Jenis Tarif Kamar dan Metode Pembayarannya yang Berlaku secara Umum di Hotel

 


Hotel atau tempat menginap adalah salah satu hal penting yang menentukan kenyamanan kita saat sedang berpergian ke luar kota.Jika salah memilih hotel, bisa jadi liburan kita berantakan. Sayangnya, meskipun sudah memilih hotel yang tepat, banyak orang keliru memilih jenis kamar hotel.Akibatnya, tingkat kenyamanan jadi berkurang karena tipe kamar tersebut tidak sesuai keinginan atau kebutuhan kita.Oleh karena itu, sebelum booking hotel, sebaiknya kamu mengetahui jenis dan tipe kamar hotel yang paling umum tersedia di dunia.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini 10 tipe dan jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas dan jumlah tempat tidur.

 

Baca Juga: Pengetian Dinasti Wisata, Produk Industri Pariwisata, Sistem Pariwisata dan Produk Industri Pariwisata



Tipe-Tipe Kamar Hotel yang Perlu Kamu Ketahui

  •  Standard Room

Seperti namanya, jenis kamar standard room adalah tipe kamar hotel yang paling dasar di hotel.Biasanya, kamar tipe ini dibanderol dengan harga yang relatif murah. Fasilitas yang ditawarkan pun standar seperti kasur ukuran king size atau dua queen size. Namun, penawaran yang diberikan tergantung pada masing-masing hotel. Standard room hotel bintang 1 dan bintang 5 tentu berbeda.

  • Superior Room

Pada dasarnya, superior room adalah tipe kamar yang sedikit lebih baik dari tipe standard room.Perbedaannya dapat berupa dari fasilitas yang diberikan, interior kamar, atau pemandangan dari kamar.

  • Deluxe Room

Di atas tipe kamar hotel superior room adalah deluxe room. Kamar ini tentu memiliki kamar yang lebih besar. Tersedia pilihan kasur yang bisa kamu pilih, double bed atau twin bed. Biasanya, dari segi interior kamar ini terkesan lebih mewah.

  • Junior Suite Room

Tipe kamar hotel junior suite room ditandai dengan adanya ruang tamu. Namun, ruang tamu tersebut masih berada satu ruangan dengan tempat tidur.Ruang tamu tersebut biasanya dibatasi atau disekat dengan lemari besar agar tempat tidur tidak terlihat.

  • Suite Room

Suite room berada di atas tipe kamar hotel junior suite room. Ruang tamu di kamar hotel ini terpisah dari kamar tidur.Dari segi fasilitas, tentu berbeda dari junior suite room. Selain ruang tamu, biasanya tipe kamar hotel ini dilengkapi dengan dapur.

  • Presidential Suite

Presidential suite adalah tipe kamar hotel yang terbaik dan paling mahal. Bahkan, tidak semua hotel memiliki presidential suite.Fasilitas yang ditawarkan pun tentu yang terbaik, mulai dari interior, pemandangan kamar, dan masih banyak lainnya.

  • Single Room

Single room adalah tipe kamar hotel yang paling umum. Tipe kamar hotel ini terdiri dari satu single bed, sofa, dan kamar mandi. Ukuran kamarnya juga tidak terlalu besar.Biasanya tipe kamar hotel ini dipilih oleh para backpacker atau solo traveler karena fasilitasnya memang untuk satu orang dan harga yang murah.

  • Twin Room

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak bahwa tipe kamar hotel ini memiliki dua tempat tidur ukuran single yang terpisah.Tipe kamar hotel ini cocok digunakan untuk suami istri atau menginap bersama teman dengan jumlah orang 2-3 orang.

  • Double Room

Ingin menginap dengan lebih nyaman dan fasilitas yang lebih baik? Kamu bisa memesan tipe kamar hotel double room.Tipe kamar hotel ini biasanya memiliki ukuran kasur yang besar seperti king size. Double room ini cocok banget buat pasangan suami istri yang ingin berbulan madu.

  • Family Room/Triple Room

Pergi traveling bersama keluarga besar atau teman-teman? Kamu bisa pilih tipe kamar hotel family room. Dari segi ukuran kamar, tentu jauh lebih luas daripada tipe kamar hotel lainnya.Tipe kamar hotel family room ini biasanya tersedia satu tempat dengan ukuran king size dan satu tempat tidur dengan ukuran yang lebih kecil.

  • Connecting Room

Tipe kamar hotel dengan Connecting Room ini cocok untuk kamu yang pergi bersama keluarga besar atau rombongan tetapi ingin memiliki kamar tidur masing-masing. Kamar kamu dan anggota keluarga lainnya akan bersebelahan dan terdapat pintu yang menghubungkan kamar kalian.Sehingga, kalau kamu atau anggota keluarga lainnya ingin ke kamar satu sama lain, bisa melalui connecting door dan tidak perlu repot melalui pintu depan, Toppers.

  •  Murphy Room

Murphy room ini adalah tipe kamar hotel yang menyediakan sofa bed di kamar. Sofa bed ini digunakan sebagai tempat tidur pada malam hari dan ruang tamu di siang hari. Besar kamar Murphy Room ini sekitar 20 – 40 m. Wah, seru, ya konsepnya!

  • Accessible Room/Disabled Room

Tipe kamar Accessible Room/Disable Room ini tersedia untuk para tamu yang memiliki keterbatasan.Adanya tipe kamar ini juga diwajibkan oleh hukum, loh, untuk menghindari diskriminasi. Hal ini juga dibuat agar memudahkan tamu-temu tersebut saat menginap di hotel.

  • Smoking/Non Smoking Room

Biasanya tamu tidak diizinkan untuk merokok di dalam kamar. Tetapi, banyak hotel yang sudah menyediakan tipe kamar hotel Smoking/Non Smoking Room.Hal ini juga berguna agar tidak mengganggu tamu selanjutnya dengan aroma rokok yang terdapat pada kamar. Jadi, kalau kamu seorang perokok, sekarang bisa memesan kamar dengan tipe smooking room.

  • Cabana Room

Kamu ingin langsung berenang saat buka pintu kamar? Atau punya private pool? Pilih tipe kamar hote Cabana Room!Tipe kamar hotel ini memang didesain dengan kolam renang private untuk pemesan kamar tersebut. Luas kamar Cabana Room ini sekitar 30 – 40 m.

 

Jenis harga kamar

Pada dasarnya hanya ada dua jenis harga kamar di hotel yaitu harga kamar normal dan harga kamar khusus. Harga kamar normal(rack rate/publish rate/normal rate) adalah harga kamar normal/tidak diskon untuk setiap kamarnya, sedangkan harga kamar khusus adalah harga kamar khusus yang diberlakukan/ dibedakan sesuai dengan jenis tamu, fasilitas, event, hari dsb. Beberapa contoh harga kamar khusus yaitu:


  1. Walk-in guest rate. Khusus untuk tamu hotel yang datang ke hotel tanpa melakukan pemesanan kamar sebelumnya. Ada hotel yang memberikan harga tertentu tetapi masih ada ruang untuk ditawar sampai ke harga yang paling rendah, yang menjadi patokan bagi hotel (buttom rate).
  2. Group rate. Grup adalah tamu dari satu perusahaan atau kelompok yang memesan kamar di hotel untuk hari tertentu dengan jumlah kamar minimal 8 kamar. Mereka bisa datang bersama-sama dan juga secara sendiri-sendiri. Hanya saja, mereka dalam satu perusahaan atau rombongan yang sama untuk menginap di hotel yang sama.
  3. Travel agent rate. Harga kamar untuk travel agent, bahkan ada hotel yang memasang harga kamar terendah untuk kelompok travel agent. Biro perjalanan untuk mendapatkan harga rendah karena mereka adalah salah satu urat nadi suatu hotel yang terus mensuplai tamu secara terus menerus, sehingga travel agent yang satu mendapatkan harga yang berbeda untuk hotel, dengan harga hotel yang lain.
  4. Corporate rate adalah harga kamar khusus untuk tamu yang berasal dari perusahaan tertentu. Namun harga khusus ini juga diberlakukan untuk tamu langganan.
  5. Embassy rate adalah harga untuk para tamu yang berasal dari kedutaan suatu negara.
  6. Airline crew rate adalah harga kamar untuk awak pesawat baik pilot maupun awak kabin atau pramugara dan pramugari serta bagian keamanan.
  7. Airline passenger rate. Harga kamar untuk penumpang pesawat terbang adalah mereka yang naik pesawat terbang ke suatu tempat tetapi karena jadwal penerbangannya menghendaki mereka harus tinggal semalam di hotel, mereka harus menginap di suatu hotel. Untuk mereka yang naik pesawat terbang tersebut ada satu kontrak harga, yang biasanya diwakili dari perusahaan penerbangan dengan pihak hotel untuk menandatangani kerja sama yang disepakati bersama.
  8. Week end rate rate. Harga kamar khusus untuk tamu yang menginap di hotel pada hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Pada hotel bisnis, pada akhir pecan biasanya ada harga yang sedikit lebih rendah dari harga kamar pada waktu hari biasa, karena kebanyakan tamu yang datang ke hotel tersebut adalah untuk bisnis, pertemuan, dan konferensi. Sedangkan untuk hotel resort atau yang terletak di daerah tujuan wisata, pada akhir pekan dan hari libur, hotelnya malah ramai dan cenderung penuh. Oleh karena itu, harga kamar di akhir pekan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan weekdays.
  9. Membership card rate. Harga kamar khusus untuk tamu yang sudah menjadi anggota/klub suatu hotel. Keanggotaan ini diberikan kepada orang yang mendaftar sebagai anggota dengan membayar sejumlah uang keanggotaan. Mereka akan memperoleh fasilitas yang cukup banyak, baik potongan harga khusus maupun berbagai kemudahan untuk menggunakan fasilitas yang ada di hotel.
  10. Hoteliers rate. Harga kamar khusus biasanya berkisar pada 40-60% diskon dari harga jual umum (published rate) untuk orang yang bekerja di hotel tertentu. Orang hotel diberikan harga kamar khusus sebagai refleksi dari fasilitas yang juga diberikan jika kita bermalam di hotel lain, sehingga menjadi satu rangkaian semacam ketentuan tidak tertulis
  11. Press rate. Para wartawan juga mendapatkan harga khusus jika mereka hendak bermalam di hotel. Ini dimungkinkan terutama untuk suatu hotel besar yang mempunyai banyak tipe kamar dan juga relasi yang sangat luas. Wartawan adalah bagian dari pemasaran hotel, khususnya ada kedekatan dengan bagian Public Relations suatu hotel untuk melakukan promosi, press release, press conference, dan lain sebagainya.
  12. Government rate. Tamu yang berasal dari kantor pemerintahan seperti Departemen Dalam Negeri, Tenaga Kerja, Imigrasi, Kepolisian, TNI, Perhubungan, Pertambangan dan Energi, Kesehatan, dan lain sebagainya, juga mendapatkan pengelompokan harga kamar tersendiri.
  13. Long staying guest rate. Batasan dari long staying adalah tamu yang bermalam di hotel untuk jangka waktu dua minggu atau lebih. Ada juga hotel yang menetapkan lama tinggal tamu minimal satu minggu, tetapi ada juga yang memberlakukan tamu yang menginap selama minimal satu bulan. Hal itu tergantung dari jenis hotel dan tingkat kesibukan serta bisnis di hotel tersebut. Tamu yang berencana tinggal untuk masa menginap yang lama sesuai dengan kategori long stay guest akan diberikan harga kamar khusus yang lebih rendah dari published rate, atau tamu individu yang tinggalnya hanya satu atau dua hari.
  14. Certain packages rate. Certain packages adalah kata lain dari paket khusus yang ditawarkan di hotel. Paket khusus tersebut, antara lain paket liburan, paket bisnis, paket hemat, paket lebaran, paket natal, paket tahun baru, paket belanja, dan berbagai macam paket yang lain. Penjualan sistem paket berkaitan dengan penjualan kamar di hotel yang juga mengikutsertakan penjualan bagian fasilitas hotel yang lain. Misalnya, harga yang ditawarkan kepada pelanggan, untuk paket liburan, sudah termasuk biaya akomodasi, makan pagi termasuk dua anak di bawah dua belas tahun, gratis penggunaan taman bermain, gratis masuk ke kolam renang, serta ada penambahan gratis untuk kue tertentu serta es krim. Dalam paket bisnis dijual ke tamu dengan satu harga yang sudah meliputi harga kamar, penggunaan ruang meeting, pemakaian fasilitas pusat bisnis serta sarapan pagi dan makan siang di restoran.

 

 

Metode pembayaran

 Metode/jenis pembayaran yang lazim digunakan di hotel yaitu:
  • Cash tunai dapat berupa mata uang rupiah atau mata uang asing.
  • Credit card visa, mastercard, JCB, BCA card, AMEX, dinners club.
  • Travel cheque. Cek yang dikeluarkan oleh suatu bank dengan jumlah sesuai dengan yang tertera pada kertas. Travel cheque ini khusus untuk orang yang melakukan perjalanan luar negeri.
  • Travel agent voucher. Alat pembayaran yang berupa voucher yang dikeluarkan oleh perusahaan biro perjalanan.
  • Company legder with guarantee letter: Pembayaran yang akan ditagihkan ke perusahaan dengan surat jaminan dari perusahaan tersebut.

 

Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Pariwisata dari Aspek Sosial dan Aspek Politik

 

  Istilah di Hotel

 Inilah beberapa istilah yang sering kamu dengar ketika berada di hotel berbintang.

  • Check In (C/I) - Sebuah proses regristrasi tamu yang datang untuk memesan kamar.
  • Check Out (C/O) - Proses tamu yang keluar dari kamar hotel dan melakukan proses pembayaran.
  • Online Travel Agent (OTA) - Pemesanan kamar hotel secara online
  • Stay Over - Perpanjangan masa tinggal tamu di hotel.
  • Morning Call atau Wake Up Call - Panggilan untuk tamu hotel di pagi hari yang bertujuan untuk membangunkan si tamu atas permintaan tamu.
  • Welcome Drink  - Jamuan minuman untuk tamu hotel yang disediakan secara cuma-cuma sebagai ucapan selamat datang. Biasanya dijumpai di lobby hotel.
  • Vallet - Sebuah pelayanan yang ditawarkan oleh pihak hotel untuk memarkirkan kendaraan para tamu. Kamu cukup memberikan kunci mobil kepada petugas parkir hotel.
  • Menu A’la carte - Menu yang memiliki harga masing-masing ketika dipesan oleh tamu hotel.
  • Full Set Menu - Merupakan menu yang dapat kamu pesan secara paket. Biasanya paket tersebut terdiri dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan penutup.
  • Buffet - Sebuah jamuan untuk prasmanan dan memiliki banyak pilihan menu hidangan.
  • Clear Up  - Pengambilan peralatan makanan yang sudah tidak digunakan pada saat atau setelah tamu menyantap menu hidangan.
  • Guest Napkin - Istilah serbet makan yang terbuat dari kain.
  • Dinner Napkin Tissue - Tisu makan, biasanya ada di atas meja.
  • Liquor/Liqueurs -  Minuman yang memiliki kadar alkohol.
  • Mocktail - Minuman yang yang terbuat dari bahan campuran, non alkohol. Biasanya berbahan dasar buah dan soda.
  • Sunny Side Up - Salah satu menu telur mata sapi dengan kuning telur yang masih lembek
  • Cocktail  - Campuran minuman yang menggunakan liquor / alkohol atau bisa juga dicampur dengan buah-buahan.
  • Paid - Istilah nota sudah terbayarkan secara lunas.
  • Void - Proses pembatalan transaksi.
  • Cancellation Fee - Biaya yang dibebankan kepada pemesan ketika membatalkan pemesanan
  • Compliment - Penghargaan kepada tamu oleh pihak hotel atau pembebasan biaya.
  • City ledger - Transaksi denda yang dilakukan selama tamu masih menginap di hotel.
  • Company Account - Pembayaran yang dilakukan oleh pihak ketiga. Biasanya dilakukan oleh perusahaan untuk karyawan atau staf perusahaan tersebut untuk sebuah bisnis.
  • Account Settlements - Pembayaran atas tagihan yang belum dibayar oleh tamu.
  • Advance Reservation Deposit - Uang muka yang digunakan untuk pembayaran dan diterima pihak hotel dari tamu atau travel agent atas pemesanan kamar hotel. Biasanya uang muka minimal yang dapat diterima seharga satu malam yang ditambah dengan pajak dan pelayanan.
  • Advance Deposit - Sejumlah uang yang dibayarkan sebagai jaminan pemesanan reservasi kamar, dapat dibayar sebagian dari harga kamar.
  • Service Charge - Uang yang ditambahkan sebagai pembayaran atas jasa atau pekerjaan yang diberikan oleh pihak hotel.
  • Traveller Cheque - Sebuah kertas berharga yang menunjukkan sejumlah uang untuk orang-orang yang suka berpergian jauh agar mudah dibawa dan mudah membayar dalam jumlah besar.
  • CardVer - Card Verification adalah  pengeblokan dana dari kartu kredit tamu yang akan menginap dan menggunakan fasilitas hotel.
  • Standard room (STD) - Sebutan untuk type kamar termurah atau standar.
  • Superior room (SUP) / Premium room - Sebuah sebuatan untuk kamar standar yang memiliki fasilitas kamar yang lebih. Biasanya type ini tidak sama pada setiap hotel.
  • Deluxe room (DLX) - Kamar yang didesain lebih berkelas. Mulai dari tampilan luar kamar hingga penataan perabot yang ada di dalam kamar.
  • Junior suite room (JRSTE) / Studio (STU) - Kamar yang memiliki ukuran besar dan terdapat beberapa ruangan seperti seating area, dan mini bar yang terpisah.
  • Suite room (STE) - Kamar type suite ini biasanya menyerupai apartemen di dalam kamar hotel.
  • Presidential / Penthouse room - Hampir sama seperti suite room, namun presidential suite lebih luas dan menyerupai Penthhouse. Kelas kamar ini merupakan kelas kamar tertinggi di ranah perhotelan.

 

 Baca Juga: Dampak Positif dan Negatif Pariwisata dari Aspek Lingkungan dan Aspek Ekonomi

 

 Penelusuran yang terkait dengan istilah dalam pemesanan kamar hotel

  • istilah dalam reservasi hotel
  • istilah perpanjang kamar hotel
  • istilah kamar hotel
  • 250 istilah dalam front office
  • room assigned on arrival artinya
  • arti incharge dalam perhotelan
  • singkatan dalam reservasi hotel
  • incognito hotel adalah

Belum ada Komentar untuk "Jenis Tarif Kamar dan Metode Pembayarannya yang Berlaku secara Umum di Hotel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel