Struktur Organisasi Food And Beverage Department Dan Job Desk Section Masing Masing

 Food & Beverage merupakan salah satu departement yang ada di hotel. Karena departement ini termasuk sesuatu hal yang penting sebab dalam sebuah usaha dan hasil keuntungan yang menjanjikan.

Definisi food and beverage secara umum merupakan usaha di bidang makanan dan minuman, sedangkan secara khusus nya yaitu sebuah bagian dari hotel yang mengurus atau bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makan dan minum serta kebutuhan secara komersial dan profesional.

Dengan pengertian lain adalah salah satu jenis akomodasi yang memberikan jasa pelayanan penginapan, makam, minum, atau yang lainnya bagi umum dan dikelola secara komersial, dengan mempergunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk di hotel bertaraf internasional istilah lain food and beverage sebagai bagian dari hotel. 


Baca Juga: Pengertian Restoran Adalah - Menurut Para Ahli, Personalia Bagian Pelayanan, Tujuan, Fasilitas, dan Produk restoran

 

 Struktur Organisasi Food And Beverage Department

 

Job Desk Section f&B Service

1. Food & Beverage Manager

Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Menetapkan menu, sistem penyajian, strategi penjualan, mengarahkan pelaksanaan serta menilai keberhasilan
  2. Melakukan analisa tentang pesaing
  3. Menyusun anggaran FB Production kitchen, F&B service dan Stewarding
  4. Merumuskan kebijaksanaan pengendalian biaya operasional
  5. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung
  6. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  7. Menyelenggarakan briefing di dalam departemen
  8. Mengusulkan kepada atasan, tentang penyesuaian prosedur dan kebijakan di lingkungan food & beverage department jika diperlukan

2. Assistant Food & Beverage Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Melakukan koordinasi pelaksanaan kegiatan antar kitchen, F& B service dan stewarding
  2. Menyusun rencana kerja dan menilai pelaksanaanya
  3. Mengawasi jadual operasional bawahannya
  4. Memonitor hasil inventaris fisik di bagian kitchen, F&B service dan stewarding
  5. Memonitor pelaksanaan store room requisition
  6. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  7. Melaksanakan kelancaran operasional berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan food & beverage department
  8. Mengkoordinasikan penyiapan dan mengawasi kelancaran acara event/function
  9. Menangani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  10. Menjalin hubungan dengan rekan dan tamu
  11. Menciptakan hubungan yang harmonis dengan kolega dan pelanggan
  12. Memberi arahan dan petunjuk kepada bawahan .

 3. Restaurant & Bar Manager
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Mengkoordinasi kegiatan operasi di outlet food & beverage service
  2. Mengkoordinasi persiapan dan mengawasi kelancaran penyelenggaraan function/event
  3. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  4. Menjalin dan membina hubungan dengan tamu
  5. Membantu untuk membuat laporan monthly report F&B sales
  6. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan
  7. Mengani permasalahan yang memerlukan penanganan langsung dan melaporkan kepada atasan
  8. Menangani dan memonitor suatu perubahan dan penyimpangan dalam kegiatan operasional
  9. Memonitor dan mengawasi personal hygiene, grooming and sanitasi
  10. Menangani dan mengawasi langsung pelayanan tamu VIP
  11. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
  12. Menyelenggarakan briefing harian.

4. Head Waiter
Uraian tugas dan tangungjawabnya:

  1. Mengawasi penyimpangan penggunaan par stock
  2. Memeriksa kelengkapan dan ketepatan dari “mise en place”
  3. Meneliti ketepatan daily sales report
  4. Mengarahkan dan mengawasi kelancaran pelayanan di restoran
  5. Menangani keluhan tamu
  6. Mengatur pembagian “station”
  7. Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  8. Mendampingi sous chef dalam penataan buffet
  9. Menangani langsung pelayanan tamu VIP (Very important Person)
  10. Mengkoordinir dan mengawasi pelaksanaan clear up
  11. Membantu kelancaran pelaksanan inventaris pisik
  12. Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
  13. Menjalin hubungan baik dengan tamu
  14. Membuat jadual kerja bawahan
  15. Mengawasi disiplin bawahan
  16. Menangani permasalahan tamu
  17. Melakukan penilaian kerja bawahan
  18. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat .

5. Assistant (Head Waiter Captain)
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Membantu head waiter melaksanakan tugasnya
  2. Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  3. Membuat daily sales report
  4. Melengkapi penyimpanan dan penggunaan par stock
  5. Mengawasi dan membantu kelancaran ketepatan pelaksanaan pelayanan penjualan dan penyajian makanan dan minuman
  6. Membuat repair dan maintanance order
  7. Menangani langsung pelayanan tamu VIP
  8. Mengatasi keluhan tamu
  9. Mengawasi dan mengarahkan kelancaran pelayanan bawahan
  10. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  11. Menjalin hubungan baik dengan tamu
  12. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat

6. Waiter/ Waitress
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Mempersiapkan kelengkapan tehnis pelayanan
  2. Melaksanakan persiapan set up-mise en place
  3. Melakukan pelayanan langsung kepada tamu
  4. Mengambil pesanan/order tamu dari captain untuk diteruskan kepada kitchen
  5. Melaksanakan penyajian hidangan kepada tamu
  6. Melaksanakan clear up dari meja tamu
  7. Mempersiapkan dan mengambil kebutuhan linen napkin, wares, supplies
  8. Mengumpulkan dan mengantarkan soiled linen dan dirty dishes ke laundry/stewarding
  9. Melakukan penyiapan table set up dan clear up
  10. Melaksanakan dan mengikuti perintah captain dalam menjalankan tugas-tugasnya
  11. Melakukan pembersihan area kerja
  12. Menjalin hubungan dengan tamu
  13. Menghadiri briefing harian

7. Chief Bartender
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Mengawasi penyimpanan, penggunaan bar stock
  2. Melengkapi kelengkapan, ketepatan dari mise en place
  3. Membuat daily sales report
  4. Mengawasi kelancaran, ketepatan pelaksanaan mixing drinks, penyajian, penjualan dan pelayanan 385
  5. Menyusun standard portion, standard receipt, standard beverage cost bersama dengan F&B cost control
  6. Mengarahkan, mengawasi kelancaran pelayanan
  7. Mengatasi keluhan tamu
  8. Mengatur pembagian “station” serta mengawasi pelaksanannya
  9. Memeriksa personel hygiene, grooming dan sanitasi
  10. Menangani langsung pelayanan tamu VIP
  11. Membantu kelancaran pelaksanaan inventaris fisik
  12. Memeriksa kelengkapan, ketepatan pengadaan”store room requisition”
  13. Membuat repair dan maintanace order
  14. Mengawasi disiplin bawahan
  15. Menangani permasalahan tamu
  16. Melakukan penilaian kerja bawahan
  17. Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat

8. Room Service Order Taker
Uraian tugas dan tanggungjawabnya:

  1. Menangani penerimaan, pencatatan room service order dan menyampaikan kepada room service captain
  2. Menyarankan dan membantu tamu dalam pemilihan menu
  3. Memelihara suasana kerja yang sehat
  4. Menghadiri briefing head waiter

 

Baca Juga: Pengertian Pelayanan dan Restoran Meliputi Ruang Lingkup, Tipe-tipe Restoran, Peranan, Klasifikasi Pelayanan dan Tipe-Tipe Service di Restoran

 

Demikian Penjelasan Tentang  Struktur Organisasi Food And Beverage Department Dan Job Desk Section Masing Masing . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Food & Beverage Service

  • pengertian food and beverage product
  • fungsi food and beverage service
  • pengertian food and beverage department
  • food and beverage service department
  • istilah dalam food and beverage service
  • tugas food and beverage service
  • contoh food and beverage
  • materi food and beverage service pdf

Belum ada Komentar untuk " Struktur Organisasi Food And Beverage Department Dan Job Desk Section Masing Masing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel