Ritchie.Sistem operasi UNIX kemudian dikembangkan oleh perusahaan AT and T Bell Laboratories dan meluncurkan sistem operasi UNIX yang bersifat komersial dengan nama UNIX System V.Sistem operasi UNIX biasa digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Sama seperti MS-DOS, pada awalnya UNIX merupakan sistem operasi  bersifat Command line interface yang kemudian dibuat versi Graphical User Interface atau GUI untuk memudahkan para pengguna.

Kelebihan:
  1. Tidak mudah terkena virus
  2. Gratis dan bisa digunakan cuma-cuma
Kekurangan:
  1. Tampilan UNIX kurang menarik
  2. Tidak memiliki banyak pilihan driver

  • Sistem Operasi Linux

Sistem operasi linux sifatnya terbuka atau open source. Artinya jika Anda menggunakan sistem operasi ini maka source code pemrograman bisa dirubah dan dimodifikasi sesuai keinginan Anda. Jika Anda ingin memiliki sistem operasi yang cukup fleksible, Linux merupakan pilihan yang tepat. Anda juga bisa mendapatkan Linux dengan gratis atau tanpa biaya apapun.
Dibandingkan dengan jenis – jenis sistem operasi lainnya seperti Mac dan Windows, penggunaan Linux hemat dan ekonomis. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan linux dibandingkan sistem operasi lain. Salah satunya linux lebih stabil dan cocok untuk dijadikan server. Linux juga tidak membutuhkan memori yang besar untuk operasinya. Keuntungan lainnya adalah dapat diinstal berbagai macam program yang dapat diinstal di sistem operasi lain.
Jika Anda ingin memiliki sistem operasi yang otentik, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan linux. Meskipun mudah dalam menggunakannya dan cukup fleksibel, linux kurang populer dibandingkan dengan Mac dan Windows yang sudah mempunyai popularitas yang besar. Karena itu banyak yang tidak mengenal sistem operasi linux.
Linux juga sangat fleksibel, selain bisa dimodifikasi oleh pengguna, juga dapat digunakan pada komputer dengan spesifikasi minimal karena tidak membutuhkan banyak ruang untuk pengoperasiannya. Linux juga dapat dijalankan di dua mode. Selain itu linux juga terkenal cukup aman dari virus dan penyebarannya di komputer.
Tidak terlalu banyak hardware yang mendukung linux dan instalasinya juga terhitung rumit dan tidak semudah windows. Selain itu, Karena tidak cukup populer dibandingkan windows, jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, Anda harus mempelajari dan membiasakan diri dengan sistemnya terlebih dulu. Karena sistemnya cukup berbeda dengan windows dan struktur direktorinya membingungkan bagi pengguna baru.
  • Sistem Operasi Mac OS

Salah satu dari jenis yang terakhir adalah sistem operasi Mac OS. Mac OS yang merupakan keluaran atau produk Macintosh atau perusahaan Apple. Siapapun saat ini pasti mengenal Apple dan populer di banyak kalangan. Banyak orang yang mulai menggunakan Mac Os dan produk lain yang dikeluarkan Apple. Tentu produk apple banyak diketahui sebagai produk yang bernilai mahal sehingga tidak semua bisa menggunakannya.
Mac Os juga merupakan sistem operasi yang pertama kali menggunakan atau memperkenalkan berbasis grafik atau GUI (Graphical User Interface) sebelum sistem operasi lain menggunakannya. Mac OS juga memiliki keamanan atau security yang sangat tinggi dibandingkan dengan yang lainnya. Perlindungan mac os tidak ada bandingannya dibanding sistem operasi lain.
Selain itu, tampilan Mac OS berkualitas tinggi dan grafisnya sangat baik dan menarik. Karena itu Mac OS menjadi sistem operasi yang populer dan bersaing dengan kepopuleran windows. Penggunanya pun jumlahnya bersaing dengan windows. Meskipun terkesan elegan dan berkelas, Mac OS tetap memiliki kekurangan dalam pengoperasiannya.
Mac OS terkenal sebagai sistem yang memiliki keamanan tinggi sehingga cukup egois karena tidak mendukung sistem komputer berbasis IBM dan hanya dapat terhubung dengan produk sesama Apple saja. Produk Apple menjadi tidak kompatibel dengan perangkat keras lain yang biasa digunakan pada sistem operasi lain seperti windows.
  • Sistem Operasi Amiga

OS Amiga sudah ada dan diperkenalkan pertama kali pada tahun 1985 dengan nama Amiga 1000. Penemu dan pemilik hak kekayaan intelektual resminya adalah Amiga.inc. Operating System ini kurang terkenal dan hanya digunakan oleh komputer Amiga saja. Kelebihannya user interfacenya yang bagus dan mudah digunakan.
  • Chrome OS (Operating System)

Sistem operasi ini merupakan besutan dari Google.inc. Chrome OS versi beta resmi diperkenalkan pada Juli 2009 dan versi full resmi yang lebih stabil resmi diperkenalkan pada tahun 2010. Sistem operasi ini bersifat open source, karena berbasis linux dan dalam artian siapa saja berhak menggunakan gratis dan melakukan modifikasi terhadap modul – modul didalamnya. Kelebihan lainnya, sistem operasi ini juga berbasis cloud dan memiliki fitur – fitur yang mendukung didalamnya.
  • AIX

Sistem operasi AIX atau Advanced Interactive executive adalah sebuah sistem operasi berbasis UNIX yang dikembangkan oleh IBM pada tahun 1986. Pada awalnya sistem operasi ini untuk digunakan sebagai Workstation pada perangkat yang menggunakan CPU jenis RISC (Reduced Instruction Set Computer).
Pengembangan sendiri saat itu dikenal dengan nama kode ROMP atau Research Office Products Division Multi Processor. Pada versi pertama AIX telah memiliki proses untuk Virtualisasi dan mendukung layar dengan resolusi tinggi, dimana hal tersebut menjadikannya antarmuka pengguna yang lebih baik pada. Versi terbaru yang telah dikeluarkan IBM sendiri adalah AIX 7.2.4.
  • BE OS

Be OS merupakan sistem operasi komputer yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan Be Inc. pada tahun 1991. Be OS pertama kali dirancang untuk dioperasikan pada mesin BeBox. BeOS hanya bisa dioperasikan pada program yang dikembangkan untuk sistem operasi ini. Be OS sendiri tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, dan Jepang.Be OS sendiri kemudian berkembang dan dimodifikasi agar bisa dioperasikan pada prosesor berbasis Power PC. Be Os merupakan sistem operasi gratis yang banyak disukai banyak pengguna karena banyaknya aplikasi software yang gratis. Be Os sendiri mengeluarkan sistem operasi Zeta untuk versi komersialnya.
  • Sun Solaris

Sun Solaris merupakan sebuah sistem operasi yang dikembangkan oleh Sun MicroSystem pada tahun 1992. Sistem operasi merupakan pengembangan dari sistem operasi Unix. Sun Solaris merupakan sistem operasi Open Source, dimana user bisa dengan leluasa untuk mengembangkan.
Sun Polaris sendiri kemudian berubah nama menjadi Oracle Solaris setelah pada tahun 2010 diakuisisi oleh Oracle Corporation. Solaris merupakan sistem operasi yang terintegrasi dengan mesin berbasis prosesor SPARC, termasuk di dalamnya untuk aplikasi SPARC 64-bit sejak Solaris 7.




Demikian Penjelasan  Sistem Operasi Beserta Jenis Sistem Operasi Komputer Secara Lengkap. Semga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id .Timakasih

Penelusuran yang terkait dengan Jenis Jenis Sistem operasi (Operating system) komputer
  • jenis jenis sistem operasi dan fungsinya
  • 10 jenis sistem operasi
  • macam macam sistem operasi komputer dan pengertiannya
  • jenis jenis sistem operasi dan contohnya
  • contoh sistem operasi
  • jenis-jenis sistem operasi dan perbedaannya
  • 10 contoh sistem operasi
  • macam-macam sistem operasi windows
  • Referensisiswa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel