20 Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan, Guru, Perusahaan Secara Lengkap

Dihalaman ini kita akan membahas tentang contoh surat pengalaman kerja dengan lengkap, cocok banget bagi kamu yang sedang mencari referensi, atau wawasan dalam membuat surat pengalaman kerja yang baik dan benar, seperti apa silahkan menyimak.. 🙂

Pengertian Surat Pengalaman Kerja

Surat pengalaman kerja adalah surat yang berisi bukti bahwa seseorang pernah bekerja di instansi atau perusahaan tersebut dalam satu periode kerja yang telah ditentukan. Surat pengalaman kerja ini dikeluarkan oleh pihak instansi terkait. Fungsi dari kepemulikan surat pengalaman kerja ini adalah sebagai dokumen penunjang saat seseorang melamar kerja di perusahaan lain.
karena surat pengalaman ini dikeluarkan oleh pihak instansi atau perusahaan, maka bentuk surat tersebut adalah surat resmi yang biasanya disertakan kop surat, nama surat, nomor resmi surat, pembuka surat, isi, serta penutup yang dibubuhi tanda tangan pihak instansi yang mengeluarkan surat.

Tips Menyusun Surat Pengalaman Kerja

Seseorang yang berhak menyusun surat pengalaman kerja ini biasanya adalah seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan dibagian personalia.
Beberapa tips yang bisa dijadikan acuan bagi pegawai di bagian personalia dalam menyusun surat pengalaman kerja adalah:
  • mengigat surat pengalaman kerja ini adalah media untuk mempromosikan seseorang yang bersangkutan kepada pimpinan atau HRD perusahaan barunya
  • di dalam surat pengalaman kerja sebaiknya disebutkan kelebihan – kelebihan atau prestasi karyawan yang mengundurkan diri tersebut selama masa bakti / bekerja. sehingga akan menjadi poin tambahan dimata perusahaan barunya
  • agar terkesan lebih professional, penggunaan tata bahasa yang baku dan baik serta menarik sangat berguna sekali untuk menarik minat HRD atau pimpinan perusahaan baru karyawan tersebut nantinya

Contoh Surat Pengalaman kerja


Berikut beberapa contoh surat pengalaman kerja yang dapat kamu jadikan sebagai sumber referensi dan wawasan dalam membuat surat pengalaman kerja yang baik dan benar ,..

  1. Contoh surat pengalaman kerja bidan di BPM

surat pengalaman kerja bidan dikeluarkan oleh pihak rumah sakit dengan menunjukkan bukti pernah bekerja sebagai bidan. Berikut salah satu contohnya.
contoh surat pengalaman kerja bidan di bpm


  1. Contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan

surat pengalaman kerja dikeluarkan oleh instansi atau perusahaan tempat seseorang tersebut bekerja. berikut salah satu contoh surat pengalaman kerja dari perusahaan.
PT ABADI SENTOSA
jl. Gadjah Mada no. 19 Yogyakarta
SURAT PENGALAMAN KERJA
No. 105/spn-bk/v/2018
hal: Surat pengalaman Kerja
Dengan surat ini kami dari PT Abadi Sentosa menyatakan bahwa:
Nama : 
Alamat :
Jabatan :
Dengan sebenar – benarnya telah bekerja pada perusahaan kami selama 3 tahun, dalam kurun waktu: 1 Januari 2015 hingga 30 Januari 2018
Saudara Andrew telah memberikan kontribusi yang baik selama menjadi karyawan di perusahaan kami serta tidak pernah melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan. sehubungan hal tersebut, pihak yang bersangkutan mengajukan pengunduran diri kepada perusahaan kami.
Demikian surat pengalaman kerja ini kami buat. Terimakasih atas perhatiannya.
Yogyakarta, 1 Februari 2018
Direktur PT Abadi Sentosa


  1. Contoh surat pengalaman kerja administrasi

Berikut salah satu contoh surat pengalaman kerja administrasi.
Kepada Yth.
HRD PT. Super Indo
Perihal     : Lamaran Pekerjaan
Lampiran :  1 berkas
Dengan hormat,
sehubungan dengan adanya informasi lowongan kerja di perusahaan bapak / ibu untuk mengisi bagian administrasi seperti yang tersebut di iklan lowongan kerja, maka dengan ini saya :
nama lengkap :
tempat, tanggal lahir :
Pendidikan terakhir : 
telepon :
dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. Saya menguasai bahasa Inggris dengan lancar, baik dalam tulisan maupun lisan, dan mampu mengoperasikan komputer dan internet dengan baik. Untuk bahan pertimbangan, Saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:
  • daftar riwayat hidup
  • Foto Copy Ijazah Terakhir yang Dilegalisir
  • Foto Copy Transkip Nilai yang Dilegalisir
  • Foto Copy SKCK
  • Foto Copy KTP
  • Foto Copy Sertifikat
  • Surat Pengalaman Kerja
  • Pas Foto Terbaru warna ukuran 4X6 5 Lembar
demikian surat lamaran kerja ini saya buat dengan sebenar – benarnya, atas pehatian dan kerjasamanya saya ucapkan terimakasih banyak.
Hormat saya,
Ahsin Muhammad

  1. Contoh surat pengalaman kerja guru doc

Surat pengalaman kerja sebagai guru dikeluarkan oleh instansi pendidikan dimana guru tersebut mengajar. surat pengalaman kerja tersebut dapat digunakan oleh guru tersebut sebagai dokumen penting untuk melamar pekerjaan ke sekolah selanjutnya.
Berikut salah satu contoh surat pengalaman kerja guru…
Contoh surat pengalaman kerja guru honorer
Download Surat Pengalaman kerja guru dalam format doc disini


  1. Contoh surat pengalaman kerja di klinik /rumah sakit

surat pengalaman kerja di klink / rumah sakit berisi surat keterangan yang bersangkutan pernah bekerja di rumah sakit / klinik terkait. Surat ini dikeluarkan oleh rumah sakit tersebut. Berikut salah satu contoh surat pengalaman kerja di klinik / rumah sakit.
Contoh surat pengalaman kerja di klinik rumah sakit



  1. Contoh surat pengalaman kerja perusahaan

Surat pengalaman kerja dibutuhkan oleh karyawan yang hendak mengundurkan diri, dan mereka berhak meminta surat bukti pengalaman kerja kepada perusahaan tersebut.  berikut salah satu contoh pengalaman kerja perusahaan.
PT. Rukun Jaya
Jl. Airlangga no. 15 Jakarta
nomor 0387 – 601826
Surat Pengalaman Kerja
No. 08/I/2017
Saya, yang bertanda tangan dibawah ini,
Nama : Muhmmad Yusuf
Jabatan : Personalia
Menyatakan bahwa:
Nama : Tony Silalahi
Jabatan : Kepala gudang
adalah benar – benar salah satu karyawan kami dan telah bekerja sejak 06 Februari 2014 hingga 06 Februari 2017 dengan jabatan kepala gudang. Selama masa kerja, yang berangkutan menunjukkan performa kerja yang baik.
Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sesungguhnya semoga dapat digunakan sebagaimana mestinya.
Surabaya, 05 Februari 2017
Muhammad Yusuf
Personalia
PT Rukun Jaya



  1. Contoh surat pengalaman kerja bahasa inggris

bahasa Inggris adalah bahasa Internasional. untuk itu bukan hal baru bagi sebagian perusahaan yang mewajibkan karyawannya menggunakan bahasa Inggris khususnya pada perusahaan Internasional.
Beberapa perusahaan tersebut pun mengeluarkan surat bukti pengalaman kerja dalam bahasa Inggris agar menjadi dokumen penting saat karyawannya dapat melamar ke perusahaan Internasional lainnya.
PT. Sinar Putera
jl. Maijend Pandjaitan no. 30, Semarang
WORK EXPERIENCE CERTIFICATE
No.: 2466/HRD/IX/2018
The undersigned below:
Name : Aden Manaf
Position : Deputy director of PT Sinar Putera
Address : Jl. Panopo no. 13 Semarang
Truthfully explained that, he,:
Name: Hasan Ali
Age : 35 years old
Position : head of cashier
Address : Jln. Coklat no. 15 Semarang
was loyal employee to this company and working since March 12th, 2002 to May 22nd, 2018 with his last position as head cooperative cashier. He has decided to quit this job based on his personal will while working on this company. He has good work record and always give the best result to the company. For his dedication during working with us, we thank you and hopefully he will gain more success in the future.
Thus, this work experience certificate is given for Mr. Hasan Ali, hence it can be used appropriately.
Semarang, May 13th, 2018
Deputu Director of PT Sinar Putera
Abdul Manaf


  1. Contoh surat pengalaman kerja sopir

Surat bukti pengalaman kerja dapat diberikan kepada semua jenis pekerjaan mulai dari marketing, keuangan hingga supir.
karena kegunaan surat pengalaman kerja yang sangat dibutuhkan oleh karyawan yang memutuskan untuk mengundurkan diri kemudian melamar ke perusahaan lain dengan profesi yang sama. Berikut merupakan salah satu contoh surat pengalaman kerja supir
SURAT PENGALAMAN KERJA

Kepada yang berkepentingan
No. : 065/SPK/V/2018
Hal. : Surat Pengalaman Kerja
Dengan ini, kami PT Jalan Terus menyatakan bahwa : 
Nama : Ardiansyah
Jabatan : Supir
Telah benar – benar bekerja pada perusahaan kami dalam kurun waktu : 18 Agustus 2010 – 11 Mei 2018
pihak yang bersangkutan telah berkontribusi dengan baik bagi perusahaan dan selama bergabung tidak pernah melakukan tindakan yang negatif. 
Kami berterimakasih atas segala kerjasama yang diberikan dan semoga yang bersangkutan dapat lebih sukses di masa mendatang
Bandung, 1 Juni 2018
Ida Praweswati
Direktur Utama

Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan

Saat ini bekerja menjadi bidan merupakan keinginan dan impian banyak generasi muda kita. Terbukti semakin meningkatnya presentase para generasi muda yang berbondong – bondong mendaftar ke perguruan tinggi dengan jurusan kebidanan. Berikut ini terdapat contoh surat pengalaman kerja bidan :
Contoh Surat Pengalaman Kerja Bidan Paling Mudah
BIDAN PRAKTEK MANDIRI (BPM)
RANI PANJAITAN
Jl. Sutomo No 20 Bekasi, Jawa Barat
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   : Rani Panjaitan, Amd. Keb
Alamat : Jalan Sutomo No 20 Bekasi, Jawa Barat
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa,
Nama                            : Poppy Darmawan, Amd. Keb
Tempat tanggal lahir : Cilacap, 01 Januari 1991
Alamat                          : Jalan Cendrawasih No 5 Bekasi, Jawa Barat
Terhitung sejak Februari 2015 sampai dengan Mei 2018 bekerja di Bidan Praktek Mandiri (BPM) Rani Panjaitan di Jalan Sutomo No 20 Bekasi, Jawa Barat. Selama bekerja yang bersangkutan konduitenya baik.
Demikian surat keterangan ini kami sampaiakan kepada anda, agar bisa dipakai secara bijak.
Bekasi, 13 Mei 2018
Rani Panjaitan, Amd.Keb


Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru

Bekerja sebagai guru merupakan sebuah panggilan yang tidak semua orang bisa melakukannya, namun sayang terkadang karena beberapa alasan, ada yang harus mengundurkan diri. Misalnya saja karena kewajibannya untuk ikut suami keluar kota, jadi terpaksa harus pindah. Di bawah ini anda bisa melihat contoh surat pengalaman kerja guru.

Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru
Contoh Surat Pengalaman Kerja Guru Paling Mudah
SMP ISKANDAR MUDA
AKREDITASI A, BEKASI
Telp. 021 xxx xxxx
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN BEKERJA
No 593/SMP-SIM/C/V/2018
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Aska Hutomo, S.Pd
Jabatan : Ka. SMP Sultan Iskandar Muda
Dengan ini menerangkan :
Nama                             : Deny Pratama, S.Pd
Tempat, tanggal lahir : Cirebon, 05 Maret 1992
Guru Mata Pelajaran  : IPS Terpadu
Adalah benar guru yang mengajar di unit SMP Sultan Iskandar Muda Bekasi sejak tanggal 25 Januari 2015 sampai dengan 01 Mei 2018.
Demikian surat keterangan ini dibuat, kiranya dapat digunakan seperlunya.
Bekasi, 13 Mei 2018
SMP Iskandar Muda
Bekasi
Tanda tangan dan stempel
Aska Hutomo, S.Pd

Contoh Surat Pengalaman Kerja Hotel

Berikut ini terdapat contoh surat pengalaman kerja hotel :
Contoh Surat Pengalaman Kerja Hotel Paling Mudah
HOTEL AMARIS HORISON
Jl. Veteran No 1 Bekasi, Jawa Barat
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Ferdy Bramantyo
Jabatan : Direktur Utama
Alamat   : Jalan Kenari No 10 Bekasi, Jawa Barat
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa,
Nama                            : Ruts Mahadika
Tempat tanggal lahir : Bogor, 10 Februari 1990
Alamat                          : Jalan Kenanga No 5 Bekasi, Jawa Barat
Terhitung sejak Maret 2014 sampai dengan Mei 2018 bekerja di Hotel Amaris Horison di Jalan Veteran No 1 Bekasi, Jawa Barat. Selama bekerja yang bersangkutan mempunyai histori sangat baik.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bekasi, 13 Mei 2018

Ferdy Bramantyo

Contoh Surat Pengalaman Kerja Perusahaan

Nah bekerja di kantor perusahaan swasta memang masih menjadi primadona hingga saat ini. Pasalnya semua jurusan bisa mendaftar sebagai karyawan swasta. Waktu kerjanya pun flexibel dengan gaji yang cukup tinggi. Tidak heran jika banyak orang menyukainya. Berikut ini terdapat contoh surat pengalaman kerja perusahaan :


Contoh Surat Pengalaman Kerja Perusahaan
Contoh Surat Pengalaman Kerja Perusahaan Paling Mudah
PT. OTO AUTOPART
Jl. Irian Blok M No 1 Kawasan Industri MM2100 Bekasi, Jawa Barat
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Wisnu Tirta Sanjaya
Jabatan : Manajer HRD
Alamat   : Jalan Bungalau No 20 Bekasi, Jawa Barat
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa,
Nama                            : Tulus Hartono
Tempat tanggal lahir : Klaten, 10 Maret 1992
Alamat                          : Jalan Trembesi No 25 Bekasi, Jawa Barat
Terhitung sejak Juni 2016 sampai dengan Mei 2018 bekerja di PT. Oto Autopart di Jalan Irian Blok M No 1 Kawasan Industri MM2100 Bekasi, Jawa Barat. Selama bekerja yang bersangkutan mempunyai histori baik.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bekasi, 13 Mei 2018

Wisnu Tirta Sanjaya

Contoh Surat Pengalaman Kerja Rumah Sakit

Berikut ini terdapat contoh surat pengalaman kerja rumah sakit :
Contoh Surat Pengalaman Kerja Rumah Sakit Paling Mudah
RS. DOKTOR SARIYANTO
Jl. MH.Tamrin No.1 Bekasi, Jawa Barat
SURAT KETERANGAN PENGALAMAN KERJA
Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama     : Rudy Hermawan
Jabatan : Manajer HRD
Alamat   : Jalan Pelangi Nusantara No 02 Bekasi, Jawa Barat
Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa,
Nama                            : Tuti Rahmawati
Tempat tanggal lahir : Purworejo, 10 Juni 1992
Alamat                          : Jalan Anggrek 1 No 05 Bekasi, Jawa Barat
Terhitung sejak Oktober 2016 sampai dengan Mei 2018 bekerja di RS. Sariyanto di Jalan MH.Tamrin No.1 Bekasi, Jawa Barat. Selama bekerja yang bersangkutan mempunyai histori baik.
Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Bekasi, 13 Mei 2018

Rudy Hermawan


Baca Juga: 20+ Contoh Teks Eksemplum Persahabatan, Pendidikan dan Pengalaman Pribadi Beserta Strukturnya
Demikian yang bisa kami sampaikan pada pembahasan kali ini mengenai contoh surat pengalaman kerja. Semoga bisa membantu dan membawa banyak manfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk terus update perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel