PengertianTeks Eksemplum Beserta Ciri, Karakteristik, Struktur, Contohnya Secara Lengkap

Contoh Teks Eksemplum Singkat & Panjang, Persahabatan, Pendidikan Via: Ilmuips.my.id

Pengertian Teks Eksemplum
Teks eksemplum adalah teks yang menceritakan perilaku tokoh dalam ceritanya. Contoh teks eksemplum biasanya diawali dengan pengenalan tokoh, kemudian peristiwa yang dialami oleh tokoh, serta ditutup dengan interpretasi yang timbul dari tokoh tersebut.Teks ini termasuk jenis karya yang mengandung pengalaman hidup manusia.


Ciri-Ciri Teks Eksemplum

Teks eksemplum mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Berisi tentang suatu peristiwa yang tidak di inginkan oleh tokoh.
  2. Mempunyai nuansa naratif.
  3. Pada umumnya menceritakan tentang pengalaman pribadi seseorang.
  4. Terdapat perubahan perilaku pada tokoh untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.
  5. Menunjukkan urutan peristiwa atau kejadian yang jelas.


Struktur Teks Eksemplum

Adapun elemen yang menyusun teks eksemplum sehingga menjadi utuh, dan memang sudah keharusan teks ini harus memiliki struktur lengkap. Berikut strukturnya:
  1. Orientasi, merupakan bagian awal teks ini. Bagian ini biasanya berisi tentang pengenalan tokoh. Contoh: Cowok itu sangat sabar dan disiplin.
  2. Insiden, merupakan bagian yang mengandung permasalahan yang dihadapi oleh tokoh. Contoh: Arul lupa mengerjakan pekerjaan rumah yang diberi oleh gurunya karena kemarin malam tertidur.
  3. Interpretasi, merupakan bagian yang mengandung pesan moral, evaluasi, dan juga akibat dari masalah yang dialami oleh tokoh.

Unsur Kebahasaan Teks Eksemplum

Dalam hal ini hampir sama dengan teks prosedur kompleks yang banyak menggunakan konjungsi, diunsur kebahasaan teks eksemplum juga terdapat konjungsi, berikut ini unsur-usurnya yaitu:
  • Menggunakan kalimat kompleks.
  • Menggunakan konjungsi (penghubung).
  • Menggunakan kata rujukan.
  • Menggunakan kata kerja.

Unsur-Unsur Teks Eksemplum

Dibawah ini terdapat beberapa unsur-unsur teks eksemplum, antara lain:
1. Kalimat Majemuk (kompleks)
Kalimat majemuk adalah 2 kalimat atau lebih yang di gabung menjadi 1 kalimat baru dengan menggunakan konjungsi (kata hubung).Kalimat majemuk di bagi menjadi 2 yaitu :
  • Kalimat majemuk setara
Kalimat majemuk setara adalah gabungan dari beberapa kalimat yang sederajat atau setara.
Contoh :
  1. -Ayah minum kopi,dan adik minum susu.
  2. -Rizal pintar karena rajin belajar
  3. -Pak Rudi membeli mobil hitam, sedangkan pak Budu membeli mobil putih.
  •  Kalimat majemuk bertingkat
Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat yang terdiri atas 2 klausa atau lebih yang memiliki hubungan bertingkat.Klausa adalah satuan kebahasaan yang terdiri dari subjek dan predikat.Konjungsi di dalam kalimat majemuk bertingkat sebagai berikut :
  1. Sebab : karena,oleh karena,sebab.
  2. Akibat : sehingga,sampai,hingga.
  3. Waktu : Ketika, sebelum, setelah, selama, sejak, dll.
  4. Tujuan : supaya,agar,untuk
  5. syarat : jika, bila, apabila, seandainya, kalau, dll.
  6. Cara : sambil , dengan.
  7. Penjelasan : bahwa
  8. Pertentangan : meskipun, walaupun, sekalipun, dll.
  9. perbandingan : bagai, laksana, bagaikan, dll.
  10. atributif : yang.
 
2. Konjungsi Urutan Waktu
Konjungsi urutan waktu adalah konjungsi yang di gunakan untuk menyatakan waktu antara dua buah peristiwa.
  • Konjungsi yang menghubungkan klausa
Waktu, sewaktu, saat, selagi, sebelum, sesudah, setelah, sejak, dll.
  • konjungsi yang menghubungkan kalimat
Waktu itu, sebelum itu, sesudah itu, sejak itu, semenjak itu, saat itu, dll.

3. -Kata sifat
Kata sifat adalah kelompok kata yang mampu menjelaskan atau mengubah kata ganti atau kata benda menjadi lebih spesifik.Berikut merupakan ciri ciru kata sifat :
  1. Kata sifat dapat dibentuk dengan penambahan imbuhan “ter-” yang mengandung makna paling
  2. Kata sifat dapat diterangkan dengan kata lebih, paling, cukup, sangat, agak
  3. Kata sifat juga dapat diperluas dengan proses pembentukan, contoh: sebesar-besarnya ,sekuat-kuatnya.
  4. Letak kata sifat pada umumnya di belakang kata benda.

4. Frasa menyatakan keterangan waktu, tempat, cara
Keterangan di bagi menjadi 4 yaitu :
  1. Keterangan waktu : sekarang, satu minggu yang lalu, sesaat lagi
  2. Keterangan tempat : di sini,di sana
  3. Keterangan cara : Memberikan informasi bagaimana cara subjek melakukan tindakan
  4. Keterangan tujuan : keterangan yang menyatakan arah perbuatan atau kejadian


Karakteristik Teks Eksemplum

Dibawah ini merupakan beberapa karakteristik dari teks Eksemplum yang wajib untuk kamu ketahui, antara lain sebagai berikut :
  1. Isinya itu berupa sebuah kejadian atau peristiwa mengenai hal yang tidak sering terjadi.
  2. Membuat sang tokoh itu merasa menyesal atas kejadian yang terjadi.
  3. Penulis ada di dalam tulisan tersebut yaitu pada bagian interpretasi serta koda.
  4. Terdapat nilai – nilai yang dapat dijadikan pelajaran bagi tiap-tiap pembaca.

Materi Teks Eksemplum : Pengertian, 10 Contoh, Ciri, Struktur

Contoh Teks Eksemplum

Nah dibawah ini akan diberikan contoh dalam teks eksemplum, sebagai berikut :

“Semangat Dalam Menyelasaikan Masalah”

Orientasi

Pagi sudah datang saatnya bersiap-siap untuk pergi kesekolah, aku pun bergegas mandi kemudian menyantap sarapanku supaya menambah energi untuk dapat mengerti pelajaran yang ada disekolah, dengan semangat dan riang aku pun berangkat ke sekolah bersama ayahku yang sedari tadi sudah menunggu di garasi rumah.

Insiden

Aku dan ayahku akhirnya berangkat, di perjalanan sudah tidak sabar aku untuk bisa belajar dan bertemu dengan teman-temanku, namun ditengah perjalan ternyata kendaraan yang kami gunakan mengalami mengalami kerusakan dan tidak mau untuk dinyalakan lagi dan karena hal itu membuat hati ku sedih karena aku ingin sekali belajar dan bertemu dengan teman-temanku. Aku jadi lesu dan termenung sedih karena hal itu juga membuat semangatku hilang, namun ayahku menyemangatiku dan memastikan bahwa aku tidak akan telat. Setelah itu ayahku memesan taksi dan pada saat taksi itu datang bergegas kami masuk kedalamnya dan menitipkan kendaraan kami yang rusak, setelah itu kami pergi berangkat ke sekolah dengan taksi yang dipesan ayahku. Diperjalan ayahku mengatakan bahwa selalu ada jalan keluar untuk segala masalah yang ada dan tetap semangat, akhirnya aku sampai ke sekolah tanpa telat.

Interpretasi

Oleh karena apa yang ayahku katakan diperjalan tadi membuatku sadar bahwa selalu ada solusi dalam masalah apapun, dan harus menjalani segala sesuatu itu dengan semangat, meski sekalipun itu dalam sebuah masalah sekalipun.





Contoh teks eksemplum tentang persahabatan

orientasi
Andi adalah seorang anak SD yang setiap hari berjualan kue di sekolahnya demi mengumpulkan uang untuk biaya sekolahnya. Hal itu ia lakukan karena orangtuanya tidak mampu membiayai sekolahnya. Suatu hari tanggal 1 bulan Mei, Andi tidak masuk sekolah.
insiden
bukan hanya tanggal 1, Andi sudah tidak masuk sekolah selama seminggu. Teman-temannya pun datang ke rumahnya dan dari ibunya mereka tahu bahwa kini Andi jualan kue di terminal. Ia melakukannya karena selama bulan April di sekolah, uangnya belum cukup terkumpul untuk membiayai SPP bulan Mei. Mengetahui itu, teman – temnnya pun datang ke terminal mencari Andi dan membeli semua kuenya. Mereka melakukan hal itu selama 3 hari dan esok harinya Andy kembali masuk sekolah.
interpretasi
dari teks diatas, kita dapat ambil kesimpulan bahwa persahabatan sangatlah indah. Di dalam persahabatan, kita dapat saling membantu.




Contoh teks eksemplum tentang liburan




Orientasi

Pada hari minggu yang lalu, aku dan teman-temanku pergi mendaki ke puncak. Malam sebelum berangkat, hatiku sangat bahagia sekali membayangkan bisa mendaki bersama teman-teman masa kecilku.
Dan pada akhirnya aku jadi tidur larut sekali karna mengkhayal terlalu lama. Saat hari minggu, aku bangun kesiangan.
Insiden
Karena aku lambat bangun, jadinya aku buru-buru memasukkan apa saja hal yang dibutuhkan untukku nanti.
Namun, karena aku tidak memikirkan baik-baik apa yang harus dipersiapkan, akhirnya aku lupa membawa air minum. Selama mendaki itu aku sama sekali tidak minum apapun, aku sangat haus sekali waktu itu.
Interpretasi
Pesan moral atau pelajaran yang dapat kita ambil dari cerita di atas adalah kita tidak boleh terburu-buru dalam melakukan segala hal, dan juga harus selalu mempersiapkan dengan matang apa saja yang harus kita bawa selama liburan



Contoh teks eksemplum cerita rakyat




Orientasi :
Alkisah, di Desa Bunga Tanjung ada seorang perempuan tua yang mempunyai huma. Humanya tidak begitu luas, hanya seluas tangguk penagkap ikan. Tetapi hasilnya melimpah-ruah. Putri Tangguk nama perempuan itu. Ia memiliki 7 orang anak dan seorang suami.

Insiden :
Pada suatu malam, Putri Tangguk dan suaminya sedang berbincang tentang masa depan keluarganya. Ketika itu, ketujuh anak mereka sudah tidur. “Wahai kakanda”, kata Putri Tangguk kepada sang suami sambil menghela nafas panjang. “kita telah bekerja terus-menerus dan tidak henti-henti menuai padi. Hamba merasa sangat lelah. Anak-anak kita pun tidak terurus lagi. Lihat anak-anak kita yang tidak pernah lagi berdandan”. “Ya” Jawab suaminya. “Kalau itu keinginan dinda, kanda tidak akan berhuma lagi karena ketujuh lumbung padi sudah penuh”. Hujan yang turun pada malam itu sangat lebat membuat suasana tempat tinggal Putri Tangguk semakin sunyi.

Keesokan harinya, pagi yang masih dingin tidak menghalangi niat putri Tangguk dan suaminya yang pergi ke sawah untuk menuai padi. Pekerjaan itu biasa mereka lakukan setiap pagi demi memenuhi kebutuhan mereka. Namun ditengah jalan putri tangguh berkata, “Hari ini kita tidak perlu lama bekerja. Padi yang tertuai kita tumpahkan di jalan ini sebagai pengganti pasir. Besok kita masih dapat menuai padi”. Maka mereka pulang lebih cepat.

Pada suatu malam Anak Putri Tangguk terbangun dan menangis meminta nasi untuk makan. Putri Tangguk pergi ke dapur untuk mengambil nasi. Ketika tutup priuk dibukaia terkejut karena tidak nasi di dalamnya. Kemudian, ia berjalan menuju lumbung yang digunakan untuk menyimpan beras & padi. tetapi lumbung itu kosong.

Kesedihanya semakin bertambah ketika mendengar tangisan anaknya yang kelaparan. Putri Tangguk jatuh miskin kesombonganya dengan membuang buang padi.

Interpretasi :
Sebagai ciptaan Tuhan Yang Mahakuasa, manusia tidak boleh sombong dan angkuh. Manusia tidak boleh menghambur-hamburkan kekayaanya karena semuanya merupakan anugerah dan titipan Sang Pencipta. Putri Tangguk yang pada mulanya sangat kaya jatuh miskin karena kesombongan dan keangkuhanya. Ia tidak mensyukuri kekayaan yang telah diberikan tuhan kepedanya.


Contoh teks eksemplum peristiwa alam



Orientasi

Indi membuang plastik eskrim di sungai yang ia lewati. Melihat hal itu, Dony mengingatkan Indi bahwa membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan banjir, tetapi Indi tidak menggubris karena ia pun melihat sudah banyak genangan sampai di sungai itu.

Insiden

Pagi hari setelahnya, tiba-tiba datang air bah dari sungai tersebut. seluruh rumah di desa itu terkena guyuran air bah, termasuk rumah Indi.

Interpretasi

Cerita diatas mengingatkan pembaca untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Contoh Teks Eksemplum Tentang Pengalaman


    Orientasi

    Ketika itu saya masih SMP, pada suatu sore saat sedang membersihkan kamar, keponakanku yang bernama Suci berkunjung ke rumahku untuk minta diantar les di rumah gurunya.

    Insiden

    Ketika itu sudah hampir mendekati adzan magrib, sebenarnya orang tua saya sedikit melarang untuk langsung pergi, ibu saya menyuruh pergi setelah selasai adzan saja. Tetapi karena Suci terlihat terburu-buru saya pun tetap akan menemani dan mengantarkannya. Di jalan tiba-tiba handphone saya berbunyi, dan sepertinya itu tanda jika ada sms masuk di handphone saya.

    Lalu saya pun mencoba mengambil handphone di saku celana kemudian saya membuka sms yang telah masuk, dan saya juga berniat untuk membalas pesan itu. Jujur saat itu saya mengendarai motor dalam keadaan tergesa-gesa dan mengunakan kecepatan yang lumayan tinggi, kemudian dari arah depan ada sebuah motor ingin putar balik arah tetapi tanpa menyalakan lampu retingnya.

    Saya pun gugup karena tidak bisa mengontrol danmenguasai kecepatan akhirnya pun menabrak pengendara motor yang sedang putar balik arah tadi, aku dan Suci pun terjatuh dan terlempar dari motor. Suci keponakan saya mengalamani luka pada bagian siku dan kakinya, sedangkan saya mengalami luka pada lutut sebelah kanan dan untungnya saya tidak mengalami luka yang parah. Motor yang saya kendarai pun rusak parah, ketika itu polisi yang kebetulan ada di sekitar jalan itu langsung datang menghampiri saya, untuk menolong dan mengurus kasus kecelakaan tersebut.

    Interprestasi

    Dari kejadian tersebut saya menjadi tahu bahwa doa restu dan nasihat dari orang tua sangatlah penting, jika saya menuruti perkataan orang tua saya tadi pasti hal seperti ini tidak akian terjadi, selain itu saya menjadi mengerti bahwa kehati-khatian dan ketertiban di jalan memang jelas sangat perlu diperhatikan karena kita bagai sedang bertarung nyawa jika ada di jalanan.

    Serta kelengkapan pengaman mulai dari helm, dan surat-surat penting seperti STNK, SIM juga harus diperhatikan saat sedang mengendarai kendaraan di jalan. Dan jika sedang mengendarai kendaraan sebaiknya tidak perlu sambil memegang handphone, kecuali jika itu dalam keadaan yang sangat mendesak lebih baik kita berhenti sejenak di pinggir jalan untuk membuka handphone.

    Koda

    Sejak kejadian itu menimpa saya, saya menjadi semakin berhati-hati dalam mengendarai kendaraan. Selain itu juga semakin memerhatikan peraturan di lalu lintas, dan mematuhi kata-kata orang tua saya. Karena ridha Allah adalah ridha orang tua.




Penelusuran yang terkait dengan teks eksemplum

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel