Pengertian Hotel dan Definisi Hotel - karakteristik, Hal Positif Bila Kerja Di Hotel dan Gaji Karyawan Hotel

Hotel Adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, Karakteristik

Pengertian Hotel dan Definisi Hotel

Kata Hotel mulai dipakai sejak abad ke 18 di London, Inggris. Pada saat itu kata hotel adalah “ garni “, sebuah rumah besar yang dilengkapi dengan sarana tempat menginap/tinggal untuk penyewaan secara harian, mingguan atau bulanan. Kata hotel sendiri merupakan perkembangan dari bahasa Perancis. Hotel berasal dari kata latin: “ hostel”   dan mulai dikenal di masyarakat pada tahun 1797. Pengertian hotel atau definisi hotel cukup beragam, untuk itu mari kita simak satu persatu.

  1. Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no Km 94/HK103/MPPT 1987, pengertian hotel adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.
  2. Menurut wikipedia hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa Perancis kuno yang artinya tempat penampungan buat pendatang atau bisa juga “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum.
  3. Menurut Endar Sri,1996:8, pengertian hotel adalah suatu bangunan yang dikelola secara komersil guna memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas antara lain jasa penginapan, pelayanan barang bawaan, pelayanan makanan dan minuman, penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya serta jasa pencucian pakaian.
  4. Menurut Lawson, 1976:27, pengertian hotel adalah sarana tempat tinggal umum untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran.





Baca Juga: Pengertian Housekeeping, Tugas dan Tanggung Jawab dan Jenis – Jenis Kunci yang biasa Digunakan pada Department Housekeeping


Dari pengertian diatas maka pengertian atau definisi hotel secara umum adalah badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum dengan fasilitas jasa penginapan, penyedia makanan dan minuman, jasa layanan kamar, serta jasa pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan bagi mereka mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang hanya menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki hotel itu.

Hotel memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya berbeda dengan badan usaha lainnya seperti:

  • hotel tergolong perusahaan yang padat modal serta padat karya yang artinya dalam pengelolaannya memerlukan modal usaha yang besar dengan tenaga pekerja yang banyak pula.
  • pelanggan diperlakukan seperti raja dan pelanggan juga diperlakukan sebagai patner dalam usaha karena keuntungan yang didapat hotel sangat tergantung pada banyaknya pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel tersebut.
  • Hotel berbeda dengan usaha lainnya dimana dalam beroperasi hotel berlangsung selama 24 jam sehari, tanpa adanya hari libur guna melayani pelanggan hotel dan masyarakat umum yang ingin menggunakan jasa hotel.
  • Sangat dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan yang terjadi pada sektor ekonomi, politik, sosial, budaya, dan keamanan dimana hotel tersebut berada.

Fungsi dan peranan Hotel

Hotel berfungsi sebagai suatu sarana untuk kebutuhan tamu sebagai tempattinggal sementara. Hotel bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum bagi masyarakat, tetapi juga sebagai tempat untuk melangsungkan  upacara, konferensi dan lain-lain sehingga penyediaan fasilitasnya pun sesuai  dengan perkembangan dan kebutuhan para tamu.  

Pengelompokan Hotel

Hotel dapat dikelompokkan ke dalam berbagai kriteria menurut kebutuhannya. Kriteria yang umum digunakan adalah sebagai berikut:
  • Pengelompokan menurut standar, hotel  dibagi menjadi hotel internasional,hotel semi internasional dan hotel nasional
  • Pengelompokan menurut ukuran, hotel di bagi menjadi hotel yang beroperasi  sepanjang tahun dan hotel yang beroperasi pada musim-musim tertentu. 
  • Pengelompokan menurut lokasi, hotel di bagi menjadi hotel yang berlokasi didaerah perkotaan, hotel yang berlokasi di pinggiran kota, hotel yang berlokasi di daerah pegunungan atau tepi pantai, hot el yang berlokasi  disepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota lain. 
  • Pengelompokan menurut pelayanannya , hotel dibagi menjadi hotel yang memberikan pelayanan untuk tamu-tamu yang akan mengadakan symposium, konferensi, lokakarya, hotel yang me mberikan pelayanan untuk tamu-tamu pemuda dan hotel yang memberikan  pelayanan untuk kelompok-kelompok konferensi tertentu.


Hal Positif Bila Kerja Di Hotel

  • Seragam
Jika di tempat kerja lain, mungkin tiap hari kita mengenakan baju yang berbeda beda, dan baju tersebut adalah baju kita sendiri yang harus kita siapkan dan kita cuci setelah digunakan. Di hotel, kita tidak perlu memikirkan hal itu, kenapa? Karena hotel menyediakan seragam yang khusus hanya digunakan oleh kita saja. Dan tidak perlu khawatir untuk mencuci setelah digunakan, karena hotel sudah menyediakan fasilitas laundry untuk mencuci seragam kita. Biasanya setiap karyawan hotel diberikan 3 set pakaian yang digunakan untuk bekerja.
  • Konsumen
Tamu yang datang ke hotel (bintang 5) pastinya bukan tamu yang nggak punya duit kan? Bayangin aja, untuk beli air mineral dalam kemasan saja tamu bisa dikenakan harga Rp.20.000,- tidak sembarang orang mau keluar uang segitu hanya untuk air mineral. Belum jenis tamu yang datang, selebriti baik nasional maupun internasional kalo datang ke satu Negara pasti pilihnya hotel yang mewah, artis artis luar kalo konser di Indonesia pasti milihnya hotel yang buat mereka nyaman untuk menginap. Nah, kebayang kan jika salah satu artis yang menginap di Hotel tempat kamu kerja itu ternyata idola kamu? Ga mesti repot repot kaya fans yang hanya bisa nunggu di lobby atau nunggu di luar Hotel hanya untuk melihat idola mereka. Kamu punya akses untuk bisa bertemu langsung dan bisa berbicara langsung dengan mereka. Dan jika diperbolehkan, berfoto bersama artis idola kamu.
  • Fasilitas Kesehatan
Pada umumnya di hotel sudah tersedia fasilitas klinik dengan dokternya, buka selama 24 jam. Disediakan untuk para karyawan Hotel yang mengalami cidera baik itu ringan maupun berat, dan apabila tergolong berat, biasanya hotel sudah memiliki kerjasama dengan rumah sakit tertentu, dan biaya ditanggung oleh hotel.
Fasilitas untuk Menginap di Brand Hotel yang sama
Untuk international chain hotel, kamu memiliki hak untuk menginap di hotel lain dan mendapatkan harga khusus atau malah bahkan gratis, tergantung dari grade atau level jabatan kamu di hotel tersebut. Contoh: jika kamu bekerja di Grand Hyatt Bali misalnya, kamu bisa menginap di Hyatt manapun di seluruh dunia dengan mendapatkan harga khusus.
  • Pelatihan
Tiap bulan training calendar di mading HRD penuh dengan jenis training baik itu internal maupun eksternal atau mendatangkan ahli dari luar hotel, training tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan keinginan dan minat kamu untuk jenjang karir kamu ke depannya nanti. Ada juga training bahasa asing yang berguna buat kamu yang mau meningkatkan level bahasa kamu, who knows karena kamu mengikuti kursus Bahasa Jepang dan bagus, kamu malah dipindahkan posisinya dari waiter menjadi GRO atau Sales Marketing yang khusus menangani tamu Jepang. Enak kan?
  • Jenjang Karir
Jenjang karir sangat menjanjikan di hotel, dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di luar Indonesia dalam satu brand yang sama. Syaratnya Cuma harus rajin belajar, banyak menyerap ilmu dari atasan, dan pastinya berprestasi.


Gaji Karyawan Hotel

Untuk Anda yang sedang menuntut ilmu di jurusan perhotelan atau SMK perhotelan ataupun ingin bekerja di hotel, penjelasan gaji karyawan hotel berikut ini mungkin akan makin menambah minat bekerja di sana. Gaji karyawan hotel memang tak cuma berupa gaji pokok saja akan tetapi ada tambahan lain dari service charge dan tip khususnya bagi mereka yang berhubungan langsung dengan tamu yaitu bagian Front Office, Restaurant, Bar dan Housekeeping.

Mencakup di dalamnya adalah meal allowance alias makan gratis sekali sehari. Untuk uang tip dari tamu besar kecilnya akan berbeda-beda terpulang dari tipe tamu dan pelayanan yang diberikan. Misalnya saja bila seorang tamu begitu puas ketika bersantap di restoran hotel atau merasa nyaman ketika menginap di hotel maka uang tip dari tamu tentu akan lumayan dapat berbentuk uang ataupun barang. Gaji karyawan hotel yang bekerja di sebuah hotel bintang lima di kawasan Jakarta dengan posisi Housekeeping Attendant dimana tugas utamanya adalah membersihkan kamar dan lingkungan hotel akan mendapatkan gaji plus service charge antara Rp.4 juta hingga Rp.5 juta per bulannya. Itu di luar uang tip dari tamu yang kadang malah sebulannya bisa melebihi gaji tadi. Bekerja di hotel pun banyak mendapatkan fasilitas penunjang misalnya : beberapa stel seragam, fasilitas laundry gratis, layanan kesehatan 24 jam di dalam hotel dan pelatihan untuk penunjang karir.

Secara umum besaran gaji karyawan hotel biasanya tergantung dari tingkat hunian (occupancy). Semakin tinggi tingkat huniannya (misalnya mencapai 90 % lebih) maka gaji karyawannya pun akan meningkat. Untuk karyawan hotel dengan posisi attendant di hotel bintang 4 di sekitaran Jakarta dengan tingkat occupancy normal (sekitar 70 %) maka bisa mencapai Rp.3 juta per bulan. Ini berbeda dengan gaji karyawan hotel yang bekerja juga di hotel bintang 4 namun berada di kawasan Nusa Dua Bali dengan tingkat occupancy biasa bisa mencapai Rp.5 juta per bulan.


Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Tata Graha (Housekeeping), Struktur Organisasi, dan Kode Status Kamar Tamu


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Hotel dan Definisi Hotel  - karakteristik, Hal Positif Bila Kerja Di Hotel dan Gaji Karyawan Hotel. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan housekeeping adalah
  • gaji housekeeping
  • materi housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • housekeeping department
  • section housekeeping
  • struktur organisasi housekeeping
  • tujuan housekeeping
  • Penelusuran yang terkait dengan HOTEL ADALAH
  • pengertian hotel wikipedia
  • resort hotel adalah
  • definisi hotel menurut para ahli
  • sejarah hotel
  • location hotel adalah
  • motor hotel adalah
  • klasifikasi hotel
  • karakteristik hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel