Penangan guest laundry dan house laundry Meliputi Penerimaan Cucian Tamu, Penerimaan Cucian Lena , Penyelesaian Administrasi Laundry dan Prosedur Laundry



 Pengertian Guest Laundry :

Guest laundry berasal dari kata Guest = tamu dan Laundry = Cucian. Jadi Guest Laundry adalah cucian milik tamu hotel. Atau dengan kata lain boleh kita katakan bahwa Guest Laundry adalah cucian milik tamu – tamu hotel di tempat kita bekerja, maupun dari tamu hotel sebelah manyebelah yang mengirimkan cuciannya ke hotel tempat kita bekerja. Pegawai binatu yang menangani guest laundry-pun khusus pula karena cara penanganan guest laundry harus extra hati-hati, agar tamu jangan sampai complain(mengeluh).
Biasanya petugas-petugas pada guest laundry ini adalah orang-orang pilihan yang sudah mempunyai reputasi baik di bagian laundry dan berpengalaman kerja bertahun-tahun. Jam terbangnya sudah dianggap mapan.


 Adapun uraian tugas ( Job Desciption) dari masing-masing jabatan di bagian Guest Laundry adalah :
1. Guest : Tamu menelpon ke seksi laundry agar pakaiannya di cuci.
2. Laundry Order Taker: bertugas menerima pesanan dari tamu
3. Morning Valet Boy : bertugas mengambil cucian dari kamar tamu yang berpesan bahwa ada cucian di kamarnya untuk dicuci hari ini.
4. Checker                                       11. Folder/Packer
5. Marker                                         12. Dry Cleaner
6. Sorter                                           13. Dry Cleaning Operator
7. Washer                                         14. Dry Cleaning Presser
8.Extacter                                        15. Billing / Pricing
9. Dryer                                           16. Evening Valet Boy
10. Presser                                       17. Guest : Tamu yang menerima pakaian bersihnya.
Pelayanan cucian tamu (guest laundry) di setiap hotel belum tentu sama. Hal ini selain bergantung pada besar kecilnya hotel, juga dipengaruhi oleh selera manjemen dalam membuat organisasi hotel. Namun pada prinsipnya sama, yaitu memberikan memberika pelayanan cucian tamu berpedoman pada ketentuan operasional pencucian pakaian tamu. Misalnya, One day service yang menurut peraturan diserahkan pada pagi hari dengan batas waktu pukul 10.00 pagi, dan akan selesai pada pukul 18.00 pada hari yang sama. Bila tamu menghendaki pelayanan yang cepat (special service), maka cucian tersebut selesai dalam waktu 2 jam. Pada umumnya, pencucian ditambah biaya tambahan 50%.

 

Baca Juga: Restoran dan Room service - Tujuan, Jenis Restoran, peralatan Makan, Cara pelayanan, Jenis menu, Jadwal makan

 

Penerimaan Cucian Tamu

 Sistem pelayanan

pelayanan cucian tamu di hotel ada dua jenis, yaitu cucain tamu yang tinggal di hotel (guest laundry) dan dari tamu luar hotel (out side laundry). Secara operasional pelayanan ini meliputi pelayanan pencucian  biasa (laundry service), pelayanan cuci kering (ddry cleaning service), dan setrika (press only). Sedangkan waktu pelayanannya terbagi menjadi dua yaitu:
  •  one day service/ regular/ today
adalah pelayanan pencucian pakaian tamu dimana cucian diserahkan atau dikumpulkan oleh petugas sebelum pukul 10.00 pagi dan akan dikembalikan pada pukul 18.00 pada hari yang sama
  • express service
adalah apabila tamu menghendaki pelayanan yang cepat, cucian/ pakaiannya selesai dicuci dalam waktu 2 sampai 3 jam. Untuk pelayanan ini biasanya hotel akan memberikan harga tambahan 100% dari harga normal
Selain pelayanan diatas ada juga tamu yang mengirimkan cuciannya setelah jam 10.00. tetapi menginginkan selesai pada hari yan sama seperti halnya pada one day service. Pelayanan seperti ini pihak hotel akan memberikan harga tambahan 50% dari harga normal

Prosedur Pelayanan

pengambilan cucian tamu dikamar menjadi tanggung jawab valet. Sedangkan untuk out side laundry tamu mengantar cuciannya ke hotel atau pihak hotel yang amengambil ke agen-agen laundry yang bekerjasama dengan hotel yang bersangkutan. Untuk penanganan out side laundry ini seksi counter bekerja sama dengan seksi valet pada saat pengecekkannya. Peralatan yangg harus dibawa valet pada saat pengambilan cucian tamu di kamar adalah tas cucian (laundry bag), dafftar cucian (laundry list), valet record dan alat tulis.

a.prosedur pengambilan cucian tamu (guest laundry)
  1. tamu yang berniat mencuciakan pakaiannya ke laundry dapat melalui beberapa cara, yaitu :menghubungi seksi order taker, menggantungkan kartu pelayanan laundry ( laundry service bag) di pintu, memberitahukan kepada room attendant atau floor captain
  2. informasi yang diterima oleh petugas di atas selanjutnya akan di informasikan kepada valet
  3. setelah menerima informasi tersebut valet menuju ke kamar tamu sambil membawa perlengkapan yang diperlukan
  4. sesampainya di kamar tamu valet mengetuk pintu kamar tamu 3x sambil menyebutkan identitasnya
  5. apabila pintu dibuka oleh tamu ucapkan salam dan katakan keperluan anda
  6. mintalah ijin kepada tamu untuk mengecek cucian
  7. setelah melakukan pengecekkan dan pada kolom hotel sudah terisi, masukkan kembali cucian ke dalam tas laundry beserta dengan list nya
  8. keluarlah dari kamar tamu ucapakan trimakasih kepada tamu
  9. tutup pintu pelan-pelan letakkan laundry pada kereta laundry bila anda membawanya
  10. isilah valet record dan bawalah cucian ke ruang laundry serahkan kepada checker
  11. checker selanjutnya akan mengecek cucian tersebut

b. penerimaan cucian tamu dari luar hotel (out side laundry)
  1. tamu akan dating ke hotel untuk menyerahkan cuciannya ke hotel dan diterima oleh seksi counter. Apabila hotel memiliki agen maka valet akan mengambil cucian tersebut ke agen yang bersangkutan
  2. seksi counter dan valet akan mengecek cucian yang dikirim oleh tamu dan mengisi kolom hotel pada laundry list
  3. masukkan kembali cucian kotor beserta dengan listnya ke laundry bag dan serahkan ke checker untuk di cek kembali

 

 

Penerimaan Cucian Lena Hotel

cucian lena hotel terdiri dari lena tata graha, tata hidang dan tata boga dan seragam karyawan. Teknik pengiriman lena kotor sangat bervariasi antara hotel yang satu dengan hotel yang lainnya.
Prosedur penerimaa cucian lena hotel (house laundry) adalah pengiriman lena kotor biasanya dilakukan oleh seorang linen attendant atau line boy. Ada juga pengirimannya dibawa langsung pleh petugas ke ruang lena atau laundry. Sedangkan untuk seragam karyawan biasanya diserahkan ke seksi uniform. Adapun prosedurnya adalah sebagai berikut

pengembalian cucaian bersih

setelah cucian selesai di proses, di setrika dan di pack petugas laundry akan mengembalikan kepada tamu sesuai dengan waktu pesanannya
1.prosedur pengembalian cucian tamu hotel (guest laundry)
  1. setelah cucian selesai dipak atau digantung dan ditempel laundry list, valet akan mengumpulkannya
  2. valet membawa cucian-cucian tersebut ke kamar tamu sambil membawa laundry vocher
  3. ketuk pintu kamar tamu sambil menyebutkan identitas
  4. setelah dibuka katakan maksud dan tujuan anda
  5. setelah tamu mengecek cuciannya mintalah tamu untuk menandatangani laundry vocher
  6. ucapkan terima kasih dan tutup pintu kamar tamu pelan-pelan
  7. setelah semua laundry diserahkan kepada tamu, serahkan laundry vocher yang sudah ditandatangani ke kasir kantor depan
2.prosedur pengembalian cucian tamu dari luar hotel (out side laundry)
  1. setelah cucian selesai dipak dan ditempel dengan laundry lilst aturlah di rak dengan rapi dan teratur
  2. apabila tamu/ pelanggan mengambil cucian mintalah laudry list yang aslu dari tamu dan cocokkan dengan laundry yang sudah diaatur di rak
  3. setelah cocok, serahkan kepada tamu. Apabila tamu menyelesaikan pembayarannya stempellah laundry vocher dengan stampel lunas
  4. serahkan laundry vocher beserta pembayarannya ke kantor depan
3.prosedur pengembalian lena hotel (house laundry) 
lena food and beverage dan housekeeping
  • setelah cucian selesa lena tersebut di serahkan ke general linen room beserta listnya
  • linen attendant akan mengecek jumlah dan jenis cucian
  • serahkanlah ke seksi/ departemen yang mengirimnya tertera di dalam linen laundry list
pakaian seragam karyawan
  • untuk pakaian seragam karyawan setelah dicuci, disetrika, dan digantung maka akan dibawa keruang lena
  • setelah dicek oleh seksi uniform selanjutnya akan diataur dalam lemari karyawan
 

Penyelesaian Administrasi Laundry

penyelesaian administrasi di laundry sangat bermanfaat untuk memudahkan perhitungan dan pengecekkan pencucian di laundry, digunakan bermacam-macam format sesuai dengan kegunaannya. Format ini dalam pengisiannya menjadi tanggung jawab masing-masing seksi

1.daftar cucian (laundry, dry cleaning, pressing list)
format ini diisi oleh tamu dan valet. Fungsinya adalah sebagai alat kontrol atas setiap pencucian di laundry. Untuk cuci biasa akan menggunakan laundry list, untuk cucian kering menggunakan dry cleaning list dan untuk pelayanan setrika saja menggenakan pressing list.

Informasi atas cucian tersebut sesuai dengan saat menyerahkan dan service yang di minta. Makin cepat waktu pengembalian cucian (express) maka makin mahal biaya ongkos cuci.

 Laundry list di setiap hotel tidak selalu sama. Informasi yang tertera biasanya tidak terlepas dari informasi penting. Biasanya list ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusaib sebagai berikut :

  • asli untuk tamu
  • copy ke dua untuk laundry
  • copy ke tiga untuk arsip

2.kwitansi pembayaran/ laudry vocher
laundry voucher dibuat berdasarkan laundry list, dry cleaning list, dan press list. Setiap list ini akan dibuatkan laundry voucher sendiri-sendiri meskipun dalam satu kamar.  Dari laundry voucher ini dapat diketahui berapa biaya pencucian yang harus dibayar tamu. Seddangkan untuk mengisinya menjadi tanggung jawab seksi counter dan administrasi.Laundry voucher dibuat rangkap tiga dan pendistribusainya sebagai berikut :
  • asli untuk tamu
  • copy ke dua untuk laundry
  • copy ke tiga untuk arsip

3.list of voucher/ daily guest laundry recapitulation
list ini merupakan rekapitulasi dari laundry voucher yang umumnya dibuat dala satu shift. Dari datanya dapat kita lihat jumlah penghasilan laundry selama satu shift.
List ini dibuat rangkap tiga dengan pendistribusainya sebagai berikut :
  • asli untuk tamu
  • copy ke dua untuk laundry
  • copy ke tiga untuk arsip
4.linen laundry list

list ini digunakan untuk mencatat pengiriman cucian milik hotel (house laundry) yang terdiri dari lena food and bevarage departemen, housekeeping departemen dan uniform.


5.valet record

adalah format yang digunakan oleh valet pada saat melaksanakan tugasnya selama satu shift

 

Prosedur Laundry

  • PICK  UP 
adalah :  proses pengambilan cucian kotor dari kamar tamu ke Laundry  area baik berupa pakaian maupun Linen - linen. PICK UP  pakaian tamu di  lakukan oleh staff Guest Laundry yang di sebut VALET Laundry, sedangkan  : PICK UP  Linen  –  linen dilakukan oleh staff Laundry yang di sebut  Linen Runner, Fungsi PICK UP adalah untuk Mempermudah dan mempercepat  proses pencucian.Prosedur PICK UP pakaian Tamu: Dapatkan  informasi  yang  jelas  terhadap  kamar  yang  akan mencuci. Datangi   kamar tersebut secepatnya ( tidak bokeh lebih dari 5 menit ),Setelah  sampai   di   depan   kamar   yang   di  tuju,  Ketuk  / Bunyikan bell  di iringi dengan mengucapkan  Salam Laundry ’’ LAUNDRY SERVICE ’’. Bila  tidak  ada  jawaban  lakukan hal  serupa  sampai   3   kali. Kemudian  buka  pintu kamar perlahan – lahan di iringi pula dengan  mengucapkan Laundry service. Setelah    masuk   di   dalam   kamar   periksalah cucian kotor yang  ada  di  dalam  tadi dan pastikan tamu  mengisi Laundry List. Bila tidak maka  Valet  lah  yang  mengisi Nomor  kamar tersebut sebelum di bawa ke laundry. Prosedur PICK UP Linen.  Datangi kamar yang akan di tuju, setelah tiba di depan kamar, ketuk    /   bunyi kan    bell   disertai   dengan    mengucap kan ’’  HOUSEKEEPING ’’  bila  tidak  ada  jawaban  lakukan hal serupa    sampai   3   kali.   Setelah  itu bukalah pintu perlahan sambil  mengucapkan HOUSEKEEPING. Ambilah   Linen  yang  kotor  ( handuk, Sheet dll ) dari dalam kamar tadi,  pastikan tidak  ada  pakaian tamu yang terbawa di linen. Masukan kedalam  trolly yang   sudah  di   siapkan, kemudian kirim ke Laundry untuk di  proses pencucian.
  • PENSORTIRAN   
dilakukan di Laundry area, yang harus diperhatikan adalah : Siapkan  trolley untuk pemisahan Linen ( towel,Sheet dll ).Pastikan Trolley dalam  keadaan bersih. Area pensortiran harus selalu dibersihkan. Cara pensortiran Linen : Pisahkan   Sheet , Towel dan Pillow Cases pada trolley yang berbeda. Pisahkan  Sheet , Towel dan Pillow Cases yang bernoda. Pastikan tidak ada Sampah  yang tercampur diLinen ( Tissue, Sabun Mandi dll ) Cara Pensortiran Pakaian: Pisahkan Pakaian berdasarkan Jenisnya ( Shirt,Trouser, T-shirt,Under Shirt dll ) Pisahkan   Pakaian  berdasarkan  Warnanya  : Gelap ( semua warna  gelap  /  tua )   Terang  (  Semua  warna  Cerah  ) Putih ( semua warna Putih ), Pisahkan  Pakaian yang berbahan Dry Cleaning ( wool, silk, sutra dll ) Pisahkan  Pakaian yang tidak bisa di cuci dengan Mesin cuci dan Dry Cleaning. Pisahkan Pakaian yang berwarna LUNTUR ( merah, hitam pekat dll ).
  • IDENTIFIKASI 
adalah : Proses pencatatan atau pemberian tanda pada pakaian tamu yang akan di cuci. Staff yang melakukan proses identifikasi di sebut CHECKER. Cara  identifikasi : Pastikan Nomor kamar tamu tertulis jelas pada Laundry  List Periksalah Cucian  yang  ada  dan  cocokan  dengan  yang tertulis  pada Laundry List. Catatlah  pada  Buku Laporan tamu tentang nomer  kamar, Jenis pakaian, warna  pakaian ,   jumlah  pakaian, merek pakaian  dan tanggal pencucian. Periksalah   setiap  saku  untuk  memastikan bahwa tidak ada barang tamu yang  tertinggal / tercuci ( pen, uang dll )Berilah  tanda  pada pakaian  tersebut berupa nomer kamar sesuai dengan yang   tertulis  pada   Laundry  list  dengan  menggunakan   kertas  marker. Letakan   kertas    marker   pada   bagian  pakaian yang mudah di lihat dan dimengerti oleh  semua Laundry staff. Setelah   di   beri   tanda ,  pisahkan    pakaian    sesuai   dengan  warnanya ( putih, terang dan gelap )  Laporkan  bila    ada   kejanggalan  –  kejanggalan   pada pakaian  tersebut sebelum di cuci ( sobek, kelunturan, kancing hilang / pecah  dll.
  • PENCUCIAN:
 Ada 3 macam prosedur pencucian : Pencucian Laundry artinya adalah : Proses Pencucian yang bahan dasar utamanya adalah Air. Pencucian Dry Cleaning artinya adalah : Proses Pencucian yang bahan dasar utamanya adalah Kimia ( solvent ) Pencucian Wet Cleaning artinya adalah :   Proses Pencucian yang berbahan dasar utamanya adalah Air dan Chemical Khusus. #. PENCUCIAN LAUNDRY Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil cucian adalah : air, chemical, mechanical action, temperature, time, man power Tahap – tahap pencucian laundry Pre-Wash ( pembasahan ) Main Wash ( pencucian ) Bleaching ( Pemutih ) Pembilasan 1 Pembilasan 2 Netralizer ( penetralan ) Softener ( pelembutan ) Extract ( pemerasan )

#. PENCUCIAN DRY CLEANING Tahap – tahap Pencucian Dry Cleaning: Pastikan semua pakaian yang akan di Dry Cleaning tidak mengandung unsur Plastik dan Karet. Pisahkan pakaian berdasarkan warnanya. Pastikan SOLVENT dry cleaning cukup untuk proses pancucian. Lakukan pencucian warna Putih / Terang terlebih dahulu. Jangan meninggalkan mesin terlalu lama pada saat melakukan proses pencucian
# PENCUCIAN WET CLEANING Tahap -  tahap pencucian Seluruh  bahan pakaian yang biasa di drycleaning.  Perlakuan hanya utk bahan  yang tidak jauh berbeda dengan dryclean. Info tambahan untuk wet  cleaning; Media yang digunakan Wetcleaning menggunakan air. Wetcleaning  memerlukan teknik khusus dalam proses pencucian maupun dalam proses  finishingnya Wetcleaning tidak  berbahaya bagi lingkungan, pelaku bisnis dan pengguna. Ramah lingkungan,  tidak memakai bahan kimia berbahaya, Hasil dari wetcleaning lebih  lembut dan lebih cerah, Wet cleaning tidak memerlukan mesin yang mahal  seperti drycleaning.

  • PENGERINGAN 
Proses pengeringan ada 2 macam : Pengeringan  Manual adalah : Pengeringan yang di lakukan dengan cara di gantung /  pengeringan yang mengandalkan panas dari lingkungan  sekitar.                                         Pengeringan  dengan Mesin adalah : Pengeringan yang di lakukan dengan menggunakan  mesin pengering / pengeringan yang mengandalkan panas heating  listrik,  gas  dan uap steam.Tahap – Tahap Pengeringan Pisahkan Kemeja dari pakaian yang lain. Pisahkan  Pakaian sesuai dengan  Warnanya. Pisahkan Pakaian yang akan di Gantung ( pengeringan manual ). Lakukan pengeringan kemeja terlebih dahulu ( lama pengeringan kemeja 10 s/d 15 mnt ). Pengeringan pakaian paling lama 45 mnt dengan temperatur rata – rata 100 - 150°C.
  • PENGEPRESSAN

Tahap – tahap Pengepressan Pakaian: Pisahkan Kemeja, T-Shirt dan Trouser  pada tempat yang berbeda. Kemeja pada Garment Press, T- Shirt dan Trouser pada Wool Press. Pakaian dalam di pisahkan langsung ke bagian pengepakan ( set up )
Pengepressan Kemeja Step – step pengepressan Kemeja Pertama – tama, kemeja yang akan di press harus dalam keadaan lembab untuk hasil yang lebih bagus. Press bagian Kerah dan Pergelangan tangan terlebih dahulu pada mesin Cuffing & culler machine. Setelah itu lakukan pengepressan pada bagian Punggung, Dada dan Lengan dengan menggunakan mesin Mushroom Press machine. Pengepressan terakhir adalah bagian badan dengan menggunakan Garment Press machine. Bila masih ada yang kurang bagus maka lakukan pengepressan bagian lengan bawah dengan menggunakan hand iron
Pengepressan T Shirt Step – step pengepressan T- Shirt Pastikan T- Shirt yang akan di press harus benar- benar dalam keadaan kering. Pertama- tama lakukan pengepressan pada bagian kerah. Kemudian lakukan pengepressan pada bagian lengan. Setelah itu baru lakukan pengepressan pada bagian Badan.
Pengepressan Trouser Step – step pengepressan Trouser Pengepressan  Trouser Bahan :   Pertama  – tama  lakukan   pengepressan  pada    bagian pinggang,  di  lanjutkan  dengan  pada bagian kaki. ( pastikan   garis  yang  terbentuk  harus sama dengan sebelumnya ) Pengepressan  Trouser Jeans : Pertama – tama lakukan  pengepressan  pada bagian  pinggang, selanjutny  pada  bagian  kaki,  (   penggunaan garis hanya  jika ada permintaan dari tamu)

  • PELIPATAN Ada 4 jenis pelipatan Pelipatan Sheet & Duvet Cover Pelipatan Towel Pelipatan Pillow Cases Pelipatan Pakaian
  • SET UP PAKAIAN 
Cara – cara set up Pakaian Tulislah   dengan   jelas   nomor   kamar   dengan menggunakan sepidol pada laundry list. Tempelkan laundry List yang sudah di tulis nomor kamar tadi pada Kotak yang telah di sediakan secara berurutan. Tuliskan pula nomor kamar dan jenis pakaian yang akan di gantung pada kertas terpisah. Masukan  pakaian dalam ke kotak yang telah di sediakan sesuai dengan nomer  kamar, setelah itu lepaskan nomer kamar yang terdapat pada pakaian tadi. Lipat pakaian dalam sesuai standar sebelum di masukan ke kotak. Untuk  pakaian yang di gantung, Letakan kertas nomer kamar pada pakaian sesuai  dengan yang tertera pada pakaian tersebut. Pakaian kemeja di letakan  paling depan dari pakaian yang lain.
  • QUALITY CONTROL 
Yang harus di perhatikan dalam pengecekan Pakaian adalah : Pastikan jumlah cucian yang tertera pada Laundry list ( di lipat )sudah lengkap. Pastikan jumlah cucian yang tertulis pada kertas yang di gantung sudah lengkap. Pastikan hasil pressingan sudah rapih. Pastikan tidak ada kancing pakaian yang lepas. Pastikan tidak ada noda yang harus di hilangkan lagi pada pakaian tamu. Bila  semua sudah tidak ada masalah berilah paraf pada laundry list atau  kertas yang di gantung untuk menandakan bahwa pakaian sudah siap di  kirim. Susunlah Laundry yang sudah rapih tadi berdasarkan nomor kamar secara berurutan agar memudahkan pengantaran.

Yang harus di perhatikan dalam pengecekan Linen adalah : Pastikan Lipatan Linen dalam keadaan rapih. Pastikan Linen beraroma segar / wangi. Pastikan tidak ada noda pada Linen, pada saat pelipatan. Pastikan tempat penyimpanan Sementara Linen terbebas dari debu dan kotoran. Pisahkan Linen yang masih bernoda pada tempat khusus agar mudah proses spoting atau treatment.

 

Baca Juga: Porter (Bell Boy) - Ruang Lingkup, Tugas dan Tanggung Jawab, Organisasi, Seksi Porter/ Concierge dan Jenis-jenis Barang Bawaan Tamu

 

 Penelusuran yang terkait dengan Penangan guest laundry dan house laundry

  • pengertian house laundry
  • in house guest laundry adalah
  • outside laundry adalah
  • formulir yang ada di laundry
  • sebutkan masing-masing jabatan pada guest laundry
  • alur pelayanan laundry
  • contoh guest laundry
  • kategori tekstil yang dicuci di laundry hotel terbagi dua yaitu

Belum ada Komentar untuk "Penangan guest laundry dan house laundry Meliputi Penerimaan Cucian Tamu, Penerimaan Cucian Lena , Penyelesaian Administrasi Laundry dan Prosedur Laundry"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel