Pengertian Hotel Menurut Para Ahli Beserta Macam-Macam Bagian atau Departemen Yang Ada di Hotel

Sumber Gambar Labersa Hotel Pekanbaru

Pengertian Hotel

  • Mangkuwerdoyo (1999) mengatakan, “hotel  adalah  jenis  usaha  penjualan jasa  pelayanan  atau  “service”  sehingga  peranan  karyawan,  dalam  hal kepribadiannya,  pembawaan  serta  penampilannya  akan  berpengaruh  sekali  di dalam memberikan pelayanan di samping segi keterampilannya”.
  • Hotel  adalah suatu  badan  usaha  yang  bergerak  dalam  bidang  jasa  akomodasi  yang  dikelola secara  komersial. Di  dalam  hotel  para  tamu  mendapatkan  layanan  penginapan, makanan  dan  minuman,  serta fasilitas  lainnya(Darsono,1992:1).
  • Sedangkan Sulastiyono  (2011:5)  berpendapat  bahwa,“hotel  adalah  suatu  perusahaan  yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya perjanjian khusus”.
  • Menurut   Sugiarto(2003),“hotel   adalah   suatu jenis   akomodasi   yang mempergunakan   sebagian   atau   seluruh   bangunan   untuk   menyediakan   jasa pelayanan  penginapan,  makan  dan  minum  serta  jasa  lainnya  bagi  umum  yang dikelola  secara  komersial  serta  memenuhi  ketentuan  persyaratan  yang  ditetapkan dalam  keputusan  pemerintah”.
  • Selanjutnyamenurut Rachman(2005),“hotel adalah   suatu   bentuk   akomodasi   komersial   yang   dibuka   untuk   umum   yang dilengkapi   dengan   pelayanan   dan   berbagai   macam   fasilitas   seperti   kamar, makanan  dan  minumanserta  pelayanan  yang  dibuka  selama  24  jam”. Dari beberapa  pengertian  hotel  diatas  dapat  disimpulkan  bahwa,  hotel  adalah usaha komersial yang  menyediakan  akomodasi  atau  penginapan,  pelayanan  makan  dan minum serta  fasilitas  yang  ada  didalamnya  dan  dibuka  untuk  umum  selama  24 jam.

 

Baca Juga: Pengertian Pelayanan dan Restoran Meliputi Ruang Lingkup, Tipe-tipe Restoran, Peranan, Klasifikasi Pelayanan dan Tipe-Tipe Service di Restoran

 

Macam-Macam Bagian atau Departemen Hotel

Bagian atau  departemen  yang  terdapat  dalam  Hotel  secara  umum  menurut  5 teori Sulastiyono (2011:63-186) adalah sebagai berikut:

  • Kantor  depan  Hotel (Front  Office):
Peranan  dan  fungsi  utama  dari  bagian kantor  depan  hotel  adalah  menjual  (dalam  arti  menyewakan)  kamar  kepada para tamu. Oleh karena fungsinya itu, maka lokasi atau letak kantor depan hotel seharusnya  berada  di  tempat  yang  mudah  dilihat  atau  diketahui  oleh  tamu. Untuk   membantu   pelaksanaan   fungsi   bagian   kantor   depan   hotel   terbagi menjadi beberapa sub-bagian  yang masing-masing sub-bagian memiliki fungsipelayanan yang berbeda, karena peranan dan fungsi utama bagian kantor depan hotel adalah pelayanan penjualan kamar, maka penggunaan Yield Managementsebagai strategi penjualan akan banyak berkaitan dengan sub-bagian pelayanan pemesanan kamar (reservation);

 

  • Tata  Graha  Hotel (Housekeeping):
Bagian  tata  graha (Housekeeping) adalah salah satu bagian yang mempunyai peranan dan fungsi yang cukup vital dalam memberikan   pelayanan   kepada   para   tamu,   terutama   yang   menyangkut pelayanan    kepada    para    tamu,    terutama    yang menyangkut    pelayanan kenyamanan  dan  kebersihan  ruang  hotel.  Dalam  melaksanakan  tugas-tugas dibidang pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruang hotel, maka bagian tata graha  juga  harus  melakukan  kerjasama  dengan  bagian-bagian  lainnya  yang terdapat  di  hotel, seperti  bagian  kantor  depan  hotel (Front  office),  bagian makanan  dan  minuman (Food andBeverage),bagian  mesin (Engineering), bagian akunting, dan bagian personel. Tanggung jawab bagian tata graha dapat dikatakan  mulai  dari  pengurusan  tentang  bahan-bahan  yang  terbuat  dari  kain seperti   taplak   meja (table   cloth),   sprei,   sarung   bantal,   korden,   menjaga kerapihan  dan  kebersihan  ruangan  beserta  perlengkapannya,  sampai   pada programpengadaan/penggantian peralatan dan perlengkapan, serta pemeliharaan  seluruh  ruangan  hotel.  Melihat  ruang  lingkup  tanggung  jawab bagian  tata  graha  tersebut,  maka  yang  dimaksud  ruangan-ruangan  hotel  terdiri dari  kamar-kamar  tamu,  ruang  rapat,  ruang  umum  seperti lobby.  Corridor,restoran yang kesemuanyaitu disebut sebagai front of the house. Disamping itu, bagian  tata  graha  juga  bertanggung  jawab  terhadap  kebersihan  dan  kerapihan bagian back  of-the-houseseperti  bagian  dapur,  ruang  makan  karyawan,  ruang ganti  pakaian  karyawan,  ruang  kantor  dan  sebagainya.   Berkaitan  dengan peranan  dan  fungsibagian  tata  graha,  maka  para  karyawan  bagian  tata  graha dituntut   untuk   memiliki   perilaku,   pengetahuan,   dan   keterampilan   tentang bagaimana    menjaga    kerapihan    dan    kebersihan    ruangan    hotel    dengan menggunakan   teknik   dan   prosedurserta   peralatan   yang   benar.   Dengan demikian  dapat  menjamin  kualitas  pelayanan  yang  sesuai  dengan  keinginan tamu;
  •  Makanan dan Minuman (Food andBeverage):

Bagian makanan dan minuman merupakan  salah  satu  bagian  yang  terdapat  dihotel,  yang  mempunyai  fungsi melaksanakan  penjualan  makanan  dan  minuman.  Sekalipun  melakukan  fungsi menjual makanan dan minuman, tetapi dibalik itu semuanya terdapat kegiatan-kegiatan   yang   sangat   komplek.   Kegiatan   itu   adalah   melaksanakan   usaha pengembangan   produk   makanan   dan   minuman,   merencanakan   kegiatan-kegiatan  yang  dapat  menarik  tamu  untuk  makan  dan  minum  direstoran  hotel, melakukan   pembelian   bahan-bahan   makanan   dan   minuman,   penyimpanan bahan-bahan   makanan   dan   minuman,   melakukan   pengolahan,   penyajian makanan dan minuman serta penghitungan produk;

  • Marketingand  sales  Department:

Bagian  ini  berfungsi  dalam  memasarkan produk  hotel,  serta  kegiatan-kegiatan  yang  berhubungan  dengan  pemasaran hotel,  dengan  berbagai  cara  bagian  ini  berusaha  untuk  mendapatkan  tamu sebanyak   mungkin   ke   dalam   hotel,   agar   dapat   menentukan   banyaknya peningkatan pendapatan yang diperoleh melalui tamu-tamu yang menginap dan menggunakan fasilitas-fasilitas hotel;

  • Accounting  Department:

Accounting  Departmentini  merupakan  sebuah  pusat bagi  perusahaan  hotel  dalam  menyelenggarakan  penyusunan,  pencatatan  dan administrasi keuangan, dengan adanya departemen ini maka pihak manajemen akan dapat mengetahui seberapa banyak pendapatan yang telah diperoleh serta bagaimana perkembangan perusahaan tersebut untuk masa yang akan datang;

  • Human  Resource  Department: 

Bagian  ini  berfungsi  melakukan  kegiatan  yang ada  kaitannya  dengan  sumber  daya  manusia  yang  ada  di  lingkungan  kerja hotel. Departemen ini juga memiliki tugas dalam mengembangkan tenaga kerja yang  ada  serta  mengatur  dan  menyelenggarakan  pendidikan  maupun  latihan kerja bagi karyawan dari semua tingkatan;

  • Engineering  Department:

Departemen  ini  bertanggung  jawab  dalam  kegiatan yang berhubungan dengan perencanaan dan kontstruksi bangunan hotel, selain itu  juga  bagian  ini  peralatan  dan  perlengkapan  hotel  yang  bersifat  mekanik (mesin)  serta  mengurus  pengadaan  dan  pemeliharaan  instalasi  listrik  dan pengadaan air bersih untuk keperluan tamu maupun untuk keperluan karyawan hotel.   Disamping   fungsi   dan   tugas   diatas, engineeringdepartementjuga mengurus  perlengkapan  dan  peralatan  yang  bisa  digunakan  dalam  hal  yang berhubungan dengan pencegahan dan penanggulangan kebakaran maupun yang berhubungan dengan keselamatan kerja;

  • Security Department:

Bagian ini bertugas dalam hal yang berhubungan dengan masalah  yang  ada  kaitannya  dengan  keamanan  di  dalam  hotel  maupun  di  luar hotel serta memelihara ketertiban di wilayah kerjanya

 

Kategori Hotel

Berdasarkan Permen tentang Standar Usaha Hotel, pemerintah Indonesia mengkategorikan usaha hotel menjadi dua yaitu:

  1. Hotel bintang
  2. Hotel nonbintang

Berikut ini penjelasan lebih rinci mengenai hotel bintang dan hotel nonbintang:

  • Hotel bintang

Hotel bintang adalah hotel yang telah memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel bintang satu, dua, tiga, empat dan bintang lima.

Hotel bintang memiliki penggolngan kelas hotel, yaitu:

  1. Hotel bintang satu
  2. Hotel bintang dua
  3. Hotel bintang tiga
  4. Hotel bintang empat
  5. Hotel bintang lima
  • Hotel Nonbintang

Hotel Nonbintang adalah hotel yang tidak memenuhi kriteria penilaian penggolongan kelas hotel sebagai hotel bintang satu.Hotel nonbintang tidak memiliki penggolongan kelas hotel dan dapat disebut sebagai hotel melati.


Karakteristik hotel

Terdapat beberapa karakteristik tertentu yang membedakan hotel dengan industri lainnya.

Berikut ini beberapa karakteristik hotel:

  1. Industri perhotelan adalah industri padat modal yang diklasifikasikan sebagai padat karya serta sarana mengelola modal ventura besar dan memerlukan banyak pekerja.
  2. Dipengaruhi oleh keadaan dan perubahan ekonomi, politik, sosial, budaya dan keamanan di lokasi hotel tersebut berada.
  3. Memproduksi dan memasarkan produknya berkaitan dengan tempat di mana layanannya dibuat.
  4. Beroperasi selama 24 jam per hari tanpa hari libur untuk memberikan pelayanan kepada pelanggan hotel dan masyarakat luas.
  5. Memperlakukan pelanggan seperti raja sekaligus sebagai mitra bisnis karena layanan hotel bergantung pada jumlah pelanggan yang menggunakan fasilitas hotel.

 

 Baca Juga: Pengertian Pramusaji (Waiter) Hotel Meliputi Syarat, Grooming, kualifikasi pekerjaan, Posisi, Tugas, Tanggung Jawab dan Perlengkapan Wajib Seorang Waiters

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Hotel Menurut Para Ahli Beserta Macam-Macam Bagian atau Departemen Yang Ada di Hotel. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

 Penelusuran yang terkait dengan hotel adalah

  • pengertian hotel wikipedia
  • resort hotel adalah
  • definisi hotel menurut para ahli
  • sejarah hotel
  • location hotel adalah
  • motor hotel adalah
  • klasifikasi hotel
  • karakteristik hotel

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel