Microsoft Windows Adalah - Cara kerja Sistem, dan Perkembangan sistem operasi windows Beserta Gambarnya


Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows saja adalah keluarga sistem operasi. yang dikembangkan oleh Microsoft, dengan menggunakan antarmuka pengguna grafis.

Sistem operasi Windows telah berevolusi dari MS-DOS, sebuah sistem operasi yang berbasis modus teks dan command-line. Windows versi pertama, Windows Graphic Environment 1.0 pertama kali diperkenalkan pada 10 November 1983, tetapi baru keluar pasar pada bulan November tahun 1985, yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dengan tampilan bergambar. Windows 1.0 merupakan perangkat lunak 16-bit tambahan (bukan merupakan sistem operasi) yang berjalan di atas MS-DOS (dan beberapa varian dari MS-DOS), sehingga ia tidak akan dapat berjalan tanpa adanya sistem operasi DOS. Versi 2.x, versi 3.x juga sama. Beberapa versi terakhir dari Windows (dimulai dari versi 4.0 dan Windows NT 3.1) merupakan sistem operasi mandiri yang tidak lagi bergantung kepada sistem operasi MS-DOS. Microsoft Windows kemudian bisa berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga mencapai 90%. 

 

Baca Juga: Hardisk Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen-Komponen, Cara Kerja, dan Kapasitas penyimpanan


Cara kerja Sistem Operasi Windows

Secara prinsip,komputer hanyalah sebuah alat:alat yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya.Untuk dapat digunakan,komputer tersebut harus memiliki elemen-elemen,yaitu:BRAINWARE,SOFTWARE DAN HARDWARE.Berikut penjelasannya:

  1. BRAINWARE(user) - User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer.Tanpa ada user, komputer yang sudah siap digunakan tidak ada fungsinya.User dapat disebut juga dengan pengguna,misalnya:system analisis,programer,operator dll.
  2. SOFTWARE - Software merupakan salah satu komponen utama komputer.Software atau perangkat lunak adalah program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dapat dimengerti oleh komputer.

Software terdiri dari beberapa jenis,yaitu:

  • Sistem operasi(windows) - Adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi.Tanpa ada sistem operasi maka komputer tidak dapat di fungsikan sama sekali.
  • Program utility - Berfungsi untuk membantu atau mengisi kelemahan/kekurangan dari sistem operasi.Misalnya:norton utility dan scandisk
  • Program aplikasi - Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu.Biasanya program aplikasi dibuat oleh seorang programmer sesuai dengan permintaan,contoh program aplikasi adalah:microsoft office.
  • Hardware - Hardware merupakan bagian dari komponen komputer.Hardware atau perangkat keras adalah peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan oleh panca indra.Hardware terdiri dari input device(perangkat masukan)dan output device(perangkat keluaran).
Yang termasuk hardware adalah:
  1. CPU(central processing unit)~adalah bagian dari komputer yang paling penting,karena jenis processor menentukan pula jenis komputer.
  2. Harddisk~merupakan salah satu media penyimpanan data yang bersifat permanen
  3. Memori~terbagi menjadi dua,yaitu random access memory(RAM)dan read only memory(ROM)
  4. RAM,berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu jika komputer kita matikan maka data yang tersimpan di ram akan hilang.
  5. ROM,adalah memori yang hanya bisa dibaca saja,tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer


Perkembangan sistem operasi windows

  • Windows 1.0

 


Sistem operasi Windows 1.0 dikeluarkan pada tanggal 20 November 1985 dan diresmikan pertama kali pada tanggal 10 November 1983 yang dijuluki dengan Windows Graphic Environment 1.0. Windows 1.0 bukanlah sebuah sistem operasi yang lengkap, namun hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis berbasis 16-bit. Windows 1.0 juga memiliki masalah dan kelemahan sama yang dimiliki oleh MS-DOS. Selain itu, Apple yang menuntut Microsoft membuat Microsoft membatasi kemampuannya. Sebagai contoh, jendela-jendela di dalam Windows 1.0 hanya dapat ditampilkan di layar secara “tile” saja, sehingga jendela tersebut tidak dapat saling menimpa satu sama lainnya. Tentu saja, Windows 1.0 memiliki cukup banyak kekurangan sehingga belum begitu dikenal di masyarakat.

  • Windows 2.0

 


Windows 2.0 mendapatkan keuntungan, karena dapat menggunakan prosesor terbaru pada tahun itu, yaitu Intel 286 Prosesor, memory yang lebih besar, dan fitur komunikasi antar aplikasi dengan menggunakan Dynamic Data Exchange (DDE). Dengan peningkatan dukungan grafis, pengguna sekarang dapat mengatur besar kecil ukuran jendela dan penambahan dukungan untuk keyboard. Jadinya, kita dapat menggunakan Windows dengan hanya berbekal keyboard dan juga dukungan Keyboard Shortcut. Windows 2.0 sendiri di luncurkan pada tanggal 9 Desember 1987. Lalu, rilis selanjutnya yaitu Windows 2.1 sampai Windows 2.03, menambah fitur yaitu Protected Mode dan penggunaan memory yang lebih besar pada prosesor Intel 386.

  • Windows 3.0

Windows 3.0 dirilis pada tanggal 22 Mei 1990. Windows 3.0 memiliki kemampuan dukungan kartu grafis SVGA atau XGA dan juga icon. Microsoft menyediakan SDK (Software Development Kit) sehingga para developer piranti lunak dapat mengembangkan aplikasi agar mampu berjalan di Windows 3.0 ini. Sistem ini mengenalkan Virtual Device Driver (VXD) yang berguna untuk meminimalisasi ketergantungan setiap driver pada perangkat keras tertentu. Sistem ini berevolusi menjadi Windows 3.1 yang mengenalkan fitur Multimedia dan True Type Font. Sistem ini memudahkan End-User karena adanya fitur Drag and Drop. Windows versi 3.0 ini berkembang menjadi Windows 3.11 yang mendukung aplikasi NetWorking.

  • Windows 95  – windows ME


 

Windows 95 diperkenalkan pada tanggal 14 Agustu 199. Sistem operasi  ini memiliki GUI yang lebih menarik dan atraktif, menggunakan rancangan menu  "Start",  menu  inovatif  untuk  mengakses  grup  program  (pengganti  Program Manager)  mendukung  penamaan  berkas  yang  panjang.  Windows  95  juga mendukung  Plug  and  Play  untuk  mendeteksi  instalasi  perangkat  keras  dan konfigurasi secara otomatis,  memiliki beberapa fasilitas seperti : Browser yang terintegrasi dan Windows Explorer untuk menjelajah Windows. Selain itu juga Windows  95  memiliki  fitur  untuk  memanajemen  daya  (APM)  dan diperkenalkannya juga Client-Server.
 

  • Windows 98 -  windows SE dikeluarkan


 

oleh Microsoft pada 25 Jun 1998. Windows 98 sudah mendukung VGA berbasis AGP, serta  mendukung  media  penyimpanan berkas seperti USB, diperkenalkannya NAT untuk  berbagi  koneksi  Internet  dan digantikannya Virtual Device Driver dengan Windows Driver Model. Ada juga beberapa fitur  tambahan  berupa  aplikasi  Microsoft  Office  dan  Internet  Explorer  versi  5. Windows  98  juga  sudah  memiliki kemampuan-kemampuan  untuk memainkan Game dan menjalankan aplikasi Multimedia.windows 98SE menambahkan dukungan pada Internet Explorer 5, NAT untuk  berbagi  koneksi  Interne,  Digital  Versatile  Disk  (DVD,  Windows  Driver Mode  (WDM)  yang  menggantikan  model  Virtual  Device  Drive  (VxD)  serta Windows NetMeeting 3. Sistem ini menganut prinsip hibrida dengan dukungan  kernel 16-bi/32-bi, dan masuk pada famili Windows 9.  Windows ME diluncurkan pada tanggal 14 Septembe 200. Dalam sistem  operasi ini tidak ada fitur yang spesial selain transisi dukungan grafis dari 16-Bit  ke 32-Bit dan sistem ini banyak dipakai oleh pengguna pribadi. 

 

 Windows NT 3.xx – 4.xx

Windows NT sebagai pengganti windows ME mendukung arsitekrtur x86  (80×86), Intel IA64 dan AMD64 (x64) dan grafis 32-Bit. Windows NT dibangun  dari  pengembangan  IBM  OS/2  dan    banyak  digunakan  dalam  jaringan komputer.  Windows  NT  juga  memperkenalkan  File  System  NTFS  yang  lebih baik dari FAT maupun FAT-32.  Windows  NT  3.1  dirilis  untuk  komputer  Intel  x86,  DEC  Alpha,  dan beberapa platform yang mendukung ARC (Advanced RISC Computing MIPS.
Sedangkan Windows 3.51 diluncurkan untuk mendukung komputer IBM PowerP khususnya untuk sistem PReP seperti deskto atau lapto IBM Power Series dan seri  Motorol  PowerStack.  Meskipun  menggabungkan  dua  teknologi  dari  dua perusahaan, Windows NT 3.51 tidak bisa dijalankan di atas Power Macintosh. Intergraph  Corporatio  kemudian  membuat  porting  untuk  arsitektur  Intergraph
Clipper  miliknya  sendiri  dan  membuat  porting  Windows  NT  3.51  agar  bisa berjalan di atas arsitektur SPAR (milik Sun Microsystem). Meskipun demikian, kedua produk tersebut tidak dijual ke publik sebagai produk ritel. 


Windows  NT  4.0  diluncurkan  untuk  mendukung  banyak  platform,  akan tetapi microsoft hanya membuat service pack dan update untuk dua varian  (x86 dan DEC Alph). Selain ke dua varian tersebut service pack dan update dibuat oleh  pihak  ketiga  (Motorola,  Intergraph,  dan  lain-lain).  Windows  NT  4.0 merupakan  versi  rilis  Windows  NT  yang  mendukung  DEC  Alpha,  MIPS,  dan PowerPC.  Microsoft  juga  membuat  Windows  2000  untuk  DEC  Alpha  hingga bulan Agustu 199. Karena Compaq menghentikan dukungan Windows NT untuk arsitektur  tersebut  maka  Microsoft    menghentikan  pengembangan  proyek AlphaNT tersebut.


  • Windows 2000.

 


Windows 2000 (atau Windows NT 5.0 build 2159) adalah sebuah versi sistem operas Window  yang  merupakan  versi  pengembangan  dari Windows  N  versi 4.0  yang  di  dikeluarkan  oleh  Microsof  tanggal  17  Februari  2000  di  Amerika Serikat.    Windows  2000  mempunyai  banyak  fitur  tambahan  diantaranya  :  1) Active Director yang baru, 2) Image Preview, 3) Plug and Play dan Windows Driver Model yang lebih baik performanya dibanding sebelumnya, 4) Browser Explore yang baru, yaitu Internet Explorer 5.0. 5) Mendukung  untuk Microsoft Direct dan Open GL (Windows NT 4.0 hanya mendukung akselerasi OpenG), 6) Windows Media Playe 6.4 terintegrasi  (dapat diinstalasikan di Windows NT 4.0, 7)Terminal Servic yang telah terintegrasi, 8) Plug And Pla yang lebih canggih, sehingga  memasang  hardware  tertentu  dapat  langsung  berjalan  tanpa  harus melalui  proses  restart,  9)  Menggunakan  driver  untuk  hardware  berbasis Windows  Driver  Mode  atau  dikenal  juga  dengan  WDM,  10)  Dukungan manajemen  daya  lebih  baik,  yaitu  ACP  (Advanced  Configuration  and  Power Interface) yang dapat menghemat daya. 

  • Windows XP


Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode “Whistler” selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua. Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.Windows  XP  tersedia  dalam  berbagai  macam  edisi, antara lain ialah :

  1. Windows XP Home Edition ditargetkan untuk pengguna pribadi.    
  2. Windows XP Professional menawarkan fitur  tambahan seperti dukungan untuk  domain  Windows  Server  dan  dua  prosesor  fisik,  dan  ditargetkan untuk  pasar power user, bisnis dan perusahaan klien.  
  3. Windows XP Media Center Edition memiliki fitur multimedi tambahan yang menawarkan kemampuan untuk merekam dan menonton acara T, melihat fil DV, dan mendengarkan musi.  
  4. Windows XP Tablet PC Edition didesain khusus untuk platform PC Tablet, yakni sebuah komputer pribadi yang menggunakan stylus.   
  5. Windows XP profesional 64-bit Edition untuk prosesor berarsitektur IA-6 (Itaniu)  
  6. Windows XP Professional x64 Edition untuk prosesor berarsitektur x86-6.  
  7. Windows XP Starter Edition yang dijual di beberapa negara berkembang.  
  8. Windows  XP  Embedded,  sebuah  versi  Windows  XP  Professional  yang dikurangi segala fiturnya di sana sini untuk pasar tertentu.


  • Windows server 2003

Banyak sekali fitur yang ditawarkan pada Windows Server 2003. Fitur windows server 2003 edisi standar antara lain ialah platform .Net, fiitur Domain Controller Server, PKI (Public Key Infrastructure) Server, Domain Name System (DNS), Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Windows Internet Name Service (WINS),  Microsoft  IIS,  Windows  Terminal  Service,    Mendukung  pembagian beban  jaringa  Fitur  standar  sebuah  server:  file  service,  print  service,  atau application server yang dapat diinstalasi  (seperti Microsoft Exchange Server, SQL Server, atau aplikasi lainnya). Windows Server 2003 memiliki nama kode Whistler Server mulai dikerjakan pada akhir tahun 2000. Windows Server 2003 terdiri atas beberapa edisi atau produk yang berbeda, yakni sebagai berikut: 

  1. Windows Server 2003 Enterprise
  2. Windows Server 2003 Datacenter  
  3. Windows Server 2003 Web Edition.  
  4. Windows Small Business Server 2003 (Windows SBS) 
  5. Windows Storage Server 2003.  
  6. Windows Server 2003 Standard Edition.


  • Windows Vista


 

Windows Vista diluncurkan 8 November 2006 untuk pengguna bisnis, dan 30 Januari  2007  untuk  pengguna  pribadi.    Windows  Vista  lebih  mengutamakan interface  atau  penampilan  grafis  antarmuka  dibandingkan  dengan  performa, Fitur-fiturnya antara lain AERO, Sidebar, tingkat keamanan lebih baik dari pada Windows  XP. Windows  Vista  menggunakan  Firewall  with  Advanced  Security, Windows  Defender,  Parental  Control,  User  Account  Control  (UAC),  BitLocker Drive  Encryption,  ASLR.  Windows  Vista  menggunakan  IPv6,  DirectX  versi terbaru, dan arsitekstur 64-Bit.

  • Windows 7


Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik.


  • Windows 8


 

Windows 8 adalah nama dari versi terbaru Microsoft Window, serangkaian Microsoft  secara  resmi  merilis  Windows  8  pada  26  Oktober  2012.    Versi percobaan Windows 8 berupa Consumer Preview dan Release Preview. Pada tanggal  26  Juni  2013,  Microsoft  merilis  versi  Uji  Coba  dari  Windows  8.1 (sebelumnya dikenal sebagai Windows Blue), Sistem operas ini diproduksi oleh Microsof untuk digunakan pada komputer pribad, termasuk kompute rumah dan bisnis,  lapto,  netboo,  tablet  P,  serve,  dan  PC  pusat  medi.  Sistem  operasi  ini menggunakan  mikroprosesor  AR  selain  mikroprosesor  x8  tradisional  buatan Inte  dan  AM.  Antarmuka  penggunanya  diubah  agar  mampu  digunakan  pada peralatan layar sentu selain mous dan keyboar, sehingga Windows 8 di desain untuk  perangkat  tablet  sentuh.  Windows  8  mempunyai  beberapa    edisi  atau versi antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Windows  8,  setara  dengan  Windows  7  Starter,  Home  Basic,  Home Premium. 
  2. Windows 8 Pro, setara dengan Windows 7 Professional. 
  3. Windows 8 Enterprise, setara dengan Windows 7 Enterprise dan Ultimate. 
  4. Windows 8 RT, versi Windows khusus untuk perangkat berprosesor ARM. 
  5. Windows 8.1


  • Windows 10


 

Windows sengaja tidak mengeluarkan versi windows 9 dikarenakan para users akan menganggap windows 9 yang dipakai adalah windows 95 atau windows 98 karena berawalan 9, jika itu terus dipakai akan berbahaya. Maka dengan itu Windows langsung memproduksi windows 10 untuk menggantikan windows 9 yang tidak boleh diproduksi. Windows ini adalah versi terbaru dari semua software windows dengan segala kecanggihannya membuat satu dari sekian software Operating System ini banyak digandrungi oleh masyarakat, simpel, menarik, dan canggih.


Baca Juga: Sistem Operasi Adalah - Macam - Macam, Fungsi, Perkembangan, Cara kerja, dan Contoh sistem operasi


Demikian Penjelasan Tentang Microsoft Windows Adalah - Cara kerja Sistem, dan Perkembangan sistem operasi windows Beserta Gambarnya.Semoga Bermanfaat


Penelusuran terkait

  • macam-macam sistem operasi windows
  • sejarah sistem operasi windows
  • cara kerja sistem operasi windows
  • windows adalah
  • materi sistem operasi
  • bagaimana menggunakan sistem operasi windows untuk mengatur tampilan
  • keunggulan sistem operasi windows
  • perkembangan sistem operasi windows

Belum ada Komentar untuk "Microsoft Windows Adalah - Cara kerja Sistem, dan Perkembangan sistem operasi windows Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel