Struktur Organisasi Housekeeping Serta Tugas Dan Tanggung Jawab Secara Lengkap

 


 Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir. 

 

Ruang Lingkup Kerja Housekeeping

Ruang lingkup kerja housekeeping tidak hanya terpaku pada kamar-kamar tamu saja, tapi juga meliputi area hotel secara menyeluruh tanpa kecuali. Adapun area hotel yang menjadi tanggung jawab housekeeping dibagi menjadi dua yaitu area dalam dan area luar.

Area dalam hotel

  • Taman
  • Area parkir
  • Kolam renang
  • Tenis Court
  • Dll

Area dalam hotel

  • Kamar tamu
  • Arcade
  • Bank
  • Money changer
  • Beauty salon
  • Meeting room
  • Restoran
  • Barber Shop
  • Travel agent
  • Ruang Loker
  • Ruang Linen
  • Lobby
  • Dll

Ruang lingkup kerja housekeeping memang sangatlah luas, oleh karena itu karyawan yang bekerja di bagian housekeeping biasanya jumlahnya tidak sedikit karena tanggung jawabnya juga besar terutama dalam menjaga kebersihan, kerapian dan keindahan seluruh area hotel.

 

 

 

Struktur organisasi houskeeping terdiri dari beberapa bagian. Adanya ruang lingkup housekeeping yang sangat besar dan luas mengakibatkan penanganan housekeeping itu sendiri harus terinci dan terorganisasi demi kelancaran operasionalnya. Agar lebih jelas tentang seksi-seksi yang ada dalamn Housekeeping Departement, berikut ini adalah susunan dan tugas yang terdapat dalam organisasi Housekeeping: Adapun pembagian tugas dan tanggung jawab Departement Housekeeping sebagai berikut :

 

Baca Juga:  Mengenal Instalasi Sanitasi Rumah Sakit Beserta Uraian Tugas Instalasi Sanitas Lingkungan Rumah Sakit



Executive Housekeeper

Executive Housekeeper merupakan bagian tertinggi yang terdapat dalam bagan organiosasi di mana tugas pokok Executive Housekeeping adalah penanggung jawab semua operasional tata graha pada hotel dimana bertanggung jawab penuh mengordinir antara bagian tata graha sepenuhnya dengan dengan departemen lain,khususnya bagian kantor depan hotel, mengawasi, mengawasi para karyawan, perencanaan kerja, perlengkapan kerja, serta mengontrol operasional sehari-hari di tata graha sehingga dapat berjalan lancer, Agusnawar (2000:29) mengatakan:

Tugas dan tanggung jawab seorang housekeeper adalah:

  1. Merencanakan program kerja dan anggaran Departemen Tata Graha.
  2. Menghubungi Front Office untuk mendapatkan informasi mengenai Today’s Expected Arrival List, Guest in The House List, VIP List, dan Expected Departure List, sebelum memulai tugasnya dan kemudian meneruskannya kepada setiap Room Supervisor.
  3. Memberi perhatian khusus kepada tamu-tamu VIP
  4. Mengkoordinasi bidang kerja seluruh karyawan dalam lingkungan housekeeping.
  5. Mengerjakan pemeliharaan dan pencatatan terhadap barang-barang milik hotel yang hilang atau rusak.
  6. Mengadakan pengawasan agar rencana kerja yang telah disusun dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
  7. Menampung, menelaah, dan bertindak sebaik-baiknya terhadap semua complaint dari tamu.
  8. Mengadakan pelatihan dan memberikan petunjuk penggunaan metode kerja yang benar serta menciptakan suasana kerja yang harmonis di Housekeeping Departement.
  9. Bertanggung jawab atas semua biaya untuk keperluan operasional housekeeping, menemui pembelian alat-alat dan obat-obat pembersih, lena guest supllies, guest amenties, dan lain-lain.
  10. Membuat evaluasi kerja bawahan setiap bulan/pertahun.
  11. Membina hubungan kerja yang harmonis dengan kepala departemen atau bagian lain.


Sementara Kappa (1990) mengatakan: “…all the housekeeping operasional must be done by planning, organizing/coordinating/staffing, directing/controlling, and evaluating”. Artinya bahwa seorang executive housekeeper harus mampu menjalankan tugasnya mulai dari perencanaan kerja, pengorganisasian atau pengaturan karyawan, mengontrol serta memberikan penilaian bagi kelancaran hotel. Pendapat di atas membuktikan bahwa menjadi seorang executive housekeeper sangat dituntut untuk mengetahui bagaimana seluk-beluk hotel, karena tanpa memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugastugas yang dimaksud di atas otomatis operasional hotel tidak akan berjalan secara efektif dan efisien.


Assistant Executive Housekeeper

Tugas pokok seorang Assistant Executive Housekeeper adalah menjalankan tugas dan tanggung jawab Executive Housekeeper apabila yang bersangkutan berhalangan atau tidak dapat menjalankan tugasnya. SeorangAssistant Executive Housekeeper harus mampu melaksanakan semua tanggung jawab yang diberikan oleh atasannya (Executive Housekeeper), (Agusnawar 2000) mengatakan:

Rincian tugas seorang Assistant Executive Housekeeper adalah:

  1. Membantu Executive Housekeeper membuat program pelatihan, petunjuk pelaksanaan tugas, dan merencanakan pelaksanaan program pelatihan karyawan.
  2. Mengontrol hasil kerja bawahan, yang meliputi disiplin, hasil kerja, dan mutu pekerjaan.
  3. Memonitor dan mengontrol situasi kamar yang ada hubungannya dengan check-in, check-out, room change, dan kamar yang harus diperbaiki (out of order)
  4. Menghadiri pertemuan (meeting) antarpimpinan bagian bila Executive Housekeeper berhalangan hadir.
  5. Mengotrol pemakaian alat-alat dan bahan pembersih serta perlengkapan tamu.
  6. Menyelesaikan masalah yang timbul di Housekeeping Department.
  7. Mengajukan permohonan pembelian alat-alat dan bahan pembersih, lena dan gusest supllies kepada Executive Housekeeper.
  8. Memimpin dan membuat jadwal kerja Supervisor.
  9. Mengkoordinasi kerja supervisor beserta bawahannya.
  10. Mengadakan brefing dengan para staff Hk.
  11. Ikut membina hubungan kerjasama dengan para kepala bagian atau departemen lain. Bertanggung jawab kepada Executive Housekeeper


Public Area.

Staff yang ada di public area yaitu :

  • Public Area Supervisor (Atasan)
  • Public Area Attendant (PA) / Houseman (Staff)


Bagian yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan , kerapihan , keindahan dan kenyamanan seluruh hotel, yang keduanya ada di luar gedung atau di dalam bangunan hotel , antara lain Lobby area , toilet , restoran , ruang pertemuan , taman , area parkir dan fasilitas untuk hotel karyawan .
 

Room section.

Staff yang ada di room section yaitu :

  • Room Attendant Manager / Supervisor (Atasan)
  • Roomboy (untuk pria) (Staff)
  • Room Maid (untuk wanita) (Staff)


Seorang RA harus merawat kebersihan di kamar, jadi tamu merasa nyaman saat tidur atau istirahat. Selain itu RA juga harus mempersiapkan kebutuhan tamu selama menginap seperti sandal hotel, peralatan mandi, hingga air mineral untuk tamu.

Gardener / Florist.

Staff yang ada di Gardener yaitu :

  • Gardener Manager / Supervisor (Atasan)
  • Gardener Attendant (Staff)

Bagian bertanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga segar untuk mempercantik dekorasi di hotel .

Laundry / Binatu.

Staff yang ada di laundry yaitu :

 1.Laundry Manager

Bertugas dan berfungsi memimpin/mengorganisir seluruh kegiatan maupun pelaksanaan kegiatan proses pencucian di laundry dan dry cleaning.


2.Assisten Laundry Manager

  • Membantu laundry manager menggantikannya pada saat tidak berada di tempat selama operasional laundry dan dry cleaning berjalan
  • Bertanggungjawab kepada laundry manager/langsung ke general manager jika laundry manager tidak berada di tempat
  • Tidak boleh mengambil kesimpulan sendiri

3.Laundry Supervisor
Merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir dan mengawasi seluruh kegiatan bawahannya dalam operasional laundry


4.Valet Supervisor
Merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir dan mengawasi seluruh kegiatan bawahannya dalam operasional valet


5.Dry Cleaning Supervisor
Merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir dan mengawasi seluruh kegiatan bawahannya dalam operasional dry cleaning


6.Checker

Memeriksa seluruh cucian tamu sebelum diproses yaitu menangani kondisi cucian (kancing, saku)
 

7.Marker
Memberikan tanda kesetiap jenis cucian agar tidak tertukar untuk itu diperlukan linen paper (kertas kain) yang kuat dan tahan berisi: Nomor kamar, Tanggal, Kode dari si pembuat
 

8.Sorterer

Memisahkan-misahkan cucian tamu atas dasar:Jenis bahan, Bentuk cucian, Tingkat pengotoran, Warna cucian
 

9.Washer/Extract
 Melaksanakan proses pencucian, dan pemerasan


10.Tumbler
Melaksanakan proses pengeringan setelah dicuci

11.Presser
Petugas laundry yang memiliki tugas melincinkan pakaian (Strika)

12.Finisher
Menyelesaikan akhir proses pencucian, antara lain:

  • Linen : room, FB others (swimming pool towel)
  • Uniform : from all employees
  • Linen & Uniform section : Bagian dari housekeeping department yaitu tempat  berkumpulnya house laundry
  • Linen attendent, bertugas mengantar dan mengambil house laundry ke dan dari house laundry section
  • Finisher : hanya ada Folder untuk linen dan hanger untukuniform. Biasanya digantung untuk guest outside laundry, petugasnya desebut hanger/hangingman. Pakaian biasanya dilipat untuk tamu in-house/yang akan check out, petugasnya: folder dan pakaian juga kadang-kadang dibungkus, petugas yang membungkus pakaian yang dilaundry ini disebut wrapper.


Seorang Laundry memiliki tugas untuk merawat dan membersihkan pakaian tamu yang menggunakan jasa pelayanan laundry di hotel atau bekerja sama dengan penyedia jasa laundry dari luar untuk mencuci pakaian tamu dan keperluan hotel seperti linen, pillow case dan perlengkapan kamar dan restoran lainnya.



LINEN / UNIFORM STAFF + ORDER TAKER

Staff yang ada di Linen / Order Taker yaitu :

  • Linen / Order Taker Supervisor (Atasan)
  • Linen Attendant (Staff)


Melaksanakan Kebersihan, kerapian, kelengkapan dan perawatan semua Linen / Uniform Karyawan berikut administrasinya serta tugas sebagi Order Taker atas semua permintaan tamu yang masuk ke Department Housekeeping, berikut administrasinya.



KESEHATAN DAN JASA REKREASI

Staff yang ada di Linen / Order Taker yaitu :

  • Pool Attendant (yang merawat dan membersihkan Kolam Renang)
  • Spa Attendant (Menjaga dan merawat kebersihan Spa Room)
  • Fitness Attendant (Menjaga kebersihan area Fitness Room)


 Kesehatan & jasa rekreasi bertanggung jawab atas fasilitas umum yang disediakan oleh hotel untuk tamu  seperti spa dan pijat , kebugaran , golf , kolam renang dan banyak lagi.


Baca Juga: Struktur dan Job Description Laundry Department Beserta Peralatan dan Perlengkapan Laundry

 

 Penelusuran yang terkait dengan Job Description dalam Organisasi Housekeeping Department

  • struktur organisasi housekeeping dan jelaskan
  • struktur organisasi housekeeping department
  • struktur organisasi housekeeping bintang 2
  • job desk executive housekeeper
  • struktur organisasi room division
  • job description housekeeping bahasa indonesia
  • housekeeping adalah
  • job description room attendant bahasa indonesia

Belum ada Komentar untuk "Struktur Organisasi Housekeeping Serta Tugas Dan Tanggung Jawab Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel