Department Sales & Marketing di Hotel - Tugas dan Tanggung Jawab, Hal - Hal yang Harus dikuasai dan Standard Operasional Procedure Department Sales & Marketing di Hotel


Apa Saja Posisi Kerja di Divisi Sales and Marketing Hotel?
Pemasaran merupakan salah satu fungsi yang sangat penting dari usaha perhotelan dan menjadi tangan manajemen dalam usahanya mengenalkan hotel ke tengah masyarakat. Meningkatnya persaingan pada usaha perhotelan saat ini mendorong berkembangnya usaha pemasaran hotel. Keberhasilan penjualan produk hotel tergantung pada usaha pemasaran hotel yang diorganisasikan dalam suatu bagian atau departemen, dengan dukungan sepenuhnya dari seluruh bagian yang ada didalam hotel, terutama bagian yang langsung berhubungan dengan tamu serta bagian produksi.
Sales and Marketing Department adalah bagian yang bertugas melaksanakan pemasaran produk hotel, termasuk didalamnya promosi dan penjualan produk hotel.

Sales and Marketing Department dibagi menjadi beberapa section, yaitu sebagai berikut:
  • Sales : Bagian penjualan.
  • Art and Culture : Bagian yang mengurus entertainment (iklan).
  • Prinshop : Bagian yang mengurus cetak mencetak dan desain.
  • Public Relation : Penghubung antara perusahaan yang diwakilinya dengan masyarakat umum


Tugas dan Tanggung Jawab dari Sales & Marketing Department

 Adapun tugas dan tanggung jawab dari Sales & Marketing Department  yang meliputi:

1.Tugas tugas Sales & Marketing department :
  • Menerima dan melakukan follow up event
  • Memantau perkembangan event
  • Melakukan telemarketing
  •  Melalukan Sales Call
  • Membuat BEO, Breakdown, GRM, dan segala report yang diperlukan dalam satu kali pelaksaan event.
  • Menjaga hubungan baik dengan Media

2. Tanggung jawab Sales & Marketing department :
  •  Mengawasi segala persiapan yang dilakukan sebelum acara berlangsung
  • Mengawasi jalannya acara
  • Membuat amandement ketika ada perubahan dalam kesepakatan yang diawal

3.Fungsi Sales & Marketing Department :
  • Untuk memotivasi calon pelanggan agar ia bertindak dengan suatu cara yang dikehendaki olehnya yaitu membeli.
  • Dapat mengarahkan sasaran mana dan kepada siapa produk akan ditawarkan dan dijual.
  • Dapat meyakinkan atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan.
  • Dapat meyakinkan calon pelanggan yang diketahui ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan.

Hal - Hal yang  Harus dikuasai Department Sales dan Marketing

  • Product Knowledge  (pengetahuan tentang produk)
Adalah yang meliputi masalah yang berhubungan dengan keadaan fisik, jenis, ukuran, design dan warna, manfaat terhadap konsumen, bahkan kelebihannya dengan produk lain yang sama.
  • Price Policy (kebijaksanaan harga jual)
Sejenis produk yang ditawarkan atau dijual mempunyai klasifikasi harga. Adanya suatu design harga tertentu yang ditawarkan untuk suatu volume penjualan. Apakah ada insentif tertentu (discount/commission) bagi pembeli.
  • Human Relation.
Kemampuan tenaga penjual dalam hubungannya dengan masyarakat pasar tertentu untuk mempengaruhinya dan pada akhirnya menjadi konsumen. Pendekatan perorangan sangat membantu keberhasilan dengan ditunjang kemampuan berkomunikasi.

Langkah - Langkah Penjualan Department Sales dan Marketing

Langkah-langkah tersebut adalah sbb :

1. Approach (pendekatan kepada prospek)
Pendekatan kepada calon pembeli/konsumen memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik yang antara lain pengetahuan tentang :
  • Siapakah calon pembeli/konsumen ?
  • Apakah kebutuhan/keinginannya ?
  • Adakah kemungkinan perubahan situasi atas kebutuhan maupun produk yang ditawarkan
  • Siapkah kiat dengan penolakan/keberatan.

2.Presentation (penyajian)
Dalam tahapan presentasi seorang sales harus sanggup menjual “Dirinya” dalam arti mau membantu memuaskan kebutuhan para konsumen (misalnya membantu memecahkan persoalan para calon konsumen terhadap suatu produk yang dijual). Komunikasi adalah merupakan sarana paling menentukan untuk mengetahui kebutuhan pembeli :
  • Tata bahasa yang baik
  • Courtesy / kesopanan
  • Jelas / tepat, tidak berbelit-belit
  • Memberikan ide, manfaat dan kelebihan produk.
Satu hal lain yang tak kalah pentingnya adalah First Impression atau kesan pertama kepada pelaku penjualan yang positif akan membantu kelancaran proses penjualan.


3. Selling (menjual)
Proses menjual dari seorang sales harus dapat memberi keyakinan kepada pembeli atas manfaat dan kelebihan produk yang ditawarkan. Dengan bekal Product Knowledge dan pengembangan komunikasi yang efektif diharapkan pembeli menjadi pelaku pembeli.


4. Closing The Sale.
Suatu transaksi penjualan terjadi karena penjualan memperoleh persetujuan dari calon pembeli untuk membeli atau menggunakan produk/jasa yang ditawarkan. Tahapan ini merupakan keberhasilan seorang penjual mempengaruhi dan meyakinkan calon pembeli. Langkah-langkah administratif untuk menutup penjualan dapat berupa : statement, order dan tanda terima pembayaran. Dalam jasa pelayanan wisata maka pembeli/konsumen akan menikmati produk wisata setelah terjadinya closing the sale.


5. After Sales Service
Kesempurnaan dari suatu penjualan yang berhasil adalah ditutup dengan Pelayanan Purna Jual. Kegiatan tersebut antara lain  :
  • Pemberian ucapan terima kasih melalui surat, atas pembelian suatu produk   atau jasa.
  • Memberikan suatu kenang-kenangan (souvenir).
  • Mengirim kartu ucapan pada hari-hari besar atau ulang tahun.
  • Megadakan direct contact secara regular.


Standard Operasional Procedure Department Sales & Marketing di Hotel


1. Pembuatan Kontrak Rate 
Maksud dan Tujuan
Memastikan  kerja sama jangka panjang antara hotel dan pelanggan atau tamu hotel berlangsung dengan efektif dan efisien, sehingga dapat mendukung pencapaian tujuan kegiatan pemasaran yang memfokuskan pada pembuatan kerja sama yang dituangkan dalam contract rate

Uraian Kerja
  • Inquiry Contract rate
  • Sales Call, Sales Visit, Inquiry langsung oleh calon pelanggan
  • Menawarkan kerja sama jangka panjang dengan fasilitas harga khusus.
  • Melakukan negosiasi
  • Setuju memenuhi inquiry Contract rate
  • Berlaku jangka panjang dan prospek baik.
  • Memenuhi kebijakan pemberian harga kontrak yang digariskan.
  • Bagi calon pelanggan (perusahaan) baru, staf sales & marketing harus membantu pelanggan untuk mendapatkan fasilitas kredit dari Credit Manager, jika fasilitas kredit disetujui Credit Manager, maka proses dilanjutkan “Pembuatan Contract Rate” jika tidak, menginformasikan bahwa diberlakukan cash basis atau jaminan secara personal.

Pembuatan Contract Rate
  • Setuju memenuhi inquiry Contract rate
  • Membuat draft Contract Rate.
  • Mengkomunikasikan ke calon pelanggan isi draft tersebut dan meminta persetujuan atas isinya.
  • Jika setuju maka calon pelanggan dapat langsung memberikan persetujuan  jika tidak kembali ke negosiasi
  • Membuat Salinan Contract Rate
  • Memberikan Contract Rate ke calon pelanggan
  • Persetujuan calon pelanggan ditunjukkan dengan tanda tangan penanggung jawab (dari perusahaan pelanggan) dan cap perusahaan.
  • Contract Rate mencatumkan syarat dan kondisi sesuai dengan hasil negosiasi

Memasukkan informasi Contract Rate ke sistem komputer hotel.
  • Contract Rate selesai dibuat
  • Melakukan input data Contract Rate ke sistem komputer hotel.
  • Membuat salinan Contract Rate.
  • Menyimpan Contract Rate yang telah di-input ke tempat penyimpanan Contract Rate
  • Contract Rate telah di-input ke sistem komputer hotel dan salinan Contract Rate siap didistribusikan ke department head terkait.
  • Dilakukan sesegera mungkin

2.Sales Visit 
Maksud dan Tujuan
• Memastikan kegiatan sales visit ( Sales call, Sales blizt ) dilaksanakan
      dengan efektif dan efisien.
 
Uraian Kerja

Persiapan sales visit.
  • Kebutuhan untuk memastikan kegiatan sales visit akan lancar
  • Membuat rencana perjalanan termasuk ; data base calon pelanggan yang akan dikunjungi
  • Membuat perjanjian pertemuan (appointment waktu dan tempat)
  • Menentukan rute perjalanan
  • Menyiapkan sales kit yang diperlukan
  • Memastikan kesiapan kendaraan
  • Berangkat menuju tempat calon pelanggan
  • Menuju tempat calon pelanggan
  • Sesuai dengan appointment, dengan keadaan rapi dan siap bertemu calon pelanggan

Ketika bertemu pelanggan
  • Memperkenalkan diri dan menanyakan kabar
  • Menyampaikan maksud dan tujuan
  • Mendapatkan respon yang positif dari calon pelanggan
  • Mencatat respon tersebut
  • Mengulangi kembali respon calon pelanggan
  • Berpamitan
  • Berterima kasih ke calon pelanggan telah meluangkan waktu bertemu
  • Usahakan pertemuan tidak terlalu lama dan terjadi closing
  • Mendapatkan bisnis, mengetahui prospek bisnis atau tidak terdapat prospek bisnis

Tindak lanjut sales visit
  • Mendapat bisnis, Mengetahui prospek bisnis, tidak terdapat prospek bisnis
  • Menuangkan hasil sales visit hari itu ke cardex
  • Menindaklanjuti respon pelanggan; misalnya mengirim Quotation Letter atau Confirmation Letter atau Thank you letter
  • Melaporkan pada atasan kegiatan hari itu.
  • Mendapatkan bisnis atau memelihara hubungan bisnis dengan pelanggan
  • Cardex harus selalu up date
  • Kegiatan dapat dilanjutkan dengan proses penanganan reservasi atau pun pembuatan atau perubahan contract rate.

3.Telemarketing 
Maksud dan Tujuan
• Memastikan kegiatan telemarketing ( memasarkan produk melalui media-media komunikasi ) dilaksanakan dengan efektif dan efisien.

Uraian Kerja

Persiapan telemarketing.
  • Kebutuhan untuk memastikan kegiatan telemarketing efektif
  • Membuat rencana kegiatan termasuk ;
  • Menyiapkan data base calon pelanggan yang akan dihubungi
  • menyiapkan program yang akan ditawarkan ke pelanggan
  • Memastikan kesiapan peralatan telpon, komputer, fax, alat tulis menulis

Siap melakukan kegiatan telemarketing
  • Memperkenalkan diri dan menanyakan kabar
  • Menyampaikan maksud dan tujuan
  • Mendapatkan respon yang positif dari calon pelanggan
  • Mencatat repon tersebut
  • Mengulangi kembali respon calon pelanggan
  • Berterima kasih ke calon pelanggan telah meluangkan waktu
  • Mendapat bisnis, Mengetahui prospek bisnis atau tidak terdapat prospek bisni
  • Usahakan pertemuan tidak terlalu lama dan terjadi closing

Tindak lanjut telemarketing
  • Mendapat bisnis, Mengetahui prospek bisnis atau tidak terdapat prospek bisnis
  • Menuangkan hasil telemarketing hari itu ke cardex
  • Menindaklanjuti respon pelanggan; misalnya mengirim Quotation
  • Letter atau Confirmation Letter atau Thank you letter
  • Melaporkan pada atasan kegiatan hari itu
  • Mendapatkan bisnis atau memelihara hubungan bisnis dengan pelanggan
  • Cardex harus selalu di- up date
  • Kegiatan dapat dilanjutkan dengan proses penanganan reservasi atau pun pembuatan atau perubahan contract rate
  • Formulir yang digunakan Cardex, Quotation Letter atau Confirmation Letter atau Thank you letter

4.Marketing Plan                                       
Maksud dan Tujuan
  • Untuk memperoleh hasil maksimal melalui usaha persiapan program untuk periode 1 tahun dengan menetapkan program-program sesuai perkiraan analisa pasar
  • Merupakan tugas Sales & Marketing Manager / DOSM yang dipersiapkan setiap periode kwartal terakhir tahun sebelumnya untuk masa berlaku tahun berikutnya

Persiapan Dokumen
  • Database, kalender of event, jadwal nasional dan internasional trade/consumer show dari Pemerintah, analisa pesaing dan pasar, segmen pasar

Uraian Kerja

Pelaksanaan
  • Mempersiapkan program
  • Menetapkan anggaran
  • Menerbitkan program pelaksanaan
  • Menetapkan strategi dan target
  • Mempersiapkan rencana program dan jadwal kegiatan sales & marketing dalam periode 1 tahun
  • Meraih target maksimal dari program yang telah dipersiapkan sesuai analisa dan segmen pasar
  • Meningkatkan tingkat hunian dan average room rate sesuai target yang ditetapkan
  • Mempersiapkan Dokumen terkait antara lain Sales & Marketing Plan dari tahun sebelumnya, Analisa pasar, Analisa pesaing, Analisa SWOT, Segmen pasar, Database.

Mempersiapkan Marketing Plan
  • Meng-input Database, Kalender of event ( dari Departemen pemerintahan, organisasi ), Analisa pesaing, Analisa pasar berdasarkan segmen, Analisa SWOT .
  • Mendapatkan masukan dari berbagai pihak termasuk dari kalender of event dan rencana program departemen terkait serta masukan lain yang dianggap dapat memenuhi penyempurnaan marketing plan.
  • Rencana pelaksanaan yang efektif untuk mencapai target maksimal
  • Melengkapi data-data pendukung serta fasilitas penunjang untuk melengkapi dan memenuhi marketing plan yang siap pakai
  • Mempersiapkan dokumen antara lain Program pelaksanaan, Jadwal pelaksanaan, Sales visit / blitz program, Program Advertensi (local dan internasional ) melalui media cetak dan elektronik, Program Trade / consumer show (domestic dan internasional), Materi promosi, Program guest entertainment, Program guest history, Penerbitan bulletin / hotel newsletter.

5. Sales Blitz 
Maksud dan Tujuan
  • Memperkenalkan produk / program baru kepada pelanggan / calon pelanggan secara berkala dengan jadwal yang telah ditetapkan tanpa perjanjian
  • Merupakan kegiatan sales & marketing departemen untuk memperluas  informasi produk yang telah ada maupun produk / program baru secara langsung kepada calon pelanggan, secara efektif.
  • Dilaksanakan oleh Sales Executive, FO, Banquet Sales, SM, SMM dan department terkait.

Uraian Kerja

Pelaksanaan Sales Blitz
  • Promosi khusus dilaksanakan secara serentak Sales Team
  • Kegiatan : Penyiapan brosur, rate sheet, leaflet, paket-paket khusus yang akan disebarluaskan kepada pelanggan / calon pelanggan pada segmen pilihan
  • Mempersiapkan Sales Team dengan penampilan khusus yang dapat menarik perhatian pelanggan/calon pelanggan
  • Menetapkan tujuan kunjungan sesuai segmen pemantauan terhadap pelaksanaan oleh DOSM, DOM, DOS dan GM
  • Kegiatan promosi secara berkala tanpa jadwal khusus
  • Memperoleh database baru secara langsung
  • Memperoleh peluang bisnis
  • Dokumen yang dibutuhkan : Brosur, rate sheet, leaflet, dan program paket-paket khusus
  • Laporan hasil kegiatan




Demikian Penjelasan Tentang Department Sales & Marketing di Hotel  - Tugas dan Tanggung Jawab, Hal - Hal yang  Harus dikuasai dan Standard Operasional Procedure Department Sales & Marketing di Hotel Selalu Kunjungi Materismk.my.id Agar Mendapatkan Materi Terbaru. Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Sales and Marketing Department

  • struktur organisasi sales marketing di hotel
  • sales marketing department in hotel
  • istilah dalam sales & marketing hotel
  • tugas director of sales and marketing hotel
  • tugas marketing department
  • pengertian sales marketing menurut para ahli
  • sales manager hotel adalah
  • tugas sales admin hotel
  • Ilmuperhotelan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel