Sistem Operasi Adalah - Macam - Macam, Fungsi, Perkembangan, Cara kerja, dan Contoh sistem operasi


Pengertian Sistem Operasi

Definisi umum dari sistem operasi adalah sebuah perangkat lunak sistem yang mampu mengelola sumber daya (resources) dari software dan hardware agar dapat berjalan dengan baik serta memudahkan proses interaksi dengan pengguna atau user (brainware).

Jika kita analogikan sederhana, hubungan antara operating system dengan komputer adalah seperti kendaraan bermotor dan bahan bakar. Dimana, tanpa adanya bahan bakar, tentu saja kendaraan bermotor tidak akan bisa berjalan dengan semestinya.

Sama halnya dengan sistem operasi, dimana anda tidak akan bisa menggunakan perangkat komputer apabila tidak adanya OS. Begitu juga sebaliknya, apabila anda mempunyai perangkat sistem dan tidak mempunyai komputer maka menjadi tidak berguna.


 
 
 

Ragam sistem operasi

Sistem  operasi  yang  digunakan  untuk  sistem  komputer  umum  termasuk  komputer personal  terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:
  1. Keluarga  Microsoft  Windows  –  sistem  operasi  meliputi  antara  lain ialah Windows Desktop Environment berbasis MS-DOS (versi 1.x hingga  versi  3.x),  berbasis  GUI  Windows  9x  (Windows  95,  98,  dan Windows ME).  Sistem  operasi  berbasis  Windows  NT  seperti  Windows  NT  3.x,  Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003,  windows server 2008, windows server 2008 R2, Windows Home Server  Windows  Vista,  Windows  7  (Seven)  yang  dirilis  pada  tahun  2009,  Windows  8  yang  dirilis  pada  Oktober  2012  dan Windows  Orient  yang  akan dirilis pada tahun 2014.  Keluarga Windows CE seperti windows  CE 1.0-CE 6.0 dan Windows Mobile. 
  2. Keluarga  Unix.  Sistem  operasi  ini  menggunakan  antarmuka  sistem  operasi  POSIX,  seperti  SCO  UNIX,  keluarga  BSD  (Berkeley  Software  Distribution),  GNU/Linux,    debian,  red  hat,  SUSE,  Ubuntu,  Zeath  OS  (berbasis  kernel  linux  yang  dimodifikasi.).  MacOS/X  (berbasis  kernel  BSD  yang  dimodifikasi,  dan  dikenal  dengan  nama  Darwin)  dan  GNU/ Hurd.  Sistem  operasi  keluarga  unix  lainnya  seperti  AIX,  Amiga  OS,      DragonFly  BSD,  Free  BSD,  GNU,  HP-UX,  IRIX,Linux,  LynxOS,  MINIX, NetBSD, OpenBSD, OS X, Plan 9, QNX, Research UNIX, SCO  OpenServer, Solaris, UNIX System V, Tru64 UNIX, UnixWare,  
  3. Keluaraga  Mac  OS.  Sistem  operasi  ini  dikeluarkan  oleh  industri  komputer  Apple  yang  disebut  Mac  atau  Macintosh.  Sistem  operasi  ini  antara lain ialah Public Beta (Kodiak), Mac OS X 10.0 (Cheetah), Mac  OS X 10.1 (Puma), Mac OS X 10.2 (Jaguar), Mac OS X 10.3 (Panther),  Mac  OS  X  10.4  (Tiger),  Mac  OS  X  10.5  (Leopard),  Mac  OS  X  10.6  (Snow Leopard), Mac OS X 10.7 (Lion), Mac OS X 10.8 (Mountain Lion).  Berbasis Server : OpenStep, Raphsody, Mac OS X Server 1.0, berbasis  Mobile: iOS. Awal tahun 2007 dikeluarkan  versi 10.5 (Leopard). Tahun  2011  diluncurkan  versi  10.7  (lion).  Sistem  tersebut  menggunakan  interface  TEXT  (DOS,  POSIX,  LINUX),  dan    GUI  (Graphical  User  Interface) seperti MS Windows dan LINUX (berbasis TEXT dan berbasis  GUI).
 
 

Fungsi sistem operasi

Fungsi sistem operasi komputer Mengutip dari buku Cara Mudah Desain Sistem Operasi Linux Ubuntu, 16.04 LTS Edition dalam 5 Jam (2020), fungsi utama dari sistem operasi ialah mengelola sumber daya yang ada pada komputer. Selain itu, sistem operasi juga berfungsi untuk menyediakan layanan ke pengguna, sehingga bisa lebih mudah saat memanfaatkan berbagai sumber daya komputer. Selain dua fungsi tersebut, sistem operasi komputer atau operating system juga berfungsi untuk mengelola data yang ada dalam komputer serta mengatur perangkat lunak dan perangkat keras agar bisa bekerja dengan stabil.
 

 Perkembangan Umum Sistem operasi

  • Generasi awal tahun 1945 – 1955 merupakan perkembangan awal komputasi elektronik sebagai pengganti system komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat dapat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada Operating System, maka computer system diberi instruksi yang harus dikerjakan langsung oleh pengguna.
  • Generasi kedua tahun 1955-1965 memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Generasi ini sistem komputer belum dilengkapi operating system, tetapi beberapa fungsi operating system telah ada, contohnya fungsi operating system ialah FMS dan IBSYS
  • Generasi Ketiga tahun 1965-1980 operating system pada generasi ini dikembangkan untuk melayani banyak pemakai, dimana para pemakai berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer. Operating system menjadi multi-user (digunakan oleh banyak pengguna sekaligus), multi-programming (melayani banyak program sekaligus) dan multi tasking (melayani banyak tugas dan pekerjaan / Batch Processing System)
  • Generasi Keempat 1980 – 2000-an pada masa ini operating system telah menggunakan Graphical User Interface(GUI) yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman dan mudah digunakan. Pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar (distributed computer) dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.
  • Generasi Selanjutnya  Pada  generasi  ini  diperkenalkan  Sistem  Operasi  yang  berada  dalam  sebuah  Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak  seperti:  PDA,  Poket  PC,  Laptop,  Notebook  dan  NetBook.  Sistem  Operasi  jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal  satu  buah  Sistem  Operasi  pada  perangkat  Server.  Pada  masa  ini,  diperkenalkan virtualization sistem yaitu satu komputer dapat diclonning secara  virtual menjadi  lebih  dari  satu  komputer  (sistem  operasi)  yang  dapat  bekerja  bersama-sama,  Cross  Platform  Operating  System  (multiboot  system)  yang  dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi berbeda seperti : Linux  dan  Windows.    Generasi  ini  merupakan  awal  tren  Mobile  Computing,  yang  perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows mobile,  Windows  Phone  dan  Symbian.  Pada  masa  ini  dikenalkan  sistem  iClaud  (layanan  komputasi  awan)  yaitu  sistem  layanan  jaringan  yang  dipublikasikan  oleh  Apple  Inc  pada  tanggal  6  Juni  2011  di  San  Fransisco.  iCloud
    memungkinkan  para  penggunanya  untuk  mensinkronisasi  data  seperti  foto,  musik,  dan  dokumen  dari  perangkat satu ke  perangkat  lain  seperti ke dalam  iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang  bersamaan. 
 
 

 Cara kerja OS


Setelah mengetahui beberapa hal mengenai sistem operasi, berikutnya kita akan membahas secara singkat mengenai cara kerja dari OS. Baik Windows, Linux, atau Mac OS tentunya memiliki paradigma yang mungkin berbeda, namun kita akan membahasnya beberapa hal untuk memberikan pengetahuan dasar terkait fungsionalitas sebuah sistem operasi.

Tahap yang pertama, sistem operasi akan dimuat dalam perangkat komputer menggunakan boot program, dimana proses booting dilakukan saat menyalakan PC atau device lain. Setelah itu, OS bertugas untuk mengatur dan mengelola setiap program aplikasi pada perangkat yang anda gunakan.

Aplikasi tersebut akan membuat permintaan kepada API (Application Programming Interface) agar user tidak perlu mengetahui bagian dapur dalam software yang sedang digunakan. Tugas dari sebuah OS akan mengeksekusi berbagai instruksi yang dilakukan melalui user. Sehingga, tujuan utama dari sebuah operating system tentu saja untuk mempermudah proses user dalam menggunakan aplikasi dengan efektif dan efisien.
 

Contoh sistem operasi

Contoh sistem operasi komputer Contoh sstem operasi dalam komputer adalah Windows. Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling banyak digunakan sampai saat ini. Sistem operasi ini masih mengalami pengembangan fitur dan lain sebagainya. Contohnya Windows 10, Windows Vista, dan lain sebagainya. Selain itu, juga ada sistem operasi Linux dan MacOS yang digunakan masyarakat walau tidak sebanyak Windows. Tentunya sistem operasi ini akan terus mengalami pengembangan atau peningkatan fitur sesuai dengan kebutuhan penggunanya.
 
 
 
 
Demikian Penjelasan Tentang  Sistem Operasi Adalah - Macam - Macam, Fungsi, Perkembangan, Cara kerja, dan Contoh sistem operasi. Semoga Bermanfaat
 
 
 Penelusuran terkait
  1. fungsi sistem operasi adalah
  2. contoh sistem operasi adalah
  3. fungsi dari sistem operasi adalah, kecuali
  4. sistem operasi adalah penghubung
  5. sistem operasi komputer
  6. sistem operasi adalah brainly
  7. dibawah ini yang bukan sistem operasi adalah
  8. materi sistem operasi

Belum ada Komentar untuk "Sistem Operasi Adalah - Macam - Macam, Fungsi, Perkembangan, Cara kerja, dan Contoh sistem operasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel