Akses Ke Kamar Untuk Pelayanan dan Cara Membereskan Tempat Tidur di Dunia Perhotelan

 


 Akses Ke Kamar Untuk Pelayanan

 Status Kamar

Kondisi atau keadaan kamar itu ditulis dengan kode atau simbol, yang umumnya hampir sama untuk semua hotel.
Kode atau Simbol  (Istilah Status Kamar)
OC  (Occupied )
:
Kamar tersebut ditempati oleh tamu
V  (Vacant )
:
Kamar itu sudah kosong namun belum siap dijual karena  belum dibersihkan.
VC (Vacant  Clean )
:
Kamar itu sudah kosong dan sudah dibersihkan namun  belum siap dijual
VCI (Vacant Clean Inspection)
:
Kamar itu sudah kosong, sudah dibersihkan dan sudah diperiksa oleh supervisor, sehingga kamar siap untuk dijual
CO (Check Out)
:
Tamunya meninggalkan hotel /kamar dan sudah membayar rekening
SO (Sleep Out)
:
Tamu hotel itu diluar ( tidak menempati kamar yang disewa )
DD (Don’t Disturb)
:
Tamu tersebut tidak mau diganggu
DL (Double Lock)
:
Kamar tersebut dikunci dua kali sehingga tidak bisa dibuka dengan kunci kamar
OOO ( Out of Order )
:
Kamar tersebut tidak bisa dijual, karena ada kerusakan
Housekeeping extra items:
  • Extra bed
  • Baby cot
  • Iron & iron board
  • Transpormator
  • Con plug
Berdasarkan hasil pemeriksaan kondisi atau status kamar itu, seorang pramugraha bisa menghitung jumlah tempat tidur yang akan dibersihkan.  Ini berarti , bahwa jumlah lena yang diperlukan bisa diketahui.
 
 

 

First Checking

Tujuan dari first cheking ini adalah untuk memeriksa keadaan status kamar secara nyata (riil)  dengan status kamar berdasarkan data dari Print Out Computer, pekerjaan ini biasanya dilakukan oleh floor supervisor atau room attendant dipagi hari sambil mengecek cucian tamu (guest laundry)


Prosedure first checking:


  • Sebelum mengetuk pintu/bel harus diperhatikan  ada tanda Don’t Disturb Sign atau tidak. Karena kamar-kamar dengan tanda-tanda tersebut tidak boleh diganggu/diketuk/bel.
  • Setiap mau masuk kamar  harus mengetuk/mengebel dengan menyebut roomboy, checking minimal 3x walaupun kita yakin kamar tersebut tidak ada penghuninya.
  • Kalau tidak ada jawaban, buka pintu pelan-pelan dengan mengucapkan excuse me periksa  keadaan kamar dengan seksama, berapa tempat tidur yang dipakai oleh tamu dan apakah ada kerusakan –kerusakan yang ditemukan, kalau ada cepat laporkan kepada Floor Supervisor untuk dibuatkan WO dan segera dikirim ke Engineering.
  • Kamar kosong (vacant:) periksa apakah segala sesuatunya dalam keadaan baik dan komplit
  • Kamar Check-out : periksa apakah ada barang-barang hotel yang terbawa oleh tamu atau apakah ada barang-barang tamu yang tertinggal, kalau ada cepat laporkan kepada floor supervisor untuk caeapt di follow-up, juga diinformasikan ke housekeeping office.
  • Kamar yang tamunya  ada didalam kamar, supaya tamunya tidak tersinggung, tanyakan  apakah ada Laundry/cucian yang akan  dikirim ke Laundry.?
  • Kamar yang tamunya Sleep Out, laporkan kepada Floor Supervisor agar di Double Lock oleh Duty Manager.
  • Kamar yang ON/Occupied no luggage. Andaikan tidak ketemu sendiri sama tamunya, laporkan saja sebagai check out room..
  • Setelah selesai  melakukan pemeriksaan, catat hasilnya pada Room Attendant sheet, dan segera laporkan kepada Floor Supervisor.  Diwaktu menyalin ke dalam Room Boy sheet, dicatat juga hal yang perlu dari kamar-kamar tersebut.

 

 Memasuki Kamar.

Doronglah kereta ke depan pintu kamar yang akan dikerjakan. Letakkan kereta sejajar dengan corridor, jangan sekali-kali menaruh kereta dengan posisi melintang.  Usahakan agar kereta tidak menyentuh tembok kamar.Bila kereta itu tertutup pada satu sisinya, hadapkan bagian yang terbuka ke pintu kamar, supaya mudah mengambil dan menaruh perlengkapannya.  Setelah kereta ditaruh dengan tepat, ketuklah pintu kamar dengan punggung jari, ketuk jangan terlalu keras dan jangan terlalu lembut.  Ketuk pintu 3 kali, sambil menyebut identitas diri atau departemen anda.


Jangan sesekali mengetuk pintu dengan kunci atau pulpen, agar supaya pintu itu tidak ternoda atau lecet.Kalau tidak ada jawaban, ulangi lagi untuk yang kedua dan ketiga kalinya.Bila tidak ada jawaban pula, masukkan kunci di pintu dan bukalah pintu perlahan-lahan.  Andai kata ada tamu yang tertidur tutuplah kembali pintu secara perlahan-lahan, bila ternyata tamunya tidak ada gantunglah tanda pramugraha pada pegangan/tombol pintu sebelah luar.Apabila waktu anda mengetuk pintu ada jawaban dari tamu dan menyuruh anda masuk atau pintunya dibuka oleh tamu, sapalah tamu itu dengan sopan dan ramah.Kalau anda sudah mengetahui nama tamu tersebut sapalah dengan menyebut namanya.
Lanjutkan dengan permintaan untuk mengerjakan  kamarnya.

 

Contoh  :   “Selamat pagi ……….,
                  Bolehkah saya mengerjakan kamar bapak sekarang ? atau         
                       Good morning ………    May I clean your room now ?

 

  Setiba anda dalam kamar tamu, periksa semua bola lampu, dengan cara menyalakan kemudian  mematikannya.  Laporkan atau catat bila ada lampu yang mati. Periksa semua perlengkapan yang lain seperti TV, AC, Refrigerator, dll  catat  dan laporkan kalau ada kerusakan.
Buka draperis dan set temperatur AC pada posisi normal/sedang.
Ambil sampah dari kamar dan kamar mandi, buang sampah ke dalam kantong plastik yang ada di garbage humper pada kereta trolley.  Sebaiknya sampah dimasukkan ke dalam kantong plastik jika disediakan,
Kalau ada alat-alat Room Service (Pelayanan makan dan minum di kamar) keluarkan dan letakkan di servis area, atau  hubungi bagian “room service, melalui telepon.
Bila ada pakaian tamu yang hendak dicuci, hubungi bagian binatu melalui telepon, atau langsung diantar ke bagian binatu (sesuai dengan ketentuan yang berlaku).  Jika harus diantar oleh pramugraha, periksa dan cocokanlah dengan daftar cucian yang telah diisi oleh tamu.

 

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan Pada saat tamu ada di kamar 
(When The Guest in the room)
Mintalah maaf jika menggangu tamu, dan tanya kapan waktu yang tepat bagi anda untuk kembali lagi dan membersihkan kamar.
Jika tamu sedang tidur, tinggalkan kamar secara perlahan . Jika anda menyalakan lampu, matikan lampu tersebut kembali.
Jika anda mendengar suara yang menunjukkan bahwa tamu ada di kamar mandi dan mungkin tidak mendengar anda, tinggalkan kamar secara perlahan.

Jika tamu tersebut dapat mendengar anda dari kamar mandi, mintalah maaf dan bilang bahwa anda akan kembali lagi nanti
Pada saat memasukki kamar jangan meninggalkan kunci kamar pada trolley cart,  hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan baik oleh petugas lain maupun tamu yang lewat.

 

 Membereskan Tempat Tidur

 Jenis-jenis tempat Tidur

No
Jenis Tempat Tidur
Keterangan
1.
Single bed
Satu buah tempat tidur yang ditempati untuk satu orang
2.
Twin Bed
Dua buah tempat tidur yang ditempati untuk dua orang
3.
Double bed
Satu buah tempat tidur yang ditempati untuk dua orang
4
Exstra Bed
Tempat tidur tambahan
5.
Baby Cot /Crib
Tempat tidur khusu untuk bayi
6.
Studio Bed
Tempat tidur yang dapat digunakan untuk sopa atau sebaliknya (dwi fungsi)

 

Bagian-bagian tempat tidur
Bed Head, Matrees, Bed Base, Bed Weel, dan Bed Leg
 

Striping The Bed .
Sebelum tempat tidur ditata dengan lena yang bersih, lena yang telah dipakai harus dibuka satu persatu dengan baik.Setiap membuka lena dari tempat tidur harus dikibaskan untuk melihat kalau-kalau ada barang milik tamu yang yang terselip dalam lena atau lena yang kena noda dan rusak.
 

Adapun lena yang dibuka itu adalah sebagai berikut :

  • Buka sarung bantal, dan letakkan bantal itu di atas kursi yang terdekat dengan tempat tidur.
  • Tarik sheet yang ketiga dan letakkan diatas kursi yang terdekat dengan tempat tidur.
  • Tarik selimut (blanket) dan letakkan dengan baik di atas sandaran kursi untuk diangin-angin.  Tetapi kalau selimut itu harus diganti  gulunglah dan letakkan/gabunglah dengan sheet ketiga tadi.
  • Tarik sheet yang kedua dan letakkan ditempat yang disebutkan diatas.
  • Tarik dan gulung seprei yang pertama atau yang paling bawah letakkan ditempat yang disebut diatas.
  • Ambil semua lena yang kotor baik yang ada di kamar maupun di kamar mandi yang telah dipakai, bawa dan letakkan kantong lena kotor (linen humper) pada kereta trolley.  Yakinkan bahwa anda harus membawa beberapa jenis handuk dan lena yang harus diganti.
  • Pada saat kembali ke kamar anda harus membawa sheet dan pillow cases serta towel sesuai yang diperlukan untuk ditata.


Menata Tempat tidur   

Setiap tamu yang merasakan kepuasan atas pelayanan anda, akan memberikan rekomendasi yang baik terhadap hotel anda.Hal ini sekaligus akan meningkatkan reputasi hotel anda dan kesejahteraan anda sebagai karyawan.  Agar anda dapat melaksanakan kewajiban anda dengan baik, perhatikanlah kewajiban anda dengan baik, perhatikanlah penjelasan serta langkah-langkah menata tempat tidur berikut ini.

  • Secara berkala baliklah kasur sesuai dengan petunjuk yang diberikan.  Biasanya dilakukan sekali dalam sebulan.
  • Letakkan pelindung kasur atau “bed pad/bed protector” atau mattres pad” diatas kasur.  Pelindung kasur ini berfungsi untuk menjaga supaya kasur tidak basah dari keringat atau cairan lain. Pelindung ini harus dibalik setiap hari.
  • Anda harus berdiri di depan meja malam (nigth table) menghadap ke arah tempat tidur yang sedang ditata. Atau dapat berdiri di  Top tempat tidur, hal dilakukan agar tidak membelakangi tamu atau memudahkan menebarkan sheet (simetris)
  • Tebar/pasang sheet pertama dengan baik ke atas tempat tidur.  Jahitannya menghadap ke bawah dan sisa sheet yang ada di kepala dan kaki tempat tidur harus sama.  Garis lipatan atau setrika harus berada ditengah-tengah tempat tidur.
  • Lipatlah ujung sheet pada bagian kepala tempat tidur dan yang terdekat dengan anda.
  • Lipat ujung sheet pada bagian kepala tempat tidur yang terdekat dengan anda
  • Pasang atau tebarkan sheet yang ke dua.  Jahitannya menghadap ke atas dan ujung depannya sejajar dengan ujung kasur.
  • Pasang atau lemparkan selimut diatas sheet  ke dua. Ujung depannya terletak kira-kira 30 cm ujung kasur.
  • Pasang atau tebarkan sheet yang ke tiga.  Jahitannya menghadap ke bawah dan ujung sejajar dengan ujung kasur
  • Lipat ujung sheet ke dua dan ketiga atas selimut
  • Masukkan sheet ke dua dan selimut sepanjang sisi tempat tidur yang terdekat dengan diri anda.
  • Lipat sekaligus ujung sprei dan selimut di sudut terdekat bagian kaki tempat tidur.
  • Lipat dan masukkan ujung sheet pertama pada bagian kepala sisi berikutnya.
  • Masukkan sekaligus dengan rapi sheet ke dua dan ketiga serta selimut pada sisi tersebut.
  • Tutup tempat tidur dengan tutup tempat tidur atau “bed spread” atau “ bed cover”  dengan rapi
  • Ambil sarung bantal, masukkan bantal ke sarungnya.  Bantal jangan dijepit dengan dagu
  • Letakkan bantal pada tempatnya.
  • Dorong atau letakkan tempat tidur pada tempatnya.

 

 Baca Juga: Pengertian Tata Graha Hotel - Tanggung Jawab, Struktur Organisasi , Tugas dan wewenang Beserta Pembagian Tugas dalam Tata Graha Hotel

 

 Penelusuran yang terkait dengan Membersihkan dan Menyimpan Trolly

  • penataan trolley, dan perlengkapannya
  • prosedur menyimpan dan merawat peralatan pembersih
  • cara menyimpan alat kebersihan
  • jenis-jenis trolley di housekeeping
  • peralatan room attendant
  • ciri-ciri trolley yang baik
  • tempat penyimpanan peralatan dan bahan pembersih di housekeeping
  • proses penyimpanan setelah peralatan dipakai

Belum ada Komentar untuk " Akses Ke Kamar Untuk Pelayanan dan Cara Membereskan Tempat Tidur di Dunia Perhotelan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel