Pengertian Animasi , Prinsip Dasar Animasi, Konsep Dasar dari Animasi dan Manfaat Konten Animasi dalam Strategi Marketing Bisnis


Pengertian Animasi

Animasi adalah kumpulan gambar dari sebuah objek yang diolah menghasilkan gerakan tertentu sehingga seolah-olah gambar tersebut hidup. Objek yang dimaksud dapat berupa manusia, binatang, tumbuhan, bangunan, hingga teks.Selain bergerak, pengolahan sekumpulan gambar juga memvariasikan dengan efek dan filter, hingga suara yang sejalan dengan gerakan animasi tersebut. 


Baca Juga: Apa Itu Animasi 2D dan Animasi 3D, Jenis, Perbedaan dan persamaan Animasi 2D dan 3D Beserta Softwarenya

 

 Pengertian Animasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang pengertian animasi, diantaranya adalah:

  1. Agus Suheri - Menurut Agus Suheri pengertian animasi adalah kumpulan dari gambar yang sudah diolah sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan gerakan.
  2. Ibiz Fernandez - Menurut Ibiz Fernandes pengertian animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan kembali serankaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.

 

Prinsip-Prinsip Animasi

Setelah memahami pengertian animasi, tentunya kita juga perlu mengetahui prinsip-prinsip animasi. Ada dua belas prinsip animasi, diantaranya adalah:

  • Kemampuan Menggambar (solid drawing) - Solid drawing adalah kemampuan individu dalam membuat gambar dengan baik dan benar, dan juga kemampuan dalam mengkomposisikan gambar sehingga terlihat lebih nyata.
  • Menekan dan Melentur (Squash and Stretch) - Squash and Stretch adalah membuat objek hidup ataupun objek mati terlihat seolah-olah nyata sehingga terlihat bergerak secara realistis dan lebih hidup.
  • Antisipasi (Anticipation) - Anticipation adalah membuat gerakan pada sebuah objek secara berurutan sehingga penonton dapat memahami dan menikmati animasi yang ditampilkan.
  • Tata Gerak (Staging) - Staging adalah penataan gerak dengan membuat ekspresi pada karakter atau objek dalam animasi sehingga penonton lebih mudah mengenalinya.
  • Straight Ahead and Pose to Pose - Ini adalah langkah seorang animator bekerja, yaitu dengan terencana dalam membuat gambar, membuat gerakan dan ukuran, yang dilakukan sejak awal membuat animasi.
  • Gerakan Mengikuti - Ketika scene berhenti bergerak, karakter tidak berhenti secara tiba-tiba. Ini membuat sebuah animasi terlihat lebih realistis.
  • Slow In and Slow Out - Ini adalah pengaturan staging dan timing dari satu scene ke scene lainnya dalam sebuah animasi.
  • Konstruksi Lengkung (Archs) - Membuat pergerakan tubuh karakter/ objek animasi terlihat lebih smooth. Misalnya gerakan mahluk hidup atau gerakan benda-benda dalam animasi terlihat lebih realistis.
  • Penentuan Waktu (Timing) - Ini adalah penentuan waktu yang tepat kapan suatu gerakan diberikan pada karakter/ objek dalam animasi yang dibuat.
  • Gerakan Pendukung (Secondary Action) -Ini adalah membuat berbagai gerakan pendukung untuk melengkapi karakter pada ekspresi ataupun aksi agar terlihat lebih nyata.
  • Melebihkan (Exaggeration) - Ini merupakan upaya membuat suatu karakter terlihat lebih meyakinkan dalam aksinya, misalnya membuat sebuah karakter menjadi lebih lucu.
  • Daya Tarik (Appeal) - Ini merupakan kualitas dari animasi dimana penonton dapat menikmati gambar yang memikat, desain yang bagus, punya daya tarik, dan kelebihan lainnya.

 

 Konsep Dasar dari Animasi

Untuk lebih jelas dalam memahami Pengertian animasi, perlu dipahami juga terkait konsep dasar dari sebuah animasi, antara lain:

  • Movie - Movie adalah rangkaian dari beberapa animasi (disebut clip movie) dengan menggunakan efek dan suara yang sejalan dengan gerakan animasi tersebut. Dalam merangkai sebuah animasi perlu untuk mengatur jalan cerita  sehingga ada makna yang ada di dalamnya. Skenario akan menjalankan suatu animasi dan di analogkan pada satu episode.
  • Objek - Objek adalah hal pertama yang harus Anda siapkan sebelum membuat sebuah animasi. Objek yang akan digambar bebas, baik makhluk hidup dan benda mati.Selanjutnya dilakukan pengaturan gerakan dari obyek tersebut sesuai dengan alur cerita.
  • Teks - Teks digunakan untuk menulis pesan dan menjalankan pesan sesuai dengan animasi yang diinginkan. Teks terdapat tiga kategori, yakni teks statis label, teks input, dan teks dinamis.
  • Sound - Agar animasi lebih menarik, biasanya digunakan sound pada suatu animasi dalam movie. Anda dapat menggunakan beberapa format sound seperti WAV, MP3.

 


Manfaat Konten Animasi dalam Strategi Marketing Bisnis

Saat ini sudah banyak pebisnis yang menggunakan cara promosi atau marketing seperti ini untuk mengenalkan produk mereka kepada masyarakat. Seperti pada pengertian animasi di atas sebagai gambar-gambar yang bergerak, maka disini promosi dilakukan melalui konten animasi dimana tidak hanya disebarkan melalui iklan televisi saja namun bisa melalui media sosial.

Bicara tentang strategi pemasaran bisnis memang saat ini lebih banyak yang menggunakan konten animasi melalui video berdurasi pendek. Tujuannya adalah untuk menarik ketertarikan masyarakat terutama melalui jejaring media sosial.

Berikut manfaat konten animasi untuk strategi marketing bisnis Anda:

1. Menciptakan Ketertarikan Masyarakat Pada Produk

Sasaran uatam dalam marketing tentu saja menarik minat masyarakat untuk membeli produk Anda. Dari hasil survey menyatakan bahwa lebih dari 80% konsumen membeli suatu produk karena pernah melihat iklan produk tersebut melalui video durasi pendek.

Jika Anda mengaplikasikan konten animasi dalam video promosi Anda, maka bisa jadi ini akan menambah minat masyarakat untuk menontonnya.

2. Menjelaskan Produk Lebih Objektif

Promosi dengan cara menampilakn video dengan konten animasi dirasa lebih objektif untuk mengenalkan produk. Konten video yang dibuat dengan runtut dan alur yang jelas akan lebih mudah dipahami masyarakat.

3. Meningkatkan Kunjungan Website

Setiap perusahaan profesional seharusnya memiliki website resmi sebagai informasi online-nya. Jika Anda menampilak konten-konten video animasi kreatif dalam website Anda, maka bisa membantu meningkatkan kunjungan website, karena semakin bagus konten website maka pengunjung pun akan semakin banyak dan tentunya promosi produk Anda menjadi lebih efektif.

4. Meningkatkan Conservation Rate

Pada kasus produk dengan inovasi baru biasanya perusahaan akan kesulitan untuk menyampaikan bagaimana produk tersebut bekerja. Maka dari itu dengan menggunakan animasi bisa membantu menjelaskan detail produk kepada konsumen melalui konten video yang mirip dengan tutorial.

5. Shareable

Jika dibandingkan dengan postingan seperti gambar, video yang komunikatif dan menarik lebih banyak di-share atau dibagikan ke antar teman melalui media sosial. Strategi marketing atau promosi melalui media sosial memang paling efektif dan efisien mengingat penggunannya akan selalu meningkat dari tahun ke tahun.

 

 Baca Juga: Animasi 2D Meliputi Jenis-jenis Animasi 2D, Contoh Animasi 2D, dan Keunggulan Animasi Dua Dimensi

 

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Animasi

  • pengertian animasi menurut para ahli
  • pengertian animasi 2d
  • pengertian animasi menurut para ahli pdf
  • jenis jenis animasi
  • pengertian animasi 2d dan 3d
  • contoh animasi
  • pengertian animasi 3d
  • sejarah animasi

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Animasi , Prinsip Dasar Animasi, Konsep Dasar dari Animasi dan Manfaat Konten Animasi dalam Strategi Marketing Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel