Tugas Housekeeping Deparment dan Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain

 

Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
 

Tugas Housekeeping Deparment

  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih ,menarik,nyaman ,dan aman.
  2. Memberikan  pelayanan di  kamar  dengan  sebaik-baiknya  kepada  tamu, supaya tamumerasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3. Penyiapan ,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar.
  4. Bertanggung  jawab  atas  pemeliharaan  kebersihan  seluruh  outlet  dan ruangan umum dihotel.
  5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor
  6. Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan.

 

Baca Juga: Job Deskripsi ( Tugas dan Tanggung Jawab ) - Gardener, Housman, Room Boy Atau Room Attendant

 

 Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain

a. Housekeeping dengan Front Office

Hubungan housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan tamu.

Front Office

Mengirimkan data forecast occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
  • Mengirimkan EA rooms atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini. 
  • Mengirim kamar yang diblok untuk VIP. 
  • Memberitahukan setiap pergantian kamar. 
  • Meminta pemasangan extra bed atau baby box. 
  • Memberikan Kamar xpected departure list pada hari ini. 
  • Melaporkan complaint tamu tentang kondisi kamar. 
  • Membantu housekeeping untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari kamar.
Housekeeping

  • Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.  
  • Membuat laporan Room discrepancy. 
  • Menyiapkam kamar-kamar yang EA, VIP.  
  • Membuat housekeeping report. 
  • Memasang Extra bed atau baby box dan menginformasikannya ke front office.  
  • Me-release kamar-kamar yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.Memberitahukan kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program general cleaning dari housekeeping.  
  • Melaporkan penemuan barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and Found log book. 
  • Melaporkan barang hotel yang hilang dari kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.

b. Housekeeping dengan F&B


F&B
  • Menyediakan makanan dan minuman bagi karyawan HK  
  • Memasang dinner set untuk kamar suite 
  • Men set up: wellcome fruite, cockies kedalam kamar VIP  
  • Mengirim BEO kpd HK 
  • Meminta bantuan HK utk membersihkan Rest, menambah /mengurangi meja kursi  
  • Meminta bantuan merubah /membongkar layout dlm Banquet hall.meeting room 
  • Membuat room service menu utk di kamar  
  • Membuat flayer mengenai kegiatan yg diselenggarakan F&B serta meminta HK untuk menempatkannya di kamar
Housekeeping
  • menyediakan, merawan dan menyimpan uniform karyawan F&B, linnen supplies  baik untuk keperluan sehari-hari maupun jika ada event  
  • Memberitahu kpd room service utk prepare kamar yg VIP
  •  Melaporkan ke room service jika ada barang yg habis dipakai oleh tamu untuk di clear up  
  • Membantu F&B  Jika ada event , dengan memasang deokrasi, bunga, memasang meja maupun kursi 
  • Menjaga kebersiha seluruh ruangan F&B outlet kecuali kitchen/pastry


c. Housekeeping dengan HRD


HRD
  • Melakukan pemanggilan karyawan, menseleksi, serta menempatkannya  
  • Memberikan pelatihan, kursus utk pengembangan SDM 
  • Memberikan House rule kpd karyaawan dmn didlmnya terdapt larangan, hak dan kewajiban  
  • Memberikan penilainan terhadap hasil kerja karyawan 
  • Memberikan penghargaan bagi karyawan yg berprestasi  
  • Memperhatikan kesejahteraan, berupa tunjangan, asuransi  dll 
  • Mempertimbangkan usul kenaikan gaji, dan jabatan
Housekeeping
  • Mengajukan permintaan penambahan karyawan bila diperlukan  
  • Memberikan masukan kpd personalia mengenai penilaian karyawan 
  • Mengajukan permohonan cuti, melaporkan karyawan yg lembur  
  • Melaporkan absensi karyawan HK setiap bulan 
  • Menyampaikan pengumuman mengenai kebijakan dari management kpd karyawan

d. Housekeeping dengan Accounting

Accounting
  • Memberikan gaji kpd karyawan termasuk tunjangannya  
  • Membayar uang lembur karyawan 
  • Mengeluarkan dana utk pengadaan barang keperluan HK  
  • Membayar asuransi karyawan baik asuransi kesehatan maupun kecelakaan kerja
  •  Meminta laporan penggunaan guest suplies dan cleaning suplies  
  • Menerima Purchase Requestition dr HK utk pembelian alat-alat kerja 
  • Membelikan perlengkapan yg dibutuhkan HK  
  • Melaporkan jika barang sudah teredia dan barang yg stocknya habis
Housekeeping
  • Menyediakan, merawat dan menyimpan seragam milik accounting dept  
  • Membuat laporan penggunaan bahan pembersih dan guest supplies 
  • Memberi laporan bila ada barang hotel yg rusak terbawa tamu sebagai laporan penyusutan barang 
  • Memberikan laporan hasil invetarisasi barang-barang/alat-alat 
  • membuat Purchase requestition kpd purchasing dept  
  • Mengirim daftar nama barang yg akan di beli serta spesifikasinya 
  • Mengecek barang yg sudah dibeli sesuai atau tidak


e. Housekeeping dengan Security

Security
  • Melakukan tugas pengamanan seluruh area HK  
  • Memantau keluar masuknya tamu 
  • Menangani barang-barang yg hilang baik barang tamu maupun hotel yg hilang di area hotel  
  • Mengawasi karyawan HK pd saat masuk kerja 
  • Melakukan body checking bagi karyawan yg pulang setelah selesai bertugas
Housekeeping
  • Menyediakan dan merawat uniform utk security  
  • Memberitahukan security bila akan ada tamu-tamu VIP 
  • Meminta pengamanan area tugas HK  
  • Melaporkan jika ada barang tamu yg hilang


f. Housekeeping dengan Engineering

Engineering
  • Melakukan perbaikan thd mesin maupun peralatan yg digunakan oleh HK  
  • Melaksanakan pekerjaan sesuai WO yg diberikan HK 
  • Memasang perlengkapan alat-alat mesin dan memberitahukan cara kerjanya  
  • Memberitahukan perubahan no tlp 
  • Meminjamkan perlengkapan utk kegiatan event  
  • Memberitahukan jika akan ada pemadaman listrik serta menginformasikan ke HK bila akan diadakan uji coba alarm
Housekeeping
  • Melaporkan kerusakan yg terjadi di lingkungan kerja HK  
  • Membuat WO 
  • Menyediakan dan merawat seragam engineering  
  • Memberitahukan jika ada lampu yg mati 
  • Meminta bantuan kepada engineering mengenai pengoprasian mesin di HK


g. Housekeeping dengan Sales Marketing

Sales Marketing
  • Memberitahukan HK jika akan ada confrence, weeding dll  
  • Memberitahukan jika ada perubahan tanggal, peserta, tempat dlm acara di function room 
  • Meminta bantuan HK untuk memasang spanduk dan dekorasi ruangan  
  • Meminta bantuan HK utk menyebarkan flayer ke kamar jika ada pertunjukan, pameran dll
Housekeeping
  • Menyimpan dan merawat uniform  
  • Membersikan marketing office 
  • Membersihakan ruangan function room yg akan digunakan  
  • Membuat layout meja kursi sesuai order 
  • memasang spanduk flayer dll


 

 Baca Juga: Job Deskripsi ( Tugas dan Tanggung Jawab ) - Linen / Uniform Attendant, Housekeeping Supervisor

 

Demikian Penjelasan Tentang Tugas Housekeeping Deparment dan Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

Penelusuran yang terkait dengan Hubungan Kerja Housekeeping Departement dengan Departement Lain

  • jelaskan hubungan departemen housekeeping dengan departemen lain yang ada di hotel
  • hubungan housekeeping dengan accounting
  • hubungan housekeeping dengan laundry
  • hubungan kerja room section dengan departemen lain
  • hubungan housekeeping dengan purchasing
  • hubungan housekeeping dengan engineering
  • hubungan kerja housekeeping dengan front office
  • hubungan housekeeping dengan accounting department

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel