Pengertian Restoran Adalah - Menurut Para Ahli, Personalia Bagian Pelayanan, Tujuan, Fasilitas, dan Produk restoran

Pengertian Pelayanan Cara Pelayanan di Restoran

Pengertian Restoran

Restoran berasal dari kata “restore” yang artinya mengembangkan atau memperbaiki, dan pengembalian atau pengulangan dari kata restore (restoration) yang kemudian berubah menjadi restaurant dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesianya restoran.Restoran atau rumah makan merupakan suatu usaha penyediaan jasa makanan dan minuman dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penyajian di suatu tempat tetap yang tidak berpindah-pindah dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba.

 

Baca Juga:  Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Reservation di Hotel Beserta Jenis Laporan Reservasi


Pengertian Restoran Menurut Para Ahli

  1. Powers - Restoran ialah setiap tempat umum yang khusus menjual makanan untuk dikonsumsi di suatu tempat.
  2. Ninemeier dan Hayes - Restoran yaitu suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan yang mana basis utamanya termasuk di dalamnya ialah penjualan makanan atau minuman kepada individu – individu dan tamu – tamu dalam kelompok kecil.
  3. Soekresno - Restoran yakni suatu usaha komersial yang menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesional.
  4. Walker - Restoran merupakan salah satu tempat dimana pengunjung dapat menggunakan alat indra untuk menikmati pelayanan tertentu.
  5. Marsum - Restoran ialah merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisasi secara komersial yang menyelenggarakan pelayanan yang baik kepada semua tamunya baik berupa makan dan minum.
  6. Rumekso - Restoran adalah suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk tamu, serta mempunyai fasilitas-fasilitas lain yang diperlukan, dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan.

 

Pelayanan Makanan dan Minuman

Pelayanan makanan dan minuman adalah salah satu bagian di hotel atau restoran yang memberikan pelayanan makanan dan minuman kepada tamu hotel atau tamu restoran. Pelayanan makanan dan minuman  ini biasa disebut dengan tata hidang atau Food and Beverages Services. Bagaian ini berhubungan langsung dengan tamu pembeli. Petugas yang bertanggung jawab memberikan pelayanan makanan dan minuman disebut Pramusaji (waiter atau waitress). Adapun cukupan tugas pramusaji adalah menunggu tamu, menyambut tamu dengan hangat dan bersahabat, mengambil pesana makanan dan minuman, menyajikan makanan dan minuman, membersihkan restoran dan lingkungannya serta mempersiapkan meja makan untuk tamu berikutnya. Dengan demikian, pelayanan makanan dan minuman ini dimulai dari persiapan area restoran untuk pelayanan hingga menutup area restoran.

Secara garis besar pelayanan makanan dan minuman meluputi hal-hal berikut :
  1. Mempersiapkan area restoran untuk pelayanan.
  2. Menyiapkan dan mengatur meja.
  3. Menyambut pelanggan.
  4. Mengambil dan memproses pesanan.
  5. Menyajikan makanan dan minuman dan membersihkannya.
  6. Menutup area restoran atau ruang makan
Selain pramusaji ada beberapa jabatan lain dalam pelayanan makanan dan minuman ini. Pada umumnya personalia bagian pelayanan makanan dan minuman sebagai berikut :
  1. Food & beverage manager, bertanggung jawab kepada hotel manager tentang kelancaran semua operasional bagian F & B.
  2.  Assistant food & beverage manager, bertugas membantu BF manager untuk kelancaran tugas sehari-hari.
  3. Restaurant manager, bertanggung jawab kepada Assistant FB manager tentang kelancaran seluruh operasional restoran di dalam hotel. Jika restoran di luar hotel ia bertanggung jawab kepada pemilik restoran.
  4. Assistant restaurant manager, membantu restaurant manager.
  5. Head waiter, bertanggung jawab terhadap kelancaran operasional pelayanan di restaurant.
  6.  Assistant head waiter, membatu head waiter.
  7. Captain, bertanggung jawab terhadap satu station.
  8. Pramusaji, tugas utamanya melayani tamu.
  9. Busboy, membantu waiters dalam tugas sehari-hari.
  10. Hostess/greeter/receptionist, bertugas menyambut tamu, mendudukan tamu, dan menerima serta mencatat reservasi.
Sebelum memberikan pelayanan kepada tamu, area makan dan restoran harus diperiksa kebersihannya. Jika masih ada yang kurang bersih, harus segera dibersihkan. Area restoran yang bersih tentu saja tidak akan mengundang bakteri atau binatang untuk datang, seperti tikus, kecoa atau kucing. Faktor kebersihan atau hygiene adalah hal paling penting dalam usaha sebuah restoran. Apa jadinya ketika tamu menikmati hidangan, tiba-tiba ada kecoa yang lewat atau bahkan tenggelam di hidangan. Tentu saja, hal itu akan memberi citra yang buruk bagi restoran tersebut.

 

 

Tujuan Restoran 

Tujuan operasional restoran adalah untuk mencari keuntungan dan membuat puas para konsumennya. Berdasarkan aspek dasar keberadaan, restoran memiliki empat tujuan sebagai berikut:
  1. Perdagangan. Restoran berfungsi sebagai jasa penjualan dan pelayanan kepada pelanggan dari jenis produknya. 
  2. Keuangan. Restoran menjaga kelancaran dari berlangsungnya kegiatan merupakan perputaran dari biaya penanaman modal. 
  3. Kedudukan. Pengoperasian restoran yang utama adalah menyajikan berbagai jenis makanan dan penampilan suasana ruang restoran. 
  4. Kepraktisan. Restoran dalam penyusunannya menarik perhatian, penyajian dan pelayanan dari jenis usaha tersebut diharapkan dapat memberikan kepuasan.

 

 

Fasilitas Restoran

Pada dasarnya peralatan-peralatan yang digunakan pada setiap restoran baik yang berada diluar maupun dalam hotel adalah sama. Dalam sebuah restoran harus tersedia perlengkapan dan peralatan dalam jumlah yang memadai yang akan menunjang kelancaran operasional di restoran, serta mempunyai mutu dan penampilan yang baik karena citra restoran dapat dibangun melalui kualitas perlengkapan dan peralatan yang disediakan. Dari jumlah peralatan yang begitu banyak dijumpai di restoran, dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berikut:

Perlengkapan Restoran

Perlengkapan yang mutlak yang harus disediakan adalah :

  • Meja dengan berbagai ukuran dan bentuk yang bervariasi
  • Kursi yang disesuaikan dengan jenis restoran
  • Side stand/board adalah perlengkapan yang berbentuk meja atau lemari/ rak,sebagai alat bantu pelayanan yaitu tempat penyimpanan pelayanan dan bumbu-bumbu.Memiliki kotak atau laci dan dikelompokkan menurut
  • Dispencer counter berupa sebuah meja panjang yang biasanya diletakkan ditempat yang strategis di sudut ruangan restoran.Fungsinya juga sebagai tempat meletakkan sementara makanan yang baru diterima dari dapur atau meletakkan peralatan kotor sebelum dikirim ke dishwashing
  • Gueridon adalah kereta dorong untuk membawa makanan dalam jumlah yang banyak,juga untuk keperluan clear-up peralatan dari meja


Perlengkapan Meja Makan (Table Accessories)

Yang termasuk perlengkapan meja makan ini adalah salt and pepper shaker, ashtray,flower vase, table number, creamer/milk jug, napkin, sugar bowl dan sugar spoon,tootholder, candle holder, jam dish and spoon.

 

Peralatan Makan (Equipment)

Peralatan makan yang dipergunakan pada bagian restoran cukup banyak jenisnnya sehingga dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Silver ware/cutlery adalah alat-alat sejenis pisau yang digunakan untuk kepentingan potong memotong. Silver ware terbuat dari bahan stainless steel atau bahan perak,bentuknya berupa garpu,sendok makan dan
  • China ware adalah peralatan pecah belah yang terbuat dari keramik, porselin atau tembikar dan untuk keperluan operasional restoran. Pada suatu restoran digunakan satu model china ware saja, tapi tidak tertutup kemungkinan sebuah restoran menggu nakan beberapa china ware.Alat ini berupa piring (plate), cangkir (cup & saucer).
  • Glass ware adalah peralatan restoran yang digunakan untuk minum dan terbuat dari bahan jenis kaca. Adapun jenisnnya adalah seperti champagne, wine glass,high ball glass,water goblet. 4 . Linen Meja Makan

 

Produk restoran 

Produk yang dihasilkan restoran adalah totalitas dari makanan, minuman, dan seperangkat atribut lainnya, termasuk didalamnya rasa, warna, aroma makanan, harga, nama makanan dan minuman, reputasi restoran, serta jasa pelayanan dengan keramah-tamahan yang diterima guna memuaskan keinginan pelanggan (Soekresno, 2000:8). Secara umum, terdapat tiga komponen produk yang dipasarkan oleh restoran, yaitu:
  1. Makanan dan minuman.
  2. Pelayanan (service) termasuk cara pelayanan, keramah-tamahan karyawan, valet parking, perhatian khusus seperti ulang tahun, hiburan, dan komplimentari foto untuk pelanggan. 
  3. Suasana (ambience), termasuk : tema, lighting, seragam, furniture, kebersihan, perlengkapan, dekorasi, dan penataan meja.
Menurut Cousin dkk (2002:48-53), produk restoran ditentukan oleh lima faktor, yaitu:
  1. Faktor makanan dan minuman. Terdiri dari variabel jenis /menu masakan, variasi pilihan menu, rasa, tekstur, dan presentasi. 
  2. Faktor pelayanan (service). Terdiri dari variabel pilihan jenis pelayanan, fasilitas reservasi atau pemesanan tempat duduk, ketersediaan pembayaran dengan kartu kedit, tersedianya pilihan ukuran porsi, akses terhadap informasi kesehatan, dan ketersediaan kursi untuk balita (high chairs). 
  3. Faktor kebersihan dan higienitas. Terdiri dari faktor staff grooming, kebersihan pakaian seragam karyawan, daftar menu yang bersih dan rapi, suhu penyajian makanan dan minuman, dan kebersihan area keseluruhan. 
  4. Faktor harga. Terdiri atas kesesuaian antara kepuasan yang diperoleh dengan sejumlah uang yang dikeluarkan pelanggan. 
  5. Faktor atmosfir/suasana. Terdiri dari desain, dekorasi, pencahayaan, pengaturan suhu udara, furnishing, tingkat kegaduhan (noise level), perilaku tamu-tamu yang ada di restoran, dan perilaku karyawan. Atmosfer dalam operasional makanan dan minuman dapat dibagi atas atmosfer yang dilihat, yang didengar, disentuh, dirasakan, dan yang dibaui.

 

 

Baca Juga: Pengertian Reservasi Adalah - Klasifikasi, Macam - Macam, Sistem Penanganan, Penanganan Reservation dan Jenis-jenis laporan Bagian Reservasi

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Restoran Adalah - Menurut Para Ahli, Tujuan, Fasilitas, dan Produk restoran. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Pelayanan dan Restoran

  • pengertian restoran hotel
  • pengertian restaurant
  • jelaskan fungsi pelayanan di restoran
  • apakah empat kategori penyajian pelayanan di sebuah restoran
  • sistem pelayanan restoran
  • pengertian restoran menurut para ahli
  • tujuan restoran
  • sebutkan klasifikasi sistem penyajian restoran

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel