Front Office Meliputi Fungsi & Peranan Beserta Kepribadian Seorang Petugas Kantor Depan


Kantor Depan adalah cermin dari kualitas hotel untuk pertama kali bagi tamu saat memasuki suatu Hotel, untuk itu kesiapan, kesigapan, ketepatan serta kemampuan semua karyawan dibagian kantor depan dalam menjalankan fungsi tugas dan tanggung jawabnya sangatlah menentukan dalam memberikan impresi baik maupun kurang baik atau buruk pada para tamu Hotel sebelum para tamu tersebut mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang lainnya saat mereka datang untuk menginap maupun tidak di suatu Hotel. Ingat ada dorongan motivasi berupa slogan bagi karyawan kantor depan sebagai berikut: “ WE DO NOT HAVE A SECOND CHANCE TO GIVE GOOD IMPRESSION TO OUR  GUESTS”  (Kita tidak pernah mendapatkan kesempatan kedua untuk memberikan impresi yang baik kepada para tamu kita).

 

Baca Juga: Laundry adalah - Meliputi Nama Peralatan yang digunakan di laundry Beserta Gambarnya



Kantor depan  hotel (front  office) secara operasional berhubungan dengan tamu dan area kerjanya tidak jauh dari lobby, daerah yang paling ramai hilir mudik tamunya, oleh sebab itu bagian ini disebut dengan bagian front office. Kantor depan hotel merupakan salah satu bagian dari hotel yang paling penting dalam hal mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh hotel. Tujuan dari kantor depan hotel adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan tingkat hunian kamar serta pendapatan hotel dari tahun ke tahun
  • Meningkatkan jumlah tamu langganan
  • Memenuhi kebutuhan dan kepuasan tamu secara baik, tepat dan cepat kepada tamu
  • Membentuk citra hotel yang positif


Kantor depan hotel memiliki fungsi dalam mewujudkan tujuan dari hotel, fungsi tersebut dilakukan oleh petugas kantor depan sehari-hari, adapun fungsi-fungsi tersebut adalah:

  • Menjual kamar, kegiatan yang dilakukan antara lain: menerima pemesanan kamar, melakukan pendaftaran tamu, memblok kamar.
  • Memberikan informasi mengenai seluruh produk, fasilitas, pelayanan dan aktivitas yang ada di hotel maupun diluar hotel.
  • Mengkoordinasikan kepada bagian lain yang terkait dalam rangka memenuhi keinginan tamu serta memberikan pelayanan yang maksimal.
  • Melaporkan status kamar yang terkini
  • Mencatat, memeriksa pembayaran tamu serta menangani rekening tamu
  • Membuat laporan yang dibutuhan oleh hotel
  • Memberikan pelayanan telekomunikasi untuk tamu
  • Memberikan pelayanan barang bawaan tamu
  • Menyelesaikan keluhan tamu


 


Selain mempunyai fungsi yang penting, front office juga berperan penting dalam hal pelayanan dan pencapaian tujuan hotel yakni memberikan pelayanan yang diharapkan oleh tamu, membentuk citra hotel dan pendapatan yang maksimal. Peranan itu antara lain:

  1. Pemberi informasi- Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega / teman sejawat lainnya.
  2. Penjual(sales person) - Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama  menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan langsung dengan tamu hotel.
  3. Wakil manajemen - Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai  wakil manajemen untuk mengatasi / menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.
  4. Penyimpan data - Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh  petugas kantor  depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor depan, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang.
  5. Diplomatis - Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.
  6. Pemecah masalah - Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
  7. Humas - Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik



 Kepribadian Seorang Petugas Kantor Depan

 Kepribadian petugas kantor depan sangat menentukan terhadap produk dan pelayanan yang diberikan, sebab harapan dan keinginan tamu yang datang ke hotel adalah menginginkan satu paket yang terbaik antara produk, pelayanan dan proses pemberian pelayanan tersebut.

Adapun kepribadian yang harus dimiliki oleh petugas kantor depan adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai pengetahuan yang baik tentang produk  hotel (good general knowledge of hotel product)
  • Berpenampilan yang baik dan rapih
  • Mempunyai keahlian yang baik
  • Dapat dipercaya
  • Mampu berdiplomasi
  • Berinisiatif
  • Berkelakuan baik
  • Mempunyai kemauan yang besar untuk selalu memberikan pelayanan


 Baca Juga: Definisi hotel Meliputi Status Hotel Berdasarkan Kepemilikan, Struktur Organisasi dan Kesan Tamu Terhadap Hotel

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel