Concrete Mixer atau Truck Mixer Adalah - Fungsi, Jenis, Kapasitas, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Truk Mixer

Sumber Gambar : TruckMagz.com
Alat berat adalah mesin yang memiliki ukuran besar yang di desain untuk melakukan tugas-tugas konstruksi seperti pengerjaan
tanah (earthworking), pemindahan bahan bangunan dan lain sebagainya.

Alat berat umumnya digunakan peda pekerjaan konstruksi, seperti pembangunan gedung, jalan atau pertambangan yang membutuhkan sumber daya baik manusia ataupun mesin sebagai alat bantu pekerjaan.Alat berat sendiri diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar alat berat seperti Caterpillar (Amerika), Komatsu (Jepang), Hitachi (Jepang), Volvo (Swedia), Doosan Infracore (Korsel) dll.


Contoh Alat Berat Yang Harus Kamu Ketahui Adalah :
  1. Excavator (Bego) 
  2. Bulldozer 
  3. Wheel Loader 
  4. Wales Stump 
  5. Crane 
  6. Grader
  7.  Scraper 
  8. Asphalt Paver 
  9. Diesel Hammer 
  10. Roller

 

Sesuai Pembahasan Artikel Ini kita Akan membahas Tentang Asphalt Paver / Asphalt Finisher  dari pengertian ,kegunaanya secara Lengkap.


Baca Juga: Diesel Hammer Aadalah - Bagian-bagian, Kelebihan, Kekurangan, dan Kriteria Pemilihan Alat Pancang

 

Pengertian  Concrete Mixer atau Truck Mixer (Truk Molen

Concrete Mixer atau Truck Mixer (Truk Molen) adalah truk pengaduk beton yang digunakan untuk mengaduk beton dan mengangkutnya ke lokasi pengecoran. Mesin ini dapat berupa mesin statis, semi mobile maupun full mobile (mixer truck).

Truk mixer atau biasa juga disebut dengan truk molen memiliki beragam jenis dengan fungsi sama, yaitu mengangkut beton dari pabrik readymix ke lokasi kontruksi dengan menjaga konsistensi beton agar tetap cair dan tidak mengeras dalam perjalanan. Truk jenis ini adalah alat transportasi khusus untuk beton cor curah siap pakai (Ready mix concrete) yang dirancang untuk mengangkut dari Batching Plant (Pabrik Olahan Beton) ke lokasi pengecoran. Biasanya truk ini digunakan dalam sebuah proyek besar.

Jika Concrete Mixer pengangkut beton cor atau Truk Molen tersebut tidak bisa menjangkau area pengecoran, beton cor dapat disalurkan melalui pipa pompa beton (concrete pump) yang dapat diperpanjang beberapa meter (biasanya sepuluh meter atau lebih). Dengan mesin pompa beton ini proses pemindahan beton cor ke area pengecoran menjadi lebih cepat dan tepat.

Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen umumnya tidak melakukan perjalanan lebih dari 2 jam. Banyak kontraktor mengharuskan Truk mixer berada di lokasi pengecoran dalam waktu 90 menit setelah pemuatan Material yang dimaksudkan untuk menghindari beton cor di dalam truk mengeras. Mayoritas Truk Mixer Pengangkut Beton Cor atau Truk Molen mempunyai kecepatan jalan terbatas, yaitu antara 56 mil per jam (90 km / h).

 

Fungsi Alat concrete mixer truck

Truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer berfungsi untuk mengaduk/mencampur campuran beton ready mix yang cara kerjanya mirip dengan molen.

 

Jenis Truk Mixer

1. Truck Mixer Mini (Truck Minimix concrete)

Teruk Mixer mini memiliki volume muat cor beton per satu kali jalan 3 m³. Tipe truk ini lebih fleksibel untuk semua medan jalan, sempit ataupun menanjak.

2. Truck Mixer Standar (Readymix concrete)

Truck Mixer Standar digunakan untuk mengangkut beton cor dari Pabrik Beton (Batching Plant) ke lokasi pengecoran dengan daya angkut per truknya untuk satu kali jalan 7 m³. Memuat lebih banyak 4 m³ dari tipe Truk Mini. Kekurangan dari truk ini tidak bisa mengakses jalan sempit dan menanjak.
Pada intinya, Truk Molen (Truck Mixer) adalah merupakan kendaraan yang digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton kelokasi proyek dimana selama dalam pengangkutan mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran permenit agar beton tetap homogen serta tidak mengeras.

 

 

Truk Molen (Truck Mixer)

 

 

 Kapasitas Truk Mixer

Ciri khas armada ini sudah barang tentu memiliki tong besar sebagai tempat penampungan beton yang akan didistribusikan ke lokasi proyek pengecoran.Istilah dan penyebutan armada ini beragam bisa disebut truk mixer, truk molen, truk beton, pada ruang lingkup ready mix daya angkut beton ini untuk truk standar dapat mengangkut dengan kapasitas 7 m³ persekali angkut, sedangkan untuk ukuran mini berkisar 2,5 s/d 3 m³ .Merek armada truk mixer di Indonesia cukup banyak yang sudah beroperasi biasanya yang paling handal kendaraan-kendaraan buatan Eropa dan Jepang, seperti truck mixer Mercedes, Mitshubusi  Fuso, Hino, Nissan, Volvo dan MAN.

 

Cara Kerja Truk Mixer 

di dalam Truk Molen diisi dengan bahan Material kering dan air dan proses pengadukan (pencampuran) bahan material tersebut terjadi selama perjalanan menuju lokasi pengecoran. Untuk mempertahankan stabilitas kekentalan Beton Readymix yang berada di dalam truk mixer ini melalui proses agitasi atau memutar drum (Tangki yang berada diatas truk mixer) yang bagian dalam drum tersebut dilengkapi dengan spiral pisau satu arah rotasi putaran, sebagai pengaduk material beton cor selama waktu transportasi ke lokasi pengecoran.

 

Kelebihan dan Kekurangan Truk Mixer

Kelebihan Truk Mixer

Setiap penggunaan alat pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Begitu juga dengan penggunaan concrete mixer. Keuntungan menggunakan concrete mixer adalah:

  • Biaya produksi relatif rendah
  • Mudah dioperasikan sehingga tidak memerlukan operator khusus
  • mudah dalam perawatan dan perbaikannya
  • campuran yang dihasilkan lebih homogen atau merata jika dibandingkan dengan campuran yang dihasilkan dengan pencampuran manual.
  • mudah dipindah pindah, sehingga dapat langsung ditempatkan dilokasi pekerjaan.

Kekurangan Truk Mixer

  • Tidak cocok untuk pekerjaan yang memerlukan beton dalam volume yang besar, karena kapasitas produksinya yang kecil
  • Tidak cocok untuk campuran beton mutu tinggi


Baca Juga: Asphalt Paver / Asphalt Finisher Adalah - Kegunaan, Fungsi, Kapasitas produksi dan Cara Pengeoprasian Asphalt Paver

 

Demikian Penjelasan Tentang  Concrete Mixer atau Truck Mixer Adalah - Fungsi, Jenis, Kapasitas, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Truk Mixer. Semoga Bermanfaat

 

 Penelusuran terkait

  • bagian-bagian truk mixer
  • cara kerja mixer truck
  • kapasitas concrete mixer truck
  • spesifikasi truk mixer
  • concrete pump adalah
  • truk mixer 7 kubik
  • concrete pump truck
  • jenis concrete mixer

Belum ada Komentar untuk "Concrete Mixer atau Truck Mixer Adalah - Fungsi, Jenis, Kapasitas, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Truk Mixer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel