Pengertian Housekeeping dan Sop Pembersihan Kamar Secara Umum ( Check Out dan Occupied Room )

Sumber Gambar : balivillaservice.com

Apa itu Housekeeping dan Ruang Lingkup Kerjanya

Housekeeping merupakan sumber pendapatan yang sangat besar dalam hal penyewaan kamar untuk hotel. Dengan demikian, housekeeping harus mengerti ruang lingkup kerja dan batasan-batasan yang harus diperhatikan.Tata graha, atau biasa disebut housekeeping, adalah departemen yang memiliki tugas untuk menjaga, merawat, membersihkan, serta memelihara ruangan-ruangan hotel baik di dalam atau di luar kamar hotel. Dengan kata lain, ruang lingkup pekerjaan housekeeping bukan hanya menangani kamar-kamar tamu, melainkan juga termasuk area hotel secara keseluruhan.

Area hotel yang berada di luar termasuk area parkir, taman, kolam renang, tennis court, dan lain-lain. Sedangkan untuk area dalam hotel, selain menangani kamar-kamar tamu, housekeeping juga menangani ruangan-ruangan yang disewa seperti arcade, drugstore, bank, money changer, travel agent, beauty salon, barber shop, meeting room, restaurant, dan lain-lain. Belum lagi ruangan-ruangan operasional hotel seperti ruang loker, ruang linen, hingga lobby dan lain-lain.Jadi, housekeeping department mempunyai tugas dan tanggung jawab menjaga kebersihan, kerapian, dan keindahan serta kenyamanan seluruh area tersebut, di samping juga menyediakan sarana penunjang lainnya yang diperlukan oleh tamu selama berada di hotel serta memberikan pelayanan yang memuaskan.



Pembagian Seksi Departemen Housekeeping

Setelah mengerti apa itu housekeeping, ada beberapa seksi dalam departemen housekeeping yang perlu anda ketahui. Antara lainnya adalah room section, public area section, laundry section, linen section, florist, gardener, dan sebagainya. Berikut penjelasan tiap seksinya.
  • Public Area Section
Seksi ini memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan semua area hotel yang ditujukan untuk publik. Baik yang berada di luar maupun yang di dalam gedung hotel. Area yang ditangani oleh seksi ini termasuk lobby, restroom, restaurant, meeting room, fasilitas untuk karyawan hotel, dan lain-lain.
  • Room Section
Room section adalah seksi yang memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan dan menjaga kebersihan, kerapian, dan kelengkapan kamar tamu. Seksi ini lah yang akan bekerja paling dekat dengan anda sebagai tamu nantinya.
  • Laundry Section
Seksi ini memiliki tanggung jawab untuk mempersiapkan linen-linen yang bersih untuk kebutuhan kamar, restaurant, dan meeting room. Selain itu, laundry section juga harus menyediakan seragam bersih untuk karyawan dan membersihkan pakaian tamu yang kotor.
  • Linen Section
Berbeda dengan laundry section, linen section mempunyai tanggung jawab untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan semua linen untuk hotel, termasuk seragam karyawan.
  • Florist Section
Florist adalah seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk menyediakan dan merangkai bunga-bunga segar untuk memperindah dekorasi dalam hotel.
  • Gardener Section
Sedangkan, gardener adalah seksi yang mempunyai tanggung jawab untuk memelihara tanaman-tanaman baik di dalam atau pun diluar hotel.


Sop Pembersihan Kamar Secara Umum

1. Cara membersihkan kamar check out

Pramugraha mengetahui kamar check out dari pembagian kerja (Work Plan), yang dibuat oleh Supervisor, atau atas dasar pemberitahuan dari Kantor Depan hotel (Front Desk). Kamar yang telah check out harus segera dibersihkan karena akan dijual kembali, hal ini tentunya dilakukan apabila tingkat penjualan kamar sedang tinggi, namun apabila masih banyak kamar–kamar yang kosong dan siap untuk dijual, pramugraha harus membersihkan kamar yang ada tamunya terlebih dahulu. Adapun SOP (Standard Operational Procedure) pada saat pembersihan Check out Room, adalah:
  • Tempatkan Trolley Cart tepat di depan pintu kamar yang akan dibersihkan (jangan menghalangi Corridor) dan pasang tanda  Room Being Service di depan pintu.
  • Ketuk pintu terlebih dahulu (3 kali) dengan mengucapkan “Housekeeping” untuk meyakinkan apakah tamu benar–benar sudah keluar atau belum. Bila tidak ada jawaban buka pintu dengan menggunakan Card Key.
  • Setelah dibuka yakinkan kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah benar–benar kosong mulailah dengan terlebih dahulu menyalakan lampu, untuk menerangi dan untuk mengetahui apabila ada lampu yang mati.
  • Buka tirai jendela.
  • Periksa sekeliling kamar, apabila ada barang tamu yang tertinggal laporkan kepada Floor Supervisor dan informasikan kepada Desk Clerk.
  • Periksa Minibar Items yang terdapat pada Refrigerator apabila tidak lengkap, segera informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar Minibar Items dilengkapi kembali.
  • Periksa Safety Deposit Box, apabila dalam keadaan terkunci, informasikan kepada Front Desk untuk dibuka oleh Duty Manager.
  • Kumpulkan peralatan Room Service (bila ada) dan letakkan depan kamar, lalu telepon ke bagian Room Service untuk diambil.
  • Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah di trolley.
  • Kumpulkan asbak dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
  • Kumpulkan seluruh Linen yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley Cart untuk disimpan dikantong linen kotor. Kemudian bawa linen bersih sejumlah yang diperlukan.
  • Mulailah making the bed.
  • Letakkan bed sheet sesuai dengan ukuran ( king, queen atau single )
  • Buka bed sheet dengan lipatan tengah tepat pada bagian tengah bed sehingga simetris.
  • Melipat bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk 45 derajat.
  • Masukkan duve ke dalam duve cover. Tebarkan di atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve sejajar dengan lebar matrress demikian pula dengan ujung bawah.
  • Rapikan dan kencangkan duve sampai rapi
  • Pasang pillow case
  • Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak dan gelas – gelas kotor yang telah di rendam air hangat, kemudian keringkan.
  • Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi, bagian pertama yang akan dibersihkan adalah : wash bashin
  • Wash basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi Purpose Cleaner ), gosok semua bagian antara lain surface, stopper dan  stopper devicedengan scoot bright hingga bersih.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Bersihkan glass surface dengan menggunakan glass cleaner secara merata, gosok dengan OO towel serta bersihkan dengan dust cloth yang bersih.
  • Keringkan semua bagian wash basin yang telah dibersihkan dengan OO towel
  • Siram toilet bowl dengan air
  • Beri obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet bowl dengan menggunakan toilet brush.
  • Siram kembali dengan air, kemudian keringkan dengan menggunakan OO towel
  • Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau Glass Cleaner.
  • Beri obat pembersih pula pada dinding shower room
  • Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage hole dengan scoot bright.
  • Bilas shower glass, dinding dan semua bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
  • Keringkan dengan OO towel
  • Letakan kembali ke tempat semula asbak, gelas minuman, dan tempat sampah, yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan dan benar–benar bersih.
  • Lengkapi kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan seperti : Bath Towel, Hand Towel, Face Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo, Conditioner, Shower Cap, Dental Kit, Body Lotion, Sanitary Bag, Tissue Roll, dan Tissue Box.
  • Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan hotel seperti: Letter, Envelope, Guest Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities, Matches, dan Hotel Information.
  • Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam.
  • Setelah selesai mengerjakan hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan Mesin Penghisap Debu (Vacuum Cleaner).
  • Bila pekerjaan kamar telah selesai, periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah bersih dan rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
  • Informasikan kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar Ready to Sell dan terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room Attendant Report.

2. Cara membersihkan occupied room

  • Ketuk Pintu kamar 3 kali, bila ada jawaban minta izin tamu untuk membersihkan kamarnya dan bila tidak ada jawaban buka pintu dengan Key card.
  • Setelah dibuka yakinkan kembali kemungkinan tamu masih ada didalam kamar mandi, bila sudah benar–benar kosong mulailah dengan menyalakan lampu kamar dan untuk mengetahui apabila ada lampu yang mati.
  • Buka tirai jendela, kemudian matikan kembali lampu kamar.
  • Periksa sekeliling kamar, apabila ada barang berharga di dalam kamar, laporkan kepada Desk Clerk sebagai Room Finding.
  • Periksa Mini Bar Items yang terdapat pada Refrigerator apabila tidak lengkap, segera informasikan hal tersebut kepada Mini Bar Posting Attendant agar segera dimasukkan kedalam Bill tamu tersebut, dan Mini Bar dilengkapi kembali oleh Mini Bar Runner.
  • Kumpulkan peralatan Room Service apabila ada, lalu telepon ke bagian Room Service untuk mengambilnya.
  • Apabila tamu meminta atau terdapat pakaian kotor yang akan dicuci, telepon Laundry (Valet) untuk mengambilnya, Room Maid juga bertugas memeriksa laundry semua Occupied Guest Room sesuai dengan Assignment yang telah diberikan sebelum pukul 10.30 terkecuali untuk kamar yang memasang DND Sign (Do Not Disturb).
  • Buang sampah dari semua tempat sampah di dalam kamar ke kantung sampah di trolley.
  • Kumpulkan asbak dan gelas–gelas kotor yang ada dan buang kotorannya ke kantung sampah di trolley, kemudian rendam di wash basin dengan air hangat.
  • Kumpulkan seluruh Linen yang kotor yang ada di kamar, bawa ke Trolley Cart untuk disimpan dikantong linen kotor. Kemudian bawa linen bersih sejumlah yang diperlukan.
  • Mulailah making bed.
  • Letakkan bed sheet sesuai dengan ukuran ( king, queen atau single )
  • Buka bed sheet dengan lipatan tengah tepat pada bagian tengah bed sehingga simetris.
  • Melipat bagian atas ke bawah mattress, sisa sheet di kiri dan kanan bed dilipat ke bawah mattress membentuk 45 derajat.
  • Masukkan duve ke dalam duve cover. Tebarkan di atas bed sheet, ujung kiri-kanan duve sejajar dengan lebar matrress, demikian pula dengan ujung bawah.
  • Rapikan dan kencangkan duve sampai rapi
  • Pasang pillow case
  • Setelah merapikan tempat tidur, cuci asbak dan gelas–gelas kotor yang telah di rendam di air hangat, kemudian keringkan.
  • Lanjutkan dengan membersihkan kamar mandi mulai dari :Wash Basin       
  • Wash basin yang akan dibersihkan di beri obat pembersih yaitu MPC (Multi Purpose Cleaner ), gosok semua bagian antara lain surface, stopper dan  stopper device dengan scoot bright hingga bersih.
  • Bilas dengan air hangat.
  • Bersihkan glass surface dengan menggunakan glass cleaner secara merata, gosok dengan OO towel serta bersihkan dengan dust cloth yang bersih.
  • Keringkan semua bagian wash basin yang telah dibersihkan dengan OO towel
  • Siram toilet bowl dengan air
  • Beri obat pembersih yaitu R6, gosok ke semua bagian toilet bowl. Gosok semua bagian toilet bowl dengan menggunakan toilet brush.
  • Siram kembali dengan air, kemudian keringkan dengan menggunakan OO towel
  • Basahi shower glass dengan air hangat, beri obat pembersih yaitu MPC atau Glass Cleaner.
  • Beri obat pembersih pula pada dinding shower room
  • Gosok shower glass dengan sponge kemudian gosok dinding shower room, shower controller dan drainage hole dengan scoot bright.
  • Bilas shower glass, dinding dan semua bagian yang sudah digosok dengan menggunakan air hangat.
  • Keringkan dengan OO towel
  • dan yang terakhir dinding dan lantai kamar mandi. Susunlah barang–barang milik tamu dengan rapi.
  • Letakan kembali ke tempat semula asbak, gelas minum, tempat sampah, yang semuanya dalam keadaan sudah dibersihkan dan benar–benar bersih.
  • Lengkapi kamar mandi dengan perlengkapan yang diperlukan seperti: Bath Towel, Hand Towel, Face Towel, Bath Mat, Bath Robe, Bath Soap, Bath Gel, Shampoo, Conditioner, Shower Cap, Sewing Kit,  Body Lotion, Sanitary Bag, Tissue Roll, dan Tissue Box.
  • Lengkapi kembali Guest Amenities dan Stationary yang disediakan hotel seperti: spa days, Guest Comment, Fax Letter, Tea Set Amenities, Matches, dan Hotel Information.
  • Wiping seluruh furniture kamar searah jarum jam dan susunlah barang–barang milik tamu dengan rapi tanpa merubah tempatnya.
  • Setelah selesai mengerjakan hal–hal tersebut, bersihkan karpet dari debu dengan menggunakan Mesin Penghisap Debu (Vacuum Cleaner)
  • Bila pekerjaan kamar telah selesai, periksa sekali lagi untuk meyakinkan bahwa kamar benar–benar sudah bersih dan rapi, kemudian tutup tirai jendela sesuai dengan SOP.
  • Informasikan kepada Desk Clerk mengenai Room Status, agar menjadi Occupied Clean dan terakhir tutup dan kunci kamar kemudian isi Room Attendant Report.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Housekeeping dan Sop Pembersihan Kamar Secara Umum ( Check Out dan Occupied Room ). Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.

 Penelusuran yang terkait dengan housekeeping adalah
  • gaji housekeeping
  • materi housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • housekeeping department
  • section housekeeping
  • struktur organisasi housekeeping
  • tujuan housekeeping

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel