Membersihkan Dan Merapihkan Kamar - Prosedur Membersihkan, Langkah – Langkah Making Bed, Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur dan Kamar Mandi Beserta Pemeriksaan Terakhir (Final Check)

 


Membersihkan Dan Merapihkan Kamar

 Teknik dan prosedur membersihkan perlengkapan 

Perlengkapan kamar dalam hal ini perabot kamar atau “room equipment: yang biasanya berupa furniture,  setiap saat perlu dibersihkan dari debu dan kotoran lain.  Pekerjaan ini dilakukan setelah menata tempat tidur.  Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan  dilakukan  urut-urutan  atau perputaran gerakan  pembersihan biasanya searah dengan jarum jam (clockwise  atau un clock wise)
Perabotan kamar atau furniture setiap saat perlu dibersihkan dari debu. Hal ini dapat dilaksanakan dengan beberapa cara antara lain mengelap atau dusting.
Supaya mendapatkan hasil yang baik, pakailah yang lembut atau sesuai dengan petunjuk atau objek yang akan dibersihkan.
Dalam kegiatan ini ada beberapa teknik pembersihan yang diterapkan antara lain:
    

  1. Dusting - Diterapkan terhadap hampir semua perabot/perlengkapan kamar. Mengenai alat pembersih, bahan pembersih serta teknik pembersihan
  2. Damp dusting - Diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang  dicat atau perlengkapan lain yang tidak menyerap air
  3. Polishing - Diterapkan terhadap perlengkapan  kamar yang di politur, pekerjaan ini dilakukan secara berkala, dan biasanya dilakukan terhadap kamar Check-out (C/O)
  4. Glass wipping - Diterapkan terhadap perlengkapan  kamar atau bagian kamar yang berupa cermin (Full length mirror,  dressing mirror, wash basin mirror, dan juga terhadap kaca jendela   atau dapat digunakan juga pada kaca penutup meja.

 

Baca Juga: Pengertian Tata Graha Hotel - Tanggung Jawab, Struktur Organisasi , Tugas dan wewenang Beserta Pembagian Tugas dalam Tata Graha Hotel

 

Alat dan Bahan Pembersih yang diperlukan

Alat
  • Dust cloth
  • Clean cloth
  • Botle sprayer
  • Glass wiper
Bahan perbersih/Bahan kimia
  • Wooden polish
  • Glass cleaner

Langkah – Langkah Making Bed

Cara Making Bed Dengan Menggunakan 3 Sheet

Berikut ini urutan kerja dalam proses merapikan tempat tidur di kamar standard (making bed) dengan menggunakan tiga sheet :
  1. Tarik bed terlebih dahulu untuk memudahkan pengerjaannya 
  2. Lepaskan linen-linen kotor (striping bed) dengan hati-hati dan periksalah siapa tahu ada barang tamu yang terselip diantara linen tersebut.
  3. Periksalah bila ada linen-linen yang rusak
  4. Angkat linen kotor masukan ke dalam kantong linen kotor, ganti dengan yang bersih. Pastikan sheet yang akan dipasang tidak bolong dan bernoda (spot)
  5. Tebarkan first sheet kemudian masukan sudut paling atas di bagian kepala
  6. Tebarkan second sheet dengan posisi jahitan menghadap ke atas dan tepian sheet bagian atas tepat dipinggir matras
  7. Tebarkan blanket dengan ujung tepat di atas second sheet atau tepian atas,turun kurang lebih 40 cm atau sebesar pillow
  8. Tebarkan third sheet sehingga menutup blanket kemudian lipat bersama dengan second sheet dan blanket sebanyak 2 lipatan kemudian masukan ke dalam bed dan kencangkan serta rapikan
  9. Bagian bawah ujung kiri dan kanan dibuat sudut 45° atau 90°
  10. Tebarkan bed cover dan pada bagian ujung kepala lipat selebar pillow
  11. Pasang pillow dan letakan pillow di bagian atas dengan pillow berada di tengah hingga kelihata rapih
  12. Tutup pillow dengan cover dan rapihkan
  13. Dorong dan kembalikan bed ke posisi semula

Cara Making Bed Dengan Menggunakan Duve

Making up the bed dengan Duvet :

Making up the bed dengan Duvet pada prinsipnya sama dengan making up the bed dengan tiga sheet hanya terdapat perbedaan pada sheet II, sheet III dan blanket. Pada making up the bed menggunakan duvet  tidak menggunakan sheet II, sheet III dan blanket, tetapi menggunakan pengganti sebagai berikut :

  1. Inner yang terbuat dari Dacron berbahan bulu Angsa atau jenis lainnya sebagai perngganti blanket.
  2. Cover yang terbuat dari sheet seperti sarung bantal untuk menutupi Inner sebagai pengganti sheet I dan sheet II.

Sedangkan bed cover/bed spread ada hotel yang menggunakannya dan ada pula yang tidak. Bagi yang tidak menggunakannya dengan alasan Duvet bila telah terpasang dan tertata rapi nampak indah meskipun tidak ditutup dengan bed cover. Disamping itu juga mengingat efisiensi dari penggunaan linen.

Urutan making up the bed dengan Duvet adalah sebagai berikut :

  1. Spring box               : Papan/kotak /dipan tempat tidur  sebagai alas Mattress (kasur)
  2. Bed skirt/skirting   : Rempel Spring box
  3. Mattress                    : Kasur
  4. Bed protector/Bed pad : Pelapis mattress agar tidak mudah terkena cairan seperti darah, air kencing dsb.
  5. Sheet I          : Sprai yang pertama untuk menutupi seluruh Mattress

Teknik dan prosedur pembersihan

Pindahkan atau geser barang-barang yang ada diatas meja (furniture) dengan teratur, supaya mudah diletakkan kembali ketempat/posisi  semua
Lipatlah lap itu dengan rapi.  Bersihkan semua perabotan kamar.  Agar tidak ada bagian yang terlupakan atau terlewatkan, lakukan dengan cara yang teratur atau berurutan.  Mulailah mengerjakannya dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan, kemudian dilakukan dengan urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam.
Secara berkala parabotan ini perlu juga disemir dengan semir perabotan rumah atau furniture polish.  Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap lembab.  Perhatikan pada bagian yang sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu.  Jangan lupa membersihkan bagian bawah alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dsb.
Setelah semuanya bersih dari debu, taruh lap lembut tadi pada tempatnya, kemudiann ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metoda yang benar.  Teknik pembersihan kaca atau cermin ini disebut glasses wipping.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Teknik dan prosedur pembersihan
  • Kerjakan  pembersihan dari bagian atas ke bawah
  • Furniture yang kainya dilindungi dengan logam/besi diberi alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat
  • Sambil mendusting anda sambil memeriksa kelengkapan-kelengkapan guest supplies yang sudah terpakai/ kurang untuk diganti pada saat anda melengkapi guest supplies

 

 Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur

Kamar yang sudah dibersihkan perlu dicek lagi kelengkapan fasilitasnya. Letak perlengkapan tersebut harus sesuai standar baik jumlah maupun penempatannya, misal logo nama hotel harus dapat dilihat dan dibaca oleh tamu begitu tamu masuk ke dalam kamar.  Apabila ada kekurangan maka harus segera dilengkapi.
Prosedur restocking yang harus dilaksanakan oleh room boy adalah sebagai berikut:
  • Persiapkan persediaan guest supplies dalam trolley cart secara teratur, rapi sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan
  • Cek terlebih dahulu  guest supplies mulai dari door, closet, dresssing table, TV, coffe table, nite table, agar  agar melengkapinya dengan cepat dan tepat
  • Dalam melengkapi kebutuhan tamu harus dicatat di dalam roomboy control sheet. Hal ini mutlah harus dilakukan agar tertib administrasi, untuk pengendalian pemakaian guest supplies, serta untuk mengetahui jumlah pemakaian guest supplies setiap hari, setiap minggu maupun setiap bulan
  • Membuat catatan khusus di dalam  kolom remark pada roomboy control sheet atau log bog yang belum lengkap agar dapat dilengkapi oleh  roomboy shift berikutnya.

Perlengkapan guest supplies yang harus tersedia misalnya :
Door dilengkapi dengan
  • Door knob menu
  • Do not distrub sign
Closet ward robe/cupboard, dilengkapi dengan:
  • Hanger pria dan wanita
  • Shoes shine
  • Laundry bag Laundry list, Dry cleaning list & PO list
Dressing table, diatasnya  atau disekitarnya:
  • Stationary holder yang berisi : Brosure, Guest questionaire, post card, rate sheet, amplop,  lembar kertas surat, lembar kertas fax
  • Room service menu
  • Tray dengan water jug dan drinking glas
  • TV dengan video program/TV program
  • Tend card petunjuk penggunaan hand iron
  • Safe deposit box
Nigt Table
  • Nigth lamp
  • Service directory book
  • Memmo pad
  • Balpoint
  • Telephone

Coffe table diatasnya dilengkapi dengan maches dan astray

 

Penangan Kehilangan dan penemuan Barang (Lost & Found)

Bila kamar tersebut baru saja ditinggalkan oleh tamunya (C/O) periksalah dengan seksama kalau-kalau ada barang tamu yang tertinggal.Kalau ada barang yang tertinggal hubungi segera atasan yang bersangkutan dengan cepat atau kantor depan dengan cepat jika barang tersebut merupakan barang berharga.  Barang milik tamu yang tertinggal harus diserahkan kepada atasan dan akan dicatat pada buku Lost and Found. 

Kalau kamar yang dibersihkan itu Occupied biasanya banyak barang atau  pakaian tamu yang berserakan di atas tempat tidur, kursi.  Dalam hal ini gantung dan letakkan barang tersebut dengan rapi pada tempat yang  semestinya

Membersihkan dan Menata Kamar Mandi

Yang dimaksud dengan cara membersihkan dan menata kamar mandi adalah  bagaimana caranya roomboy membersihkan dan mengatur perlengkapan yang ada di dalam kamar mandi sehingga bersih, aman dan nyaman.
Karena tamu yang memasuki kamar, biasanya melihat kebersihan  dan kelengkapan kamar mandi.  Ini bearti bahwa kebersihan dan kelengkapan kamar mandi umumnya dijadikan  tolak ukur terhadap kamar mandi umumnya dijadikan tolok ukur terhadap kebersihan kamar ataupun kebersihan hotel itu sendiri.  Oleh karena itu pragmugraha mempunyai wawasan  yang luas dan tepat tentang alat pembersih, bahan pembersih serta barang-barang keperluan tamu yang ditempatkan di kamar mandi.  Alat-alat sanitasi, serta metode yang digunakan di berbagai hotel cukup berpartispasi.  Umumnya alat-alat sanitasi yang ada di kamar mandi ialah:
  • Tempat mencuci tangan (wash basin)
  • Bak mandi (bath tub) dan shower
  • Jamban  (toilet bowl)
Disamping alat-alat tersebut kadang-kadang dilengkapi juga dengan “bidet” yang fungsinya sama dengan jamban,  yang biasanya dipakai khusus untuk wanita.
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, perhatikanlah denah kamar mandi dengan perlengkapannya.
 
a. Persiapan
Menyiapkan peralatan serta bahan pembersih berupa sikat kamar mandi, toilet bowl brush, sponge, OO towel   dan obat pembersih . Keseluruhan peralatan dan obat-obatan tersebut harus dipersiapkan dalam keadaan bersih.

b. Langkah – langkah membersihkan alat-alat Sanitasi :

Semburkan “Flusing”  air pada jamban atau “toilet bowl” menghanyutkan/ membuang  bila ada kotoran tertinggal didalamnya.Kemudian tuangkan bahan pembersih (disinsfectant), biarkan beberapa saat sambil menunggu obatnya bereaksi, lalu mengerjakan pekerjaan yang lain

Cuci gelas dan asbak yang direndam dalam “wash basin” kemudian telungkupkan dimeja wash basin atau diletakkan di atas roomboy trolley yang sudah dialasi dengan napkin khusus untuk gelas

  1. Mulailah membersihkan bagian atas, antara lain  kaca atas wash basin table dengan chemical khusus yang telah disiapkan
  2. Cucilah “Wash basin” dengan campuran air dan sabun cair dan digosok dengan spon  (soft/hard). Cucilah semua kran dan pipa air.
  3. Bilaslah dengan air secukupnya, jangan lupa membersihkan kotoran yang mengendap pada saringan air.
  • Bersihkan bak mandi, Mulailah dari membersihkan pancuran atau “shower”kemudian dilanjutkan ke dinding dan akhirnya bak  mandi (bath Tub).
  • Gosoklah dengan spon atau karet sepon dan sabun cair, bila dasar bak mandi masih kotor, gosoklah dengan bubuk pembersih. Bilaslah dengan baik.  Bila perlu pakai air hangat dari pancuran atau shower.
  • Bersihkan tirai mandi dengan alat dan bahan tersebut diatas.  Kemudian bilas dengan air bersih.
  • Keringkan dengan lap katun mulai dari  “shower” dinding kamar mandi, bak mandi, tirai mandi, dan semua kran.
  • Keringkan gelas dan asbak yang ditaruh diatas meja “wash basin” atau  diatas roomboy trolley   kemudian masukkan gelas yang sudah bersih dan kering itu ke dalam plastik pembungkus.  Keringkan “wash basin”, pipa dan semua keran
  • Bersihkan bagian dalam jamban atau “toilet bowl” Gosokkan dengan sikat khusus (toilet bowl brush) jamban secara merata, semburkan atau “flushing” air jamban beberapa kali sampai buih  sabunya habis.Kibaskan sikat jamban kemudian masukan ke dalam kantong  plastik atau tempat jamban yang sudah disediakan.
  • Gosok tangki air, pipa, tempat duduk dan bagian bawah jamban dengan sepon yang berisi sabun dan “disinfectant”,
  • kemudian bilaslah dengan air bersih  yang diambil dari kran bak mandi atau ember yang sudah disiapkan.
  • Bersihkan pintu kamar mandi pada bagian dalam dan luar.
  • Kembalikan

 

Melengkapi guest supplies Kamar Mandi.
Kamar mandi dismaping harus dibersihkan harus pula dilengkapi dengan beberapa handuk dan barang-barang keperluan tamu. Setelah mengerjakan pekerjaan yang membersihkan alat-alat sanitasi, ambilah handuk dan pelengkapan kamar secukupnya, atau sesuai dengan petunjuk atau aturan.
Berikut adalah standard bathroom supplies yang harus tersedia adalah:
  • Wash Towel/face Towel  = 2 buah
  •  Hand Towel    = 2 buah
  • Bath Towel   = 2 buah 
  • Bath Mat     = 1 buah
  • Toilet paper    = 1 rol 
  • Tissue box     = 1 box 
  • Shower cap    = 1 buah 
  • Shampoo     = 1 botol 
  • Conditioner   = 1 botol
  • Hair Dryer   = 1 buah 
  • Bath Soap   = 1 buah 
  • Bath Foam  = 1 buah 
  • Bath Robe   = 1 buah 
  • Cotton Bud = 1 buah 
  • Pasta Gigi   = 2 buah 
  • Toot Brush   = 2 buah 
  • Comb     = 1 buah 
  • Waste Basket     = 1 buah 
  • Sanitary Can    = 1 buah 
  • Disposal Bag   = 1 buah 
  • Astray   = 1 buah 
  • Glass   = 2 buah 
  • Glass Cover     = 2 buah 
  • Scale     = 1 buah
  •  Flower Vase    = 1 buah 
 
Membersihkan Lantai kamar mandi (cleaning the bathroom floor)
Sapu lantai kamar mandi, pel dengan menggunakan mop biasa atau oo towel dari arah terjauh dan berakhir di pintu masuk kamar mandi
 
Membersihkan Lantai Kamar Tidur

Lantai adalah bagian bangunan atau ruangan yang paling cepat kotor.  Supaya kamar tetap bersih, maka lantai harus dibersihkan setiap saat.  Karena itu dibuat dari berjenis  bahan, maka jenis pembersihannya pun berbeda.
Perhatikan arah darimana pertama kali membersihkan lantai.  Ambillah tempat yang terjauh  dahulu. Jangan lupa bersihkan sudut-sudut  dan kolong-kolong sekaligus untuk melihat apakah ada barang-barang kecil milik tamu yang terjatuh.Lantai permadani (karpet dibersihkan dengan penyapu permadani atau “Box Sweeper” dan alat penghisap debu “Vacuum Cleaner”
Jenis lantai yang lain dibersihkan dengan cara menyapu dan mengepel (damp sweeping atau mopping).  Setelah dilakukan pekerjaan membersihkan kamar mandi, ambillah perlengkapan menyapu, yakni sapu dan penampung sampah atau “dust pan”.Bersihkan lantai dari serambi, dan diteruskan di dalam kamar dan terakhir pada pintu masuk.  Jangan lupa menyapu di tempat yang tersembunyi seperti dibawah meja, dibalik pintu dll.

Pemeriksaan Terakhir (Final Check)
Bagian-bagian dan tempat yang harus diperhatikan dalam  pemeriksaan terakhir.
  • Jendela tertutup, night curtain, dan glass curtain dalam posisi yang benar
  • Pemanas terpasang kembali
  • Sprei kasur terpasang dengan rapi
  • Lampu nyala dan gambar telah bersih
  • Penerangan berfungsi
  • TV, radio, dan alat elektronik lain bekerja
  • Bar kecil telah penuh
  • Tidak ada noda di cermin atau permukaan benda
  • Pintu tertutup
  • Pintu bebas dari tanda jari
  • Di bawah karpet dan sekitar perabot telah bersih
  • Perabotan dalam posisi yang tepat
  • Persediaan tamu telah terisi
  • Tidak terdapat alat pembersih yang tertinggal di kamar
  • Tempat sampah dan asbak dalam keadaan kosong dan bersih
  • Alat – alat yang harus diperbaiki atau yang dibersihkan secara khusus harus dilaporkan
Sebelum meninggalkan kamar, semprotkan penyegar dengan pewangi yang netral dengan cara  berjalan mundur  dimana roomboy sambil melihat sekeliling kamar juga bathroom disemprotkan dengan pewangi tersebut, agar udara di dalam kamar stetap segar dan wangi. Pintu kamar ditutup dengan baik dilanjutkan dengan mengerjakan lainnya
 
Administrasi/Pengisian Roomboy Control Sheet
Mencatat semua lena, perlengkapan tamu dan keterangan lainnya selama mengerjakan kamar.  Tulis pada formulir pramugraha sesuai dengan standar operarional prosedur.
Berakhirlah tugas anda menyiapkan kamar tamu, dan lanjutkan membersihkan dan menata kamar berikunya.

 

Baca Juga: Tata Graha Rumah Sakit - Pengertian , Struktur Organisasi, Bagian-Bagian Rumah Sakit, Fasilitas-fasilitas dan Sanitasi dalam Tata Graha Rumah Sakit


Penelusuran yang terkait dengan Membersihkan dan Menyimpan Trolly

  • penataan trolley, dan perlengkapannya
  • prosedur menyimpan dan merawat peralatan pembersih
  • cara menyimpan alat kebersihan
  • jenis-jenis trolley di housekeeping
  • peralatan room attendant
  • ciri-ciri trolley yang baik
  • tempat penyimpanan peralatan dan bahan pembersih di housekeeping
  • proses penyimpanan setelah peralatan dipakai

Belum ada Komentar untuk "Membersihkan Dan Merapihkan Kamar - Prosedur Membersihkan, Langkah – Langkah Making Bed, Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur dan Kamar Mandi Beserta Pemeriksaan Terakhir (Final Check) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel