Laundry adalah Beserta Chemical Yang di Gunakan laundry di Hotel


Laundry adalah bagian dari housekeeping yang bertanggung jawab atas pencucian semua linen, baik itu house laundry maupun guest laundry. Sekarang ini dalam  menjalankan operasionalnya, laundry juga melayani pencucian dari luar hotel yang bertujuan  untuk meningkatkan pendapatannya.

Tugas utama laundry adalah membantu operasioanal   hotel   yang berhubungan  dengan  proses pencucian  linen untuk guest room,  restaurant  dan meeting room serta uniform bagi karyawan. Sekarang  ini,  penyediaan  fasilitas  laundry  sangat  wajib, selain  fasilitas bagi tamu juga untuk memenuhi keperluan linen-linen bersih yang dibutuhkan bagi operasional hotel. Operasional laundry di suatu hotel sangat bervariasi, secara umum hingga pukul 21:00 malam   bahkan   lebih   awal, sebagai   usaha   untuk   menekaan   biaya operasionalnya. Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan untuk menentukan jam operasional laundry di suatu hotel, antara lain:

  1. Tingkat  occupancy,  makin  tinggi  occupancy  maka  linen  dan  guest  laundry semakin banyak sehingga memprosesnya semakin lama.
  2. Total output kilogram mesin washing, semakin besar jumlah outputnya, semakin banyak linen yang diproses.
  3. Parstock linen  suatu  hotel, parstock  yang  kurang  menyebabkan laundry  harus memprosesnya hingga selasai untuk keperluan besok hari.

 

Baca Juga: Formulir Front Office Dan Kegunaannya atau Form- Form Yang Digunakan Oleh Front Office

 

Apa Saja chemical Yang di Gunakan laundry di Hotel?

Laundry Chemical

Bahan bahan chemical yang digunakan dalam proses pencucian  antara lain :

  • Emulsifier:  Digunakan pada proses prewash sebagai penghilang noda minyak dan  membuat serat menjadi licin sehingga memudahkan noda terlepas dari serat  pakaian.  (Aman digunakan pada semua jenis bahan dan warna pakaian).
  • Detergent:  Bahan yang digunakan sebagai penghilang noda juga mengandung anti  redeposisi dan optical brightner agent.
  • Alkali:  Pencerah warna pakaian digunakan juga sebagai penghilang kadar kalsium  dan magnesium pada air juga untuk menaikkan kadar keasaman air. Dapat  digunakan pada pakaian berwarna cerah dan putih.
  • Chlorine Bleach:  Digunakan sebagai disinfectan atau pembunuh kuman juga untuk  menghilangkan noda noda keras.
  • Oxygent Bleach: Penggunaannya sama seperti chlorine bleach namun digunakan untuk bahan pakaian berwarna cerah.
  • Softener:  Untuk melembutkan bahan pakaian dan mengembalikan serat pakaian pada  keadaan semula.
  • Neutralizer:  Digunakan untuk menetralkan keasaman air dari sisa detergent. Juga  dapat menjaga warna agar tidak pudar. Digunakan pada pembilasan  terakhir.

 

Bahan Pembersih Noda (Spot Removing Agent)

Noda tidak akan hilang oleh deterjen. Untuk menghilangkan noda-noda tersebut laundry harus menggunakan bahan pembersih noda. Contohnya :

  1.  Ink go : untuk membersihkan noda yang disebabkan oleh tinta.
  2. Quick-go : untuk pembersih noda darah, susu dan makanan yang menempel pada cucian.
  3. Bon go : noda karena terkena kopi, teh, dan bir.
  4. Tar go : untuk membersihkan noda-noda yang mengandung minyak.
  5. Yellow go : menghilangkan noda pakaian yang terkena lunturan.
  6. Rust go : membersihkan noda cucian yang terkena karat.

 

Bahan Pencuci Untuk Dry Cleaning

  • Petrolium solvent

Berasal dari minyak bumi (alam) yang dibuat melalui penyaringan hingga 400 derajat farenhate (F) selanjutnya harus pula diobati lagi secara bertahap untuk menghilangkan zat-zat yang dapat merusak pakaian dan bahaya-bahaya lain dan manusia yang menggunakannya. Sifat solvent ini mudah terbakar  dan bahaya api selalu mengecam keamanan bila menggunakan solvent ini.

 

 Tabel penggunaan bahan pencuci laundry dan dry cleaning


No
Jenis Bahan Pencuci
Tingkat Kotoran
Dosis
Keterangan
1
Nobla

30 gr – 5 liter air/ 1 kg cucian
Kemasan 5 kg/ 20 kg
2
Clax
Ringan (light)
Menengah (medium)

Keras (heavy)
10-15 gr/ 1 kg cucian
10-15 gr + 4 gr hamix/ 1 kg  cucian
10-15 gr + 8 gr hamix/ 1 kg cucian
Kemasan 5 kg/ 20 kg
3
Hamlx.s
Menengah
Keras
4 gr/ 1 kg cucian
8 gr/ 1 kg cucian
Kemasan 25 kg
4
Cygnet sour

2,3 gr/ 1 kg cucian

5
Cycnet bleach

2,3 gr/ 1 kg cucian

6
Comfort/ softener

30 ml + 10 lt air untuk 5-7 kg cucian

7
Solvent

1 lt/ 4 5 baju

8
Takanon (prewas)


Dicampur dengan solvent
9
silex

300-360 gr/ 60 kg cucian


Jenis noda dan kotoran pada cucian

Tujuan pencucian adalah untuk membersihkan kotoran yang melekat pada pakaian tersebut. Kotoran yang menodai pakaian membuat pakaian tersebut menjadi suram dan pudar warnanya. Selain itu pakaian menjadi kumal dan berbau. Kotoran dapat membuat pakaian kesat dan mengeras sehingga dapat menarik serangga untuk bersarang.
Ragam kotoran yang menodai pakaian sangat banak sekali. Namun kotoran tersebut bayak memiliki sifat yang sama. Kotoran atau noda pakaian dapat dibedakan menjadi:
  1. kotoran yang larut dengan dry cleaning solvent. Golongan kotoran ini mengandung minyak, lemak, gemuk, parafin dan lain-lalin jenisnya
  2.  kotoran yang larut dengan air. Golongan kotoran ini ada dua macam menurut sifatnya, yaitu :yang sepenuhnya larut dengan air, seperti garam, dan gula.,  yang sebagian larut dengan air, seperti kecap, soup
  3. kotoran yang tidak larut dengan dry cleaning solvent atau air. Kotoran ini menempel pada pakaian berupa tanah, debu, pasir, dan benda lainnya. Kotoran ini dapat dikeluarkan dengan gerakan bantingan.
  4. kotoran-kotoran khusus. Kotoran ini tidak melekat secara menyeluruh pada pakaian, akan tetapi pada tempat-tempat tertentu saja. Contohnya noda tinta, karat, lem dan cat. Jenis kotoran ini harus dibersihak dengan bahan pembersih khusus sesuai dengan nodanya

pertimbangan dalam mengeluarkan noda pada cucian harus melihat pada :
  • Jenis serat benang - jenis benang bisa alamiah atau sintesis. Hal ini dapat menentukan proses pencuciannya
  • Anyamannya - jenis anyamanya yang lemah atau yang kuat, biasa atau berganda/ bervariasi. Hall iini dapat mendeteksi kekuatan pakaian dalam menahan gerak mekanis mesian atau tidak
  • Warnanya - jenis warna tahan air atau tahan dry cleaning. Apakah warananya celupan biasa, dicetak atau yang berasal dari pigment atau dye (wantex)

 

Baca Juga: Peralatan dan Form- Form Yang digunakan Kantor Depan / Front Office

 

 Demikian Penjelasan Tentang Laundry adalah Beserta Chemical Yang di Gunakan laundry di Hotel . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

Penelusuran yang terkait dengan chemical laundry hotel dan fungsinya

  • makalah chemical laundry
  • sebutkan 5 fungsi bahan pembersih laundry
  • jenis jenis laundry
  • tar go adalah
  • proses pencucian dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu
  • fungsi layanan laundry
  • karakteristik laundry hotel
  • pemerasan atau extracting bertujuan untuk

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel