Concierge Adalah - Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Jenis-jenis barang Bawaan Tamu Besera Gambarnya


Concierge hotel memegang peranan penting pada pelayanan tamu atau customer dalam keseharian sebuah operasional hotel. Istilah concierge berasal dari perancis, yang memiliki arti “Keeper of the keys”. Keeper disini maksudnya adalah penjaga atau pemelihara, di mana sebagai penjaga Concierge menjadi point utama kontak dengan tamu hotel yang mencari informasi dan bantuan selama mereka tinggal.
    Secara struktural posisi concierge berada dalam Front Office department, yang mana posisi concierge memiliki tugas dan tanggung jawab sendiri dalam kesehariannya. Bersama dengan front desk agent sering kali posisi Concierge menjadi wajah sebuah hotel untuk banyak tamu. Concierge section adalah yang paling pertama dan terakhir dalam memberikan pelayanan saat pertama kali tamu tiba dan saat meninggalakan hotel, dan dari sini tamu bisa memberikan penilaian mengenai pelayan yang diberikan hotel secara umum.
    Bekerja sebagai Hotel concierge memiliki arti yang mana focus kita adalah memastikan segala kebutuhan dan permintaan tamu bisa terpenuhi dan setiap tamu memiliki kenangan yang baik selama mereka tinggal. Pelayanan concierge yang diberikan tidak terbatas hanya pada pelayanan atau penyimpanan barang, lebih dari itu seorang concierge harus paham dan memiliki pengetahuan yang luas mengenai hotel dan local area di luar hotel. Tamu akan datang dan mendekati concierge dengan membawa pertanyaan, mencari saran dan berbagai macam permintaan solusi masalah.

 

 Baca Juga : Struktur Organisasi Laundry dan Standard Operational Procedur Secara Lengkap

 

 Tugas dan tanggung jawab Concierge

 Beberapa hotel menggunakan istilah concierge, namun di hotel lain ada yang menggunakan istilah uniformed service untuk pekerjaan yang hampir sama. Tugas utama bagian ini adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pelayanan penanganan barang bawaan tamu tiba, pindah kamar dan tamu-tamu berangkat
  • Memberikan pelayanan penyampaian surat & pesan tamu
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan pelayanan tamu


 Struktur Organisasi Concierge

Banyak atau sedikitnya petugas dibagian concierge tergantung pada ukuran hotel dan spesifikasi pelayanan dan pekerjaannya. Berikut ini adalah contoh struktur organisasi bagian concierge pada hotel besar yaitu:

Gambar Struktur Organisasi Concierge

 



Jika dilihat dari struktur organisasi bahwa concierge terdiri dari beberapa Seksi yaitu: chief concierge, bell captain, airport representative, doorman/doorgirl, bellman/bellboy.

 Jenis-jenis barang Bawaan Tamu

 Ada beberapa jenis barang bawaan tamu yang lazim dibawa pada saat menginap di hotel yaitu:

  • Trunk :  sebuah tas atau koper besar untuk membawa pakaian dan perlengkapan lain seperti perlengkapan film.

Gambar 3.31. Trunk


  • Suitcase :  Digunakan saat perjalanan untuk membawa pakaian. Tas ini sering dikenal dengan koper pakaian. Suit case ada 2 macam yaitu : hard  suitcases terbuat  dari metal atau plastik, sedangkan soft suitcases terbuat dari kulit, kain atau kain kanvas.
  • Handbag (satchel) :  Sebuah jenis tas yang terbuat dari bahan yang lembut seperti kulit, plastik, kain, atau kanvas yang diberi lapisan didalamnya yang mana biasanya tas ini dibawa dengan cara menenteng. Tas ini biasanya untuk membawa barang-barang yang sifatnya ringan.


Gambar 3.32. Handbag

 


 Gambar 3.33. hard suitcase

 


  • Briefcase : Bentuknya hampir sama dengan tas tangan, tas tangan ini biasanya digunakan untuk membawa dokumen.


Gambar Briefcase

 


 

  • Cosmetic  case  (beauty case, vanity case) : Tas untuk menyimpan berbagai peralatan kosmetika.


Gambar.3.34. Cosmetic case

 


 

 

  • Hat box : Tas untuk menyimpan atau membawa topi, bentuk tas ini umumnya menyerupai topi yang dibawa.
  • Haversack :  Tas ini terbuat dari kanvas, dikenal juga dengan tas tentara, tas untuk membawa pakaian dan atau makanan.
  • Val–pak (val case) : Sejenis tas pakaian yang dapat dilipat, biasanya tas ini dapat digantungkan.
  • Traveling bag (houlder-bag) : Tas kecil atau sering disebut tas pundak, biasanya digunakan oleh para pendaki gunung.
  • Garment bag (valet bag, suit bag) : biasanya terbuat dari kulit, kain atau plastik. Tas ini biasanya untuk membawa baju jas, jaket, celana dsb dan bisa digantung di hanger.
  • Golf case : tas untuk membawa perlengkapan olah raga golf
  • Camera case : tas untuk membawa perlengkapan foto seperti camera body, lensa, flashes dsb.


 Baca Juga: Peralatan Cucian (Laundry Machine) Beserta Penjelasannya

 

 Demikian Penjelasan Tentang Concierge Adalah - Tugas dan Tanggung Jawab Beserta Jenis-jenis barang Bawaan Tamu Besera Gambarnya. Semoga Bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel