Formulir - Formulir yang Digunakan pada Housekeeping Pembahasan Lengkap Beserta Gambarnya

 

1. Roomboy Control Sheet Adalah formulir yang digunakan oleh Roomboy saat membersihkan kamar untuk mencatat pemakaian guest amenities dan guest supplies.

 


 

 

Baca Juga: Hubungan Housekeeping Department Dengan Department Lain Seperti Front office, Laundry, Engineering, Food and Beverage , Accounting dan Security Departement

 

2.Room Report Adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan melaporkan status-status kamar. Laporan ini disampaikan olehsupervisor.

 


 3. Housekeeping Report Adalah laporan status kamar sebagai arsip kantor housekeeping

 


4.Lost and Found Report Adalah laporan yang dibuat oleh supervisor mengenai penemuan barang milik tamu.

 


5. Lost and Damages Report Adalah formulir untuk mencatat dan melaporkan barang atau perlengkapan kamar yang hilang, dibawa tamu maupun rusak.

6. Repair and Maintenance Report Adalah laporan yang digunakan memberitahukan permintaan perbaikan pada engineering department karena ada peralatan yang rusak.

7.Inventory Report Adalah formulir yang digunakan untuk mencatat dan mengontrol perlengkapan tamu maupun bagian housekeeping, yang meliputi :

  • Linen
  • Guest supplies
  • Cleaning supplies
  • Uniform

8. Room Check List Adalah formulir untuk mencatat data-data dan kondisi kamar yang diperiksa oleh room boy

 


 
9. Cleaning and Guest Supplies Report Adalah formulir yang digunakan untuk melaporkan jumlah pemakaian obat / alat pembersih dan perlengkapan tamu yang dipergunakan dikamar.

10. Log Book Adalah buku catatan mengenai laporan dari shift 1 ke shift berikutnya. Berguna untuk menyampaikan masalah maupun pekerjaan yang telah diselesaikan

11. Laundry Linen Slip Adalah formulir untuk pengiriman linen kotor dari semua department yang ada di hotel

12. Room Check List Adalah formulir untuk mencatat data-data dan kondisi kamar yang diperiksa oleh room boy

13. Lost and Found Book Adalah buku yang berguna untuk mencatat data barang-barang tamu yang ditemukan dikamar tamu/area hotel lainnya.

14. Minibar Daily Sales Report Adalah formulir untuk mencatat laporan semua minuman yang dikonsumsikan tamu dikamar.

15. Minibar Daily Late Charge Report Adalah formulir untuk mencatat semua minuman di kamar yang telah dikonsumsi tamu tetapi tidak terbayar oleh tamu.

16. Minibar Bill Adalah formulir yang berguna untuk mencatat jumlah minuman beserta harganya untuk ditagihkan pada tamu.

istilah- istilah umum yang sering dipakai dalam operasional hotel mengenai code dan pengertian dari room status, antara lain:

Code
Description
Remarks
O
Occupeid
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel.
OC
Occupeid Clean
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang bersih
OD
Occupeid Dirty
Suatu kamar yang sedang ditempati oleh sesorang secara sah dan teregister sebagai tamu hotel pada kamar yang kotor. Ini terjadi akibat perubahan status dari OC ke OD setelah melewati satu malam stay.
V
Vacant
Sebutan bagi kamar yang kosong
VC
Vacant Clean
Kamar yang kosong dengan keadaan bersih
VD
Vacant Dirty
Kamar yang kosong dengan keadaan kotor. kamar kotor dapat terjadi karena tamu yang sudah check out atau program cleaning dari housekeeping
VCI
Vacant Clean Inspected
Kamar kosong yang sudah dibersihkan dan diperiksa oleh floor supervisor dan siap untuk menerima tamu (dijual)
Comp
Compliment
Kamar yang terigester oleh seorang tamu, namun kamar tersebut free of charge (gratis)
HU
House Use
Kamar yang teregister atas nama seseorang dari manajemen atau karyawan yang dipergunakan sebagai tempat tinggalnya.
DND
Do not Disturb
Suatu tanda yang dibuat oleh tamu untuk tidak diganggu.
SO
Sleep Out
Seorang tamu yang masih teregister, namun kamar tidak dipergunakan karena tamu tesebut harus meninggalkan hotel beberapa hari.
Skip
Skipper
Tamu meninggalkan hotel sebelum melunasi semua kewajibannya
OS
Out of Service
Kamar yang memerlukan perbaikan ringan, biasanya lama perbaikan kurang dari satu hari, status ini dapat terjadi karena kerusakan atau program cleaning dari housekeeping. Out of service tidak mengurangi room availability.
OO
Out of Order
Kamar yang memerlukan perbaikan yang serius, biasanya lama perbaikan lebih dari satu hari. Status ini dapat terjadi karena kerusakan di kamar atau progam cleaning dari housekeeping. Out of order mengurangi room availability.
DO/ED
Due Out / Expected Departure
Daftar kamar-kamar yang diharapkan untuk check-out hari ini sesuai dengan tanggal departure
EA
Expected Arrival
Daftar nama-nama tamu yang diharapkan tiba hari ini.
CO
Check Out
Tamu yang sudah meninggalkan hotel hari ini setelah melunasi semua kewajibannya termasuk menyerahkan kunci yang dipakai ke front office.
LCO
Late Check Out
Permintaan tamu untuk meninggalkan hotel lebih lambat dari waktu check out yang ditentukan.
ONL
Occupeid no Luggage
Seorang tamu yang masih teregister pada suatu kamar tanpa suatu barang apapun di dalamnya.
DL
Double Lock
Permintaan tamu ke pihak hotel untuk melakukan double lock sehingga tidak seorangpun dapat masuk ke kamar tersebut.

 

 

Baca Juga: Tugas atau Job Description dalam Organisasi Housekeeping Department Secara Lengkap

 

Penelusuran yang terkait dengan Formulir - Formulir yang Digunakan pada Housekeeping

  • gambar formulir housekeeping report
  • formulir yang digunakan untuk acuan membersihkan kamar yang dibawa oleh room attendant adalah
  • housekeeping report form
  • macam-macam formulir laundry hotel
  • dibawah ini yang bukan termasuk dalam kelompok linen supplies adalah
  • jelaskan perbedaan housekeeping report dengan room boy control sheet
  • belajar housekeeping
  • lost and damage adalah

Belum ada Komentar untuk "Formulir - Formulir yang Digunakan pada Housekeeping Pembahasan Lengkap Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel