Pengertian Pariwisata dan Skema Industri Pariwisata

 


Pengertian Pariwisata

Berbicara  tentang  pengertian  pariwisata  maka  akan  dijumpai beberapa  istilah  yang  berhubungan  dengan  kata  “pariwisata”  tersebut, antara  lain:  pari,  wisata,  wisatawan,  tourisme,  kepariwisataan,  objek wisata  dan  sebagainya.  Kata  wisata  berasal  dari  Jawa  kuno  yang  kini telah    memperkaya    khasanah    perbendaharaan    bahasa    Indonesia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, “wisata” merupakan kata kerja yang berarti: (a) bepergian bersama-sama, (b) piknik.Pari berarti: segala, semua,  maka  Pariwisata  dapat  diartikan  sebagai  segala  sesuatu  yang berhubungan  dengan  “bepergian  bersama-sama”.  Wisatawan  berarti orang  yang  melakukan  wisata,  atau  orang  yang  bepergian.  Tourisme
berasal dari kata Inggris “tourism” yang digunakan sebagai padanan kata “pariwisata”.  Objek  wisata  menyangkut  tempat,  lokasi,  atau  segala sesuatu  yang  menjadi  daya  tarik  untuk  dikunjungi,  dipelajari  atau  dilihat oleh wisatawan.

 

Baca Juga: Peralatan dan Form- Form Yang digunakan Kantor Depan / Front Office

 

Dalam  dunia  Pariwisata,  Wisata  adalah  bepergian  selama  paling sedikit   24   jam   sebagaimana   ditetapkan   oleh   Komisi   Tehnik the International  Union  of  Official  Travel  Organization  (IUOTO)  melalui  the Pasific Area Travel Association (PATA).

Untuk  memperoleh  kerangka  acuan  yang  sama  maka  sebaiknya digunakan pengertian yang telah diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia  nomor  9  tahun  1990  tentang  Kepariwisataan. Di sini  dikutip beberapa pengertian istilah yang berkaitan dengan kepariwisataan.

  1. Wisata  adalah  kegiatan  perjalanan  atau  sebagian  dari  kegiatantersebut  yang  dilakukan  secara  sukarela  serta  bersifat  sementarauntuk menikmati objek dan daya tarik wisata.
  2. Wisatawan adalah orang yang melakukan kegiatan wisata.
  3. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata,termasuk  pengusahaan  objek  dan  daya  tarik  wisata  serta  usaha-usaha yang terkait bidang tersebut.
  4. Kepariwisataan  adalah  segala  sesuatu  yang  berhubungan  denganpenyelenggaraan pariwisata.
  5. Usaha pariwisata adalah kegiatan yang bertujuan menyelenggarakan jasa  pariwisata,  menyediakan  atau  mengusahakan  objek  dan  daya tarik  wisata,  usaha  sarana  pariwisata  dan  usaha  lain  yang  terkait  di bidang tersebut.
  6. Objek  dan  daya  tarik  wisata  adalah  segala  sesuatu  yang  menjadi sasaran wisata.
  7. Kawasan  Pariwisata  adalah  kawasan  dengan  luas  tertentu  yang dibangun atau disediakan untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.


Skema Industri Pariwisata

Menurut the Educational Institute of the American Hotel & Motel Association (Endar Sugiarto & Sri Sulastiningrum, 1996) skema Industri Pariwisata dapat dilihat pada  Tabel 1.1

Tabel 1.1

Skema Industri Pariwisata

Travel and Tourism Industry

Lodging Operation

Transportation Service

Food and Beverage Operations

Retail Store

Activities

Hotels

Ships

Restaurants

Gift Shops

Recreation

Motels

Airlines

Lodging Properties

Souvenir Shops

Business

Motor Hotels

Autos

Retail Stores

Art/Crafts Shops

Entertainment

Resorts Hotels

Buses

Vending

Shopping Malls

Meetings

Camps

Trains

Catering

Markets

Study Trips

Parks

Bikes

Snack Bar

Miscellaneous Stores

Sporting Events

Pensions

Limousines

Cruse Ships

 

Ethnic Festivals

Motor Homes

 

Bar/ Taverns

 

Art Festivals Cultural Events, Seasonal Festivals

Cara lain untuk dapat memahami keterkaitan dan saling ketergantungan antar berbagai unsure/sector dalam industri pariwisata dapat pula dijelaskan dengan menggunakan peta pikiran (mind map) seperti terlihat pada Gambar 1.1 dan 1.2

Gambar 1.1 Peta Pikiran Tentang

Keterkaitan Berbagai Unsur Dalam Industri Pariwisata

Gambar 1.2 Pengelompokan  Perjalanan Wisata


Unsur-Unsur Industri Pariwisata sbg berikut :


  1. Akomodasi Adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara, dapat berupa hotel, losmen, guest house, pondok, cottage inn, perkemahan, caravan, hostel dan sebagainya.
  2. Jasa Boga dan Restoran Adalah industri yang bergerak dalam bidang penyediaan makanan dan minuman, yang dikelola secara komersial. Jenis usaha ini dapat dibedakan dalam manajemennya, yaitu cara pengelolaannya, apakah dikelola secara mandiri maupun terkait dengan usaha lain.
  3. Transportasi dan Jasa Angkutan Adalah bidang usaha jasa yang bergerak dalam bidang angkutan. Transportasi dapat dilakukan melalui darat, laut dan udara. Pengelolaan dapat dilakukan oleh swasta maupun BUMN.
  4. Tempat Penukaran Uang (Money Changer) Tempat penukaran mata uang asing (money changer) kini telah berkembang dengan pesat, penukaran uang tidak hanya dilakukan di bank, melainkan juga pada perusahaan-perusahaan money changer yang tersebar di tempat-tempat strategis, terutama di kota-kota besar. 
  5. Atraksi Wisata Atraksi wisata dapat berupa pertunjukan tari, musik, upacara adat atau budaya khas sesuai dengan budaya setempat. Pertunjukan ini dapat dilaksanakan secara tradisional maupun modern, melalui atraksi wisata ini banyak hal dapat dilakukan, salah satunya mengangkat keunggulan budaya lokal. 
  6. Cenderamata Adalah oleh-oleh atau kenang-kenangan yang dapat dibawa oleh wisatawan pada saat kembali ke tempat asalnya. Cenderamata ini biasanya berupa benda-benda kerajinan tangan yang di bentuk sedemikian rupa sehingga memberikan suatu keindahan seni dan sifatnya khas untuk tiap daerah. 
  7. Biro Perjalanan Adalah suatu badan usaha di mana operasionalnya meliputi pelayanan semua proses perjalanan dari seseorang, sejak berangkat hingga kembali, sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pariwisata dan Skema Industri Pariwisata . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

Baca Juga:  Laundry adalah Beserta Chemical Yang di Gunakan laundry di Hotel

 

 Penelusuran yang terkait dengan Skema Industri Pariwisata

  • sebutkan unsur-unsur industri pariwisata
  • skema industri pariwisata lodging operation
  • komponen industri pariwisata
  • skema industri perhotelan
  • pengertian industri pariwisata
  • sebutkan unsur-unsur industri pariwisata meliputi akomodasi
  • skema industri pariwisata brainly
  • lodging operation dalam skema industri pariwisata

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel