Formulir Front Office Dan Kegunaannya atau Form- Form Yang Digunakan Oleh Front Office


Formulir yang di ada di front office

Penggunakan formulir dibagian kantor depan hotel tidak harus sama bentuknya di hotel, namun kolom atau data yang ada di dalam formulir tidak terlalu berbeda, ada formulir yang digunakan di hotel satu namun tidak digunakan dihotel lainnya, dengan kata lain penggunaan formulir tergantung kebutuhan hotel masing-masing. Formulir yang umumnya terdapat di bagian kantor depan:


Baca Juga: Jenis Maupun Nama Chemical di Housekeeping dan Kegunaannya


  • Registration form
  • Guest card
  • Meal coupon
  • Welcome drink card 100
  • Guest slip
  • Cash receipt
  • Reservation form
  • Reservation slip
  • Reservation of confirmation letter
  • Bellboy errand card
  • Luggage tag
  • Baggage claim check
  • Parking valet card
  • Change room or rate form
  • Sleep out form
  • Bellboy control sheet
  • Message form
  • Safe deposit box card
  • Guest history card
  • Foreign exchange form
  • VIP daily list
  • Today expected arrival list
  • Arrival list
  • Guest in house list
  • Departure list
  • No show list
  • Cancellation list
  • Group rooming list
  • Guest Birthday Form

 

 Form- Form Yang Digunakan Oleh Front Office

  • Log Book : Buku laporan setiap section atau satu shift ke shiftberikutnya.
  • Reservation Form/Card : Formulir/kartu pemesanan kamar, untuk mencatat data-data pemesanan kamar.

 


  • Group Information Sheet : Lembaran informasi untuk tamu-tamu rombongan yang akan menginap dihotel.

 

Group  Cancelaltion Form
  

  • Group  Cancelaltion Form - Formulir ini digunakan untuk mencatat keterangan pembatalan pemesanan kamar untuk tamu rombongan.

 

  • Reservation Slip : Slip pemesanan kamar, untuk mencatat nama tamu yangsudah memesan kamar, kemudian disimpan di Reservation rack.
  • Format Room reservation cancellation/change form - Formulir untuk mencatat informasi pembatalan dan perubahan pemesanan kamar.
  • Expected Arrival List : Daftar tamu yang diharapkan kedatangannya dan telah memesan kamar sebelumnya.
  • Expected Departure List : Daftar tamu yang akan check out pada hari itu.
  • Express Check Out Form : Form yang digunakan untuk tamu yang akan check out sebelum waktunya check out tiba.
  • Confirmation Letter : Form untuk mengkonfirmasikan kembali kedatangan tamu sebelum check in.
  • No Show List : Daftar untuk tamu yang sudah memiliki reservasi tetapi tidak datang pada waktu yang sudah ditentukan dan tanpa konfirmasi.
  • VIP Guest List : Form yang berisi daftar tamu-tamu VIP yang menginap dihotel.
  • VIP Order List : Form yang digunakan untuk mencatat semua pesanan/permintaan tamu VIP selama menginap dihotel.
  • Message Form : Form yang digunakan untuk mencatat setiap pesan tamu.
  • Morning Call Sheet : Form yang berisi data tamu yang meminta untuk dibangunkan pada pagi hari.
  • Room Control Sheet : Lembaran informasi yang digunakan untuk mengetahui pemesanan kamar yang sudah diterima dan kamar yang masih bisa dipesan.
  • Registration Card : Formulir yang berisi data tamu , yang harus diisi oleh tamusaat proses check in dihotel.
  • Credit Card Slip : Formulir bukti pembayaran menggunakan kartu kredit.
  • Cash Receipt : Formulir bukti pembayaran menggunakan uang tunai.
  • Guest card : Kartu identitas tamu yang menginap di hotel, digunakan agar dapat menggunakan fasilitas hotel.
  • Meal Coupon : Kupon untuk breakfast di hotel, berlaku sampai tanggal check out.
  • Welcome Drink Voucher : Voucher yang dapat ditukarkan dengan minuman selamat datang yang diberikan saat tamu check in.
  • Room & Rate Change Form : Form yang digunakan saat tamu pindah/ganti kamar.
  • Sleep Out Order Form : Form yang digunakan untuk mengkonfirmasi tamu yang akan menginap di luar hotel.
  • Safe Deposit Box Record Form : Form yang digunakan untuk mencatat setiap barang yang dititipkan di safe deposit box.
  • Paid Out : Form yang digunakan untuk tamu yang meminjam uang kepada hotel (Khusus untuk tamu yang menginap di hotel saja).
  • Miscellaneous Form : Form yang digunakan untuk penukaran mata uang asing (Digunakan juga untuk semua pembayaran yang tidak menggunakan nomor bill).
  • Guest Bill : Catatan transaksi tamu/ transaksi debet rekening tamu selama tamu menginap di hotel, yang berisi : harga kamar/malam , F&B Charge, Laundry, Outside call,etc.
  • Rebate Form : Form yang digunakan pada saat terjadinya kesalahan / perubahan dalam tagihan.
  • Remittance of Fund : Form yang digunakan sebagai bukti setoran kasir pada akhir shift, yang

jumlahnya harus sesuai dengan house bank yang diterima.


Baca Juga: Kode-kode/istilah yang terdapat di housekeeping dan Istilah Telepon yang Umum dalam dunia Perhotelan


Demikian Penjelasan Tentang Formulir Front Office Dan Kegunaannya atau Form- Form Yang Digunakan Oleh Front Office. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

Penelusuran yang terkait dengan formulir yang di ada di front office

  • formulir front office cashier
  • contoh reservation form yang sudah diisi
  • contoh formulir registrasi hotel
  • formulir reservasi hotel
  • contoh formulir hotel dalam bahasa inggris
  • reservation form adalah
  • contoh registration form hotel
  • formulir telepon operator

Belum ada Komentar untuk "Formulir Front Office Dan Kegunaannya atau Form- Form Yang Digunakan Oleh Front Office"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel