Engginering Department Hotel - Fungsi dan Tugas Beserta Standart Operation Procedure (SOP) Engineering Hotel

Samala Hotel Jakarta

Engginering Hotel

Kata yang berarti ilmu teknik dan orang-orang teknik yang ahli di bidang teknik yang disebut insinyur , atau Indonesia lebih dikenal sebagai insinyur .Engineering adalah Istilah di hotel selama istilah yang populer digunakan untuk bagian teknik, tetapi bagian dari teknik ini berartikan oleh kebanyakan orang dalam arti yang lebih sempit , yaitu hal-hal yang menyakut – hal , seperti kerusakan , listrik padam , tersumbat , bocor kamar gas , atau pendingin udara tidak bekerja .Teknik di bidang perhotelan dan pemahaman yang lebih luas mengenai layanan tamu sedemikian banyak digunakan eskalator atau lift yang mengangkut tamu setiap naik dan turun bolak-balik hampir tidak pernah istirahat .

Engineering adalah lebih berkaitan dengan era layanan tamu yang meliputi keamanan, perbaikan, pemeliharaaan dan pengembangan. Dalam pemahaman kami, tidak ada teknik lainnya :

” Sebuah departemen di hotel yang bertanggung jawab untuk hal-hal – hal yang menyangkut aspek – . Aspek teknis dari hotel, yang berkaitan erat dengan keselamatan , kelancaran, keamanan, pelayanan, kesenangan, dan kepuasan tamu hotel ”Orang-orang yang diberi tanggung jawab mengelola departemen teknik atau departemen teknik diberi posisi sebagai chief engineer atau direktur operasi bangunan , atau sebagai Inspektur bangunan , atau kombinasi dari nama-nama pos . Dia adalah orang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola , memelihara, dan memperbaiki fasilitas-fasilitas hotel .

Peran Engineering Departemen adalah salah satu yang sangat penting dalam operasional hotel .  sebagai pendukung operasi, engineering department mutlak harus memiliki staff berkemampuan baik dalam melaksanakan jo deskripsinya.

Baca Juga: Department Sales & Marketing di Hotel - Tugas dan Tanggung Jawab, Hal - Hal yang Harus dikuasai dan Standard Operasional Procedure Department Sales & Marketing di Hotel


Fungsi dan tugas dari departemen engineering

  1. Lindungi Biaya Investasi dimaksudkan untuk mencegah investasi yang dimiliki oleh pemegang saham (owner) tidak sia-sia . Oleh karena itu, harus dicegah terjadinya maintan yang buruk , biaya pemeliharaan terlalu tinggi , karena mereka tidak peduli .
  2. Berkontribusi sebagai NAMA atau Diperlukan untuk keseluruhan kepuasan tamu .Maksudnya :Support, menyediakan, dan dibuat sedemikian rupa sehingga semua melayani untuk kepuasan tamu – tamu hotel.
  3. Berkontribusi untuk operasi yang efisien dari departemen lainnya .Seperti :Mengawasi operasional hotel dalam rangka untuk menjalankan seefisien mungkin .Meminimalkan biaya energi dari biaya facilities.Menekan terkecil daya kemungkinan konsumsi .Minimalkan kemungkinan masalah – masalah yang dapat menimbulkan kerugian , kecelakaan , dan kekacauan dalam kegiatan operasi hotel .

Standart Operation Procedure (SOP) Engineering Hotel

1.Prinsip Dasar Pelayanan Hotel Yang Harus Dimiliki Sebagai Seorang Staff Engineering

  • Ingatlah bahwa TAMU adalah orang PENTING di hotel
  • Bukan tamu yang tergantung pada kita, tetapi kitalah yang tergantung pada tamu tersebut.
  • Tamu itu bukan mengganggu pekerjaan kita, tetapi justru kitalah bekerja untuk mereka.
  • Tamu bukannya ORANG LUAR dalam pekerjaan kita, karena untuk merekalah kita bekerja.
  • Tamu bukan LAWAN UNTUK BERDEBAT, tak seorang pun dari kita yang dibenarkan memenangkan perdebatan dengan tamu tersebut.
  • Keinginan TAMU adalah menjadi TUGAS kita untuk memenuhi segala keinginan tersebut ( secara hubungan bisnis ).
  • Tamu berhak penuh atas PELAYANAN dan PERLAKUAN yang SERAMAH dan SESOPAN mungkin dari kita ,tanpa harus DIMINTA.
  • Tamu adalah PELANGGAN, sedangkan pelanggan laksana sumber KEHIDUPAN bagi kelangsungan perusahaan dan kita sekalian.

2.Pembicaraan Dengan Telephone

  • Pada saat menerima telephone dibiasakan dengan didahului menyebut : “ Selamat pagi / selamat siang / selamat malam diikuti dengan memberitahu departemennya dan dilajut mengucapakan “ Ada yang dapat kami Bantu ?
  • Saat berbicara dengan tamu tidak boleh bercanda, karena dengan bercanda tamu akan merasa dipermainkan.
  • Jika tamu Coumplaint melalui telephone, kita tidak dibenarkan membantah, karena Tamu berhak untuk mengajukan coumplaint kepada kita.
  • Telephone bukan media yang tepat untuk memberi penjelasan tehnis, karena akan membuat tamu KESAL, sebaiknya penjelasan tehnis harus disamapaikan secara LANGSUNG, berhadapan dengan tamu bila memungkinkan dengan demikian tamu akan merasa lebih diperhatika.

 

3.Keadaan Tugas Yang Perlu Diperhatikan Saat Akan Mengadakan Perbaikan Di Daerah Keberadaan Tamu
  • Keadaan pakaian harus selalu BERSIH dan RAPI termasuk sepatu harus bersih dan tali terpasang semua, jika sepatu bertali.
  • Keadaan raut muka dan tangan harus BERSIH agar tidak mengotori barang lain  yang berada dikamar, muka bersih, rambut tersisir rapih dan tidak boleh
  • Peralatan kerja harus selalu SIAP dalam tool box agar tidak mondar – mandir dihadapan Tamu, karena alat yang dibawa tidak LENGKAP.
  • Selain tools dan suku cadang kamar akan lebih baik lagi membawa surat tugas yang berupa WORK ORDER ( W.O ) agar tamu lebih yakin bahwa Andalah memang yang DIHARAPAKAN datang untuk menyelesaikan problemnya.
  • Apabila perbaikan dilakukan di dalam kamar yang kebutulan tamunya tidak berada di dalam kamar / sedang keluar seorang tehnisi harus DITEMANI oleh Room Boy atau Super Visior agar bersama – sama masuk dan usahakan dia MENUNGGU selama Anda bekerja sampai pekerjaan tersebut SELESAI.
  • Sebelum masuk kamar Anda harus MENEKAN tombol BELL agar tamu tidak merasa terganggu, sebaiknya 3 kali dengan jarak waktu 4 samapai 5 detik.
  • Dalam pelaksanaan perbaikan dikamar – kamar / floor usahakan SEDIKIT mungkin jumlah orang yang mengerjakannya, agar tidak memberi kesan Gaduh / ribut – ribut.

4.Procedure Perbaikan Didalam Kamar Yang Sedang Ada Tamu Didalam Kamar Tersebut
  • Setelah pintu dibuka oleh tamu maka kita segera memberi SALAM kepada tamu, missal : Selamat pagi Pak / Ibu kemudian beritahukan bahwa Anda adalah Engineer yang akan memperbaikan kerusakan, dan langsung menuju tempat yang akan diperbaiki tidak boleh sambil MELIRIK kemana-mana.
  • Apabila menghadapi tamu yang sedang marah-marah kita harus ingat pada prinsip bahwa TAMU SELALU BENAR dan usahakan mengerjakan dengan CEPAT dan hasil TERBAIK kemudian secepatnya meninggalkan kamar dengan SOPAN.
  • Jangan MENCELA atau MENYALAHKAN teman sejawat, karena hanya dengan kerja sama yang baik pekerjaan dapat diselesaikan dengan hasil baik pula.
  • Yang perlu dilakukan adalah “ Tunjukkan kepada tamu bahwa kita berusaha membuat tamu SENANG dan PUAS tinggal di hotel kita.
  • Setelah pekerjaan selesai tidak diperkenankan menanyakan apa yang perlu untuk diperbaiki lagi, karena akan terkesan berlebihan dan mencari – cari tamu perhatian dari tamu.
  • Dalam hal uang TIP apakag seorang maintenance man boleh menerimanya berkaitan dengan uang tip ini, jika tamu karena merasa SENANG dan PUAS atas pelayanan yang telah kita berikan maka tidak ada alas an bagi kita untuk MENOLAK pemberian uangtip asalkan jangan berkesan seolah – olah kita kerja untuk mendapat tip tersebut.

5.Sistem Pengadaan Suku Cadang
  • Dengan membuat / mengajukan Purchase Requistion ( P.R ), apabila dalam pengerjaan harus ada penggantian sedang STOCK di engineering tidak ada dan GeneralStore sudah HABIS Karen terlambat diorder.
  • Dengan membuat General Store Requistion, apabila stock spare part di engineering sudah tidak ada atau habis dan sangat diperlukan operational shift sore dan shift malam
  • Storing system   Dengan selalu menyediakan Sparepart yang dibutuhkan dalam operational yang  persediaanya disesuaikan dalam jumlah secukupnya saja.
  • Pembelian dengan PETTY CASH Mengadakan pembelian LANGSUNG Spare part dengan uang KAS (Petty Cash) dengan  harganya ditentukan nilai maximal pernota (misal : Rp. 50.000,-) dan pembelian ini bersifat URGENT.


6.Prosedural Kerja Engineering Department
  • Semua Crew Engineering bekerja sesuai dengan Schedule yang telah dibuat dengan dibagi menjadi 3 shift :Shift Morning jam 07.00 s/d jam 15.00Shift Afternoon jam 15.00 s/d jam 23.00 Shift Night jam 23.00 s/d jam 07.00
  • Masuk kerja 15 menit sebelum jam kerja dimulai
  • Semua pekerjaan baik yang sudah selesai maupun yang belum selesai harus di laporkan kepada atasan
  • Bagian OPERATOR tidak dibenarkan MENINGGALKAN area Engineering dalam keadaan pintu TERBUKA atau TIDAK TERKUNCI
  • Seluruh Crew Engineering bila hendak pulang harus MELAPOR pada atasan.

Baca Juga: Sales & Marketing Department - Struktur Organisasi , Hubungan Department Sales & Marketing Dengan Departement Lain Di Hotel dan Istilah dalam Marketing


Demikian Penjelasan Tentang Engginering Hotel - Fungsi dan Tugas Beserta Standart Operation Procedure (SOP) Engineering Hotel. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi Materismk.my.id  Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan Engineering Department
  • engineering department hotel
  • materi tentang engineering department
  • manajemen engineering hotel
  • pimpinan engineering department adalah brainly
  • sop engineering department
  • struktur organisasi engineering hotel
  • manfaat hotel engineering
  • tugas administrasi engineering hotel
  • IlmuPerhotelan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel