Grader atau motor grader adalah - Komponen, Fungsi, Perlengkapan, Cara Kerja dan Produsen Grader


Alat berat adalah mesin yang memiliki ukuran besar yang di desain untuk melakukan tugas-tugas konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking), pemindahan bahan bangunan dan lain sebagainya.

Alat berat umumnya digunakan peda pekerjaan konstruksi, seperti pembangunan gedung, jalan atau pertambangan yang membutuhkan sumber daya baik manusia ataupun mesin sebagai alat bantu pekerjaan.Alat berat sendiri diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar alat berat seperti Caterpillar (Amerika), Komatsu (Jepang), Hitachi (Jepang), Volvo (Swedia), Doosan Infracore (Korsel) dll.


Contoh Alat Berat Yang Harus Kamu Ketahui Adalah :
  1. Excavator (Bego) 
  2. Bulldozer 
  3. Wheel Loader 
  4. Wales Stump 
  5. Crane 
  6. Grader
  7.  Scraper 
  8. Asphalt Paver 
  9. Diesel Hammer 
  10. Roller

 

Sesuai Pembahasan Artikel Ini kita Akan membahas Tentang Grader dari pengertian ,kegunaanya secara Lengkap.

 

Baca Juga: Pengertian Wales Stump / Vibro Roller Meliputi Cara Kerja, Cara Kerja, Kapasitas, dan Tahapan Pengoperasian


Pengertian Grader

Grader atau motor grader adalah alat berat dengan pisau panjang yang dapat digunakan untuk meratakan permukaan tanah secara mekanis.Selain itu, alat ini juga dapat digunakan untuk melakukan penggusuran tanah, mencampur tanah, meratakan tanggul, mengurug kembali galian tanah yang ada, serta hal lainnya.

Umumnya grader digunakan untuk tahap akhir, seperti memperbaiki, atau mengatur. Digunakan dalam konstruksi dan pemeliharaan jalan tanah dan jalan berkerikil, atau juga dapat digunakan untuk mempersiapkan landasan dasar ketika membuat jalan raya sebelum lapisan aspal disebarkan.

Secara umum Motor Grader mempunya 3 as roda, satu ditengah, as roda belakang di ujung kendaraan, dan as ketiga terdapat dibagian ujung depan. Sementara mesin dan kabin berada diatas.

Terdapat enam bagian utama pada unit Motor Grader. Keenamnya adalah bagian penggerak atau prime mover, kerangka atau frame, sacrifier, pisau atau moldboard, circle dan drawbar. Adapun alat penggerak utama Motor Grader sendiri yaitu roda ban yang posisinya berada di bagian belakang, sementara frame fungsinya menghubungkan penggerak as roda bagian depan. Karena letak frame cukup tinggi alat berat ini mampu bergerak lincah sewaktu bermanufer.

Ketika dioperasikan Motor Grader hampir pasti menggunakan moldboard atau pisau panjang yang pergerakaannya disesuaikan kondisi permukaan. Blade yang digunakan biasanya memiliki panjang antara 3-5 meter. Tergantung dari medan yang dikerjakan.


Komponen dalam Motor Grader


  1. Blade Lift Cylinder
  2. Cab
  3. Drawbar Lift Cylinder
  4. Riper
  5. Rear Wheel
  6. Blade
  7. Articulate Cylinder
  8. Head Lamp
  9. Front Wheel

 

Fungsi Motor Grader 

Motor Grader adalah alat yang dapat digunakan dalam berbagai variasi pekerjaan konstruksi. Kemampuan ini akibat dari adanya gerakan – gerakan luwes yang dimiliki oleh blade dan roda – roda ban. Secara umum motor grader memiliki beberapa fungsi berikut:
  1. Untuk pemerataan dan pembentukan permukaan tanah (spreading) 
  2. Untuk pekerjaan tahap akhir (finishing) dan sebagai pemeliharaan proyek jalan dengan blade yang pendek 
  3. Untuk membuat parit (ditching)
  4. Untuk mencampur tanah/material (mixing), 
  5. Untuk menggali saluran, serta memperlebar jalan yang sempit, dan 
  6. Digunakan dalam proyek pembangunan jalan raya, lapangan udara, serta bagunan luas lainnya.
Dari beberapa fungsi motor grader diatas dibawah ini merupakan pembahasan atau uraian dari fungsi alat tersebut, berikut penjelasnnya:
 
Motor Grader atau biasa disebut grader adalah alat berat yang memiliki roda ban dengan alat kerja berupa blade yang berfungsi utama untuk meratakan jalan. Oleh karena itu motor grader sering digunakan di pekerjaanpekerjaan pembuatan jalan.Pada proyek-proyek pembuatan jalan, motor grader menjadi aktor penting pada tahap finishing. Dimana motor grader bertugas membentuk permukaan badan jalan seperti punggung kuda. Artinya pada bagian tengah jalan lebih tinggi 15 cm daripada bahu jalan. Ini bertujuan agar air hujan bisa mengalir ke tepian sehingga tidak menggenang di tengah jalan.
 
Namun motor grader juga bisa menangani pekerjaan lain selain membentuk jalan. Misalnya pembuatan saluran air (parit) di pinggir jalan. Pada saat bekerja membuat parit ini blade bagian samping motor grader akan ditancapkan di area saluran, lalu berjalan searah dengan jalan tersebut. Maka blade akan meninggalkan bekas berupa saluran air atau parit.Bukan hanya itu. Bahkan motor grader juga sering digunakan membuat kemiringan tanah di tebing pinggir jalan atau sloping (biasa disebut ngeslop). Hasil kemiringan tanah buatan motor grader ini lebih baik daripada pekerjaan excavator. Kemiringan tanah akan terlihat tampak rapi dan halus serta lebih sesuai dengan ukuran kemiringan yang dikehendaki.
 
Pada proyek-proyek pembuatan lapangan golf, motor grader memiliki peranan penting untuk membuat kemiringan tanah yang panjang dan lebar. Karena pekerjaan membuat kemiringan tanah yang benar-benar rapi untuk standar lapangan golf hanya bisa ditangani oleh motor grader. Sedangkan excavator dan bulldozer hanya yang memulai pengerjaan awal saja, selanjutnya penyelesaian tahap akhir atau disebut "finishing point" dilakukan oleh motor grader agar kemiringan tanah menjadi lebih rapi dan akurat.
 
Ketika meratakan sebuah lapangan sepak bola atau tanah yang luas, misalnya pembuatan bandara, motor grader tidak harus menunggu bantuan bulldozer jika menjumpai gundukan tanah yang keras dan tidak bisa diratakan. Pada bagian bawah juga dilengkapi dengan alat penggembur tanah yang berbentuk seperti gerabak. Tanah yang keras akan dibajak dulu menggunakan garpu tersebut agar gembur, dan selanjutnya diratakan.
 
Motor grader juga digunakan untuk mengupas, memotong, meratakan suatu pekerjaan tanah, terutama pada tahap finishing agar diperoleh hasil pekerjaan dengan kerataan dan ketelitian yang optimal, motor grade bisa digunakan juga untuk membuat kemiringan tanah atau badan jalan atau slope dan bisa juga digunakan untuk membuat parit parit kecil.
Blade dari motor grader ini bisa diatur sedemikian rupa seingga fungsinya bisa dirubah menjadi angle dozer, bulldozer, atau tilting dozer, ini jelas lebih fleksibel daripada jenis dozer, tapi harus anda ketahui bulldozer lebih efektif dalam penggusuran tanah di banding grader.
Motor grader sebagaimana diketahui adalah tipe peralatan yang dapat dipakai dalam beberapa variasi pekerjaan konstruksi (grading). kemampuan ini akibat dari gerakan-gerakan fleksibel yang dipunyainya terhadap blade dan roda-roda ban.
 
Motor grader digunakan untuk keperluan perataan tanah, disamping untuk membentuk permukaan yang dikehendaki, hal ini bisa dilaksanakan karena blade dari grader dapat diatur sedemikian rupa.
Motor grader biasa juga digunakan dalam pemeliharaan bangunan jalan raya dan jalan tak beraspal untuk disiapkan bagian dasar untuk menciptakan suatu permukaan datar lebar untuk aspal serta untuk tempat kegunaan lainnya. Motor grader juga digunakan untuk menetapkan pondasi lahan untuk menyelesaikan bagian dasar sebelum konstruksi sebuah bangunan.

 

 

Perlengkapan yang Digunakan Motor Grader

  1. Front Blade - Merupakan benda yang sangat dibutuhkan saat melakukan pekerjaan penaburan atau spreading.
  2. Front Pull Hook - akan dipasang dibagian depan grader dengan fungsinya untuk menari material. Ada dua tipe dari front pull hook ini yakni Ushape Bracket Walded on Front Axle dan Weight With Nails. Jika perlengkapan dipasang pada grader maka hook blade pun akan dilepaskan.
  3. Push Plate - komponen yang satu ini berfungsi sebagai penumbang pohon, selain itu alat ini dapat digunakan untuk mendorong material yang terjebak dalam lumpur sehingga membutuhkan energi yang lebih besar, yakni sesuai dengan namanya Push Plate. Apa itu grader. Saat berfungsi sebagai pemberat, push plate akan melakukan pekerjaan secara ripping untuk menghindari roda depan tidak terangkat.
  4. Scarifier - Alat yang satu ini berfungsi untuk menggali material keras layaknya aspal maupun lapisan es ataupun material apapun yang sulit untuk melakukan penggalian dengan menggunakan blade nya. Jumlah gigi pada scarifier ini tergantung dari kekerasan material itu sendiri yang hendak digali oleh scarifier.
  5. Extension - Blade yang menggunakan ektension mmampu diperpanjang pada berbagai sisi blade bisa di satu sisi ataupun di sisi lainnya. Pekerjaan menggunakan extension akan lebih efisien namun extension digunakan saat melakukan pekerjaan yang sifatnya ringan saja. Apa  Itu Grader.
  6. Hydraulic Blade Tip Control - Sudut potong dari blade mampu diatur menjadi hidrolik melalui kabin operator ketika grader menggunakan Hydaulic Blade Tip Control. Apa Itu Grader.
  7. Rear Mounted Riper - Ripper yang satu ini berfungsi untuk menggali naterial yang keras yakni batu atau mineral lainnya yang tidak dapat dikerjakan oleh alat scarifier. Rear Mounted Ripper memiliki daya yang lebih kuat untuk menghancurkan material yang sulit untuk di rapuhkan. Apa Itu Grader.


Cara Kerja Motor Grader

Setelah memahami pengertian, fungsi, dan bagian-bagiannya, informasi yang tidak kalah penting adalah bagaimana cara kerja dari alat berat yang satu ini. Sesuai yang sudah kami jelaskan bahwa Motor Grader merupakan alat berat yang dipakai untuk meratakan tanah untuk itu Motor Grader berjalan dengan kecepatan yan rendah kurang lebih 2800 rpm. Kemudian, operator yang ada di ruang kontrol bertugas untuk mengatur proses kerja Motor Grader agar sesuai dengan kebutuhan.

Untuk menjalankan tugasnya, Motor Grader akan digerakkan maju dan mundur berkali-kali sampai di rasa tanah yang diratakan benar-benar sesuai yang diinginkan. Grader bekerja dengan mendorong bidang menggunakan pisau yang berukuran besar dan tajam. Ketika Motor Grader digerakkan maju, maka pisau akan diturunkan. Kemudian ketika Motor Grader digerakkan mundur, maka pisau akan terangkat dan begitu seterusnya. Pisau tersebut posisinya berada di antara hidrolik yang bekerja dengan memuar dan juga mengangkat.


Produsen Grader

  • Case Corporation
  • Caterpillar Inc.
  • Deere & Company
  • Galion Iron Works
  • Komatsu Limited
  • LiuGong Construction Machinery, LLC.
  • Mitsubishi Heavy Industries
  • New Holland Machine Company
  • Sany
  • Sinomach
  • Terex Corporation
  • Volvo
  • Veekmas OY


Baca Juga: Pengertian Crane Meliputi Jenis - Jenisnya, Cara Kerja , Bagian –bagianNya Beserta Tanggung Jawab & Tugas Operator Crane


Demikian Penjelasan Tentang Grader atau motor grader adalah - Komponen, Fungsi, Perlengkapan, Cara Kerja dan Produsen Grader. Semoga Bermanfaat


Penelusuran terkait

  • grader kayu adalah
  • makalah tentang motor grader
  • pengertian motor grader
  • komponen motor grader dan fungsinya
  • spesifikasi motor grader
  • grader artinya
  • cara kerja motor grader
  • motor grader komatsu

Belum ada Komentar untuk "Grader atau motor grader adalah - Komponen, Fungsi, Perlengkapan, Cara Kerja dan Produsen Grader"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel