Accounting Department Meliputi Tugas Accounting Staff / Staff Akunting dan Istilah - Istilah dalam Accounting



 Accounting Department

Bagian Accounting dalam hotel bertanggung jawab untuk mengendali­kan kegiatan operasional keuangan. Jumlah orang di Bagian Accounting tergantung pada pengelolaan keuangan orang yang bersangkutan. Staf Accounting perusahaan lokal dalam pembentukan instansi, mereka mengumpulkan dan mengirimkan data, serta bertanggung jawab untuk hasil operasi perhitungan secara aktual. Sebagai contoh adalah daftar waktu dilanjutkan pada kantor instansi di mana daftar gaji karyawan ditarik dan dikirim kembali ke Bagian Accounting setiap hari, setiap minggu, atau waktu yang telah ditentukan. Laporan pendapatan kemudian diketik lalu dikirim ke kantor pusat. buas membayar semua rekening, mengirim laporan, menerima pembayaran (rekening yang diterima), menghitung informasi daftar gaji dan menulis daftar gaji, mengakumulasi data operasi (pendapatan dan biaya), dan mengumpulkan laporan pendapatan bulanan. Selain itu, mereka membuka rekening bank, mengamankan uang perusahaan, mengatur semua kegiatan di Bagian Accounting.



Tugas Accounting Staff / Staff Akunting

Dalam kesehariannya, seorang accounting staff memiliki banyak sekali tugas karena seringkali seorang staff akunting harus bekerja secara multi tasking. Akan tetapi ada beberapa tugas pokok dari seorang accounting staff seperti dibawah ini ;

1. Membuat Pembukuan Keuangan Kantor

Tugas utama dari seorang accounting staff sudah tentu adalah membuat pembukuan atas transaksi keuangan perusahaan. Ada banyak sekali format pembukuan yang bisa dilakukan oleh seorang staff akunting. Biasanya masing masing perusahaan memiliki standar pelaporan akuntansi beserta segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan dari perusahaan. Jangan khawatir salah  karena biasanya ada alat bantu untuk membual pembukuan seperti ini. Bahkan beberapa perusahaan sudah memiliki formatnya pembukuannya masing masing. Jadi anda hanya tinggal mengisikan data data saja.

2. Melakukan Posting jurnal operasional

Selanjutnya seorang staff akunting juga memiliki tugas untuk melakukan posting jurnal operasional. Mungkin istilah ini terdengar sulit, sederhananya posting jurnal operasional ini adalah mencatat segala pengeluaran dan pemasukan dari operasional perusahaan kemudian memasukkannya ke dalam buku besar akuntansi. Mengenai buku besar, ini adalah semacam kumpulan dan rekapitulasi laporan akuntansi dari perusahaan. Biasanya buku besar perusahaan ini adalah sebuah sistem yang terintegrasi seperti misalnya ERP atau SAP. Sedangkan untuk membuat jurnal bisa menggunakan Excel atau Accurate. Bagi anda yang lulusan akuntansi pasti memahami hal ini dengan baik.

3. Membuat Laporan keuangan

Selanjutnya anda harus membuat laporan keuangan yang nantinya akan anda pertanggungjawabkan sendiri jika anda yang membuatnya. Laporan ini adalah rekapitulasi keuangan perusahaan yang harus anda tandatangani dan anda serahkan kepada atasan langsung anda. Atasan akan mengecek ulang pekerjaan anda jika anda masih training. Tapi jika anda sudah lama bekerja, biasanya mereka tidak akan melakukan pengecekan karena anda yang akan bertanggung jawab secara penuh terhadap laporan tersebut.

4. Menginput data jurnal akuntansi ke dalam sistem yang dimiliki perusahaan

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, anda harus melakukan filling dokumen atau data entry akuntansi ke dalam sistem. Pastikan data data yang anda masukkan sudah benar dan akurat supaya tidak membingungkan anda pada saat terjadi cash opname nantinya.

5. Memeriksa dan melakukan verifikasi kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan 

Dalam segala transaksi akuntansi pasti ada dokumen pendukung seperti misalkan kuitansi, faktur, invoice dan lain lain. Tugas anda adalah memastikan bahwa kelengkapan dokumen seperti ini benar benar ada dan tersimpan rapi. Jangan sampai hilang karena kelengkapan dokumen ini sebagai bukti pengeluaran yang sah.

6. Rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial

Tugas anda selanjutnya adalah melakukan rekonsiliasi dan penyesuaian bersama kasir terkait pengeluaran perusahaan dengan mengacu pada Buku Kas dan Buku Bak atau buku rekening. Tidak hanya itu, bahan acuan bisa juga berasal dari aktiva tetap perusahaan dan transaksi keuangan lainnya yang pernah dilakukan oleh perusahaan selama rentang waktu yang sudah ditentukan. Jika terdapat kesalahan, maka harus ditemukan hingga data akuntansi yang anda buat benar benar balance.

Tanggung Jawab Staff Akuntansi / Accounting Staff

Berdasarkan tugas tugas yang sudah kami paparkan di atas, bisa ditarik kesimpulan kalau tanggung jawab seorang staff akunting atau accouting staff adalah :
  1. Memastikan pembukuan keuangan kantor tersedia dan terlaksana dengan baik sesuai dengan target.
  2. Memastikan posting jurnal operasional ke dalam sistem terlaksana dengan baik.
  3. Memastikan laporan keuangan perusahaan tersedia dan terdistribusi kepada manajemen dengan baik.
  4. Memastikan data jurnal akuntansi terinput ke dalam sistem yang dimiliki perusahaan tanpa ada yang terlewatkan.
  5. Memastikan pemeriksaaan dan verifikasi kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan transaksi keuangan terlaksana dengan baik.
  6. Memastikan rekonsiliasi dan penyesuaian data finansial terlaksana dengan baik.



Struktur Organisasi Departemen Akuntansi:

  1. Financial Controller
  2. Chief Accounting
  3. Credit  Manager
  4. Account Receivable
  5. Income Audit
  6. Accounting Payable
  7. General Cashier
  8. Cost Control
  9. Receiving
  10. Store (Gudang)
  11. Payroll
  12. Purchasing
  13. Night Audit
  14. Book Keeper


Sistem Pembayaran pada Hotel

Ada beberapa sistem pembayaran pada hotel oleh tamu, yaitu:
  • Pembayaran dengancash money
  • Pembayaran dengancredit card
  • Pembayaran dengantraveller cheque
  • Pembayaran denganvoucher
  • Pembayaran denganguarantee letter
  • Pembayaran dengancomplimentary

Istilah - Istilah dalam Accounting

  • Account Settlements : Pembayaran atas tagihan yang belum dibayar oleh tamu atau buku besar tamu.
  • Accruals : Pengakuan kejadian dan kondisi menurut saat timbulnya, bukan pada saat penerimaan atau pembayarannya. Jumlah yang masih harus dibayar.
  • Additional Charge : Penambahan biaya terhadap harga kamar yang dibebankan kepada tamu karena melebihi bataswaktu check-out (lebih dari dua jam) atau adanyatambahan penghuni kamar.
  • Advance Reservation Deposit : Sejumlah uang muka untuk pembayaran yang diterima oleh hotel dari tamu atau travel agent atas pemesanan kamar. Besarnya uang muka biasanya minimal harga satu malam kamar ditambah dengan pajak dan pelayanan.
  • Advance Deposit : Sejumlah uang yang dibayarkan sebagai jaminan pemesanan reservasi kamar, dapat dibayar sebagian dari harga kamar.
  • Advanced Payment : Pembayaran dimuka atas gaji, upah, komisi sebelum pekerjaan diselesaikan.
  • Airlines Rates : Harga khusus untuk awak pesawat serta staf penerbangan komersial diberikan tarif kamar khusus yang biasanya berupa potongan harga kamar sebesar 25% sampai 50% dari tarif normal/biasa.
  • Airlines Voucher : Sebuah kertas berharga dapat digunakan oleh tamu untuk melakukan check-in pada hotel tertentu sesuai dengan yang ditunjuk oleh pihak perusahaan penerbangan
  • AMEX (American Express) : Salah satu jenis kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis.
  • Approval Number : Nomor persetujuan yang diberikan oleh bank jika tamu menggunakan kartu kredit sebagai cara pembayaran.
  • Audit : Pemeriksaan laporan keuangan atau pemeriksaan lainnya mengenai kebenaran bukti formil maupun bukti materiil atas suatu transaksi yang bersangkutan.
  • City Ledger : Kumpulan rekening tamu/guest bill yang tidak menginap di hotel.
  • Cheques : Cek adalah alat tertulis yang ditandatangani oleh nasabah bank, yang memerintahkan kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu yang tertulis pada cek tersebut.
  • Corkage : Biaya yang dikenakan pada tamu apabila tamu membawa makanan dan minuman dari luar hotel.
  • Credit Cards : Kartu kredit yang biasa dipakai untuk melakukan transaksi dan pengambilan uang tunai  mengeluarkannya.
  • Cross-Training : Pelatihan antardepartemen atau antarbagian dalam satu departemen.
  • Currency : Uang logam atau kertas yang berlaku di negara tersebut, foreign currency: mata uang asing.
  • Database : Kumpulan data yang belum diolah.
  • Deposit : Uang muka yang diberikan oleh tamu berkaitan dengan aktivitas yang akan dilaksanakan di hotel tersebut.
  • Depreciation : Merupakan penyusutan atas aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.
  • Draft : Catatan kasar sebelum surat dibuat.
  • Financial Report : Laporan keuangan yang meliputi: neraca, laporan rugi laba, serta laporan lainnya dari suatu perusahaan.
  • Journal : Buku harian yang mencatat setiap transaksi yang bersifat keuangan dalam suatu perusahaan.
  • Journal Entry : Ayat jurnal, daftar yang disiapkan untuk mencatat dalam buku harian.
  • Market Place Trend : Suatu kondisi pasar tertentu yang menjadi sangat potensial untuk diikuti mengingat konsumen sangat menyukainya, sehingga para produsen pun harus jeli untuk mengembangkan strategi khusus meraih minat konsumen.
  • Market Trend : Kecenderungan pasar.
  • Name tag : Papan nama.
  • On the job/workplace : Di tempat kerja, pelaksanaan kerja yang diawasi langsung.
  • Petty Cash : Sejumlah uang tunai yang disediakan untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil.
  • Positioning : Upaya perusahaan untuk menanamkan image dan kesan yang baik dan mendalam di benakkonsumen sehingga mempengaruhi pemilihan dan keputusan pembelian konsumen.
  • Pre-Payments : Pembayaran di muka atas barang atau jasa yang akan diterima.
  • Presentation Sales : Keterampilan menyampaikan informasi suatu produk kepada pelanggan dengan tujuan menstimulasi minat mereka terhadap produk tersebut.
  • Profit & Loss : Uraian pendapatan dan pengeluaran produksi.
  • Profit And Loss Statement : Laporan laba rugi yang dibuat oleh perusahaan pada periode tertentu.
  • Quality Assurance : Semua jenis pekerjaan (tahapan kerja) harus terencana dan sistematik yang diimplementasikan dan didemonstrasikan guna memberikan kepercayaan yang cukup bahwa produk yang dihasilkan akan memenuhi persyaratan kualitas tertentu.
  • Reconciliation : Menentukan item mana saja yang menyebabkan perbedaan dari suatu perkiraan berdasarkan pencocokan dari dua sumber yang berbeda (misal: buku catatan bank dan buku catatan perusahaan).
  • Register : Mendaftar secara resmi dengan mengisi formulir; cash register: mesin dengan kotak uang kas yang memperlihatkan transaksi penjualan.
  • Reimburse : Mengganti pengeluaran kepada seseorang yang telah membayarkan terlebih dahulu.
  • Return Inwards Journal : Buku harian yang digunakan untuk mencatat penerimaan kembali atas barangbarang yang telah dijual.
  • Return Outwards Journal : Buku harian yang digunakan untuk mencatat setiap pengembalian atas barang-barang yang telah dibeli.
  • Revenue : Pendapatan/perolehan yang dihasilkan dari penjualan produk atau jasa.
  • Sales Call  : Proses menjajaki pelanggan potensial yang dapat dijadikan target dalam melakukan sales untuk periode tertentu.
  • Sell Merchandise : Penjualan seperangkat barang/produk yang dikemas sedemikian rupa sebagai perusahaan, dapat pula bertujuan sebagai promosi.
  • Service Charge : Sejumlah uang yang ditambahkan sebagai pembayaran atas jasa/pekerjaan yang diberikan.
  • Travel Agent : Perusahaan yang khusus mengatur dan menyelenggarakan perjalanan wisata dalam negeri maupun luar negeri.
  • Traveller Cheque : Sebuah kertas berharga yang menunjukkan sejumlah uang untuk orang-orang yang suka berpergian jauh agar mudah dibawa dan mudah membayar dalam jumlah besar.
  • Trend Marketing : Kondisi/situasi pasar yang menyebabkan perencanaan pembuatan strategi marketing khusus.
  • Word Of Mouth Promotion : Promosi yang dilakukan oleh konsumen dari mulut ke mulut tentang suatu produk.



Demikian Penjelasan Tentang  Accounting Department Meliputi Tugas Accounting Staff / Staff Akunting dan Istilah - Istilah dalam Accounting. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id  Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.

Penelusuran yang terkait dengan accounting hotel
  • belajar accounting hotel
  • gaji accounting hotel
  • struktur organisasi accounting hotel
  • istilah accounting hotel
  • chief accounting hotel adalah
  • accounting hotel job description
  • makalah accounting hotel
  • sop accounting -- hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel