Pengertian Public Area - Tehnik Pembersihan Area Hotel, Tehnik Pembersihan Manual dan Tehnik Pembersihan Machine Beserta Gambarnya


 Pengertian Public Area

Public area berasal dari kata public dan area yang mempunyai arti masing-masing yaitu : public adalah umum dan area adalah area, kawasan, atau daerah.
Jadi public area itu berarti area umum atau daerah umum, kawasan umum. Jadi area umum itu area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali.

Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel. Public area section sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang menjadi senang dan dapat beristirahat dengan tenang.
Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi : toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi perhatian penting untuk menarik tamu datang kedalam hotel.

Pengertian dari Public area adalah bagian dari housekeeping yang menangani kebersihan dan kerapian area-area umum hotel, kebersihan dan kerapian hotel yang banyak dikunjungi oleh tamu. Segala macam urusan kebersihan yang berada di kawasan umum di kerjakan oleh bagian Public Area, agar memberikan kesan bersih dan nyaman pada lingkungan hotel dan membuat tamu yang datang memiliki kesan yang baik terhadap hotel tersebut.

 

Baca Juga:  Public Area - Memeriksa peralatan, Jenis bahan pembersih, Pemilihan dan penggunaan bahan pembersih Beserta Memelihara dan menyimpan alat pembersih

 

 Jenis-Jenis Tehnik Pembersihan

Seperti pada materi sebelumnya yang telah membahas, tentang pengertian publis area section merupakan salah satu bagian dari housekeeping department yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian keindahan dan kenyamanan seluruh area yang ada di hotel. Baik yang ada diluar maupun didalm hotel. Public area section sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang menjadi senang dan dapat
beristirahat dengan tenang.
Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi; toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi perhatian penting untuk menarik tamu datang kedalam hotel.
Pekerjaan membersihan area umum dilakukan oleh Public Area Attendant / Housemen Section yang bertanggung jawab atas area-area umum dan melakukan perintah-perintah yang diberikan Public Area Supervisor.


Metode-Metode Pembersihan Public Area dapat dibagi 2 jenis, yaitu :
a) Metode Pembersihan Secara Manual
b) Metode Pembersihan Dengan Mesin

 

Tehnik Pembersihan Manual

Tehnik Pembersihan Manual adalah Metode Pembersihan yang menggunakan tenaga manusia tanpa menggunakan bantuan mesin. Tehnik Pemebersihan manual, terdiri dari:


1) Dusting
Teknik pembersihan yang bertujuan untuk membersihkan bedu. Tehnik pembersihan dusting/membersihkan debu ada 2 cara:

 


 2) Sweeping
Yaitu metode pembersihan dengan cara menyapu secara zigzag atau dari atas ke bawah dengan menggunakan sweeper/broom.


3) Moping
Adalah Metode Pembersihan kotoran yang melekat pada lantai dengan menggunakan mop serta bahan pembersih air dan floor cleaner.
Moping ada 2 macam:

 


4) Glass Wipping
Adalah Metode Pembersihan kotoran atau noda yang melekat pada permukaan kaca dengan menggunakan window wipper (karet pipih dijepit plat dan bergagang) atau menggunakan window washer ( karet pipih ditambah kain / anduk yang dejepit plat dan bergagang)

 


5) Brushing (menyikat)
Adalah Metode Pembersihan untuk melepaskan kotoran atau noda pada permukaan suatu benda atau lantai.


6) Scrubbing (menggosok)
Metode Pembersihan dengan cara menggosok dengan menggunakan scouring pad (alat penggosok dari spon) pada peralatan yang terbuat dari porselin, kuningan dan lainlain.


7) Cleaning Ceiling
Yaitu metode pembersihan langit-langit dengan menggunakan ceiling broom agar selalu dalam keadaan bersih terhindar dari debu, sarang laba-laba dan kelembapan

 

Tehnik Pembersihan Machine

Tehnik Pembersihan Machine adalah Metode Pembersihan dengan bantuan mesin dalam proses pembersihannya Macam-macam Tehnik pembersihan machine, antara lain:

1) Kristalisasi


Yaitu cara perawatan lantai marmer agar lantai menjadi mengkilap dikarenakan terjadinya kristalisasi pada permukaan lantai. Pelapisan ini hanya dapat dilakukan pada lantai marmer (marble Floor).


2) Vacuum Cleaning

 



Yaitu metode pemberihan dengan menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan lantai, dinding, carpet dari debu dan kotoran. Metode Vacuum Cleaning, ada 2 yaitu:

  • Dry Vacumming Adalah Metode Pembersihan dengan menyedot debu atau kotoran pada karpet maupun lantai.
  • Wet Vacumming Adalah Metode Pembersihan dengan menyedot kotoran yang berwujud cair yang tergenang pada lantai maupun pada karpet

 

3) Shampooing carpet

 



Yaitu metode pembersihan/pencucian Karpet dengan menggunakan shampooing machine dan shampoo carpet pada secara periodic pada jangka waktu tertentu.


4) Polishing

 



Yaitu metode pembersihan dengan menggunakan polishing machine dan floor dress untuk mengkilapkan lantai lobby maupun furniture terbuat dari metal dll.

 

 Baca Juga: Pengertian Public Area - Job Description, Standar Kerja, Pedoman menggunakan peralatan, Alat – alat pembersih dan Area kerja Public Area Section

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Public Area

  • pengertian public area menurut para ahli
  • ruang lingkup public area
  • bagian bagian public area
  • contoh public area hotel
  • peranan public area attendant
  • sebutkan tugas-tugas public area section
  • sebutkan dan jelaskan dengan singkat bagian – bagian dari public area section
  • sebutkan minimal 10 ruang lingkup dari public area hotel?

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Public Area - Tehnik Pembersihan Area Hotel, Tehnik Pembersihan Manual dan Tehnik Pembersihan Machine Beserta Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel