Definisi Tentang Komputer - Komponen komponen, Jenis Jenis, Fungsi dan Perkembangan Komputer[ Lengkap ]

Definisi Tentang Komputer [ Lengkap ]

Definisi Komputer
Komponen atau bagian bagian Komputer, Jenis jenis komputerKata komputer secara etimologi berasal dari bahasa yunani yaitu computere yang artinya memperhitungkan atau menggabungkan bersama sama. Komputer adalah suatu alat atau perangkat elektronik yang digunakan untuk mengolah data atau program dan  terdiri dari ribuan komponen komponen yang saling berhubungan secara otomatis. Komputer terdiri dari hardware dan software. Hardware adalah perangkat keras yang merupakan  komponen atau bagian bagian dari komputer yang dapat kita lihat secara 3 Dimensi.  Sedangkan software merupakan perangkat lunak yang berupa sistem operasi dari komputer tersebut dan aplikasinya. Hardware dan Software tidak dapat dipisahkan untuk menjalankan atau mengoperasikan komputer.




Pengertian Komputer Menurut Para Ahli
  • Komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. (KBBI)
  • Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. (Robert H Blissmer)
  • Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi. (V.C Hamacher)


Komponen komponen komputer:

  1. Monitor (layar komputer) adalah komponen atau bagian yang menampilkan output dari instruksi atau perintah yang dimasukan atau dinput oleh user 
  2. Processor adalah komponen atau bagian dari komputer yang bertugas untuk melakukan eksekusi instruksi. 
  3. RAM (Random Access Memory) yaitu sutau tempat penyimpanan data dari aplikasi yang sedang kita jalankan secara sementara. 
  4. Motherboard adalah komponen atau bagian dari komputer yang digunakan untuk memasang komponen komponen atau bagian dari komputer seperti: processor, hardisk, video card dan yang lainya. 
  5. Hardisk merupakan komponen atau bagian dari komputer yang digunakan untuk menyimpan data dalam komputer dalam jumlah yang besar. 
  6. Keyboard adalah komponen atau bagian dari komputer yang digunakan sebagai alat untuk mengetik sesuatu serta sebagai alat yang digunakan untuk mengirim printah atau instruksi tertentu. 
  7. Mouse adalah Adalah komponen atau bagian dari komputer yang digunakan untuk mengerakan dan mengarahkan kusor ke aplikasi yang inggin kita klik. 
  8. Power Supply adalah komponen atau bagian dari komputer yang  berfungsi untuk mengatur arus listrik yang masuk untuk digunakan komputer. Serta sebagai alat penyetabil tegangan listrik 
  9. Video card adalah komponen atau bagian dari komputer yang  berfungsi untuk menampilkan output berupa video di monitor komputer. 
  10. Sound card komponen atau bagian dari komputer yang berfungsi untuk menghasilkan suara pada komputer. 
  11. Optical disk driver adalah komponen komputer yang digunakan untuk pemutar cd di komputer. Contoh: CD ROM dan DVD ROOM. 
  12. VGA Card atau Virtual GraphIc Arrey adalah komponen komputer ada didalam CPU yang berfungsi untuk menampilkan output di monitor atau layar komputer. 
  13. CPU atau central processing unit merupakan komponen atau bagian dari komputer yang berfungsi dalam memproses input sebelum di output di monitor ( layar ). 
  14. Cashing merupakan komponen yang digunakan sebagai wadah atau bagian yang digunakan untuk menyimpan komponen komponen yang lainnya.
 

Jenis Jenis Komputer:

  1. PC atau Personal Computer yaitu komputer yang digunakan secara personal atau pribadi untuk kepentingan pribadi. Komputer ini Dikenalkan oleh Alm Eddy liew di indonesia pada tahun 1980. Keyboard,  monitor dan CPUnya terpisah. 
  2. Laptop adalah komputer portable yang mudah untuk dibawa kemana mana. Keyboard dan monitornya dan CPUnya menyatu. 
  3. Notebook adalah  berukuran yang lebih tipis dari laptop dalam ketebalanya. Notebook biasanya memiliki DVD Rom dan memiliki port usb kurang lebih dari 3 port Usb namun tidak memiliki bluetooth 
  4. Netbook berukurang sangat tipis daripada laptop dan notebook. Didalam Netbook tidak terdapat VGA, DVD Rom serta kapasitas hardisk atau penyimpananya yang lebih sedit daripada notebook. Netbook tidak bisa digunakan untuk bermain game pc. 
  5. PC tablet merupakan perangkat mini computer yang diciptakan dengan touchscreen jadi perangkat ini bisa digunakan tanpa keyboard dan mouse.
 

Fungsi Dasar Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer adalah sebagai pengelolaan data, penyimpan data, pemindahan data dan pengendali.
  • Pengelola Data
Komputer adalah perangkat yang digunakan untuk mengolah data sehingga menghasilkan keluaran sesuai dengan informasi yang telah diperintahkan. Data berupa dokumen, tulisan, gambar, suara, grafis dan video. Misalnya, Anda menulis pada keyboard maka pada layar akan masuk tulisan yang ada ketikkan pada keyboard, proses itu disebut pengelola data.
  • Penyimpan Data
Komputer adalah perangkat yang dilengkapi dengan memori (RAM dan ROM) yang digunakan untuk penyimpanan data, berbagai data yang sudah diproses dapat disimpan dan nantinya bisa dibuka kembali.
  • Pergerakan Data
Data yang sudah disimpan bisa di kirim ke perangkat lain atau melalui jaringan internet atau diproses ke alat output (printer atau speaker). Proses pengiriman atau pemindahan data ini yang disebut pergerakan data.
  • Pengendali Data
Proses pergerakan data, penyimpanan data, pengelolaan data dikendalikan oleh pengguna pada perangkat komputer. Pengendali ini bisa berupa mengendalikan suara yang dihasilkan, mengendalikan jumlah halaman yang di print out, mengendalikan intensitas layar dan lain sebagainya.

Komputer dari waktu ke waktu terus mengalami perkembangan, komputer yang diciptakan pertama kali memiliki bentuk, ukuran dan kemampuan yang berbeda dengan komputer yang dimiliki sekarang ini. Berikut ini akan dibahas tentang sejarah perkembangan komputer pertama sampai sekarang.
 

Perkembangan Komputer

Perkembangan komputer terbagi menjadi lima kelompok angkatan. Tiap kelompok angkatan ditentukan oleh komponen utama komputer. Setiap kelompok angkatan menghasilkan komputer yang ukurannya lebih kecil, simpel, harga terjangkau, dan tahan banting.Sebab diiringi dengan penemuan-penemuan komponen elektronik baru  yang membuat wujud komputer semakin ringkas.Komputer saat ini dapat memproses gambar, suara, teks, dan bentuk non-numerik data lainnya. Hal penting dari komputer, yaitu semua proses gambar, suara, teks dan lain sebagainya merupakan wujud lain dari perhitungan numerik dasar.Sedangkan yang diolah oleh mesin komputer adalah angka-angka saja, yaitu angka 1 dan angka 0. Angka tersebut membentuk kombinasi kode (disebut kode biner) yang mewakili listrik aktif dan nonaktif. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari masa ke masa, mari simak uraiannya dibawah ini.
 
  • Komputer Kelompok Angkatan Pertama

Komputer kelompok angkatan pertama ini berkembang dari tahun 1940 hingga 1959. Komputer kelompok angkatan pertama bernama ENIAC. Kepanjangannya Electronic Numerical Integrator and Computer yang dikembangkan oleh angkatan darat Amerika Serikat untuk kepentingan menghitung tabel tembakan senjata di Laboratorium Persenjataan.ENIAC dirancang dan dikembangkan oleh dua orang professor asal Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat. Yaitu Prof. John Presper Eckert dan John W. Mauchly. Selanjutnya mesin tersebut diluncurkan pada 15 Februari 1946.ENIAC menggunakan 17.468 tabung vakum, 7.200 diode Kristal, 1.500 pemancar, 70 ribu  resistor, 10.000 kapasitor, dan sekitar 5 juta sambungan yang disolder dengan  tangan.Tabung vakum menghasilkan panas yang berlebih, sehingga kurang efesien dan efektif. Bisa dibayangkan bagaimana panasnya berada di dekat ENIAC ya? Selain itu juga membutuhkan jumlah asupan listrik yang sangat besar untuk pengoperasiannya.Beratnya 27 ton dan ukurannya  2,4 m x 0,9 m x 30 m. Luas ruangan yang dipakai oleh ENIAC sekitar 167 m2 dan daya listrik yang dipakai sebesar 160kW. Luar biasa besar bukan? Bandingkan dengan mesin komputer atau bahkan laptop yang banyak beredar seperti sekarang ini.Tentu sangat jauh sekali ukurannya. Kemampuan ENIAC saat itu hanya terbatas pada memecahkan satu masalah dalam satu waktu dan menggunakan bahasa yang hanya bisa dimengerti oleh mesin komputer.Input dimasukan dengan cara membuat lubang-lubang pada kartu (punched cards) diatas pita kertas. Hasilnya berupa print out.
  • Komputer Kelompok Angkatan Kedua

Kelompok angkatan kedua berkembang pada era 1959 sampai 1965. Dimana pada masa tersebut muncul transistor sebagai pengganti komponen tabung vakum pada komputer kelompok angkatan pertama.Transistor adalah alat semikonduktor yang berperan sebagai penyambung dan pemutus arus listrik. Ukuran transistor lebih kecil dan panas yang dihasilkan lebih sedikit daripada tabung vakum. Sehingga, transistor mampu membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dibandingkan sebelumnya.Bahasa pemrograman pada era ini semakin berkembang. Bahasa mesin dari kartu berlubang beralih ke bahasa simbol. Programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata bukan lagi dengan symbol titik-titik hitam.Beberapa bahasa pemrogramaman yang berkembang saat itu ada “Common Business- Oriented Translator” (CBOL) dan “Formula Translator” atau FORTRAN.  Perubahan ini membuat kerja komputer menjadi lebih baik lagi dari angkatan sebelumnya.
  • Komputer Kelompok Angkatan Ketiga

Komputer kelompok angkatan ketiga terjadi pada tahun 1965 hingga 1971. Ditandai dengan ditemukan dan digunakannya Integrated Circuit (IC) sebagai ganti transistor oleh insinyur listrik asal Texas yang bernama Jack Kilby. Transistor pada masa ini dikembangkan dan dibuat menjadi lebih kecil sehingga bisa  dipasang bersama dengan komponen lainnya pada IC.  Sehingga satu IC terdiri dari beberapa transistor, kapasitor, dan resistor. Temuan Jack membuat komputer bekerja lebih efisien dan lebih cepat lagi dari komputer kelompok angkatan sebelumnya. Selain itu sistem operasi juga mulai ditemukan dan dikembangkan pada masa tersebut.Sehingga komputer bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamanaan. Komputer pada masa tersebut juga komputer pertama yang mampu berhubungan dengan hardware lainnya seperti keyboard.  Contoh komputer kelompok angkatan ketiga anatara lain IBM/30, UNIVAC 9000, UNIVAC 1108 dan GE 600.
  • Komputer Kelompok Angkatan Keempat

Inovasi selanjutnya setelah ditemukannya IC yaitu hadirnya produk Large Scale Integration atau LSI. Jadi LSI merupakan gabungan atau penyatuan beribu-ribu IC pada satu kepingan yang disebut dengan CHIP. Adanya pemadatan beribu IC ke dalam CHIP membuat ukuran komputer semakin mengecil dan semakin sering digunakan oleh masyarakat umum. Bukan hanya untuk urusan bisnis saja, namun berkembang untuk bidang pendidikan, dan lain sebagainya.Perkembangan komputer kelompok angkatan keempat tidak lepas dari perusahaan Intel. Karena, perusahaan tersebut yang membuat CHIP pertama yang diluncurkan pada 1971. Hal ini menjadi tahap awal perkembangan mesin utama komputer yang dulunya sebesar satu ruangan menjadi segenggam tangan.Pengguna komputer pada kelompok angkatan mulai berkembang luas. Tidak hanya kaum elit dan pebisnis saja, melainkan masyarakat umum sudah banyak memiliki komputer. Hangga akhirnya muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis yang awalnya bertujuan agar semakin cepat tukar menukar informasi antar kelompok bisnis. Maka lahirlah internet. Perkembangan besar lainnya yang ditemukan pada kelompok angkatan ini adalah muculnya komputer jinjing atau laptop yang bisa dibawa kemanapun Anda pergi. Semua jenis laptop dan komputer saat ini menjadi produk komputer kelompok angkatan keempat.
 
 
Baca Juga:  Sistem Operasi Beserta Jenis Sistem Operasi Komputer Secara Lengkap

Komputer Kelompok Angkatan Kelima

Komputer kelompok angkatan kelima merupakan komputer yang memiliki teknologi seperti kecerdasan buatan. Saat ini tengah diteliti dan dikembangkan terus-menerus. Negara yang paling getol meneliti dan memikirkan kecerdasan buatan adalah Jepang. Bahkan mereka memiliki laboratorium dan lembaga khusus untuk menciptakan komputer kelompok angkatan kelima.

Kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh komputer kelompok angkatan kelima yaitu kemampuan untuk berinteraksi dengan manusia dengan masukan visual, merespon kata yang kita ucapkan dan bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada di sekitarnya.
 
Demikianlah yang dapat   disampaikan tentang Pengertian komputer, komponen, dan jenis komputer lengkap


Penelusuran yang terkait dengan komputer adalah
  • fungsi komputer adalah
  • definisi komputer
  • sistem komputer adalah
  • pengertian komputer secara umum
  • pengertian komputer secara lengkap
  • artikel tentang komputer
  • apa yang dimaksud dengan komputer
  • gambar komputer dan laptop

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel