Hardisk Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen-Komponen, Cara Kerja, dan Kapasitas penyimpanan


Pengertian Hardisk


Pengertian Hardisk adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data pada komputer. Semua data yang ada dalam komputer baik itu dokumen, gambar, data sistem, OS, aplikasi akan tersimpan dalam perangkat ini.

Hard Disk Drive (HDD) atau biasa kita sebut hardisk menyediakan ruang khusus untuk menyimpan dan membaca data. Perangkat ini bersifat non-volatile memory yang berarti data yang kita simpan tidak akan hilang meskipun komputer dimatikan.Ini berbeda dengan Penyimpanan Ram dalam komputer, dimana semua data yang tersimpan sementara pada Ram akan hilang ketika komputer dalam kondisi off.Hardisk pertama kali dikomersilkan pada tahun 1956 oleh Perusahaan IBM dan langsung diterima masyarakat. Alhasil, hardisk menjadi sebuah media standar penyimpanan pada komputer. Hingga saat ini, orang-orang menggunakannya di server maupun PC.

 

Baca Juga: CMOS Adalah - Fungsi, Cara Kerja, Penyebab, dan Cara Mengatasi CMOS Yang Tidak Bekerja

 

Fungsi Harddisk

Fungsi utama Harddisk adalah sebagai memori yang memiliki kapasitas besar dan berguna sebagai tempat menyimpan data digital.Data digital yang dapat disimpan Harddisk berupa dokumen, gambar, video, musik dan program atau software.Di sisi lain juga Harddisk menyimpan sistem operasi untuk sebuah komputer agar dapat berjalan dengan baik sesuai keinginan pengguna atau user.Memiliki kapasitas yang begitu besar hingga milyaran bytes membuat perangkat keras ini bisa menyimpan data dalam jumlah banyak.Pada umumnya, semakin besar ukuran kapasitas dari sebuah Harddisk maka akan semakin lambat kecepatan Rotate Per Minute atau disingkat RPM.Setiap Harddisk memiliki kecepatan berbeda-beda. Saat ini yang paling banyak digunakan adalah 5.400 rpm.

 

Jenis-Jenis Hardisk

  • IDE/ATA


Jenis harddisk yang pertama adalah IDE atau ATA. IDE merupakan kependekan dari Integrated Devices Electronics, sedankan ATA adalah kependekan dari Advanced Technology Attachment.Hardisk jenis ini adalah hardisk berkapasitas kecil yang memiliki kapasitas maksimal sebesar 320 GB. Harddisk jenis ini sudah jarang digunakan sekarang ini karena kapasitas kecil tersebut. Harddisk ini dinilai tidak praktis dalam pemakaiannya sehingga mulai ditinggalkan oleh pengguna komputer.

  • SATA

Jenis hardisk selanjutnya adalah SATA atau Serial Advanced Technology Attachment. Jenis harddisk satu ini merupakan jenis yang sekarang ini banyak digunakan pada perangkat komputer atau laptop konvensional.Kapasitasnya jauh lebih besar daripada IDE/ATA, yaitu mencapai 2 TB. Harddisk jenis SATA ini sudah memiliki berbagai keunggulan daripada hardisk jenis IDE/ ATA.

  • SCSI

Selanjutnya, ada jenis hardisk SCSI yang disebut juga dengan Small Computer System Interface. Jenis ini merupakan harddisk yang memiliki kapasitas paling mumpuni mencapai 5 TB dan juga memiliki kecepatan membaca paling tinggi.Fungsi hardisk jenis SCSI ini biasanya digunakan pada komputer server atau komputer penyedia data atau database. Dengan penggunaan harddisk SCSI, maka kamu bisa mentransfer berbagai data jauh lebih cepat dan lebih efisien daripada menggunakan IDE/ ATA ataupun SATA.Kamu bisa memilih berbagai harddisk SCSI tergantung dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

 

Komponen-Komponen pada Harddisk

Harddisk terdiri dari beberapa komponen penyusun sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Adapun komponen tersebut diantaranya ialah :

1. Platter

Platter terbuat dari bahan keras seperti aluminium, kaca atau keramik yang kemudian diselimuti dengan bahan magnetis yang berfungsi untuk menyimpan data dikomputer anda. Sebuah harddisk berkapasitas besar biasanya dilengkapi dengan platter yang lebih dari satu, yang disusun bertumpuk di tengah spindle.

2. Spindle

Spindle merupakan komponen yang berfungsi untuk menahan platter agar tetap berada diposisinya pada saat platter diputar. Selain itu pada spindle juga terdapat motor yang berfungsi untuk memutar platter dengan kecepatan yang tinggi.

3. Read/write head

Read/write head adalah komponen yang berfungsi untuk membaca, menulis atau menghapus data pada platter. Terdapat satu head di tiap sisi platter, satu sisi diatas berfungsi untuk membaca dan satu sisi dibawah untuk menulis. Dalam hal menjalankan fungsinya read/write head ini dibantu dengan actuator arm.

4. Read/write actuator arm

Read/write actuator arm berperan layaknya sebuah lengan pada jenis pemutar musik yang dulu. Arm ini berfungsi untuk menyesuaikan posisi read/write head sesuai dengan lokasi data yang akan tulis pada pattern.

 

Tugas Umum HDD


Satu tugas sederhana yang dapat Anda lakukan dengan hard drive adalah mengubah huruf drive. Dengan melakukan ini, Anda dapat merujuk ke drive menggunakan huruf yang berbeda. Misalnya, hard drive utama biasanya disebut drive “C” tidak dapat diubah. Namun Anda dapat mengubah huruf hard drive eksternal dari “P” ke “L” (atau huruf lain yang dapat diterima).

Anda perlu memformat drive atau mempartisi drive menjadi beberapa bagian sebelum Anda dapat menginstal sistem operasi atau menyimpan file. Setelah menginstal OS untuk pertama kalinya biasanya hard drive baru diformat. Jika tidak, alat partisi disk adalah cara yang umum untuk membuat drive.

Saat Anda berhadapan dengan hard drive yang terfragmentasi, tersedia alat defrag gratis yang dapat membantu mengurangi fragmentasi.

Karena hard drive adalah tempat semua data di komputer disimpan, maka hal yang umum untuk ingin menghapus data dari drive dengan aman. Misalnya, sebelum menjual perangkat keras atau menginstal ulang sistem operasi baru. Ini biasanya dilakukan dengan program penghancuran data.

 

 

Cara Kerja Haddisk pada Komputer

Cara kerja harddisk yaitu dengan menyatukan nilai-nilai yang ada pada sebuah komponen platter. Di dalam komponen tersebut, terdapat material magnetik yang terbagi menjadi milyaran area yang sangat kecil. Di setiap area tersebut bisa memberikan gaya magnet untuk menyimpan satu data dan yang tidak memberikan gaya magnet berasti menyimpan nol data.

Dengan bersatunya nilai-nilai tadi, maka akan menghasilkan sebuah data atau informasi. Gaya magnet yang dugunakan berfungsi supaya data dapat tetap tersimpan meskipun perangkat telah dimatikan.

  • Ketika kamu menyimpan data di harddisk, data akan secara otomatis tersimpan dengan rapi pada pola platter. Data-data yang tersimpan tersusun secara konsentris dan melingkar. Hal tersebut dapat juga disebut sebagai track. Di setiap track akan dipecah menjadi beberapa area kecil yang disebut sector.
  • Di dalam harddisk terdapat suatu sistem yang berfungsi sebagai tempat menyimpan peta informasi dari seluruh data sector. Peta tersebut dapat mengetahui sector mana saja yang telah digunakan dan sector mana yang masih kosong.
  • Sistem operasi peta tersebut disebut File Allocation Table (FAT). Pada saat komputer ingin menyimpan data atau informasi baru, maka sistem tersebut akan melihat peta dahulu guna mencari sector yang kosong.
  • Setelah itu, sistem akan menginstruksikan read/write head untuk berpindah dan meleati platter guna menemukan tempat atau lokasi yang tepat, kemudian data akan tersimpan di lokasi tersebut.
  • Untuk membaca atau melihat informasi, proses yang dilakukan sama dengan proses penyimpanan. Namun, proses dilakukan secara terbali, dimana sector yang dicari adalah sector yang berisi informasi.

 

Baca Juga: CPU Adalah - Fungsi, Komponen, Jenis-Jenis, dan Cara Kerja CPU

 

Kapasitas penyimpanan


Kapasitas hard disk drive adalah faktor besar dalam menentukan apakah seseorang akan membeli perangkat tertentu seperti laptop atau telepon. Jika kapasitas penyimpanan agak kecil, itu berarti akan cepat penuh terisi file. Sementara drive berkapasitas besar dapat menyimpan lebih banyak data.

Memilih hard drive berdasarkan pada berapa banyak penyimpanan yang dapat disimpan benar-benar tergantung pada kebutuhan. Jika Anda membutuhkan tablet, misalnya, yang dapat menampung banyak video, Anda pasti ingin mendapatkan 64 GB alih-alih 8 GB.

Hal yang sama berlaku untuk hard drive komputer. Apakah Anda ingin menyimpan banyak video atau gambar HD, atau sebagian besar file Anda tersimpan online? Preferensi penyimpanan offline, di rumah mungkin mendorong Anda untuk membeli hard drive internal atau eksternal berkapasitas 4 TB.

 

Demikian Penjelasan Tentang Hardisk Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen-Komponen, Cara Kerja, dan Kapasitas penyimpanan. Semoga Bermanfaat

 

Penelusuran terkait

  • pengertian harddisk
  • harddisk adalah peralatan untuk
  • fungsi hardisk
  • gambar hardisk
  • hdd vs ssd
  • hardisk eksternal adalah
  • kapasitas hardisk
  • kepanjangan hdd

Belum ada Komentar untuk "Hardisk Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen-Komponen, Cara Kerja, dan Kapasitas penyimpanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel