Pengertian Komunikasi Bisnis Meliputi Unsur, Tujuan, Teknik, Dan Jenisnya Secara Lengkap


Pengertian Komunikasi Bisnis

Komunikasi bisnis merupakan salah satu isi penting dalam menjalankan suatu perusahaan atau perusahaan. Komunikasi ini dapat diartikan sebagai komunikasi verbal atau nonverbal. Dalam pertukaran ini berisi opini, ide, ide dan informasi. Komunikasi ini dapat terjadi baik secara pribadi maupun tidak langsung. Untuk lebih memahami pengertian komunikasi bisnis, berikut definisi dari beberapa pakar:

  1. William Albig  Komunikasi Bisnis adalah pertukaran informasi, gagasan, pendapat, intruksi yang punya target tertentu yang dihidangkan secara personal maupun impersional melalui lambang atau sinyal.
  2. Rosenbalt Definisi komunikasi bisnis adalah suatu tindakan pertukaran informasi, ide/ opini, intruksi, dan sebagainya, yang disampaikan secara personal maupun non-personal melalui lambang dan sinyal untuk mencapai target perusahaan.
  3. Djoko Purwanto Arti komunikasi bisnis adalah komunikasi yang dipakai di dalam dunia bisnis yang termasuk berbagai macam bentuk komunikasi, baik itu verbal maupun non-verbal untuk mencapai suatu tujuan tertentu.



Baca Juga: Psikologi Hotel - Pentingnya Psikologi, Pelayanan, Kinerja dan Tanggung jawab


Unsur Dalam Berkomunikasi

Komunikasi meliputi 5 unsur, yang dikenal dengan formula 5 W + 1 H, yaitu:

  • Komunikator = who [communicator, source, sender]
  • Pesan = says what [message]
  • Media = in which channel [channel, media]
  • Komunikan = to whom [communicant, communicatee, reciever, recipient]
  • Efek [effect, impact, influence]

Sedangkan aktivitas komunikasi di dalam kegiatan bisnis harus terdapat unsur-unsur tertentu. Adapun unsur-unsur komunikasi bisnis adalah sebagai berikut:

  • Terdapat tujuan, setiap komunikasi tersebut memiliki tujuan yang telah ditentukan dan sejalan dengan tujuan organisasi.
  • Ada pertukaran, setiap  komunikasi melibatkan setidaknya dua orang atau lebih (komunikator dan komunikan).
  • Berisi informasi, gagasan, opini, instruksi, ini adalah isi dari pesan yang terdapat dalam komunikasi dimana bentuknya bisa beragam tergantung situasi, kondisi, dan tujuannya.
  • Memanfaatkan saluran personal atau impersonal, setiap komunikasi dapat dilakukan dengan bertatap muka, memanfaatkan media khusus, atau media massa jika ingin menjangkau banyak orang.
  • Memakai simbol atau sinyal, maksudnya adalah metode atau alat yang digunakan untuk berkomunikasi sehingga dapat dimengerti oleh penerima pesan.
  • Pencapaian target atau tujuan organisasi, dimana tujuan tersebut telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.

 

 Tujuan Komunikasi Bisnis

Secara umum, ada empat fungsi komunikasi dalam bisnis, yaitu: memberikan informasi (informasi), membujuk (membujuk), berkolaborasi (menggandeng), dan mengintegrasikan dengan audiens (integrasi).

 

Memberi Informasi (informing)

Tujuan utama komunikasi bisnis adalah memberikan informasi kepada pihak lain terkait dengan dunia bisnis. Misalnya, pimpinan perusahaan membutuhkan beberapa pegawai baru, yang akan ditempatkan di cabang yang sudah ada sebagai staf administrasi. Untuk mendapatkan karyawan yang diinginkan, ia dapat memposting lowongan kerja melalui surat kabar, majalah, radio dan internet. Masing-masing media informasi tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, tergantung pada media mana yang dipilih manajer dengan mempertimbangkan kapabilitas internal perusahaan.


Melakukan Persuasi (persuading)

Bagian kedua dari komunikasi bisnis adalah membujuk pihak lain agar audiens dapat memahami konten dengan benar. Hal ini biasa dilakukan terutama saat melakukan negosiasi antara seseorang dengan pelaku bisnis lainnya. Untuk mendapatkan hasil terbaik dalam negosiasi, semua pihak perlu memahami prinsip win-win solution.

Melakukan Kolaborasi (collaborating)
Tujuan ketiga dalam komunikasi bisnis adalah untuk berkolaborasi atau bekerja sama dengan orang lain dalam bisnis. Melalui komunikasi bisnis, kerjasama bisnis antara perusahaan dalam dan luar negeri dapat dilakukan dengan mudah. Saat ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi saat ini, kerjasama antar perusahaan di seluruh dunia relatif mudah. Seseorang dapat menggunakan beberapa media telekomunikasi yang ada, seperti telepon biasa, mesin fax, telepon genggam, internet, email dan panggilan konferensi. Teknologi komunikasi ini sangat penting untuk memperkuat kerjasama di dunia bisnis.

 

 Teknik dalam Komunikasi Bisnis

 Dalam komunikasi bisnis, ada tiga keterampilan komunikasi bisnis utama. Kombinasi dari ketiga teknologi ini akan memungkinkan setiap orang untuk menangkap dan memahami dengan jelas informasi yang Anda sampaikan. Ada tiga teknologi komunikasi:

 

Teknik komunikasi verbal

Teknologi ini digunakan untuk mendiskusikan suatu ide atau gagasan, mengungkapkan pendapat, menjawab perintah, dan menjadi pendengar yang baik. Dapat menerima komunikasi verbal yang efektif yaitu informasi yang disampaikan, dan berani mengajukan keberatan atau menanggapi informasi yang disampaikan. Oleh karena itu, saat mengirim pesan secara tatap muka (face-to-face) atau melalui telepon yang hanya memproses suara, sangat penting untuk menangani nada suara dan ekspresi wajah. Berikut beberapa kegiatan yang membutuhkan komunikasi lisan:

  1. Rapat
  2. Telepon resmi
  3. Meeting proyek
  4. Presentasi


Teknik Komunikasi non-verbal
Menurut data Communication Psychology Report, lebih dari 90% pesan dikomunikasikan melalui komunikasi nonverbal, yaitu 55% bahasa tubuh, 38% tuturan dan 7% ucapan merupakan tuturan.Data ini menunjukkan bahwa bahasa tubuh digunakan saat berinteraksi dengan rekan kerja. Bisnis yang sangat penting. Komunikasi menggunakan bahasa tubuh termasuk gerak tubuh, gerak tubuh dan postur, dan kontak mata merupakan aspek penting dari komunikasi nonverbal. Kontak mata akan menunjukkan apakah Anda tertarik dengan apa yang Anda bicarakan dan dengarkan, dengan tetap mempertahankan durasi kontak mata, karena jika kontak mata terlalu lama dapat menimbulkan rasa serangan. Pada saat yang sama, jika waktunya terlalu singkat, itu mungkin berarti percakapan yang sedang berlangsung tidak terlalu menarik. Ada komunikasi nonverbal lain tentang posisi tubuh.


Komunikasi tertulis
Email adalah salah satu contoh komunikasi tertulis yang paling mudah ditemukan dalam komunikasi tertulis. Sebagian besar perusahaan menggunakan email atau media perpesanan elektronik lainnya untuk berkomunikasi dengan tim. Meskipun email terlihat lebih kasual daripada email biasa, bobotnya masih tergantung pada bagaimana Anda mengirimkannya dan bagaimana perasaan perusahaan. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berkomunikasi secara tertulis:

  • Audience

Pikirkan tentang target audience yang akan membaca emailmu sebelum kamu kirim. Mengetahui audience akan membantumu untuk menambah nada pesanmu agar pesanmu lebih efektif.

  • Formalitas

Tingkat formalitas harus mengikuti sesuai dengan tingkat audience kamu, misalnya surat bisnis maka harus ditulis secara formal daripada email dengan teman atau keluarga. Kamu juga harus mempertimbangkan pemformatan dalam menulis email, karena hal tersebut menentukan jenis formalitasnya.

  • Gaya

Jenis gaya yang kamu gunakan dalam komunikasi tertulis tergantung keinginan yang kamu gunakan. Misalnya, email harus sesingkat mungkin.



Jenis Komunikasi Bisnis

Dalam komunikasi bisnis juga terdapat jenis komunikasi. Untuk mempromosikan komunikasi dalam bisnis, karyawan dan karyawan lain harus memahami setiap jenis komunikasi Ada lima jenis komunikasi bisnis yang tentunya sangat penting. Untuk lebih memahami setiap jenis komunikasi, contoh dari setiap jenis komunikasi akan dibahas.

Komunikasi Internal
Komunikasi internal ini merupakan salah satu komunikasi bisnis internal. Dalam hal ini, berarti komunikasi tersebut terjadi di dalam organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, yang berpartisipasi dalam komunikasi ini hanyalah anggota organisasi atau perusahaan. Dalam jenis komunikasi ini, ide dapat dipertukarkan dengan tatap muka, telepon, email atau fax. Namun, di era teknologi yang semakin kompleks ini, banyak media sosial yang mempermudah komunikasi. Contoh komunikasi internal antara lain komunikasi antara karyawan atau atasan dan lainnya. Jangan memperhatikan level dalam jenis komunikasi ini. Oleh karena itu, selama komunikasi internal masih dalam suatu organisasi atau perusahaan, siapa pun dapat melakukannya.


Komunikasi Vertikal
Dalam komunikasi vertikal, ini biasanya dilakukan antar level. Oleh karena itu jika terdapat jabatan atau jenjang jabatan di perusahaan. Komunikasi vertikal ini harus menjadi kebalikan dari komunikasi yang lengkap. Pada jenis komunikasi ini, misalnya komunikasi antar direktur tidak melibatkan bawahan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, harus ada komunikasi peer-to-peer atau komunikasi dua arah dalam komunikasi ini.

Komunikasi dari atasan pada bawahan
Metode komunikasi ini juga mencakup komunikasi internal. Tetapi juga memperhatikan jenjang atau jabatan dalam organisasi. Komunikasi ini adalah komunikasi bisnis yang sangat penting. Tempat komunikasi ini terjadi antara pemimpin dan karyawan. Bentuk komunikasi ini biasanya dilakukan.

Komunikasi dari bawahan ke atasan
Bisa dikatakan komunikasi bisnis semacam ini tidak sepenting komunikasi antara atasan dan bawahan. Dalam arti tertentu, komunikasi ini adalah kebalikan dari komunikasi top-down. Misalnya dalam komunikasi ini, karyawan secara rutin memberikan laporan kepada atasan atau pimpinannya.

Komunikasi Horizontal
Komunikasi horizontal ini dilakukan pada level atau lokasi yang sama. Jenis komunikasi ini biasanya kasual atau informal. Komunikasi semacam ini tidak perlu memperhatikan aturan dan dapat dilakukan dalam bahasa sehari-hari. Misalnya komunikasi ini adalah komunikasi antar rekan kerja. Bentuk komunikasi ini biasanya tidak terlalu serius. Anda bahkan dapat memasukkan lelucon atau lelucon. Pada dasarnya komunikasi ini dilakukan pada level yang sama. Ini merupakan obrolan sederhana. Demikian pembahasan tentang pengertian, jenis dan contoh komunikasi bisnis. Tentu saja, jenis komunikasi dan keterampilan komunikasi bisnis sangat penting. Apalagi bila seseorang ingin fokus pada organisasi di perusahaan.

Baca Juga: Akuntansi Sektor Publik adalah - Ruang Lingkup, Tujuan, Sifat, Karakteristik dan Organisasi Sektor Publik



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Komunikasi Bisnis

  • pengertian komunikasi bisnis menurut para ahli
  • contoh komunikasi bisnis
  • manfaat komunikasi bisnis
  • bentuk komunikasi bisnis
  • unsur-unsur komunikasi bisnis
  • tujuan komunikasi bisnis
  • fungsi komunikasi bisnis
  • komunikasi bisnis pdf

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Komunikasi Bisnis Meliputi Unsur, Tujuan, Teknik, Dan Jenisnya Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel