Cocktail Adalah - Asal usul, Macam Macam, dan Minuman Cocktail Tervaforit Di Dunia

Sumber Gambar : theflavorbender.com

Apa Itu Cocktail?

Materi Perhotelan - Koktail (bahasa Inggris: cocktail) adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan minuman atau bahan-bahan lain yang beraroma. Sebelum disajikan dalam gelas khusus koktail, minuman ini diaduk atau diguncang-guncang supaya bahan-bahannya tercampur. Minuman beralkohol yang sering dijadikan koktail adalah gin, wiski, rum, dan terutama vodka.

Menurut Jerry Thomas dalam buku Bartender's Guide or How to Mix Drinks terbitan tahun 1862, bahan dasar resep koktail adalah minuman beralkohol yang dicampur dengan gula, air, dan bitters. Istilah koktail secara berangsur-angsur mengacu kepada hampir semua minuman campur yang mengandung alkohol.Di zaman sekarang, koktail biasanya dibuat dari satu jenis atau lebih minuman beralkohol ditambah perisa berupa liqueur, sari buah, gula, madu, air, es, minuman karbonasi, susu, krim susu, rempah-rempah, bitters, dan sebagainya.Sekarang, vodka sering digunakan sebagai pengganti gin dalam resep koktail tradisional yang menggunakan gin (misalnya gimlet, martini, atau Collins).


Asal usul

Koktail "Flaming" yang dinyalakan sebelum diminum

Sangat banyak penjelasan tentang asal usul istilah koktail, tetapi tidak ada yang betul-betul memuaskan. Istilah cocktail kemungkinan mengacu kepada rasa terkejut ketika melihat warna-warni yang dihasilkan dari mencampur minuman beralkohol dengan minuman berwarna.

Stanley Clisby Arthur dalam buku Famous New Orleans Drinks and How to Mix 'Em' menceritakan tentang pengungsi Prancis bernama Antoine Amedie Peychaud yang menetap di New Orleans pada tahun 1793. Peychaud adalah seorang apoteker berpraktik yang juga membuat sendiri minuman bitters. Ia meracik obat sakit perut berupa bitters dan brendi yang dicampurnya di cangkir telur (bahasa Prancis: coquetier). Bagi telinga orang Amerika, coquetier terdengar sebagai "cocktail". Kemungkinan lain, istilah cocktail berasal dari cangkir telur (coquetier) yang dipakai untuk menyajikan minuman oleh orang New Orleans di awal abad ke-19.

Menurut sebuah cerita yang populer, pencipta koktail adalah wanita pramutama bar. Namanya Betsy Flanagan. Pada tahun 1779, ia menyajikan minuman berhias bulu ekor ayam jantan (bahasa Inggris: "cocktail") untuk serdadu Prancis. Bulu ekor ayam tersebut dicabutnya dari ayam jantan milik tetangga.Kisah ini dibantah oleh William Grimes yang menjelaskan dalam buku Straight Up or On the Rocks: A Cultural History of American Drink bahwa Betsy Flanagan adalah tokoh fiksi dalam cerita The Spy karya James Fenimore Cooper.

Hampir serupa dengan kisah Betsy Flanagan, cerita lain mengisahkan istilah koktail tercipta pada masa Perang Revolusi Amerika. Kedai minum di dekat Yorktown, New York ramai dikunjungi serdadu Amerika dan Prancis yang berada di bawah komando George Washington dan Marquis de Lafayette. Serdadu Amerika senang minum wiski atau gin, tetapi sebaliknya serdadu Prancis senang minum anggur atau vermouth. Kalau malam sudah larut, para serdadu saling mencampur-campur minuman di gelas sebelum bersulang. Seorang prajurit mencuri ayam jantan dari rumah tetangga yang dipercaya sebagai pendukung George dari Inggris. Setelah dimasak, ayam jantan tersebut dimakan ramai-ramai, dan bulu ekornya dijadikan penghias minuman. Ketika bersulang, mereka meneriakkan, "Vive le cocktail!" ("Hidup ekor ayam jantan!"), dan minuman itu kemudian disebut koktail.


Apa Bedanya Dengan Mocktail?

Mocktail adalah aneka minuman ringan (tetapi tidak beralkohol) yang biasa kita minum setelah makan. Bisa bersoda atau tidak, dan rata-rata mengusung rasa yang manis. Hampir semua bahan bisa kita jadikan mocktail, dari yang berat seperti es krim atau dapat juga dengan buah-buahan, atau bahkan dengan sayur-sayuran, semuanya dapat dijadikan bahan dasar pembuatan mocktail asalkan kita tahu bagaimana memadukannya dengan cairan lain seperti sirup atau soda.


Macam Macam Gelas Cocktail

  1. Gelas-gelas cocktail adalah gelas yang terbaik. Beberapa gelas yang terbuat dari emas, perak atau logam lainnya terlihat sangat menarik namun seringkali memberi rasa logam yang tidak enak pada cocktail.
  2. Gelas Martini dan Manhattan adalah gelas cocktail yang luas permukaannya.
  3. Gelas old-fashioned biasanya mempunyai dasar yang tebal karena bongkahan gula dan pemberi rasa pahit dihancurkan dengan alat kocok ketika membuat cocktail. Gelas-gelas old-fashioned terdiri dari berbagai macam ukuran, namun gelas berukuran 200 mL adalah yang terbaik karena dapat digunakan untuk whisky dan minuman lain yang disuguhkan dengan es.
  4. Gelas highball adalah salah satu dari gelas-gelas tinggi dan berpermukaan sempit yang sangat berguna (disebut gelas Collins, tumblers dan Zombies) dan digunakan untuk menyajikan minuman jangka panjang.
  5. Gelas shot terutama digunakan untuk shooters.


Minuman Cocktail Tervaforit Di Dunia


Mojito adalah sebuah minuman keras khas Kuba. Mojito biasanya dibuat dari lima bahan: rum putih, gula (biasanya gula tebu), limun, air soda, dan daun mint. Kombinasi antara rasa manis, limun yang segar dan mint dimaksudkan untuk menutupi rum yang efeknya keras.



Pina Colada adalah sejenis Cocktail berbahan dasar Rum manis yang dibuat dari Rum, krim kelapa dan jus nanas, biasanya disajikan dengan cara dikocok atau diaduk dengan es. Pina Colada bisa diberi hiasan dengan irisan buah nanas atau ceri ataupun keduanya. Pina Colada telah menjadi minuman keras resmi Puerto Rico sejak tahun 1978.


Cosmopolitan atau yang dikenal dengan sebutan Cosmo biasanya dipesan oleh wanita. Dibuat dari vodka, triple sec, cranberry jus, dan perasan air lemon.


Cuba Libre memiliki arti “bebaskan Kuba”. Terdiri dari cola, rum putih, dan lemon. Karena namanya Cuba Libre orang orang mempercayai bahwa minuman ini berasal dari Kuba.



Black Russian adalah Cocktail yang terbuat dari campuran Vodka dan Coffee Liqueur (biasanya terdiri dari tiga bagian Vodka untuk dua bagian Coffee Liqueur, per label botol Kahlua, atau lima bagian Vodka untuk dua bagian Coffee Liqueur, per bahan-bahan yang ditentukan menurut IBA) dan kadang-kadang dicampur dengan Cola. Kalau dicampur dengan Cola, maka akan disebut dengan Dirty Black Russian, berlawanan dengan Clean yang tidak menggunakan Cola. Secara Tradisional Black Russian dibuat dengan menuangkan Vodka diatas es batu atau pecahan es ke dalam Gelas kuno, seperti halnya Coffee Liqueur. Ane lebih suka versi white russian-nya

Baca Juga: Pengertian Menu Dan Jenis Menu Berdasarkan Waktu Penghidangan (Bentuk hidangan)


Demikian Penjelasan Tentang Cocktail Adalah - Asal usul, Macam Macam, dan Minuman Cocktail Tervaforit Di Dunia. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.

Penelusuran yang terkait dengan COCKTAIL
  • apakah cocktail memabukkan
  • cocktail indonesia
  • jenis cocktail di indonesia
  • fruit cocktail adalah
  • macam macam cocktail
  • history of cocktail
  • resep cocktail alkohol
  • resep minuman cocktail bar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel