Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan

 

Sumber Gambar : Ekonomi.Bisnis.com

Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping

Sebelum menyiapkan kamar, room attendant harus mengetahui status dari setiap kamar yang akan di bersihkan. Status kamar tersebut berasal dari front office pada saat check in dan juga berdasarkan pengamatan langsung room attendant sebelum dan sesudah membersihkan kamar. Dari status kamar tersebut, room attendant dapat menghitung jumlah linen dan amenities yang di perlukan di kamar. 
 
 
 
 
Adapun singkatan yang di pakai dalam industri perhotelan antara lain :
  1. VC (Vacant Clean) adalah kamar dalam keadaan bersih (clean).
  2. VD (Vacant Dirty) adalah kamar dalam keadaan kosong dan belum di bersihkan.
  3. VR (Vacant Ready) adalah kamar dalam keadaan bersih dan siap dijual.
  4. VCI (Vacant Clean Inspected) adalah kamar dalam kedaan bersih sudah diperiksa supervisor.
  5. OC (Occupied Clean) adalah kamar yang ditempati oleh tamu dan sudah dibersihkan.
  6. OD (Occupied Dirty) adalah kamar yang ditempati oleh tamu tetapi belum dibersihkan.
  7. EA (Expected Arrival) adalah kamar yang dipersiapkan untuk tamu yang diharapkan datang.
  8. ED (Expected Departure) adalah kamar yang diperkirakan tamunya akan check out.
  9. CI (Check In) adalah tamu yang baru datang/masuk (register).
  10. CO (Check Out) adalah tamu yang sudah keluar dari kamar.
  11. WI (Walk In Guest) adalah tamu yang masuk (register) ke hotel tanpa pemesanan kamar.
  12. DU (Day Use) adalah tamu yang masuk (CI) pada hari itu dan keluar (CO) pada hari itu juga.
  13. DL (Double Locked) adalah kamar yang pintunya dikunci ganda/dua kali dari dalam kamar sehingga petugas tidak bisa masuk kedalam kamar.
  14. OO (Out of Order) adalah kamar yang rusak/tidak dapat digunakan dan tidak bisa dijual.
  15. OS (Out of Service) adalah kamar yang kosong dan dalam perbaikan.
  16. DND ( Do Not Disturb) adalah kamar yang tamunya tidak boleh diganggu.
  17. HU (House Use) adalah kamar yang ditempati oleh staf hotel.
  18. SO (Sleep Out) adalah kamar yang sudah dibayar oleh tamu tetapi tidak ditempati.
  19. VIP (Very Important Person ) adalah tamu yang dianggap sangat penting.
  20. SR (Service Refused/Refuse Service) adalah  kamar yang akan dibersihkan room attendant tetapi ditolah oleh tamu.
  21. ONL (Occupied No Luggage) adalah tamu yang check in tetapi tidak membawa suatu barang apapun.
(Bagyono,34)

 

 

Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan

Istilah-Istilah Telepon
Istilah
Arti
On Line
Suatu keadaan dimana telepon yang dituju sedang digunakan
Collect Call / Transferred Charge Calls
Percakapan yang diminta seseorang, dimana biaya ditanggung oleh penerima telepon
Long Distance Calls
Percakapan telepon dengan tujuan ke wilayah/ kota lain tetapi masih dalam satu negara
City Calls
Percakapan telepon yang dilakukan dari satu tempat ke tempat lain dalan satu wilayah / kota
Personal Calls
Kegiatan menelepon melalui operator telepon, telepon hanya disambungkan kpadanya bila orang yang dituju ada, dicatat sebagai beban biaya pribadi
SLI (Sambungan Langsung Internasional)
Hubungan telepon ke luar negeri
SLJJ (Sambungan Langsung Jarak Jauh)
Hubungan Telepon jarak jauh
International Direct Dial Calls (IDD Calls)
Permintaan Percakapan jarak jauh antarnegara, hubungan ini dilakukan melalui operator telepon (Biasa juga disebut overseas call)
Extension / Interline
Menelepon dengan menggunakan nomor extension, yaitu sambungan telepon dari luar perusahaan/instansi ke nomor telepon yang terdapat dalam perusahaan/instansi
Direct Line
Percakapan telepon yang dilakukan seseorang di luar perusahaan tanpa melalui operator telepon
House Phone
Fasilitas telepon yang disediakan untuk tamu, gunanya agar  tamu dapat menghubungi langsung nomor telepon yang ada dalam hotel
Incoming Calls
Menerima sambungan telepon dari luar perusahaan melalui operator telepon
Out Calls
Sambungan telepon dari dalam kantor ke luar kantor
Toll Free Calls
Percakapan telepon dengan system pelayanan otomatis, dimana biaya di tanggung kepada orang yang dipanggil.
Person to Person Calls
Permintaan percakapan telepon dengan pesan agar disambungkan dengan orang tertentu
Department to Department
Sambungan telepon yang terjadi dalam perusahaan, antara satu department dengan department lainnya
Fixed Time Calls
Fasilitas yang dihubungkan dengan orang tertentu pada waktu yang telah ditentukan.
Telephone Credit Card
Layanan telepon yang untuk seseorang yang menggunakan kartu kredit, tagihan akan dipungut melalui bank yang mengeluarkan kartu kredit tersebut.
Charge Advisory Calls
Layana telepon untuk mengetahui biaya dan lamanya percakapan telepon
Temporary  Transfer Calls
Kesepakatan yang dibuat seseorang dengan kantor telepon untuk mentransfer nomor telepon ke nomor telelpon lain secara otomatis pada suatu saat tertentu
Freefone (Bebas Pulsa)
Fasilitas yang disediakan kantor telepon yang memungkinkan pelanggan untuk menelepon tanpa membayar, karena beban tagihan ditanggung oleh perusahaan

 

 Baca Juga: Pengertian Hosekeeping dan Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain

 

Demikian Penjelasan Tentang Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping  dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

Belum ada Komentar untuk "Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel