Apa Itu Animasi 2D dan Animasi 3D, Jenis, Perbedaan dan persamaan Animasi 2D dan 3D Beserta Softwarenya



Apa Itu Animasi 2D dan Animasi 3D?

Animasi 2D

Animasi 2D adalah jenis animasi dalam bentuk dua dimensi, artinya animator 2D membuat gambar dan karakter dalam format dua dimensi dan menghidupkannya dengan gerakan. Jenis animasi ini dianggap sebagai bentuk animasi tradisional dengan ciri karakter polos, tidak bervolume, dan hanya bergerak ke atas, bawah, kiri dan kanan.Contoh animasi 2D ada di serial kartun yang kamu tonton semasa kecil seperti kartun Tom & Jerry, Scooby Doo, atau Spongebob Squarepants. Salah satu animasi 2D hasil karya anak bangsa yang terbaru adalah Si Juki The Movie yang terinspirasi dari komik populer asal Indonesia. 
 
 
 

Animasi 3D

Kalau kamu penggemar film Pixar, seperti Toy Story, Up, atau Coco, artinya kamu familiar dengan karya animasi 3D. Animasi 3D adalah seni untuk menciptakan gambar bergerak dalam ruang digital 3 dimensi. Melalui manipulasi objek atau model 3D dalam sebuah software untuk mengolah dan membuat animasi, animator mengurutkan gambar yang akan memberikan ilusi gerakan.

Proses membuat animasi 3D umumnya dapat dibagi ke tiga tahap, yaitu modelling, layout and animation, dan rendering. Modelling adalah proses pembuatan objek 3D dalam suatu adegan di komputer. Layout and animation yaitu proses memposisikan objek dan membuat objek 3D bergerak. Kemudian proses selanjutnya adalah rendering, yaitu mengolah semua data di proses sebelumnya ke dalam suatu hasil akhir. Untuk animasi 3D, semua proses dilakukan di komputer. Beberapa contoh animasi 3D yang terkenal, seperti yang telah disebutkan sebelumnya adalah Toy Story, Up, dan Coco. Kalau untuk animasi 3D karya anak bangsa, kamu bisa lihat di serial anak Adit Sopo Jarwo ya.

 

Jenis Jenis Animasi

Terdapat beberapa jenis animasi yang ada saat ini, jenis jenis ini menghasilkan animasi yang berbeda-beda dan kualitas yang berbeda pula. Pemilihan jenis animasi tergantung kepada kebutuhan. Berikut ini jenis-jenis animasi tersebut:

  • Motion Path: Motion Path adalah jenis animasi untuk sebuah simbol yang bergerak mengikuti suatu lintasan.
  • Animasi Marque: Animasi ini bisa kita temukan di website-website menampilkan barisan teks yang berjalan dari sisi kanan ke sisi kiri atau sebaliknya.
  • Animasi Fade: Kita sering melihat animasi sebuah objek dari semula utuh lalu lambat laun memudar dan menghilang, jenis animasi semacam ini disebut animasi fade.
  • Animasi Rotasi: Sesuai dengan namanya, objek dibuat bergerak memutar, seperti animasi jam, model kincir, putaran roda, dan lain-lain. Arahnya bisa searah jarum jam (CW: Clock Wise) atau berlawanan dengan jarum jam (CCW: Counter Clock Wise).
  • Animasi Blink: Jenis animasi ini objek dibuat berkedip seperti bintang antau lampu disco.
  • Animasi Shape: Animasi Shape adalah animasi perubahan bentuk dari semula objek menjadi text atau sebaliknya.
  • Animasi Masking: Animasi Masking adalah jenis animasi yang bergerak menutupi objek.

 

Perbedaan dan persamaan Animasi 2D dan 3D  

Persamaan Animasi 2D dan 3D

Persamaan animasi 3D dan 2D adalah sama2 memiliki suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu.

Perbedaan Animasi 2D dan 3D

Biasanya jenis animasi yang di kenal oleh banyak orang yaitu animasi 2D dan 3D. Perbedaan animasi 2D dan 3D dapat di lihat dari sudut pandangnya. Animasi 2D menggunakan koordinat x dan y serta animasi 3D menggunakan koordinat x, y, dan z sehingga kita dapat melihat objek lebih nyata.

  • Animasi 2D - Animasi 2D dapat juga di sebut dengan film kartun. Asal nama kartun sebenarnya berasal dari kata cartoon yang memiliki arti gambar yang lucu. Contohnya yaitu Tom and Jerry, Doraemon, Lonney Tunes dan lain sebagainya.
  • Animasi 3D - Animasi 3D merupakan pengembangan dari animasi animasi 2D. Dengan menggunakan animasi 3D, aniamsi yang kita lihat akan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud asli manusia atau karakter yang lainnya. Contohnya yaitu, Toy Story, Monster Inc, Finding Nemo dan lain sebagainya..

 

Kekurangan dan Kelebihan dari animasi 2D dan 3D

Animasi 2D

Animasi 2D merupakan macam animasi yang dibuat menggunakan rangkaian gambar seperti yang saya jelaskan di postingan sebelumnya. Yakni seperti kita membuka foto album, akan tetapi gambar satu dengan gambar sebelum atau sesudahnya memiliki keterkaitan adegan.
Kelebihan animasi ini adalah lebih mudah dalam membuat. Kita hanya tinggal menggambar per gambar kunci (keyframe) yang dijadikan sebagai patokan adegan, kemudian kita gambar pergerakannya. Sedangkan kekurangannya cukup jelas, yakni kita harus menggambar semua adegan dalam animasi. Misalkan kita buat animasi 5 detik dengan kecepatan 12 frame per second (gambar per detik), maka kita perlu menggambar sebanyak 60 gambar sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kelebihan Animasi 2D

  • Dibandingkan 3d, animasi 2d lebih simpel. Tidak butuh terknologi terbaru dan software khusus yang rumit. Yang sangat diperlukan adalah kemampuan menggambar yang bagus dan konsisten.
  • Hadir sejak akhir 1800an, animasi 2d sudah mengalami banyak perkembangan. Saat ini kualitasnya tidak perlu dipertanyakan.
  • Jika terjadi kesalahan dalam pembuatan animasi, tinggal mengambar ulang. 

Kekurangan Animasi 2D

  • Kita butuh membuat banyak gambar untuk membuat sebuah gerakan. Sayangnya gambar ini tidak bisa digunakan lagi untuk adegan lain.
  • Kualitas gambar dari animasi 2d terkesan jadul, tidak mengikuti perkembangan jaman.
  • Peminatnya mulai berkurang, saat ini kebanyakan orang menyukai animasi 3d berkat efek yang nyata.
  • Membutuhkan keahlian khusus, diperlukan mereka yang bisa sketsa dan gambar. Pada pembuatan animasi 3d, kemampuan gambar tidak terlalu penting.


Animasi 3D

Dalam animasi 3d, proses pertama yang dilakukan adalah menciptakan sebuah karakter. Para animator bekerja dengan komputer, dimulai dari membuat struktur rangka yang digunakan untuk mengatur gerakan termasuk gerakan tangan, kaki, tubuh bahkan kedipan mata.

Ketika karakter/ objek telah dibuat, kita bisa memperlakukannya layaknya seorang aktor. Bisa disebut sebagai boneka virtual yang bisa digerakan sesuai kebutuhan film.

Berbeda dengan animasi 2d yang membutuhkan kemampuan mengambar yang bagus dan konsisten. Animasi 3d lebih sering bekerja grafik dan kurva yang digunakan untuk mengontrol gerakan karakter. Kita bisa mengatur pencahayaan, bayangan ataupun angle kamera dengan mudah.

Kelebihan Animasi 3D

  • Animasi 3 dimensi dapat menyajikan tampilan film yang lebih nyata dan menakjubkan
  • Proses pembuatan karakter memang membutuhkan waktu lama. Namun ketika sudah jadi bisa digunakan berkali kali sehingga kedepannya lebih hemat waktu dan biaya produksi.
  • Perkembangan teknologi yang pesat mendukung perkembangan animasi 3d untuk lebih maju
  • Memiliki lebih banyak peminat dibandingkan animasi 2d

Kekurangan Animasi 3D

  • Animasi 3d sangat terbatas, tergantung pada apa yang bisa dilakukan mesin. Berbeda dengan 2d dengan imajinasi tak terbatas dari sang pembuat gambar.
  • Teknologi 3d tergolong masih baru dimana kadang muncul bug, glitches dan virus yang menghambat pembuatan. Perlu waktu untuk menemukan kesalahan dan memperbaikinya.

 

 

Software Untuk Animasi 2D dan 3D

Software Untuk Animasi 2D

Ada banyak software Animasi 2D di pasar saat ini tetapi ada beberapa yang berdiri keluar dari sisanya dan beberapa di antaranya:

  • Anime Studio

Anime Studio adalah pemenang ketika datang ke perangkat lunak Animasi 2D. Hampir semua fitur hanya tempat untuk membuat animasi 2D. Apa yang menentukan selain perangkat lunak lainnya adalah kemampuannya untuk menghasilkan kualitas animasi, kecepatan luar biasa dan itu datang dengan jumlah gratis plug-in menambahkan bayangan dan shading karakter semudah beberapa klik mouse. Versi Pro Anime Studio lebih gemilang dan dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk seorang penyemangat profesional. Misalnya Anda dapat menyimpan dan menggunakan kembali animasi Anda telah membuat karakter Anda, mengubah rambut, kulit, dan warna cepat sesuai dengan karakter Anda. Ini juga bekerja dengan semua versi windows dari Windows XP serta Mac OS X 10.5+. Namun, alat gambar dapat sulit untuk belajar. Anime studio sempurna untuk pemula dan mereka yang mencari untuk membuat animasi sederhana.
Harga: $49,99 (Anime Studio Debut) / $199,99 (Anime Studio Pro)
Mac OSX, Windows
Anime Studio

  • flash

Adobe animasi alat dikenal sebagai Flash adalah masih salah satu perangkat lunak Animasi 2D terbaik di pasar bahkan setelah berada di sekitar untuk waktu yang lama. Telah berhasil mengalahkan dari kompetisi dari beberapa perangkat lunak baru karena mudah digunakan dan paling Animator menemukannya sangat fleksibel terutama ketika datang untuk pengembangan web. Namun, ini tidak memiliki beberapa set alat kunci yang akan benar-benar menguntungkan Animator khususnya di masa ketika Animator harus menciptakan sesuatu yang menawan. Meskipun menyediakan pengalaman interaktif yang hebat, hal ini tidak ideal untuk membuat kartun.
Harga: $699
Mac OSX, Windows
Flash

  • Toon Boom

Ketika datang ke penggunaan, Toon Boom adalah perangkat lunak Animasi 2D yang paling banyak digunakan dalam industri profesional. Jika Anda mencari software untuk membantu Anda membuat profesional animasi, kemudian Toon Boom mungkin adalah yang terbaik. Itu datang dengan banyak fitur dan menghasilkan grafis yang menakjubkan. Alat gambar juga spektakuler. Produk selesai juga menakjubkan. Namun, dibutuhkan beberapa waktu untuk mendapatkan digunakan untuk cairan antarmuka. Hal ini juga cukup mahal, tetapi jika Anda tidak keberatan harga, itu adalah alat yang hebat untuk membuat animasi 2D.
Harga: $1,999.99 (versi Pro).
Mac OSX, Windows
Toon Boom

  • CreaToon

Jika Anda mencari perangkat lunak animasi gratis 2D, maka CreaToon adalah salah satu yang terbaik Anda akan meletakkan tangan Anda. Ini adalah program yang bagus terutama untuk tujuan pelatihan dan belajar alat terjemahan dan membingkai kunci. Namun, animasi akhir tidak datang dengan suara sehingga Anda harus mengimpor bentuk suara di tempat lain. Ini dapat juga vektor seni tapi buruk dan memiliki sejumlah format ekspor yang tersedia. Anda juga tidak bisa sync suara dan bibir dan juga memiliki waktu membuat lambat. Akhirnya, hal ini hanya kompatibel dengan Windows. Namun, karena itu adalah freeware, Anda tidak bisa memiliki banyak keluhan tentang hal itu dan bahkan dengan kelemahan, itu masih merupakan salah satu software gratis Animasi 2D terbaik di luar sana.
Harga: gratis
Windows (hingga XP)
CreaToon


Software animasi 3D atas

  •  Maya

Saat ini, program yang dimiliki oleh Autodesk adalah standar untuk 3D industri animasi film, game, TV, dan komputer dihasilkan efek 3D yang digunakan dalam pertunjukan hiburan. Maya selalu up to date dan fitur lengkap dan program yang sempurna bagi mereka yang berjuang untuk menjadi profesional Animator. Maya cepat menjadi perangkat lunak pilihan untuk banyak pembuat film karena memungkinkan untuk berbagai macam shading dan efek pencahayaan. Hal ini juga mudah dikustomisasi berarti Anda dapat dengan mudah mengintegrasikan perangkat lunak pihak ketiga lainnya. Namun, hal ini cukup mahal dan begitu rumit jika Anda adalah pelajar atau tidak akan menggunakan semua fitur, maka Anda mungkin juga pergi untuk pilihan lainnya.
Harga: $1.995
Mac OSX, Windows
Maya

  • Lightwave

Lightwave adalah perangkat lunak animasi 3D yang sangat profesional. Hal ini terutama digunakan untuk membuat film, dan efek khusus. Perangkat lunak datang dengan banyak fitur dan membutuhkan banyak belajar sebelum Anda menguasai seni menggunakannya. Bagian terbaik tentang itu adalah bahwa itu datang dengan 30 hari percobaan gratis dan kompatibel dengan semua sistem operasi terbaru. Kualitas animasi juga standar tinggi dan kecepatan yang Anda dapat membuat animasi gemilang. Namun, ia tidak datang murah sehingga ideal untuk Animator profesional dan pembuat film.
Harga: $995
Mac OSX, Windows
Lightwave

  • 3D Studio Max

Ini adalah perangkat lunak animasi 3D yang indah lain dari Autodesk, pemilik Maya. Meskipun lebih populer dengan perancang industri dan arsitek, itu perlahan-lahan telah menemukan jalannya ke dalam film dan video game. Hal ini lebih cocok untuk pengembangan permainan 3D seperti Maya yang terbaik untuk film. Namun, ini adalah salah satu perangkat lunak animasi 3D yang paling mahal dan hanya besar studio mungkin mampu membelinya.
Harga: $3,495
Mac OSX, Windows
3D Studio Max

  • blender

Anda lebih kecil kemungkinannya untuk melihat software ini di studio-studio yang besar tetapi jika Anda bekerja pada anggaran atau hanya membuat 3D animasi untuk proyek Anda, maka Blender adalah hanya apa yang Anda butuhkan. Ini sempurna untuk membuat kartun sederhana serta proyek-proyek animasi 3D kecil lainnya. Karena perangkat lunak bebas, tidak cocok seperti Maya dan Lightwave dalam hal kualitas dan fitur tetapi itu adalah perangkat lunak yang baik di itu sendiri benar.
Harga: gratis
Mac OSX, Windows
Blender 

 

 

Baca Juga: Pengertian Animasi 2D Adalah - Teknik Animasi Dua Dimensi dan Proses Pembuatan Animasi 2D

 

Penelusuran yang terkait dengan Perbedaan Animasi 2D dan Animasi 3D

  • perbedaan animasi 2d dan 3d brainly
  • contoh animasi 2d dan 3d
  • pengertian animasi 2d
  • perbedaan 2d dan 3d brainly
  • contoh animasi 3d
  • kelemahan animasi 2d dan 3d
  • sebutkan software apa saja yang termasuk 2d dan 3d
  • pengertian animasi 3d

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel