30 Contoh Kata Pengantar, Laporan, Makalah, Skripsi, Karya Ilmiah, Pkl, Proposal secara Lengkap

 

Contoh kata pengantar- Pada dasarnya anda akan menemukan kata pengantar di setiap karya tulis baik karya tulis ilmiah hingga novel yang anda baca. Sebuah kata pengantar sangat lazim dan harus disebutkan di halaman awal sebuah karya tulis.
Maksud dari penulisan kata pengantar tersebut adalah ungkapan rasa syukur yang penulis ucapkan ke semua pihak yang telah membantunya dalam penyelesaian karya tulisnya.

Contoh Kata Pengantar


Dalam sisi kepenulisannya, kata pengantar pada karya tulis fiksi dan non fiksi tentu bebeda. Yang perlu digaris bawahi adalah kata pengantar dan pendahuluan sangatlah berbeda. Kata pengantar sendiri merupakan ungkapan rasa syukur sedangkan pendahuluan adalah penjelasan latar belakang hingga tujuan kepenulisan.

Jenis-Jenis Kata Pengantar

Karena dari sisi kepenulisanya berbeda, ada beberapa jenis kata pengantar. Yaitu:
  • Kata pengantar makalah
  • Kata pengantar pidato
  • Kata pengantar surat
  • Kata pengantar esai

Isi Kata Pengantar

Dalam pembuatannya secara umum beberapa isi kata pengantar adalah
  • Bagian awal disebutkan ucapan kata syukur kepada Tuhan yang maha Kuasa
  • Berisi deskripsi singkat tentang topic atau judul yang diangkat di makalah atau karya tulis tersebut
  • Memberi ucapan rasa terima kasih untuk semua pihak yang membantu menyelesaikan karya tulis tersebut
  • Sebelum masuk ke bagian penutup sebaiknya kata pengantar disisipkan kalimat harapan.
  • Di bagian akhir kepenulisan dibubuhi tanda tangan penulis

Contoh Kata Pengantar yang Baik dan Benar

Berikut beberapa contoh kata pengantar yang dapat kamu jadikan referensi dalam membuat kata pengantar yang baik:
  1. Contoh Kata Pengantar dalam Makalah Agama Islam

Contoh Kata Pengantar dalam Makalah Agama islam


dalam penulisan kata pengantar dalam makalah agama, penulis sebaiknya menuliskan beberapa kata – kata yang menyebutkan atribut keagamaan penulis dan isinya disesuaikan dengan isi atau topik  makalah tersebut sehingga pembaca pun mengetahui sedikit topik yang disuguhkan penulis.
Berikut salah satu contohnya:
KATA PENGANTAR
Syukur Alhamdulillah atas segala limpahan karunia Allah SWT. Atas izin-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini tepat waktu. Tak lupa pula kami kirimkan shalawat serta salam kepada junjungan Nabi Besar Muhammad SAW. 
Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Pendidikan Agama Islam yang berjudul Memahami Islam Dalam Modernisasi

Dalam makalah ini kami menjelaskan bagaimana peran dan bagaimana Islam berdiri di tengah – tengah modernisasi secara komprehensif dan uraian sejumlah fatwa-fatwa kontemporter. 
Dalam penyelesaian makalah ini, kami mendapatkan bantuan serta bimbingan dari beberapa pihak. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kami haturkan terima kasih kepada.
  1. Syarif A., S.Pd. M.Pd., selaku dosen mata kuliah Pendidikan Agama Islam.
  2. Orang tua kami yang banyak memberikan dukungan.
Akhirul kalam, kami mengharapkan saran dan kritik konstruktif demi perbaikan makalah di masa mendatang karena makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Besar harapan kami agar makalah ini bermanfaat dan memenuhi harapan berbagai pihak. Amiin.
Malang, Mei 2018
Penyusun

  1. Contoh kata Pengantar Laporan yang Baik dan Benar

Contoh kata Pengantar Laporan yang Baik dan Benar  
Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk laporan
KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillahirabbilalamin, banyak nikmat yang Allah berikan, tetapi sedikit sekali yang kita ingat. Segala puji hanya layak untuk Allah atas segala berkat, rahmat, taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, sehingga saya dapat menyelesaikan tugas hasil laporan Praktikum Kimia ini.
Dalam penyusunannya, saya mengucapkan terimakasih kepada  Guru Kimia saya yaitu Bapak Agus yang telah memberikan dukungan, kasih, dan kepercayaan yang begitu besar. Dari sanalah semua kesuksesan ini berawal, semoga semua ini bisa memberikan sedikit kebahagiaan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi.
Meskipun saya berharap isi dari laporan praktikum saya ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu, saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar tugas makalah praktikum kimia ini dapat lebih baik lagi.
Akhir kata saya mengucapkan terimakasih, semoga hasil laporan praktikum saya ini bermanfaat.
Surabaya, 28 Februari 2013

Penyusun


  1. Contoh Kata Pengantar Proposal Penelitian Singkat

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk proposal penelitian singkat
Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun makalah ini tepat pada waktunya.
Dalam penyusunan proposal Sosiologi ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan namun semua dapat dihadapi berkat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan proposal ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa membalasnya.
Penulis sangat berharap makalah ini akan berguna bagi pembaca. Namun penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kesempurnaan untuk itu penulis mengharapkan kritik konstruktif dan saran dari pembaca untuk penyempurnaan proposal selanjutnya./
Malang, Desember 2017
Penulis

  1. Contoh Kata Pengantar Skripsi

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk skripsi
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini yang ditulis dengan judul “Peningkatan Pengembangan Bahasa Inggris Melalui Media Belajar Sistem Online”.
Penulisan skripsi ini diajukan untuk memenuhi salah satu syarat kelulusan dalam jenjang perkuliahan Strata I Universitas Pendidikan Indonesia Tasikmalaya. Selama proses penulisan skripsi ini penulis tidak lepas dari hambatan dan kesulitan, namun berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya hambatan tersebut dapat diatasi dengan baik.
Dalam penulisan skripsi ini tentunya penulis menyadari banyak terdapat kekurangan yang terdapat dalam laporan ini. Baik aspek kualitas maupun aspek kuantitas dari materi penelitian yang disajikan.
Penulis juga menyadari bahwa skripsi ini jauh dari kata sempurna sehingga penulis membutuhkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari berbagai pihak guna memperbaiki laporan ini agar menjadi lebih baik kedepannya.
Selanjutnya penulis dengan tulus mengucapkan terimakasih kepada :
  1. Rahajeng Setiowati, M.A sebagai pembimbing
  2. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya
  3. Berbagai pihak yang telah memberikan bantuan dan dorongan serta berbagai pengalaman pada proses penyusunan skripsi ini.
Terakhir semoga segala bantuan yang telah diberikan oleh berbagai pihak dijadikan sebagai amal soleh. Sehingga pada akhirnya skripsi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat demi pendidikan di Indonesia.
Tasikmalaya, 11 Maret 2018
Penyusun

  1. Contoh Kata Pengantar Karya Ilmiah

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk karya ilmiah


  1. Contoh Kata Pengantar Laporan Kegiatan  Pkl atau Prakerin

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk laporan kegiatan PKL
Sumber:Ilmupedia.web.id

  1. Contoh Kata Pengantar Laporan Praktikum

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk laporan praktikum
Sumber: Rppk13.web.id


  1. Contoh Kata Pengantar Buku Bahasa Indonesia

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk buku bahasa Indonesia
Sumber: m-risa

  1. Contoh Kata Pengantar Kliping

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk kliping
Sumber: scrbd


  1. Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Berikut salah satu contoh kata pengantar untuk proposal usaha
Sumber: Blogiseng.web.id
Demikian yang dapat kami bahas kali ini tentang kumpulan Contoh Kata Pengantar dalam Makalah, Laporan, Pkl, Proposal, Skripsi, Karya Ilmiah semoga dapat bermanfaat bagi kita semua ,,,



Belum ada Komentar untuk "30 Contoh Kata Pengantar, Laporan, Makalah, Skripsi, Karya Ilmiah, Pkl, Proposal secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel