15 Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah, Skripsi, Laporan Magang, Kliping Yang Baik dan Benar

Makalah adalah karya tulis yang mengandung pemikiran mengenai suatu topik atau malah tertentu yang ditulis secara sistematis dan selaras disertai dengan analisis yang logis dan objektif.Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang mempunyai sifat/ciri ilmiah objektif, berdasarkan fakta, sistematis, tidak memihak, dan logis. Makalah itu ditulis untuk disajikan di dalam forum ilmiah atau tugas yang terstruktur.

Manfaat Makalah

Lalu apakah manfaat dibuatnya makalah? diantaraya:
  • Belajar memahami sebuah masalah dan berusaha mencari jalan keluar.
  • Menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari untuk dipraktekkan di lapangan.
  • Membuka pikiran agar memahami permasalahan yang ada di lapangan.

Jenis-Jenis Makalah

  1. Makalah Deduktif, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis (pustaka yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas)
  2. Makalah Induktif, yaitu makalah yang disusun berdasarkan data empiris, didapat dari lapangan yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.
  3. Makalah Campuran, yaitu makalah yang ditulis berdasarkan kajian teoretis digabung data empiris yang relevan dengan masalah yang sedang dibahas.

Fungsi Kata Pengantar

Sesuai namanya, Kata Pengantar berfungsi untuk mengantarkan para pembaca kepada isi atau uraian yang terdapat pada karya tulis tersebut.Kata Pengantar tidak hanya berisi ucapan rasa syukur dan terima kasih saja, tetapi juga memuat gambaran umum tentang karya tersebut sehingga dapat meningkatkan minat para pembaca.Semakin menarik uraian yang ditulis oleh pengarang, maka akan semakin besar kemungkinannya untuk menimbulkan rasa penasaran dari pembaca.
Karena kata pengantar merupakan sebuah curahan hati dan pikiran sang penulis untuk membacanya.
  1. Dalam membuat kata pengantar, sebaiknya diawali dengan menggunakan kalimat ungkapan syukur dan pujian kepada Tuhan YME. Misalnya : Alhamdulillah, puji syukur, dll.
  2. Berikan gambaran singkat mengenai isi dari karya tulis yang akan kamu buat. Tulis juga tujuan kamu menulis karya tulis tersebut.
  3. Ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kamu dalam menyusun karya tulis yang kamu buat. Contohnya : Keluarga, teman, guru, dosen, dll.
  4. Tulis harapan apa saja yang kamu inginkan dari penulisan karya tulis tersebut.
  5. Yang terakhir jangan lupa untuk mengucapkan permintaan maaf jika terdapat kekurangan dalam karya tulis yang telah dibuat, serta sampaikan juga kepada pembaca untuk memberikan kritik dan saran untuk karya tulis yang sudah kamu buat.
Lalu, seperti apa sih contohnya?
Bagaimana cara menulis kata pengantar dengan baik dan benar?
Langsung saja, simak contoh kata pengantar pada berbagai macam karya tulis di bawah ini!
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan kami kemudahan sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya kami tidak akan sanggup untuk menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga terlimpah curahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nanti-natikan syafa’atnya di akhirat nanti.
Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupun akal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah sebagai tugas akhir dari mata kuliah Hukum Acara Peradilan Agama dengan judul “Penyakit Jantung dan Pengobatannya”.
Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik serta saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Penulis juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya kepada guru Bahasa Indonesia kami yang telah membimbing dalam menulis makalah ini.
Demikian, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih.
Kediri, 29 Mei 2018
Penulis
Contoh Kata Pengantar Makalah 2
KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang “Adab Terhadap Orang Tua” ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.

Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang menjadi tugas pendidikan agama dengan judul “Adab Terhadap Orang Tua”. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kamu selama pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terealisasikanlah makalah ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. Kami mengharapkan kritik dan saran terhadap makalah ini agar kedepannya dapat kami perbaiki. Karena kami sadar, makalah yang kami buat ini masih banyak terdapat kekurangannya.

Balikpapan, Juni 2020



Penyusun




Contoh Kata Pengantar Makalah PKN



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan kita kesehatan, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah ini dengan judul “Hak dan Kewajiban Warga Negara Berdasarkan UUD 1945”.

Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam makalah ini mengulas tentang pengertian hak, pengertian kewajiban, pengertian warga negara, asas kewarganegaraan dan hak kewajiban warga negara berdasarkan UUD 1945.

Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini. Penulis juga berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Dengan segala kerendahan hati, kritik dan saran yang konstruktif sangat kami harapkan dari para pembaca guna untuk meningkatkan dan memperbaiki pembuatan makalah pada tugas yang lain dan pada waktu mendatang.

Bandung, Juni 2019



Penyusun


Contoh Kata Pengantar Laporan



Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan [jenis laporan] yang berjudul [judul laporan].

Terima kasih saya ucapkan kepada [bapak/ibu] [nama guru/dosen] yang telah membantu kami baik secara moral maupun materi. Terima kasih juga saya ucapkan kepada teman-teman seperjuangan yang telah mendukung kami sehingga kami bisa menyelesaikan tugas ini tepat waktu.

Kami menyadari, bahwa laporan [jenis laporan] yang kami buat ini masih jauh dari kata sempurna baik segi penyusunan, bahasa, maupun penulisannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari semua pembaca guna menjadi acuan agar penulis bisa menjadi lebih baik lagi di masa mendatang.

Semoga laporan [jenis laporan] ini bisa menambah wawasan para pembaca dan bisa bermanfaat untuk perkembangan dan peningkatan ilmu pengetahuan.

[tempat, tanggal pembuatan laporan]



Penulis


Contoh Kata Pengantar Proposal



Kata Pengantar

Segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua. Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Rasulullah SAW beserta keluarganya.

Penulisan proposal [jenis proposal] ini bertujuan untuk [tujuan proposal].

Dalam penyusunan proposal ini, kami menyadari sepenuhnya bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan karena pengalaman dan pengetahuan penulis yang terbatas. Oleh karena itu, kritik dan saran dari semua pihak sangat kami harapkan demi terciptanya proposal yang lebih baik lagi untuk masa mendatang.

[tempat, tanggal pembuatan proposal]



Penulis


Contoh Kata Pengantar Skripsi



Kata Pengantar

Puji Syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunia-Nya, penulis dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “[judul skripsi]”.

Skripsi ini dibuat dan diajukan untuk memenuhi syarat guna memperoleh gelar [nama gelar] pada Fakultas [nama fakultas] di [nama perguruan tinggi]. Selain itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada pembaca mengenai [topik skripsi].

Selama penulisan skripsi ini, penulis banyak menerima bantuan dan dukungan sehingga dapat menyelesaikan skripsi ini. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada:

[Daftar pihak yang telah membantu kamu, urutkan dari yang paling berpengaruh]

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari sempurna karena adanya keterbatasan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Oleh karena itu, semua kritik dan saran yang bersifat membangun akan penulis terima dengan senang hati. Penulis berharap, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukan.

[tempat, tanggal pembuatan skripsi]



Penulis


Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “[judul karya ilmiah]”.

Tidak lupa kami mengucapkan terima kasih kepada [bapak/ibu] [guru/dosen] yang telah membantu kami dalam mengerjakan karya ilmiah ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberi kontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pembuatan karya ilmiah ini.

[Uraian singkat tentang karya ilmiahmu]

Kami sebagai penulis mengakui bahwa ada banyak kekurangan pada karya ilmiah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran dari seluruh pihak senantiasa kami harapkan demi kesempurnaan karya kami. Semoga karya ilmiah ini dapat membawa pemahaman dan pengetahuan bagi kita semua tentang [topik karya ilmiah].

[tempat, tanggal pembuatan karya ilmiah]



Penulis

Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat




Kata Pengantar
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang. Kami panjatkan puji syukur kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayah-NyA kepada kami sehingga kami bisa menyelesaikan makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakat.

Makalah ini sudah kami susun dengan maksimal dan mendapat bantuan dari berbagai pihak sehingga bisa memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

Terlepas dari segala hal tersebut, Kami sadar sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karenanya kami dengan lapang dada menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.

Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya ini bisa memberikan manfaat maupun inspirasi untuk pembaca.

Jakarta,  07 Januari 2020



Penyusun




Contoh Kata Pengantar Makalah Bahasa Indonesia



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunianya kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ” Pemanfaatan Limbah Plastik”.

Kami juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Dr. Sumini selaku dosen mata kuliah Teknik Lingkungan Unesa yang sudah memberikan kepercayaan kepada kami untuk menyelesaikan tugas ini.

Kami sangat berharap makalah ini dapat bermanfaat dalam rangka menambah pengetahuan juga wawasan menyangkut efek yang ditimbulkan dari sampah, dan juga cara bagaimana menciptakan sampah menjadi barang yang dapat bermanfaat.

Kami pun menyadari bahwa di dalam makalah ini masih terdapat banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami mengharapkan adanya kritik dan saran demi perbaikan makalah yang akan kami buat di masa yang akan datang, mengingat tidak ada sesuatu yang sempurna tanpa saran yang membangun.

Mudah-mudahan makalah sederhana ini dapat dipahami oleh semua orang khususnya bagi para pembaca. Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kata-kata yang kurang berkenan.

Aceh, Juni 2019



Penyusun


Contoh Kata Pengantar Makalah Yang Menarik


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya makalah yang berjudul “Contoh Kata Pengantar Makalah Singkat”. Atas dukungan moral dan materil yang diberikan dalam penyusunan makalah ini, maka penulis mengucapkan terima kasih kepada :

  1. Bapak Manarul, M.Pd, selaku kepala sekolah Yuksinau, yang memberikan bimbingan, saran, ide dan kesempatan untuk menggunakan fasilitas Laboratorium Bahasa.
  2. Bapak Demas, M.Pd, selaku guru Pembimbing kami, yang memberikan dorongan, masukan kepada penulis.
  3. Ibu Siti, M.Pd, selaku wali kelas kami, yang banyak memberikan materi pendukung, bimbingan, dan masukan, kepada penulis.

Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun dari pembaca sangat kami butuhkan untuk penyempurnaan makalah ini.

Jakarta, 20 Maret 2018



Bara Mukti

Contoh Kata Pengantar Laporan Magang

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan magang dengan judul “Program Upaya Kesehatan Kerja (UKK) Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat Bidang Pembinaan dan Pengendalian Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah”.
Penulis mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan magang ini. Terlebih kami ucapkan terimakasih kepada :
  1. Bapak Putut Heriyanto, SKM, M.Kes selaku ketua Yayasan STIKES HAKLI Semarang.
  2. Bapak dr. HR. Wahyu Rahadi, M.Ph selaku ketua STIKES HAKLI Semarang.
  3. Ibu dr. M. Rr. Sri Puji Rahayu selaku Ketua Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat STIKES HAKLI Semarang.
  4. Bapak Arfian Nevi, SKM, DEA. Selaku Staff Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  5. Ibu dr. Tatik Murhayati, MKes Selaku Kepala Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  6. Ibu Binar Rudatin, SKM, Msi, Selaku Staff Seksi Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  7. Seluruh Staff STIKES HAKLI Semarang
  8. Segenap staff karyawan Bidang Upaya Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.
  9. Segenap staff karyawan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah
  10. Teman – teman Mahasiswa STIKES HAKLI Semarang Jurusan Kesehatan Masyarakat tahun ajaran 2015.
  11. Semua pihak yang turut membantu dalam penyusunan Proposal ini.
Semoga amal baik mereka mendapatkan balasan dari Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda.
Perlu disadari bahwa dengan segala keterbatasan, laporan magang ini masih jauh dari sempurna, sehingga masukkan dan kritikkan yang kostruktif sangat penulis harapkan demi sempurnanya laporan ini.
Akhirnya semoga laporan ini dapat bermanfaat untuk semua orang khususnya untuk para pembaca.
Semarang, Juni 2019

Penyusun

Contoh Kata Pengantar Laporan PKL

KATA PENGANTAR
Dengan rasa syukur kehadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, akhirnya penulis dapat menyelesaikan kegiatan Praktek Kerja Lapangan Industri (PKLI) dan membuat sebuah laporan kegiatan PKLI.
Laporan PKLI penulis berjudul “Pembuatan Hanger Bearing C/W Bronze Bushing untuk Screw Conveyor Pabrik Kelapa Sawit dengan Proses Pengecoran Logam di CV. Kinabalu”.
Penulis sangat menyadari bahwa kegiatan PKLI dan penulisan laporan PKLI ini dapat diselesaikan berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat :
  1. Bapak Prof. Dr. Sumarno, M.Pd, selaku Pembantu Dekan I Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  2. Bapak Drs. Selamat Riadi, MT, selaku Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  3. Bapak Drs. Hidir Efendi, M.Pd, selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.
  4. Bapak Ir. Riski Elpari Siregar, MT, selaku Pembimbing Praktek Kerja Lapangan Industri.
  5. Bapak Arifin, selaku Direktur CV. Kinabalu.
  6. Seluruh Staff dan Karyawan CV. Kinabalu.
  7. Ter istimewa kepada Ayah, Ibu, dan Keluarga yang memberikan dukungan materil dan moril.
Medan, Juni 2016
Penyusun

Contoh kata pengantar Skripsi

Jika ingin menyelesaikan skripsi, berikut inilah versi masukuniversitas.com, contoh kata pengantar skripsi :
Puji syukur alhamdulillah penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat-Nya serta hidayah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan judul ‘Analisis Kerentanan Longsor di Kecamatan
Kecamatan Kemiri – Kabupaten Jember.
Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya hingga pada umatnya sampai akhir zaman.
Skripsi ini disusun untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan di Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang, dan dalam proses penyusunan skripsi ini, penulis mendapatkan banyak sekali bantuan, bimbingan serta dukungan dari berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan ini penulis juga bermaksud menyampaikan rasa terima kasih kepada:
1. Bapak Rustam Mahmud, M.Pd selaku Ketua Jurusan Geografu Universitas Negeri Malang yang memudahkan segala perijinan penelitian serta selalu memberikan motivasi agar penulis segera menyelesaikan skripsi.
2. Bapak Drs. Mahmud Saleh, M.Pd selaku Pembimbing I yang selalu memberi bimbingan, masukan dan waktunya untuk membimbing penulis.
3. Bapak Drs. Hendri Warsito, M.Si selaku pembimbing II yang juga memberikan banyak perhatian serta waktunya untuk membimbing penulis.
4. Anitasari, S.Si selaku kepala laboratorium jurusan Geografi yang selalu membantu memudahkan penulis saat melaksanakan uji laboratorium.
5. Serta pihak-pihak lain yang tidak mungkin penulis sebutkan satu-persatu.
Semoga Allah SWT memberi balasan yang setimpal kepada semuanya.
Penulis berharap skripsi yang telah disusun ini bisa memberikan sumbangsih untuk menambah pengetahuan para pembaca, dan akhir kata, dalam rangka perbaikan selanjutnya, penulis akan terbuka terhadap saran dan masukan dari semua pihak karena penulis menyadari skripsi yang telah disusun ini memiliki banyak sekali kekurangan.

 

Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Berikut ini adalah contoh kata pengantar karya ilmiah :
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena hanya dengan rahmat-Nyalah kami akhirnya bisa menyelesaikan karya ilmiah yang berjudul “Peran Rumput Vetiver dalam Mengendalikan Laju Erosi” ini dengan baik tepat pada waktunya.
Tidak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen pembimbing yang telah memberikan banyak bimbingan serta masukan yang bermanfaat dalam proses penyusunan karya ilmiah ini. Rasa terima kasih juga hendak kami ucapkan kepada rekan-rekan mahasiswa yang telah memberikan kontribusinya baik secara langsung maupun tidak langsung sehingga karya ilmiah ini bisa selesai pada waktu yang telah ditentukan.
Meskipun kami sudah mengumpulkan banyak referensi untuk menunjang penyusunan karya ilmiah ini, namun kami menyadari bahwa di dalam karya ilmiah yang telah kami susun ini masih terdapat banyak kesalahan serta kekurangan. Sehingga kami mengharapkan saran serta masukan dari para pembaca demi tersusunnya karya ilmiah lain yang lebih lagi. Akhir kata, kami berharap agar karya ilmiah ini bisa memberikan banyak manfaat demi terciptanya lingkungan yang aman dan bebas dari ancaman erosi.

Contoh Kata Pengantar Makalah Agama

KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah SWT sebab karena limpahan rahmat serta anugerah dari-Nya kami dapat menyelesaikan makalah kami dengan judul “Adab Kepada Guru dan Kedua Orang Tua” ini.
Tidak lupa Shalawat dan salam selalu kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menyampaikan petunjukan Allah SWT untuk kita semua sebagai umatnya, yang mana beliau menyampaikan Syariah agama Islam yang sempurna dan merupakan satu-satunya karunia paling besar bagi seluruh alam semesta.
Selanjutnya dengan kerendahan hati kami meminta kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini supaya selanjutnya bisa kami revisi kembali. Karena penulis menyadari, bahwa makalah yang telah kami buat ini masih memiliki banyak kekurangan.
Tidak lupa kami ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada semua pihak yang telah mendukung serta membantu kami selama proses penyelesaian makalah ini hingga rampungnya makalah ini.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan, Semoga makalah ini mampu memberikan manfaat kepada setiap pembacanya.
Lampung 12 Maret 2019

Contoh kata pengantar Prakerin

Berikut contoh penggunaan kalimat untuk kata pengantar prakerin:
Rasa syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan rahmat-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) serta menyusun laporan dengan baik.
Penyusunan Laporan Praktek Kerja Instansi (PRAKERIN) ini tidak terlepas dari bantuan berbagai pihak, sehingga dalam kesempatan kali ini, kami juga bermaksud untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada:
1. Drs. Hamdan Madani selaku kepala sekolah SMK Negeri III Banyuwangi.
2. Pokja Prakerin serta Tim Penjajakan tang telha melaksanakan tugasnya dengan baik, menyiapkan administrasi, tempat serta memberikan pembekalan kepada peserta prakerin.
3. Drs. Andy Wijaya selaku guru pembimbing peserta prakerin.
4. Berbagai pihak yang telah membantu yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.
Meskipun kami berhasil menyelesaikan laporan Prakerin ini dengan baik, kami menyadari akan adanya kekurangan serta kekeliruan di dalam laporan ini, sehingga kami akan sangat terbuka dengan kritik, saran serta masukan dari berbagai pihak. Akhir kata, kami juga berharap agar laporan Prakerin ini bisa bermanfaat sebagaimana mestinya.

 

Contoh kata pengantar Kliping

Berikut selengkapnya dibawah ini sebagai contoh kata pengantar kliping:
Puji syukur alhamdulillah kami panjatkan ke hadirat Allah SWT, karena hanya dengan segala rahmat-Nyalah akhirnya kami bisa menyusun kliping dengan tema ‘Bencana Alam’ ini tepat pada waktunya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Hendri S.Si selaku guru pembimbing kami yang telah memberikan tugas ini kepada kami sehingga kami mendapatkan banyak tambahan pengetahuan khususnya dalam masalah bencana alam.
Kami selaku penyusun berharap semoga kliping yang telah kami susun ini bisa memberikan banyak manfaat serta menambah pengetahuan terutama dalam hal mengantisipasi bencana alam.
Kami menyadari bahwa kliping ini masih memiliki banyak kekurangan yang membutuhkan perbaikan, sehingga kami sangat mengharapkan masukan serta kritikan dari para pembaca.

Belum ada Komentar untuk "15 Contoh Kata Pengantar Untuk Makalah, Skripsi, Laporan Magang, Kliping Yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel