Animasi 2D Meliputi Jenis-jenis Animasi 2D, Contoh Animasi 2D, dan Keunggulan Animasi Dua Dimensi


Animasi 2D adalah jenis animasi dalam bentuk dua dimensi, artinya animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi dan menghidupkannya dengan gerakan. Jenis animasi ini dianggap sebagai bentuk animasi tradisional dengan ciri karakter polos, tidak bervolume, dan hanya bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan.

 

Baca Juga: Definisi hotel Meliputi Status Hotel Berdasarkan Kepemilikan, Struktur Organisasi dan Kesan Tamu Terhadap Hotel

 

Jenis-jenis Animasi 2D atau Dua Dimensi

Animasi dua dimensi di bagi menjadi 2 jenis yaitu :

  • Animasi Cel

Nama animasi cel sebenarnya di ambil dari kata celluloid, yaitu sebuah bahan utama yang di gunakan untuk membuat sebuah animasi pada pertama kali munculnya animasi. Animasi cel merupakan sebuah jenis animasi yang gambar – gambarnya membentuk sebuah objek tunggal.Di setiap cel pada jenis ini memiliki objek yang terpisah – pisah, naun tetap menggunakan satu background atau latar belakang saja. Artinya, setiap gambar – gambar yang di putar secara bersamaan akan membentuk sebuah animasi yang utuh.

  • Animasi Path

Animasi Path adalah sebuah animasi dari suatu objek yang hanya akan memiliki gerakan yang mengikuti suatu garis yang telah di tentukan. Contoh dari jenis Animasi Path yaitu sebuah animasi dengan objek kraeta api yang seang berjalan hanya mengikuti lintasan relnya saja.Pada umumnya sebuah animasi path akan di beri pengulangan animasi, sehingga sebuah animasi akan terus bergerak berulang – ulang hingga kondisi tertentu. Seorang animator dapat menggunakan teknik animasi path, yaitu sebuah teknik yang menggunakan layernya sendiri dan di gambarkan menjadi sebuah lintasan objek bergerak.

 

 Contoh Animasi 2d

Animasi 2D atau dua dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vektor yaitu x dan y. Vektor x digunakan sebagai ukuran panjang objek gambar, sementara vektor dipakai sebagai ukuran lebar objek gambar. Dibutuhkan antara 15-30 gambar yang diputar per 1 detik untuk menghasilkan animasi yang berkualitas bagus. Pemutaran gambar ini biasanya dilakukan dengan software komputer seperti Macromedia Flash. Berkat gambar yang diputar secara cepat, objek di dalamnya seolah-olah menjadi bergerak. Contoh animasi dua dimensi antara lain Crayon Shinchan, Dora The Explorer, Avatar : The Legend of Aang, Naruto, Sponge Bob Square Pants, Hamtaro, One Piece, Inuyasha, P-Man, dan lain-lain. 

Sponge Bob Square Pants

One Piece

Crayon Shinchan

naruto shippuden



Keunggulan Animasi Dua Dimensi

Berikut adalah beberapa dari banyak keuntungan animasi 2D .

  • Efisiensi

Salah satu manfaat dari animasi 2D adalah efisiensi yang dapat dihasilkan. Animasi pada dasarnya tidak melalui proses yang sederhana. Sebagai bentuk seni, animasi 2D membutuhkan banyak keterampilan dan kreativitas untuk menghasilkan objek, karakter, dan dunia yang menarik bagi khalayak target dan secara akurat menyampaikan cerita dan pesan. Selain itu, banyak teknik dan gaya yang telah dikembangkan selama abad terakhir memberikan berbagai alat yang bagi animator dapat memilih. Namun, sementara tuntutan animasi 2D sebagai keterampilan seperti halnya animasi 3D, umumnya lebih cepat untuk dibuat karena tidak memerlukan dimensi ketiga.

Perusahaan animasi 2D tidak perlu membuat gambar manusia hidup dengan cara yang dilakukan animator 3D lakukan. Cityscapes mereka, misalnya, tidak perlu terdiri dari bangunan dengan detail yang membuat mereka terlihat seperti bangunan nyata. Desain ini dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan proyek selesai pada waktu yang tepat.

  • Kesederhanaan

Manfaat kedua animasi 2D adalah kenyataan bahwa desain yang cenderung kurang kompleks daripada yang disediakan oleh animasi 3D. Bagaimana menguntungkannya desain animasi 2D adalah tergantung pada proyek. Misalnya, film action biasanya mendapatkan keuntungan dari animasi 3D karena tindakan rinci dan gambar kompleks yang mereka gunakan untuk menarik penonton. Namun, ketika desain perlu menyorot pesan, jasa studio animasi 2D biasanya lebih utama. Misalnya, desain yang bersih lebih efektif dalam iklan, karena lebih jelas menyampaikan pesan pengiklan untuk penonton. Game tertentu, seperti Candy Crush, juga tergantung pada desain yang lebih sederhana untuk menarik penonton mereka. Beberapa acara televisi, seperti South Park, telah membangun keberhasilan mereka pada desain animasi 2D. Bahkan beberapa aplikasi pendidikan atau video yang menjelaskan memerlukan desain yang tidak akan mengalihkan perhatian pemirsa dari pesan bahwa proyek ini mencoba untuk menyampaikan sesuatu.

  • efektivitas biaya

Efisiensi dan kesederhanaan 2D memimpin animasi untuk efektivitas biaya yang lebih. Fakta bahwa jenis animasi membutuhkan waktu kurang dan kurang kompleks berarti bahwa hal itu dapat dicapai dengan sumber daya yang lebih sedikit , tabungan yang sering diterjemahkan ke dalam harga yang lebih kecil . Bahkan , banyak proyek memanfaatkan 2D bukannya animasi 3D setidaknya sebagian karena lebih hemat biaya untuk anggaran ketat dan perusahaan kecil . Setiap penyedia animasi 2D harus dapat bekerja dengan anggaran Anda untuk membuat proyek yang memenuhi tidak hanya kebutuhan kreatif Anda, tetapi juga kendala keuangan Anda .

  • Kebebasan artistik

Setiap jenis animasi membawa serta berbagai kemungkinan kreatif. Namun, animasi 3D mempunyai keubggulan yaitu lebih realistis, tidak peduli apa adegannya, benda, atau orang-orang itu menggambarkannya. Sebagai hasilnya, fantastis dan berlebihan umumnya tidak diterjemahkan dengan baik ke layar 3D, dan gaya seperti anime lebih sulit untuk dibuat melalui penggunaan alat 3D. Animasi 2D, di sisi lain, membuat dunia yang mungkin baru. Misalnya, melalui animasi tradisional, animator dapat membuat orang, kartun animasi, dan banyak lagi yang tidak ada dalam kehidupan nyata. Akibatnya, siapa pun yang membutuhkan sebuah proyek animasi dapat menggunakan animasi 2D untuk lebih mudah membuat gambar dan dunia yang lain, akan sangat sulit hal ini dilakukan menggunakan alat 3D.

Aspek animasi 2D juga cocok untuk menciptakan proyek-proyek yang ditargetkan untuk pemirsa tertentu. Tidak hanya dapat menggunakan imajinasi mereka untuk membuat karakter dan dunia yang tidak manusia hidup atau realistis, namun, dengan demikian, mereka dapat terlibat dalam desain karakter dan praktek-praktek lain yang menghasilkan proyek-proyek yang disesuaikan dengan kepekaan khalayak tertentu. Karena kebebasan artistik yang animasi 2D miliki, jenis animasi membutuhkan kemampuan tinggi yang membuat animator terampil pada sebuah proyek 3D.

Animator harus menggunakan kreativitas dan pengetahuan dari bentuk seni mereka untuk mengembangkan karakter dan dunia yang memenuhi kebutuhan proyek, bukan berfokus hanya pada menciptakan gambar sebagai manusia hidup. Dari desain konsep desain karakter untuk storyboard, mereka harus memanfaatkan keahlian mereka untuk membuat persis jenis proyek yang dibayangkan dan tujuan yang berada di tempat untuk proyek tersebut.

Memilih animasi 2D untuk proyek animasi Anda tidak berarti bahwa Anda membatasi pilihan Anda. Sebaliknya, efisiensi, kesederhanaan, efektivitas biaya, dan kebebasan artistik yang memungkinkan animator untuk membawa ide Anda untuk hidup menyediakan Anda dengan keuntungan yang dalam banyak kasus membuat pilihan yang lebih baik daripada animasi 3D untuk berhasil menyelesaikan proyek animasi Anda.


Baca Juga: Laundry adalah - Meliputi Nama Peralatan yang digunakan di laundry Beserta Gambarnya


Demikian Penjelasan Tentang Animasi 2D Meliputi Jenis-jenis Animasi 2D, Contoh Animasi 2D, dan Keunggulan Animasi Dua Dimensi. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi materismk.my.id Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan animasi 2D adalah

  • mengapa disebut animasi 2 dimensi
  • contoh animasi 2d
  • pengertian animasi 2d wikipedia
  • animasi 3d adalah
  • perbedaan animasi 2d dan 3d
  • jelaskan teknik pembuatan animasi 2d
  • jenis-jenis animasi 2 dimensi
  • teknik animasi 2d dan 3d

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel