Penyimpanan Wine Atau Anggur dan Cara Menghidangkan Anggur Merah Maupun Putih Yang Baik


Penyimpanan Wine Atau Anggur

Penyimpanan adalah suatu pertimbangan penting untuk setiap anggur yang sedang disimpan selama penuaan jangka panjang. Sementara anggur yang paling banyak diproduksi saat ini dimaksudkan untuk konsumsi jangka dekat (dengan banyak yang dikonsumsi dalam waktu 24 jam pembelian), ada situasi tertentu di mana mungkin disisihkan untuk penyimpanan jangka panjang. Anggur merupakan salah satu dari sedikit komoditas yang dapat meningkatkan dengan usia tetapi juga dapat cepat memburuk jika disimpan dalam kondisi tidak memadai. Tiga faktor yang memiliki dampak yang paling langsung terhadap kondisi anggur adalah cahaya, kelembaban dan suhu.

Pertimbangan keempat bisa keamanan, karena anggur dapat dianggap sebagai barang mewah dengan nilai di pasar-setelah. Secara historis penyimpanan jangka panjang anggur ditangani oleh pedagang anggur tapi sejak pertengahan abad ke-20 tugas penanganan dan penyimpanan anggur telah semakin jatuh ke konsumen.


Pada dasarnya cara penyimpanan anggur/wine adalh sebagai berikut :

Syarat lain yang harus dipenuhi untuk penyimpanan anggur di antaranya:
  • Letak Gudang di bawah tanah ( basement ).
  • Keadaannya harus tenang, bebas guncangan.
  • Tempatnya gelap, tidak kena sinar matahari.
  • Ada sirkulasi/aliran udara, ventilasi.
  • Suhu ruangan bekisar antara 10 – 12 C 

Bila anggur merah dan anggur putih disimpan dalam satu gudang ( cellar ), maka anggur merah harus di simpan ditempat yang lebih tinggi karena suhu di bagian atas sedikit lebih panas daripada lapisan bawah karena ventilasi udara ada di sebelah atas.


White wine, red wine, rose dan sparkling disimpan dalam posisi horizontal dengan label menghadap keatas agar tidak lembab dan menjadi rusak. Bila disimpan dalam posisi tegak atau vertical, gabus penutup tidak akan terkena anggur sehingga lama lama gabus akan menjadi kering, pori-pori melebar, udara dari luar masuk sehingga anggur akan teroksidari. Akibatnya anggur akan menjadi rusak. Anggur akan menjadi asam/sour atau spoiled. Gabus penutup botol yang sudah mongering akan hancur sewktu di buka dengan cork screw.

Menyimpan Wine yang telah dibuka


Ada beberapa cara yang dapat di pakai untuk menjaga ataupun menyimpan wine botol yang telah di buka. Sewaktu kita membuka wine botol, udara akan masuk kedalam wine dan akan bereaksi. Sewaktu udara masuk pada pertama kali terbukanya wine botol kita akan membuat wine kita makin terasa di aroma. Proses inilah biasanya di gunakan setiap wine lover untuk membiarkan Wine itu bernapas. Namun berlalunya waktu ,sehari dan dua hari, udara akan menjadi lawan untuk wine karena wine itu akan berubah menjadi cuka ataupun rusak. ada beberapa cara yang dapat di pakai.
Dengan bantuan alat penyedot (Vacuum pumper), yang mempunyai karet di sampingnya. dapat membantu untuk untuk menyedot udara keluar dan karet di bagian leher penyedot itu akan melakukan hisapan supaya tidak terjadinya sirkulasi udara yang dapat masuk lagi kedalam. Ini membuat wine dapat bertahan beberapa hari. Ketahanan dapat bertambah jika kita menyimpan ke dalam kulkas.

    Secepatnya setelah pembukaan botol wine dan simpanlah ke dalam kulkas supaya udara tidak masuk secara banyak kedalam wine botol kita. Tentunya dengan menutup kembali menggunakan penutup yang sama ataupun vacuum pumper.Pemakaian alat “private preserve ” yang dapat di beli diluar negeri untuk menahan udara masuk ke dalam wine botol kita.cara kerjanya adalah setelah semprotan private preserve itu akan membuat lapisan tambahan yang berguna untuk mejaga udara masuk dan berreaksi dengan wine kita.Cara lain adalah memindahkan wine kita ke dalam botol yang lebih kecil dan ditutup rapat dan masukkan kedalam kulkas secepat mungkin. Juga bisa di “es” kan dan di pakai untuk kebutuhan memasak pada masa depannya.
    Untuk sparkling wine harap di pakai cara penjempit tertentu yang dapat di beli di toko wine untuk menjaga supaya soda yang ada di dalam sparkling wine itu tetap hidup.

Cara Menghidangkan Anggur Merah.

Hampir semua anggur merah dihidangkan pada room temperature. Anggur merah yang masih muda dapat dihidangkan tidak dengan wine basket ( keranjang kecil untuk menghidangkan angur ), berbeda dengan anggur yang sudah tua, yang harus dengan cara decanting, yaitu menuangkan anggur kedalam decanter glass terlebih dahulu sebelum dituangkan ke gelas tamu.

Dalam memulai menghidangkan anggur yang perlu diperhatikan adalah alat alat yang akan dipergunakan seperti :
  • Linen Napkin
  • B&B plate
  • Cocktail paper napkin
  • Cork screw
  • Wine decanter
  • Wine basket

Tata cara Menyajikan anggur :
  1. Bawa botol anggur dengan posisi yang sama pada waktu menyimpan.
  2. Simpan dan taruhlah wine basket diatas queridon bersama sama alat alat lainya.
  3. Label anggur harus menghadap ke atas, kearah tamu. Masukkan kedalam wine basket kemudian perlihatkan kepada tamu agar tamu dapat memeriksa anggur tersebut sebelum dibuka. ( hal ini perlu guna mencegah void atau pembatalan order karena salah pesan atau salah dengar dari waiter atau captain)
  4. Tunjukan botol anggur tesebut kepada host atau pemesan dengan memperlihatkan botol label menghadap ke tamu.
  5. Tangan kiri memegang leher botol sedangkan tangan kanan memegang pantat botol.
  6. Bukalah botol anggur tadi dengan posisi botol masih didalam wine basket.
  7. Potonglah lapisan timah pada bawah bibir botol. ( kerjakan dengan teliti, ingat jangan menggoyang – goyangkan botol karena sedimen akan bercampur dengan anggur)
  8. Taruh lapisan timah tadi di atas B&B plate.
  9. Bersihkan / lap bibir botol dahulu untuk menghindari kotoran masuk kedalam botol
  10. Kemudian masukan Cork Screw kedalam gabus penutup dengan hati – hati, masukan cork screw tepat ditengah – tengah gabus, kemudian putar tegak lurus sedalam mungkin kedalam gabus.
  11. Angkat tutup gabus tersebut dengan hati-hati, pelan namun pasti. Jangan diangkat secara mengejutkan karena itu dapat membuat anggur muncrat keluar dan bahkan akan mematahkan bagus. Angkat tutup gabus tersebut dengan tangan kiri masih menggenggam wine basket kuat-kuat.
  12. Ciumlah gabus setelah kita keluarkan dari dalam botol dengan jarak3 s/d 4 cm dari hidung.
  13. Taruhlah gabus diatas B&B plat yang telah dialasi paper napkin.
  14. Berikan tutup gabus itu kepada host atau tamu yang memesan wine untuk memeriksa dan mencium tutup botol tadi.
  15. Setelah tamu mencium gabus tadi simpanlah kedalam wine basket.
  16. Bersihkan bibir botol dengan paper napkin.
  17. Tuangkan anggur merah tadi sedikit ke dalam gelas host atau tamu yang memesan, untuk dites/cicipi terlebih dahulu.
  18. Tuangkan dari sebelah kanan tamu, dengan mengangkat gelas anggur tadi dengan tangan kiri.
  19. Setelah host bilang ok, kita ucapkan terima kasih.
  20. Hidangkan anggur kepada wanita terlebih dahulu, atau kepada tamu yang duduk disebelah kanan dari host kemudian berjalan berkeliling berlawanan dengan jarum jam. Host adalah yang terakhir dilayani.
  21. Letakkan wine basket tadi diatas queridon atau diatas meja di sebelah kanan host dengan label menghadap ke tamu.



Cara Menghidangkan Anggur Putih. 


Perlu diingat bahwa utnuk menghidangkan anggur putih yang dingin, gelas anggur harus tetap dibiarkan diatas meja, tidak boleh diangkat. Anggur putih dihidangkan dalam keadaan dingin sekali. Prosedur menghidangkan anggur putih sedikit berbeda dengan anggur merah. Sebelumnya kita harus memeriksa alat-alat yang akan kita pergunakan, apakah semua sudah lengkap tersedia di queridon.

Alat – alat tersebut adalah sebagai berikut :
  • Wine cooler
  • Wine cooler stand
  • Linen napkin
  • Paper napkin
  • B&B plate.
  • Cork screw.

Ambillah anggur putih dari wine cooler untuk diperlihatkan kepada tamu yang memesan, caranya :

  1. Lipatlah napkin yang bersih dan rapi menjadi segi empat dan kemudian peganglah dengan tangan kanan.
  2. Angkat botol wnggur dari wine cooler dengan tangan kiri, kemudian bagian bawah botol dengan tangan kanan yang sudah beralaskan napkin agar air tidak menetes ke lantai atau ke meja tamu.
  3. Perlihatkan botol kepada tamu dengan label menghadap ke tamu.
  4. Beri kesempatan kepada tamu utnuk memeriksa botol anggur itu, apakah sudah susai dengan pesanan yang dimaksud.
  5. Taruh kembali botol kedalam wine cooler, dengan posisi mulut botol arahnya menjauh dari tamu, sehingga tamu dapat melihat label botol tersebut.
  6. Potonglah lapisan timah dengan pisau yang terdapat di cork screw. Potong persis dibawah bibir botol.
  7. Bersihkan bibir botol dengan linen napkin.
  8. Masukkan corkscrew sedalam mungkin, tempatkan fulcrum atau titik galang cork screw tadi pada bibir botol untuk mempermudah mencabut tutup botol.
  9. Cabut tutup botol dengan hati hati.
  10. Hentikan menarik corkscrew apabila tutup gabus tinggal 1 atau 2 cm di dalam botol.
  11. Peganglah botol atau leher botol dan tarik tutup gabus itu  sambil memutar sedikit dengan tangan.
  12. Ciumlah tutup gabus itu dengan jarak 2 atau 3 cm dari hidung.
  13. Letakkan tutup gabus oitu keatas B&B plate yang sudah dilapisi paper napkin.
  14. Berikan tutup gabus itu kepada tamu yang memesan dari sebelah kanan tamu.
  15. Bersihkan sekali lagi bibir botol dengan linen napkin.
  16. Lipatlah linen napkin dengan rapi membentuk bujur sangkar untuk membungkus botol anggur. Ingat jangan sampai linen menutupi label anggur tersebut.
  17. Peganglah dengan posisi label menghadap ke tamu.
  18. Tuangkan sedikit anggur itu kedalam gelas host untuk dicoba.
  19. Host akan mencicipi naggur itu, setelah host bilang ok, ucapkan terima kasih.
  20. Tuangkan anggur ke gelas gelas tamu dari samping kanan, sesudah semua tamu dilayani dengan prosedur yang benar, barulah dituangkan kedalam gelas host.




Demikian Penjelasan Tentang Penyimpanan Wine Atau Anggur dan Cara Menghidangkan Anggur Merah Yang Baik. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel