Pengertian Buffet Service Meliputi Ruang Lingkup, Alat, Ciri - Ciri, Jenis - Jenis, Langkah Pelayanan, Keuntungan dan Kelemahan Buffet Service


Pengertian Buffet Service

Materi Perhotelan - Buffet Service secara bahasa berarti adalah Melayani diri sendiri. Dalam bahasa Indonesia, buffet Service ini dikenal dengan Prasmanan. Secara istilah, yang dimaksud dengan buffet service itu adalah pelayanan makanan yang disajikan dalam mangkuk, nampan, atau tempat makanan lainnya yang tertata rapi di atas meja buffet atau meja hidang yang panjang, dimana makanan tersedia dari hidangan pembuka sampai penutup, kemudian tamu diharapkan mengambil piring, peralatan makan dan serbet, beserta makanan yang ada. Seorang staf (Chef/pemimpin dapur) ditugaskan untuk membantu melayani tamu, yang siap berdiri di belakang meja buffet selama jamuan makan berlangsung.
Cara penghidangan ini makin populer di ruang makan, karena kebanyakan tamu lebih menyukai suasana yang rilek. Dalam acara ini para tamu diperkenankan untuk mengambil dan memilih makanan yang telah di atur di atas meja buffet.


Tetapi pada buffet yang mewah para tamu akan disajikan makanan di mejanya seperti makanan penarik selera ataupun sop seperti prlaksanaan pelayanan pada ruang makan resmi, sebelum mereka pergi ke meja buffet untuk mengambil makanan pokok.
Minuman, roti dan mentega kadang-kadang makanan penutup (dessert) juga disajikan oleh petugas restoran. Jadi peralatan yang disiapkan untuk menikmati makanan tersebut tidak ubahnya seperti peralatan yang terdapat pada ruang makan biasa.
Jika pelayanan tidak dilaksanakan maka meja buffet diatur dan dilengkapi dengan makanan penarik selera (appetizer) sop, makanan penutup, beserta makanan peneman lainnya termasuk minuman, roti, mentega dan peralatan yang dipergunakan untuk menikmati makanan tersebut.
Pengaturan secara khusus adalah menempatkan piring makan pada barisan pertama, peralatan makan, lap makan, roti dan mentega dan diikuti dengan makanan yang hendak disuguhkan sesuai dengan kerangka menu yang ingin dipajangkan diatas meja buffet.

 

Baca Juga: French service / Gueridon Service Adalah - Menu, Jenis Gueridon Trolley, Peralatan, ciri ciri, kelebihan dan kekurangan gueridon service


Tetapi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih cepat sering dijumpai meja buffet khusus untuk makanan penarik selera, meja khusus untuk makanan pokok, meja khusus untuk makanan penutup dan maja khusus untuk minuman.
Dalam pelaksanaan cara prasmanan ini disamping selalu adanya koordinasi antara petugas dapur dan petugas restoran maka di belakang maja buffet akan selalu ada beberapa petugas dapur yang berfungsi :

  • Sebagai tuan rumah yang menerangkan, menyajikan dan membantu tamu.
  • Memotong daging serta menyajikannya.
  • Menambah dan melengkapi makanan yang terpajang di atas buffet bila berkurang
  • Memeriksa peralatan supaya tetap berfungsi baik alat pemanas ataupun alat pendingin.
  • Memberikan makanan yang jatuh ke lantai supaya tidak menimbulkan kecelakaan (contoh : tamu jatuh karena licin diakibatkan oleh makanan yang jatuh ke lantai.


Dalam presentasi buffet atau prasmanan ini banyak aspek yang mempengaruhi total kesan tamu keseluruhan, misalnya :

  1. Alam dan keadaan lingkungan dimana buffet itu dilaksanakan.
  2. Tata lampu yang menerangi meja buffet dan makanan.
  3. Penggunaan patung pada meja buffet seperti patung es, patung mentega, atau   patung-patung yang lain.
  4. Warna penutup meja yang dipergunakan.
  5. Waktu yang diperlukan oleh seorang tamu untuk mengambil makanan.

 

Ruang Lingkup Pelayanan Buffet Breakfast

Buffet merupakan salah satu metode pelayanan makanan yang merupakan modifikasi pengembangan dari cara pelayanan makanan dengan melayani sendiri ( self service ) . Modifikasinya adalah dalam pelaksanaan buffet , makanan disajikan dalam sekelompok meja dengan dekorasi yang menarik , umumnya dekorasi disesuaikan dengan jenis makanan yang disajikan sehingga setiap mata yang yang memandang di setiap titik meja akan tertarik untuk mendatangi dan akhitnya mencicipi makanan dan minuman yang disajikan tersebut . Makanan yang disediakan diatas meja buffet harus lengkap , ditata dan diatur indah , rapid an menarik . Perlu juga dicantumkan nama – nama hidangan tersebut , ditulis dengan tulisan yang bagus , rapi dan mudah dibaca . Makanan yang disajikan pun harus bervariasi , baik bahan , fungsi maupun cara memasaknya .

 

Apa  yang perlu diperhatikan dalam buffet service?

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam buffet service :
  • Kebersihan meja buffet
Saat acara buffet berlangsung, harus ada waiter atau waitress yang mengecek kebersihan meja buffet. Seringkali tumpahan kuah dan saus berceceran di atas meja buffet sehingga tamu berikutnya yang akan mengambil hidangan menu yang tersaji menjadi enggan karena terkesan jorok. Sediakan juga dua atau tiga buah lilin untuk mengusir lalat agar terbang menjauh dari meja buffet. Selain itu, lilin akan membuat meja buffet semakin menarik.
  • Menu buffet
Harus ada satu atau dua waiter yang selalu standby di dekat meja buffet untuk mengecek apakah menu yang ada masih cukup atau perlu ditambah. Misalnya apakah nasi putih nya masih cukup atau perlu ditambah dan sebagainya. Untuk mengantisipasi terjadinya kekurangan menu, biasanya koki restoran sudah menyiapkan menu spelling atau menu beck up.
  • Kelengkapan alat saji 
Seringkali dalam suatu acara buffet terkendala dengan lalainya waiter dalam menyiapkan alat saji yang tepat untuk mengambil makanan di meja buffet. Hal ini membuat tamu menjadi kesulitan dalam menggambil makanan. Misalnya saja jika ada menu ayam goreng, maka kita harus menyiapkan service tong. Jangan sampai tamu mengambilnya dengan tangan. Selain tidak hygienis, tentu terlihat tidak baik bukan?
  • Penataan menu
Menu yang disajikan di atas meja buffet harus ditata seindah dan semenarik mungkin agar tamu berselera untuk menikmatinya. Jangan sepelekan penataan menu. Hal ini sangat berpengaruh terhadap minat tamu untuk menikmati makanan yang disajikan atau tidak.

 

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pengaturan meja buffet :

  1. Round table / Square table
  2. Jarum pentul
  3. Molton
  4. Paku paying
  5. Taplak meja
  6. Skirting

 

 

Teknik Pengaturan Meja Buffet

Pengaturan meja buffet juga memegang peranan tersendiri . Meja tersebut dapat disusun dalam berbagai bentuk dan ukuran sehingga suasana buffet dapat dibuat sedikit berubah – ubah . Dibawah ini ditunjukan beberapa bentuk meja buffet yang pada umumnya dipergunakan sehingga susunan meja buffet dapat bervariasi .

Bentuk penataan buffet ada 2 macam :

  1. Straight Line Shape Yaitu satu meja buffet memanjang dengan hidangan lengkap , mulai dari appetizer , soup , main course dan dessert .
  2. Scramble System Yaitu lebih dari satu buffet disediakan dan letaknya memencar , tiap – tiap buffet diisi dengan jenis makanan saja .

 

Jenis-jenis Buffet Service

Contoh  jenis Buffet Service:
  • Cafetaria  
  • Kantin

 

Teknik Pemasangan Skirting

Sekerting adalah kain yang digunakan untuk menutup sebuah kaki meja . Seorang waiter harus memiliki panduan dalam memasang skirting karena variasi dalam bentuknya yang banyak .

  • Pasang molton Langkah pertama yang harus dilakukan untuk waiter adalah pasangkan molton pada meja yang akan di pakai untuk memasang skirting .
  • Menyiapkan taplak meja Setelah molton sudah dipasang maka langkah ke dua adalah siapkan taplak meja dan taruh di atas molton untuk sebagai alas yang nantinya akan di taruh di atasnya peralatan beserta makanan dan minuman .
  • Pasang skirting Lalu pasangkan skirting , skirting biasanya dipakai untuk meja prasmanan yang berfungsi menutupi kaki – kaki meja .

Yang harus diperhatikan dalam memasang skirting :

  1. semua sisi meja ditutupi dengan skirting
  2. tinggi kain tidak menyentuh lantai
  3. memiliki bentuk yang tidak teratur dan rapih

 

Setelah pemasangan skirting selesai , letakkan chaving dish sesuai dengan urutan menu yang telah ditentukan . Kemudian lengkapi buffet dengan peralatan makan seperti : Dinner Plate , Dessert Plate , Cup & Saucer , Soup Plate , Dinner Spoon , Dessert Spoon , Soup Spoon , Tea Spoon . Setelah peralatan makanan telah lengkap masukkan hidangan breakfast pada chaving dish dan lengkapi hidangan lainnya seperti : Roti & Mentega , Fresh Juice , Fresh Fruit , Tea & Coffe , Yoghurt , Cereal , jangan lupa juga lengkapi sauce bottle pada stan cook live .

 

 

Keuntungan dan Kelemahan Buffet Service

 Keuntungan:

  • Dapat melayani tamu cukup banyak dalam satu kurun waktu yang singkat,dengan mempergunakan pramusaji yang jumlahnya relatif sedikit.
  • Tamu lebih leluasa memilih dan mengambil makanan sendiri sesuai dengan selera.
  • Dapat dipindahkan atau diadakan diluar restoran untuk menciptakan suasana baru bagi tamu.
  • Menekan food cost dan menambah keuntungan.

Kelemahan: 

Bila kita lihat,hanya ada dua kerugian pada sistem buffet service karena secara tidak langsung sama juga dengan sistem American Service. Dua kerugian itu ialah:

  • Buffet service tidaklah serumit dan sepribadi seperti Chinese Food ataupun Platter Service,dan mungkin juga tidak dapat diterima oleh beberapa tipe restoran di beberapa wilayah dunia.
  • Personil pelayanan akan bosan dengan tugas-tugasnya karena tidak diperlukan keahlian yang tinggi dalam menjalankan tugas dan pelayanan.Hal ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih sulit bagi pihak manajemen karena manager harus terus memotivasi para stafnya. 

 

Baca Juga: Pengertian Gueridon Service - Alat Bantu, Perawatan, Keamanan Dalam Memasak, dan Penyajian Cara Perancis (Gueridon Service)

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Buffet Service Meliputi Ruang Lingkup, Alat, Ciri - Ciri, Jenis - Jenis, Langkah Pelayanan, Keuntungan dan Kelemahan Buffet Service. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya. 

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Buffet Service

  • kelemahan buffet service
  • buffet service dikenal dengan istilah lain
  • pengertian buffet service menurut para ahli
  • fungsi buffet service
  • langkah langkah pelayanan buffet service
  • jenis-jenis buffet
  • ciri ciri buffet service
  • tujuan kegiatan pelayanan buffet service

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel