Pengertian Pelayanan dan Restoran Meliputi Ruang Lingkup, Tipe-tipe Restoran, Peranan, Klasifikasi Pelayanan dan Tipe-Tipe Service di Restoran

 

Pengertian, Jenis dan Sistem Pelayanan Restoran

Pengertian Pelayanan dan Restoran

Pelayanan adalah suatu kegiatan atau urutan kegiatan yang terjadi dalam interaksi langsung antara seseorang dengan orang lain atau mesin secara fisik, dan menyediakan kepuasan pelanggan. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dijelaskan pelayanan sebagai usaha melayani kebutuhan orang lain. Sedangkan melayani adalah membantu menyiapkan (mengurus) apa yang diperlukan seseorang.

 

Baca Juga: Pengertian Reservasi Adalah - Klasifikasi, Macam - Macam, Sistem Penanganan, Penanganan Reservation dan Jenis-jenis laporan Bagian Reservasi

 

Pengertian Restoran dan Ruang Lingkup

Menurut UU RI No. 34 Tahun 2000, restoran adalah tempat menyantap makanan dan minuman yang disediakan dengan dipungut bayaran, tidak termasuk usaha jenis tataboga atau catering. Pengertian restoran menurut Marsum WA (1994), restoran adalah suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.
Keputusan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Nomor: KEP- 012/MKP/IV/2001 tentang pedoman-pedoman umum perizinan usaha pariwisata menyatakan bahwa:

  • Usaha makan dan minum adalah usaha yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum untuk umum yang dikelola secara komersial.
  • Restoran adalah salah satu jenis usaha jasa penyediaan makan dan minum yang bertempat dibagian atau seluruh bangunan yang permanen, dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan penyajian, dan penjualan makanan dan minuman bagi umum ditempat usahanya.


Ruang Lingkup

Pengusahaan restoran meliputi kegiatan pengelolaan, penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman serta dapat menyelengarakan pertunjukan atau hiburan sebagai pelengkapnya.

Tipe-tipe Restoran

Menurut Marsum WA (1994) ada beberapa tipe restoran, yaitu:

  1. Table D’ hote Restaurant adalah suatu restoran yang khusus menjual makanan menu table d’ hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pembuka sampai dengan hidangan penutup) dan tertentu, dengan harga yang telah ditentukan pula.
  2. Coffee Shop atau Brasserie adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu biasa mendapatkan makan pagi, makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang relatif murah, kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara prasmanan.
  3. Cafetaria atau Café adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh.
  4. Canteen adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik atau sekolah.
  5. Dining Room, terdapat di hotel kecil (motel), merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa. Dining Room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun juga terbuka bagi para tamu dari luar.
  6. Inn Tavern adalah restoran dengan harga murah yang dikelola oleh perorangan di tepi kota
  7. Pizzeria adalah suatu restoran yang khusus menjual Pizza, kadang-kadang juga berupa spaghetti serta makanan khas Italia yang lain.
  8. Speciality Restaurant adalah restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya. Restoranrestoran semacam ini menyediakan masakan Cina, Jepang, India, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tata cara negara tempat asal makanan spesial tersebut.
  9. Familly Type Restaurant adalah satu restoran sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga yang tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan


Peranan Restoran Dalam Hotel

Industri jasa perhotelan yang menjual keramah-tamahan terdiri dari penjualan kamar hotel dan penjualan makanan di restoran. Maju mundurnya usaha perhotelan dapat ditentukan oleh kedua unsur tersebut. Bahkan suatu hotel dikatakan berhasil dalam pencapaiann tujuannya apabila pendapatan dari penjualan makanan lebih besar daripada penjualan kamar-kamar hotel. Dalam hotel dan restoran ada dua tujuan yang harus dicapai dalam waktu yang  bersamaan yaitu mendapatkan keuntungan dan memberikan kepuasan bagi para tamu. Semakin maju bidang tehnologinya, semakin banyak manusia karir, akan semakin banyak pula mereka yang tidakdapat  menikmati makan siang terutama  di rumah bersama keluarga,  berarti  akan  semakin  banyak  restoran  yang tumbuh dimana-mana. Sehingga peranan restoran menjadi semakin penting (Marsum WA, 1990)

 

Klasifikasi Pelayanan di Restoran

Klasifikasi pelayanan makanan di restoran pada umumnya dapat dipakai untuk membedakan kategori suatu restoran.Ada 4 macam klasifikasi pelayanan yang terkenal, yaitu:

  • Table Service

Yang dimaksud dengan table service adalah suatu system adalah suatu system pelayanan restoran di mana para tamu duduk di kursi menghadap meja makan, dan kemudian makanan maupun minuman diantarkan, disajikan kepada para tamu tadi. Dalam hal ini yang menyajikan makanan dan minuman bisa Waiter maupun Waitress.

  • Counter Service

Yang dimaksud dengan counter service ialah suatu system pelayanan restoran di mana para tamu yang datang terus duduk di counter. Apabila makanan dan minuman yang dipesannya sudah siap maka akan disajikan kepada tamu tadi diatas counter.Petugas yang menyajikan makanan dan minuman biasanya Waiter, Waitress, atau langsung juru masaknya. Pelayanan model ini lebih praktis, hemat tenaga dan waktu.Yang dimakasud istilah counter disini ialah meja panjang yang membatasi dua ruangan,yaitu ruangan dapur dan ruangan restoran.

  • Self Service

Yang dimaksud dengan self service atau kadang-kadang disebut juga dengan Buffet service ialah suatu system pelayanan restoran di mana semua makanan secara lengkap (dari hidangan pembuka, soup, hidangan utama, hidangan penutup, dan sebagainya) telah ditata dan diatur dengan rapi di atas meja hiding atau meja prasmanan. Para tamu secara bebas mengambil sendiri hidangannya sesuai dengan selera maupun kesukaannya. Sedangkan untuk minuman panas, seperti the atau  kopi, pada umumnya disajikan kepada tamu oleh petugas.

  • Carry Out Service

Carry out service kadang-kadang disebut juga sebagai Take out service yaitu system pelayanan restoran di mana tamu datang untuk membeli makanan yang telah siap atau disiapkan terlebih dahulu, dibungkus dalam boks (kotak) untuk dibawa pergi. Jadi makanan tidak dinikmati ditempat itu. Dalam hal ini harga makanan dan minuman jauh lebih murah bila
 
dibandingkan dengan restoran pada umumnya sebab pengusaha tidak perlu menyediakan peralatan-peralatan yang mewah dan lengkap. Kalau untuk makan diperlukan pisau, sendok, atau garpu, maka dapat dilengkapi dengan alat makan dari plastic yang sekali dipakai terus dibuang. Jadi serba praktis dan murah.

 

Tipe-Tipe Service di Restoran

Ada beberapa perbedaan tipe pelayanan yang dipergunakan direstoran pada dewasa ini. Hampir semua bentuk daripada pelayanan aslinya berasal dari rumah/lingkungan kaum ningrat Eropa pada dahulu kala. Kini tiap-tiap tipe mempunyai perbedaan-perbedaan yang khas, namun demikian beberapa restoran telah mengkombinasikan dua bentuk atau lebih tipe pelayanan untuk menyesuaikan dengan menu, fasilitas serta kesan daripada tamu tentang restoran. Keempat bentuk terdiri dari pada pelayanan yang akan didiskusikan disini adalah :

  • American Service
  • English Service
  • French Service
  • Russian Service


Menurut Prof. Mattew Bernastky ( dalam buku Marsum W. A. 1994 hal 95 ), salah seorang guru besar di Cornell University Amerika, untuk membedakan secara rinci manakah yang termasuk American, English, French, dan Russian Service, sangatlah sulit, karena kebanyakan sudah dimodifikasi.

 Baca Juga: Reservasi Perhotelan Meliputi Manfaat Reservasi, Status Reservasi, Reservation Proses, dan Standart Operational Prosedur Reservation

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pelayanan dan Restoran Meliputi Ruang Lingkup, Tipe-tipe Restoran, Peranan, Klasifikasi Pelayanan dan Tipe-Tipe Service di Restoran. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pelayanan dan Restoran

  • pengertian restoran hotel
  • pengertian restaurant
  • jelaskan fungsi pelayanan di restoran
  • apakah empat kategori penyajian pelayanan di sebuah restoran
  • sistem pelayanan restoran
  • pengertian restoran menurut para ahli
  • tujuan restoran
  • sebutkan klasifikasi sistem penyajian restoran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel