Definisi Housekeeping dan 10 Tugas serta Tanggung Jawab Housekeeping Department

Tugas dan Tanggung jawab Housekeeping Department

Definisi Housekeeping Derpartment

Materi Perhotelan - Housekeeping atau tata graha merupakan salah satu department yang berada dibawah dari room devision. Anda pasti belum mengetahui apa itu house keeping?, housekeeping terdiri dari kata house yang berarti rumah dan keeping berarti menjaga jika kita artikan maka housekeeping akan berarti menjaga rumah.
Namun dalam arti luas housekeeping adalah salah satu bagain  atau department yang ada di hotel yang bertugas menjaga, merawat, dan membersihkan serta memelihara rooms atau kamar kamar hotel maupun area diluar kamar hotel atau area yang tergolong kedalam area umum (public areas) di hotel agar tetap nyaman, indah, dan aman. Yang mana saja yang termsuk kedalam area umum atau publik di hotel?, berikut area area umum yang ada di hotel:
  1.  Lobby 
  2. Corridor 
  3. Ballroom atau Meeting Room 
  4. Swimming Pool 
  5. Kids center 
  6. Lounge 
  7. Sport center 
  8.  Dll
Selain beberapa hal diatas. Mungkin anda yang belum tahu akan bertanya: Apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawab housekeeping department?, ada beberapa hal pokok yang menjadi tugas dan tanggung jawab dari housekeeping department.

Baca Juga: Pengertian Pastry (Patiseri) - Menurut Para Ahli, Ruang lingkup dan Jenis-jenis nya Secara Lengkap


Tugas Pokok & Tanggung Jawab (Duties and Responsiblelities) Housekeeping Department antara lain:
  1.  Memelihara & Membersihkan kamar kamar tamu di hotel 
  2. Menjaga kebersihan area area umum hotel atau public area 
  3. Melaporkan status kamar ke bagian front office 
  4. Menjaga kebersihan linen hotel 
  5. Merawat peralatan kerja housekeeping 
  6. Menata kamar agar terlihat indah dan bersih
Housekeeping department terbagi menjadi beberapa seksi atau section:
  1. Room Section 
  2. Public Area Section 
  3. Laundry Section 
  4. Linen Section & Storekeeper 
  5. Dll

Tugas dan Tanggung Jawab.     

Housekeeping berasal dari kata house yang berarti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang berarti merawat atau memelihara. Jadi housekeeping adalah bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.   Housekeeping departemen, juga merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar. Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga terampil dan professional.

Fungsi housekeeping dalam hotel sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar ditentukan oleh housekeeping oleh karena itu  maka harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.

Adapun Tugas bagian Housekeeping adalah sebagai berikut :  
  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.   
  3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.  
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.

Tanggung Jawab bagian housekeeping meliputi area : 
  1. Ruang tamu (guest room)  
  2. Gang ( corridor)  
  3. Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)  
  4. Ruang kantor ( office )  
  5. Locker karyawan ( employee Locker)  
  6. Toilet karyawan ( Toilet locker )  
  7. Toilet tamu ( guest toilet )  
  8. Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)  
  9. Kolam renang ( swimmingpool),   
  10. Halaman parkir ( parking area )

Sasaran

Beberapa sasaran housekeeping adalah :
  1. Bersih - Kebersihan di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
  2. Nyaman - Lingkungan dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau berkunjung kembali ke hotel.
  3. Aman - Faktor penting yang selalu di dambakan pengunjung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan tamu selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel. 
  4. Menarik - Dengan dasar kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.

        Untuk menjangkau seluruh area tersebut, housekeeping department dibagi menjadi beberapa seksi :

1. Seksi kamar ( Room section / Floor section)  Seksi ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, pengaturan tanggung jawab floor ini termasuk kepada area corridor setiap lantai.

     Petugas yang berada didalam seksi ini adalah : 
  • Floor housekeeper atau floor section manager  
  • Floor supervisor  
  • Room attendant  


2. Seksi area umum ( Public area section / Houseman section)  Seksi ini bertanggungjawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area  dan fasilitas umum yang ada di hotel. Fasilitas itu antara lain : 
  • Lobby area  
  • Public toilet  
  • Restaurant  
  • Bar  
  • F&B outlet
  • Meeting / conference room  
  • Ballroom  
  • Bussiness center  
  • Fitness & Health center  
  • Swimming pool  
  • Parking area
  • Outdoor and in door garden  
  • Guest lift  
  • Back office  
  • Locker room  
  • Employee corridor  
  • Canteen  

Petugas yang berada didalam seksi ini adalah :   
  1.  Public area housekeeper atau public area manager    
  2. Public area supervisor atau houseman supervisor    
  3. Public area attendant atau houseman    
  4.  Toilet attendant    
  5. Night cleaner    
  6. Gardener     
  7. florist  


 3.  Seksi binatu (Laundry section)
Seksi ini bertanggungjawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk guest laundry, maupun house laundry dan uniform. Guest laundry adalah pakaian tamu, sedangkan house laundry adalah linen yang digunakan oleh housekeeping maupun department lain seperti banquet service dan fb department.



Barang-barang di Kamar Hotel Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dibawa Pulang


Saat anda bermalam di sebuah hotel, mungkin anda akan temui beberapa barang yang tidak ada di rumah anda. Kebanyakan tamu hotel membawa pulang beberapa hal yang mereka temukan di kamar hotel. Padahal, tidak semua hal yang ada di kamar hotel boleh dibawa pulang oleh tamu, lho.Barang-barang seperti TV, kursi, atau elektronik lainnya tentu sudah termasuk ke barang-barang yang tidak boleh dibawa pulang. Jika anda tetap membawa pulang benda-benda ini, tidak heran jika pihak hotel melaporkan anda dengan tuduhan perampokan.

Hal-hal kecil yang sering kali dibawa pulang oleh tamu salah satunya adalah kopi, gula, krimer, dan kantung teh yang disediakan di kamar. Meski ini disiapkan untuk tamu, tidak berarti hal-hal ini boleh dibawa pulang. Karena penyediaan ini hanya khusus untuk dikonsumsi di dalam kamar saja.Setelah anda mengkonsumsi beberapa di dalam kamar dan checkout keesokan harinya, selanjutnya housekeeping akan mengisi penuh lagi stok di kamar anda untuk dikonsumsi tamu selanjutnya. Dengan kata lain, produk ini dapat digunakan secara berkelanjutan.

Berbeda dengan toiletries yang memang hanya sekali pakai seperti sabun mandi, sampo, dan pasta gigi. Barang-barang ini dianjurkan untuk dibawa pulang oleh tamu karena sifatnya yang sekali pakai, lebih baik daripada langsung berakhir ke tempat pembuangan hotel. Hal yang sama berlaku dengan sandal hotel, anda bisa membawa pulang sandal ini karena memang sandal sifatnya perorangan, seperti sikat gigi. Namun, bukan berarti anda juga boleh membawa pulang handuk kamar mandi. Handuk di kamar anda tidak bersifat sekali pakai. Laundry section housekeeping akan mencuci kembali handuk yang sudah anda gunakan untuk selanjutnya ditempatkan lagi di kamar tamu.


Baca Juga: Pengertian Dasar Pastry & Bakery : Job description Beserta Alat - Alat Yang Digunakan


Demikian Penjelasan Tentang Tata Graha / Housekeeping Department Adalah - Menurut Para Ahli, Housekeeping Office Section dan Hubungan antara Housekeeping dengan Department Lainnya. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan housekeeping adalah
  • gaji housekeeping
  • materi housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • housekeeping department
  • section housekeeping
  • struktur organisasi housekeeping
  • tujuan housekeeping

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel