Sales & Marketing Department - Struktur Organisasi , Hubungan Department Sales & Marketing Dengan Departement Lain Di Hotel dan Istilah dalam Marketing

Sumber Gambar : EconomicTimes.com

Pengertian Sales & Marketing Department

Marketing merupakan salah satu fungsi utama di antara fungsi-fungsi penting lainnya yang ada dalam suatu perusahaan seperti : administrasi, pembukuan, pembelanjaan, produksi dan personalia.
Sihite menyebutkan bahwa Sale adalah : menawarkan sesuatu produk kepada konsumen, sebagai suatu pekerjaan atau kegiatan untuk menjadikan seseorang sebagai customer atau langganan. Jadi arti sales di sini adalah penjualan.
Marketing adalah pemasaran dan apabila diterjemahkan adalah : “Usaha untuk memasyarakatkan hasil produksi perusahaan melalui berbagai cara agar hasil produksi tersebut banyak diminati oleh masyarakat luas”, (Sihite,1996:1).Sedangkan arti dari Department adalah : bagian. Jadi Sales & Marketing Department adalah : “Bagian yang menangani penjualan dan pemasaran dalam suatu perusahaan”. Dalam hal ini produk yang dijual adalah kamar hotel beserta seluruh fasilitas dan pelayanannya.

Dalam industri perhotelan bidang pemasaran ini boleh dikatakan masih merupakan suatu hal yang relatif muda usianya bila dibandingkan dengan industri lainnya. Bagian  yang  melaksanakan penjualan dan pemasaran  kemudian  disebut sales departement Definisi yang lengkap dari manajemen yang terdapat dalam Sales & Marketing Department, menurut Sihite (1996:2)  adalah ; “Merupakan suatu fungsi yang melaksanakan segala perencanaan, penugasan dan pengawasan terhadap kegiatan penjualan daripada suatu perusahaan, dalam hal penerimaan tenaga penjual (salesman), seleksi (recruiting), pengaturan latihan (training), pengarahan (supervise), pengawasan (control), pembiayaan (cost), dan motivasi para salesman”.


Baca Juga:Pengertian Food & Beverage - Struktur Organisasi F&B Departmant dan Job Desk Section F&B Service Secara Lengkap

Struktur Organisasi Department Sales & Marketing Di Hotel




 Section yang ada di Sales & Marketing Department dan tugas masing - masing

1.Senior Sales Manager
  • Bertanggung jawab atas Travel Agent, Corporate, Goverment
  • Menyetujui harga bottom yang ditawarkan oleh tamu
  • Menyetujui segala kegiatan yang akan di laksanakan oleh Public Relation maupun Sales
  • Memimpin seluruh Sumber Daya Manusia Sales & Marketing
  • Bertanggung jawab langsung kepada General Manager

2. Sales Executive
  • Masing – masing SE mempunyai tugas masing seperti bertanggung jawab atas Corporate, maupun Government
  • Bertanggung jawab atas event yang sedang berlangsung
  • Melakukan Follow Up event
  • Mengawasi jalannya persiapan yang dilakukan oleh masing – masing department sebelum event berlangsung
  • Mengawasi jalannya event
  • Memastikan event berjalan dengan lancer dan memuaskan

3. Sales Admin
  • Menyiapkan Report – report BEO, GRM, Amandement , Breakdown
  • Merekap semua laporan event
  • Menyiapkan berkas – berkas yang diperlukan guna pembayaran
  • Bertanggung jawab atas laporan yang dilakukan tim penjualan dan pemasaran
  • Bertanggung jawab terhadap laporan mingguan dan bulanan sales & marketing department yang dikirimkan kepada General Manager
  • Bertanggung jawab atas materi yang disiapkan untuk sales meeting
 
4. Public Relation
  • Bertanggung jawab atas melakukan kerjasama denagn media guna menjalin kerjasama
  • Bertanggung jawab menjalin hubungan baik dengan media
  • Melakukan kerjasama dengan media baik cetak maupun elektronik
  • Bertanggung jawab atas perencanaan strategi pemasaran
  • Melakukan petencanaan event yang akan diadakan oleh Hotel dengan kepentingan promosi

5.Art Design
  • Bertanggung jawab atas design untuk dekorasi bagian hotel saat event seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, Natal, Tahun Baru, dll
  • Bertanggung jawab atas design backdrop grup yang akan melaksanakan event
  • Menyiapkan backdrop
  • Bertanggung jawab untuk design promo di setiap department
  • Bertanggung jawab atas percetakan. Mulai dari mengirim design ke percetakan hingga pengambilan.

Hubungan Department Sales & Marketing Dengan Departement Lain Di Hotel

Sales & Marketing dengan Housekeeping
  • Memberitahukan apabila akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
  • Memberitahukan bila ada group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh housekeeping terhadap group tersebut.
  • Mengajak calon pelanggan untuk melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
  • Memberitahukan setiap kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Memberitahukan perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan daat melayani mereka lebih baik.

Sales & Marketing dengan Food Product
  • Memberitahukan apabila akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain supaya disiapkan Breakfast, Lunch, Dinner, dan Coffee break untuk event tersebut.
  • Memberitahukan bila ada group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh Food Product supaya menu makan disiapkan.
  • Mengajak calon pelanggan untuk menentukan menu untuk event Wedding, Seminar, Rapat, dan lain-lain.
  • Memberitahukan setiap kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Memberitahukan perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan daat melayani mereka lebih baik.

Istilah dalam Marketing

  • Hashtag
Mungkin bukan lagi kata-kata yang asing bagi Anda yang aktif menggunakan sosial media seperti Twitter, Instagram bahkan Facebook. Anda memang hanya menuliskan kata setelah tanda pagar(#). Tapi tahukah Anda menggunakan Hashtag memberikan manfaat yang sangat banyak untuk meningkatkan popularitas kita di sosial media. Ini pun akan memudahkan orang dalam menemukan kita ketika Hashtag kita populer dalam pencarian. Sebagian besar perusahaan besar memiliki hashtag yang unik untuk bisnis mereka. Bahkan mereka akan banyak membuat hashtag sesuai dengan kondisi dan kebutuhan promosi produk mereka.

  • Social Influencer
Influencer adalah orang yang mengetahui produk kita dengan baik, atau para penggemar yang mengenal dan menggandrungi produk atau merek kita. Mereka yang antusias dalam berbagai dan terlibat dalam setiap postingan konten yang kita buat. Anda bisa mulai mencari dan membangun social influencer untuk bisnis Anda.

  • Promoted
Selain produk yang Anda tawarkan, konten yang Anda buatpun harus dipromosikan dengan baik. Sebab konten yang menarik akan membuat orang mudah mengenal merek atau produk kita. Dan jangkauannya pun akan semakin banyak, terlebih ketika kita menggunakan media yang beragam, seperti sosial media.

  • Blogosphere
Blogosphere adalah istilah umum yang mengacu kepada semua blog yang ada di internet. Seolah-olah merek memiliki tempat mereka sendiri secara bersama-sama yang disebut Blogosphere. Dan tempat inilah yang membuat mereka sebuah terhubung.

  • Twitterverse
Tempat lainnya adalah Twitterverse, dimana semua orang yang aktif menggunakan Twitter bisa berkumpul dan menggunakan Twitter, termasuk ketika Anda menggunakannya untuk bisnis.

  • Go Viral
Dunia teknologi semakin membuat seseorang mudah untuk mempromosikan sesuatu kepada orang yang lainnya. Mereka juga semakin mudah dalam menyebarkan konten atau produk kita kepada orang lain yang lebih potensial. Salah satu caranya yaitu Go Viral.

  • Second Screen
Second Screen lebih sering dikaitkan dengan Smart TV atau televisi yang kini sudah bisa melakukan 2 aktivitas berbeda sekaligus. Jadi bukan hanya bisa digunakan untuk menonton televisi, tapi bisa juga untuk mengirim SMS atau mengecek akun sosial media kita.

  • H2H
Anda mungkin tidak asing dengan istilah B2B(Business to Business) atau B2C(Business to Consumen). H2H mengacu pada cara terbaru untuk mempertimbangkan pelanggan di masa kini dan masa depan, yaitu antara Human to Human. Penciptaan istilah ini adalah tanda lain dari cra dimana pemasaran telah menjadi lebih individual dan gaya komunikasi yang lebih intim lagi. Sebagai contoh, Adna dapat membuat kampanye pemasaran yang lebih fokus pada pengalaman manusia dan posisi perusahaan sebagai teman, bukan bisnis.

  • Conversation Marketing
Conversation Marketing memang ditujukan untuk menciptakan komunikasi langsung dengan konsumen dan memicu adanya percakapan diantara keduanya. Pada dasaranya ini berbicara tentang H2H marketing. Contohnya yaitu dengan membuat postingan di Facebook, yangmana Anda meminta follower untuk memberikan pertanyaan atau menyampaikan pendapat. Lalu Anda membalas dan terjadilah komunikasi atau percakapan.

  • User Generated Content
Anda tidak lagi harus membuat konten baru untuk diposting di website Anda. Anda bisa memposting konten yang dibuat oleh pengguna Anda, dan ini akan menjadi sebuah blog tamu, video pribadi, foto dari pelanggan dan juga testimonial mereka. Ini bukan karena kita malas, tapi utuk mencari pengguna dan menampilkan betapa pentingnya mereka untuk bisnis kita.

  • Freemium
Freemium adalah model bisnis dimana perusahaan memberikan produk secara GRATIS dan ini hanya untuk mereka yang membeli dalam jumlah tertentu atau program premium, seperti Skype, Dropbox, LinkedIn). Model bisnis ini tidak berlaku untuk bisnis yang tidak menggunakan internet. Salah satu manfaat utama dair model ini adalah menawarkan produk secara gratis dapat membangun komunitas besar untuk konsumen yang puas dan tentu saja ini akan berpengaruh terhadap mereka yang lainnya.

  • Brand Storytelling
Yang menjadi favorit bagi para pelanggan baru adalah rekomendasi berupa cerita baik dari pelanggan kita ataupun bisnis kita sendiri. Cara baru ini memang cukup hebat untuk melakukan branding perusahaan. Kita bisa menceritakan bagaimana awal mula berdirinya bisnis ini dan bagaimana bisnis kita memberikan manfaat lebih kepada pelanggan yang lain.

  • Snackable content
Anda bisa membuat banyak konten yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca. Tapi cobalah untuk membuat konten yang singkat namun SIAP untuk dikonsumsi dan diperhatikan lebih oleh konsumen.

  • Gifs and Memes
Gifs(Graphics Interchange Format) adalah video pendek berulang. Dan Meme yang pada dasarnya adalah gambar lucu yang memiliki tujuan menghibur dan dibagikan di internet. Kita bisa menggunakan Gif atau meme untuk membuat konten berupa gambar yang menarik dan terhubung dengan konten bisnis kita.

  • Catfishing
Pada tahun 2010 diberikan bahwa seorang pria yang mengalami penipuan secara online untuk kasus hubungan dengan seorang wanita. Dan kini Catfhising adalah istilah yang dikenal ketika kita ditipu terhadap sesuatu atau seseorang secara online atau tidak nyata.

  • Trolls
Permainan tahun 1990an ini kini menjadi pengacu bagi orang-orang yang entah bagaimana muncul di seluruh internet. Misalnya saja Anda melakukan tweet sebanyak 25% untuk kode kupon dan seseorang yang mungkin atau tidak mungkin menggunakan tweet layanan Anda kembali.

  • Infographic
Dan Infografis adalah kata yang kini umum digunakan untuk mempublikasikan konten agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan infografis pembaca akan lebih mudah dalam mengetahu maksud konten kita. Sebab ada gambar dan angka yang menggambarkan statistik data kita.




Demikian Penjelasan Tentang Sales & Marketing Department - Struktur Organisasi , Hubungan Department Sales & Marketing Dengan Departement Lain Di Hotel dan Istilah dalam Marketing. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id  . Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Sales and Marketing Department

  • struktur organisasi sales marketing di hotel
  • sales marketing department in hotel
  • istilah dalam sales & marketing hotel
  • tugas director of sales and marketing hotel
  • tugas marketing department
  • pengertian sales marketing menurut para ahli
  • sales manager hotel adalah
  • tugas sales admin hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel