Pengertian Pastry Meliputi Ruang Lingkup dan Peralatan dasar Pastry yang di Gunakan


 Pengertian Pastry (Patiseri)

Pastry atau patiseri adalah salah satu pengetahuan didaam sebuah pengolahan dan penyajian makanan, terutama pada proses serta pada berbagai jenis kue. Patiseri tersebut berasal dari bahasa Prancis yaitu, “Patisserie” yang memiliki arti kue-kue.Oleh karena itu Patiseri atau pastry ini dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk kue kontinel baik, itu oriental serta juga kue Indonesia entah itu mulai dari persiapan, pengolahan sampai pada presentasi.Pastry di dunia perhotelan merupakan salah satu departemen f & b. Dan produknya itu memiliki tugas membuat kue juga dessert kue untuk keperluan seperti sarapan, coffe break, makan siang dan makan malam.Bakery di perhotelan adalah salah satu bagian dari kue. Pekerjaan itu membuat berbagai roti untuk keperluan seperti kue, sarapan, coffe break, makan siang serta juga makan malam.

 

Baca Juga:  Gueridon Adalah - Meliputi kegunaannya, Pemilihan, penyajian makanan, Keamanan dan kebersihan Gueridon service


Pengertian Pastry Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian pastry menurut para ahli, yaitu:

  • Adjab Subagjo (2007 :87)

Menurut Adjab Subagjo didalam bukunya Management Pengolahan Kue dan Roti. Pastry adalah suatu bagian dari food product atau dapur yang terdapat di dalam lingkup food and beverage department yang memiliki tugas didalam pembuatan dessert atau juga makanan penutup, snack atau makanan pengirim minuman, seperti misalnya kue dan roti.

  • Menurut Bartono (2005 :164)

Menurut Bartono dalam bukunya Food Product Management di Hotel dan Restoran. Pastry adalah suatu bagian dari dapur yang memproduksi itu khususnya pada berbagai jenis roti, cake dan juga dessert.


Ruang lingkup pastry

Patiseri ini dibagi menjadi dua, yaitu kue-kue oriental dan kue-kue benua. Kue yang ada di Indonesia itu termasuk pada jenis kue oriental. Sedangkan kontinental meliputi: ragi produk, roti, kue serta icings, cookies, kue-kue, krim, puding, beku makanan penutup, permen .

Perbedaan kue kontinental dengan kue oriental yaitu terletak pada lemak yang digunakan. Kue Kontinental pada dasarnya menggunakan lemak padat seperti margarin, mentega dan juga shortening. Kue Oriental pada dasarnya menggunakan lemak cair yaitu seperti santan dan juga minyak.

 

Peralatan dasar Pastry

 Untuk mendapatkan hasil olahan kue yang baik maka peralatan yang digunakan harus sesuai, baik mutu bahan alat, ukuran alat, maupun  kebersihan alatnya. Peralatan yang dipergunakan dalam patiseri  sangatlah banyak ragam dan fungsinya. Peralatan patiseri dikalsifikasikan alat untuk  mengukur, mencampur, pemotong, pengembang, memasak, dan mendekor. Dalam penggunaan alat pastry ada dua hal yang harus anda perhatikan yaitu safety dan sanitation : 

1.Safety

Peralatan pastry bisa jadi  sangat  berbahaya. Mulai dari alat yang besar hingga peralatan yang kecil seperti pisau, banyak peralatan yang digunakan dalam dapur pastry yang dapat menimbulkan kecelakaan jika tidak digunakan dengan hati-hati dan tepat. terdapat dua peraturan untuk itu:

  • Jangan pernah menggunakan peralatan sampai anda bener-benar familiar terhadap sistem operasional dan fitur pada alat tersebut. Anda harus belajar untuk memahami kapan saat alat terebut tidak bekerja dengan semestinya, sehingga anda dapat menghentikan/mematikannnya dan melaporkan kepada supervisor.
  • Sadarilah bahwa tidak semua model alat sama. Setiap pabrik memperkenalkan sedikit variasi pada peralatan tersebut. Jadi sangat penting untuk mempelajari operating manual setiap alat, atau belajar dari orang yang mengerti tentang alat tersebut.


2. Sanitation

Pembersihan rutin semua peralatan adalah penting. Kebanyakan peralatan besar dapat dibongkar untuk pembersihan. Bacalah operating manual yang menjelaskan secara detail tentang cara pembersihan atau belajar dari orang yang tahu cara pembersihannya. Peralatan yang akan digunakan harus dalam keaadaan yang saniter, mulai darialat persiapan, pengolahan dan penyajian.

 

 

 

 

 




 


 


 

 

 Baca Juga: Bakery Adalah - Identifikasi dan pilihan bahan-bahan, Peralatan, Prosedur dan Penyimpanan produk bakery

 

Penelusuran yang terkait dengan PERALATAN DASAR PASTRY

  • alat-alat bakery dan fungsinya
  • alat untuk membuat puff pastry
  • alat yang digunakan untuk membuat sugar dough
  • alat yang digunakan untuk membuat danish pastry
  • utensil pastry
  • peralatan bakery
  • equipment pastry
  • alat yang ada di bakery

Belum ada Komentar untuk " Pengertian Pastry Meliputi Ruang Lingkup dan Peralatan dasar Pastry yang di Gunakan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel