CD-Rom Adalah - Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kekurangan, Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW

 

Pengertian CD-Rom

CD-Rom merupakan akronim dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. CD-Rom juga berarti bahwa CD-Rom Drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara garis besar CD-Rom dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu : ATA/IDE dan SCSI. Yang paling mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps. Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR-RW drive. Pada CD-Rom terdapat tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56 x150 Kbps. Tipe CD-RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan membakar dan membaca. CD-W tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar pada CD-Rom seccepat 12x, membakar pada CD-RW secepat 8x, dan membaca CD-R/CD-RW/dengan kecepatan maksimal 32x.

Sedangkan CD ROM Drive  Adalah Alat  pemutar  CD  ROM. Suatu  drive  untuk  merekam atau
memainkan  Compact  Disk,  yang  sering  dijumpai  adalah CD-ROM  (CD  Read  Only  Memory)  MO  (Magneto-Optical) an WORM (Write Once Read Many). 

 

Baca Juga: Cache Memory Adalah - Fungsi, Jenis-jenis, Kecepatan, Cara Kerja, dan Cara Menghapus Cache Memory


Pengertian CD-RW


CD-RW adalah drive yang memiliki kemampuan membaca kepingan CD dan juga mampu menulis di kepingan CD Blank, kerennya burn FUNGSI CD-RW – CD RW Drive menggunakan sinar laser merah untuk menulis informasi dari komputer ke merekam discs, baik CD-R discs, yang tidak dapat dihapus, atau CD-RW discs, yang dapat terhapus dan tercatat sekitar 1000 kali. CD-RW drive yang digunakan untuk membuat CD Audio, yang dapat diputar di hampir semua player, atau data discs, yang berguna untuk membuat cadangan atau mentransfer file.


Pengertian DVD-Rom


Pertama-tama, ada baiknya jika kita telaah sedikit apa sebenarnya yang dimaksud dengan DVD. DVD berasal dari kata Digital Versatile Disc. Sesuai dengan namanya DVD merupakan sebuah media penyimpanan digital yang isinya sangat variatif. Bentuknya sangat mirip dengan CD.Bedanya DVD dapat memainkan film, audio lebih baik dan dengan data lebih banyak dan proses yang lebih cepat dibandingkan CD. DVD juga mampu menyimpan data lain seperti Foto atau data informasi dari komputer.

 

 Sejarah CD-ROM


Compact disc pertama kali dikembangkan oleh Philips dan Sony pada tahun 1982. Denon memperluas format CD-DA ( compact disc digital audio ) untuk membuat format CD-ROM, memungkinkannya menyimpan data apa pun dan tidak hanya audio.

Pada tahun 1984, Denon dan Sony memperkenalkan format CD-ROM kepada publik di sebuah pameran komputer Jepang.

Disk CD-ROM pertama yang diperkenalkan ke publik memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 553 MB. Saat ini, disk CD-ROM standar dapat menyimpan hingga 700 MB data, atau audio selama 80 menit. Disk CD-ROM non-standar juga ada yang menyimpan hingga 900 MB data, atau 99 menit audio.

 

 Fungsi CD-ROM


Fungsi CD-ROM Fungsi CD ROM pada dasarnya adalah membaca data atau menulis data ke dalam CD. Ini berarti komputer dapat membaca CD yang memiliki data atau lagu di dalam komputer.Namun hanya membaca saja tanpa melakukan penulisan.Selain sebagai mesin yang dapat membaca CD, CD ROM juga memiliki fungsi lain yang biasa digunakan untuk menginstal sebuah Operating System (OS) di dalam komputer.Biasanya berupa game ataupun software.Dari fungsi inilah kita mengetahui apa sih sebenarnya fungsi CD ROM itu sebelum kita mengetahui lebih dalam lagi mengenai jenis-jenisnya.
 

Cara Kerja CD-ROM


Cara Kerja CD-ROM, Cara kerja CD-ROM ini sangat unik karena menggunakan teknik penyinaran. CD yang ada akan disinari oleh laser dioda dan setelah itu akan dipantulkan kembali.Nah untuk dapat memantulkan cahaya kembali, CD ini memiliki lapisan atas yang dapat memantulkan cahaya.Untuk dapat membaca CD-ROM, maka alat yang diperlukan adalah CD Drive.Ketika sedang membaca sebuah CD, CD-ROM akan berputar dengan kecepatan sudut yang tinggi.Itulah kenapa pola yang dicetak di dalam CD harus memiliki presisi yang tinggi karena bila tidak maka data yang disimpan akan salah atau terjadi penyimpangan.

 


Kekurangan CD ROM

  • CD ROM DRIVE hanya bisa digunakan untuk membaca CD saja. Sedangkan jika untuk membaca DVD, perangkat keras ini belum bisa digunakan.
  • Jika Anda ingin mengisi CD kosong dengan data atau file lainnya maka alat ini tidak bisa digunakan untuk hal itu. Jadi solusinya jika ingin menulis atau mem-burning data ke CD, maka Anda harus menggunakan CD RW (Read Anda Write) Drive yang bisa membaca dan menulis CD.

 

Baca Juga:  BIOS Adalah - Fungsi, Komponen, Komponen, Jenis-jenis , dan Konfigurasi BIOS

 

Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW

  1. CD R - Merupakan tempat penyimpanan data permanen dengan kapasitas 700Mb.
  2. CD RW - Merupakan tempat penyimpanan data berkapasitas 700Mb. Yang membedakan antara CD R dan CD RW adalah kalau data yang telah disimpan di CD R tidak bisa dihapus lagi ( telah permanen ). Sedangkan CD RW data yang telah tersimpan bisa sewaktu-waktu dihapus.
  3. DVD R - Sama halnya dengan CD R, tetapi DVD R memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar yaitu sekitar 4,6Gb.
  4. DVD RW - Merupakan tempat penyimpanan data dengan kapasitas sekitar 4,6GB. Yang membedakan antara DVD R dan DVD RW adalah hanya dari segi penyimpanan data. Kalau di DVD R data yang tersimpan tidak bisa dihapus ( telah tersimpan dengan permanen ). Sedangkan DVD RW data yang tersimpan masih dapat seaktu-waktu dihapus. Harganya juga berbeda, tetapi tidak terlalu jauh jaraknya. 

 

 Demikian Penjelasan Tentang CD-Rom Adalah -  Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kekurangan, Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW. Semoga Bermanfaat

 

Penelusuran terkait

  • cd-rom adalah
  • dvd rom adalah
  • kepanjangan dari cd-rom adalah
  • cd drive laptop
  • fungsi cd-rw
  • fungsi bd rom drive
  • pengertian cd rom
  • cd-rom membaca data menggunakan media

1 Komentar untuk "CD-Rom Adalah - Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kekurangan, Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW"

  1. Online Gambling in India - The Complete Guide [2021] - JTM Hub
    The Indian gambling sector is growing in size, 전라북도 출장마사지 with the most 안양 출장마사지 rapidly-growing market segment, which is 화성 출장샵 the most popular and most profitable among 나주 출장샵 Indian 안동 출장마사지

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel