Pengertian Wales Stump / Vibro Roller Meliputi Cara Kerja, Cara Kerja, Kapasitas, dan Tahapan Pengoperasian


Alat berat adalah mesin yang memiliki ukuran besar yang di desain untuk melakukan tugas-tugas konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking), pemindahan bahan bangunan dan lain sebagainya.

Alat berat umumnya digunakan peda pekerjaan konstruksi, seperti pembangunan gedung, jalan atau pertambangan yang membutuhkan sumber daya baik manusia ataupun mesin sebagai alat bantu pekerjaan.Alat berat sendiri diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar alat berat seperti Caterpillar (Amerika), Komatsu (Jepang), Hitachi (Jepang), Volvo (Swedia), Doosan Infracore (Korsel) dll.


Contoh Alat Berat Yang Harus Kamu Ketahui Adalah :
  1. Excavator (Bego) 
  2. Bulldozer 
  3. Wheel Loader 
  4. Wales Stump 
  5. Crane 
  6. Grader
  7.  Scraper 
  8. Asphalt Paver 
  9. Diesel Hammer 
  10. Roller

 

Sesuai Pembahasan Artikel Ini kita Akan membahas Tentang Wales Stump dari pengertian ,kegunaanya secara Lengkap.

 

 Pengertian Wales Stump / Vibro Roller

Stump (Vibro Roller) atau juga disebut dengan wales adalah alat yang digunakan untuk memadatkan permukaan tanah atau aspal. Stump sering digunakan ketika membuat sebuah jalan raya.Alat ini sebetulnya bernama Vibro Roller, namun orang Indonesia sering menyebutnya dengan stum, mesin galindong atau mesin penggulung.Ukuran alat tersebut di pasaran cukup beragam, ada yang ukurannya kecil, sedang hingga besar. Membuat alat tersebut dapat digunakan di berbagai macam lahan, mulai dari lahan yang ukurannya kecil hingga yang ukurannya besar.

 

 Berkaitan dengan fungsi vibro roller, berikut ini beberapa fungsi dari vibro roller yang harus kamu ketahui:

  • Digunakan untuk memadatkan dan juga meratakan struktur permukaan tanah agar lebih kuat menyangga beban yang ada di atasnya.
  • Digunakan sebagai pencegah terhadap berbagai tumpukan kotoran yang berasal dari kerikil maupun debu yang ada di permukaan tanah.
  • Alat ini juga digunakan sebagai pembasah terhadap medan agar debu-debu tidak berterbangan. Alat ini juga sudah dilengkapi dengan tangki air yang kapasitasnya mencapai 25 liter.
  • Vibro roller juga berfungsi sebagai media penggilas aspal beton untuk pembangunan jalan raya. Dengan begitu, jalan rata tersebut permukaannya akan lebih rata dan juga kuat sehingga mampu dilewati berbagai jenis kendaraan, terutama kendaraan besar.

Cek Kondisi Mesin Sebelum Mengoperasikan Vibro Roller

  • Cek bahan bakar vibro roller apakah sudah terisi penuh
  • Cek tangki bahan bakar untuk mengetahui apakah ada kebocoran atau tidak
  • Cek kondisi mesin
  • Cek semua koneksi kabel dan pastikan semuanya berada di posisi yang benar dan terpasang dengan rapat
  • Cek oli mesin
  • Cek tangki air apakah sudah terisi penuh
  • Atur batang kemudi. Caranya dengan mengencangkann baut di batang tiang
  • Pastikan bahwa mesi sudah berada di tanah yang datar ketika melakukan semua pengecekan di atas
 

Cara Kerja Vibro Roller

Setelah mengetahui seperti apa pengertian dan fungsi vibro roller, maka sekarang kamu juga harus mengetahui bagaimana cara kerja dari vibro roller. Di bawah ini kami akan menjelaskan secara ringkas mengenai bagaimana vibro roller bekerja atau beroperasi.

  • Pertama, kamu harus mengatur tuas gas di posisi minimum. Tujuannya agar nanti tarikan gas tidak sampai terlalu kencang ketika mesin mulai dijalankan.
  • Kamu harus membuka katup pada tangki bahan bakar agar nanti bahan bakar vibro roller bisa turun ke mesin.
  • Untuk menyalakan mesin, kamu harus memutar kunci pada posisi on.
  • Tarik tuas agar mesin bisa dihidupkan. Ketika mesin sudah hidup, maka kamu harus memanaskan mesin vibro roller terlebih dahulu kurang lebih 5 sampai 10 menit. Tujuannya untuk membuat jalannya oli menjadi lebih merata.
  • Jika sudah dipanaskan dan mesin sudah siap, maka kamu sekarang bisa mengatur tuas gas sesuai dengan kebutuhanmu.
  • Gunakan batang kemudi yang ada pada mesin agar mesin vibro roller bisa diarahkan dengan mudah selama proses pemadatan tanah.

 

 

 Jenis-Jenis Stum

  • Tree Wheel Roller

Roller atau stum yang pertama adalah Tree Wheel Roller, sesuai dengan namanya, alat penggilas ini memiliki tiga roda, dua dibagian depan dan satu dibagian belakang. Terbilang alat berat penggilas paling tua, hingga kini peran Tree Wheel Roller masih dipergunakan.

Tree Wheel Roller sendiri kerap digunakan untuk kontruksi pembuatan jalan atau kontruksi yang menggunakan material berbutir kasar. Berat dari Tree Wheel Roller sendiri mencapai 6-12 ton. Apa itu stum. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemadatan menggunakan Tree Wheel Roller, anda dapat menambahkan zat cair atau minyak yang diisi pada roda silindernya.

Selain menggunakan zait cair, pasir dapat menjadi alternatif untuk diisikan ke roda silindernya, maka akan menambhakna berat sekitar 15% hingga 35%.

  • Vibration Roller

Seperti namanya, roller yang satu ini menggunakan sifat getaran untuk memdatkan material. Biasanya vibration roller diunakan pada kerikil berpasir ataupun tanah pasir. Selanjutnya butiran tanah akan mengisi bagian bagian material tanah yang kosong.

  • Tandem Roller

Tandem Roller biasanya digunakan untuk finishing dari pemadatan. Seperti menggilas aspal agar menjadi rata. Ada dua jenis tandem roller yakni tanderm roller tree axle, dan two axle. Tree tandem roller biasanya diperuntukan untuk pekerjaan berat seperti pondasi jalan atau landasan pesawat.Selain itu tree axle akan menyempurnakan pemadatan yang dilakukan oleh axle tandem. Masing masing roda dari kedua macam alat ini memberikan lintasan roda yang sama. Sementara itu berat dari tandem roller dapat mencapai 8 hing 14 ton. Berat akan bertambah jika diberi beban pemadat pada tandem roller.

  • Phenumati Roller

Kerap disebut sebagai Universal Compactor dan memiliki penggilasan atau roda yang terbuat dari ban karet yang dipompa. Fungsi lain dari roda ini yakni dapat memberikan tumbukan serta getaran yang kuat. Jumlah roda gilasnya sendiri selalu gasal contohnya 9, 4 untuk roda drpan dan 5 untuk roda belakang. Phenumati Roller memiliki berat mencapai 80 ton.

 

 

Kapasitas Vibro Roller

Berbicara soal kapasitas yang akan kita bahas tentu saja terkait kemampuan alat ini ketika dimanfaatkan pada kondisi pekerjaan pemadatan yang bebeda-beda. Perbedaan kondisi ini sebenanrnya ditentukan oleh  ketebalan lapisan yang akan dipadatkan.

Kapasitas vibrator roller pada pemadatan lapisan tanah mampu memberikan produktivitas terbaiknya pada ketebalan mulai dari 20 cm hingga 122 cm.  Berbeda ketika dipakai untuk memadatkan lapisan yang tersusun dari material bebatuan. Disini kapasitas mesin tersebut dapat efektif digunakan hingga ketebalan lapisan mencapai 210 cm.

Melihat kemampuannya untuk memadatkan dua material yang berbeda tersebut bisa disimpulkan bahwa kapasitas alat ini juga tergantung pada jenis material penyusun lapisan.

Namun masih ada lagi yang perlu digarisbawahi bahwa selain dua hal diatas, bobot alat itu sendiri juga menentukan kapasitasnya.

 

Tahapan Pengoperasian Vibro Roller

Setelah anda mengetahui fungsi  vibro roller berikut ini  berbagai tahapan dalam mengoperasikan alat  tersebut, antara lain :

  1. Langkah awal adalah mengatur tuas gas pada posisi minimum agar tarikan gas tersebut tak terlalu kencang saat mesin mulai dijalankan.
  2. Buka katup bahan bakar supaya bakan bakar yang ada di dalam tangki tersebut dapat turun ke mesin.
  3. Lalu putar kunci di posisi on untuk menyalakan mesin
  4. Kemudian tariklah tuas untuk dapat menghidupkan mesin, berikutnya adalah setelah mesin sudah nyala maka yang harus dilakukan ialah pemanasan mesin selama 5 sampai 10 menit agar jalannya oli pada mesin dapat merata.
  5. Ketika mesin sudah siap maka anda pun dapat mengatur tuas gas tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.
  6. Gunakan batang kemudi pada mesin untuk memudahkan mengarahkan mesin dalam proses pemadatan tanah.

 

 Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Wales Stump / Vibro Roller Meliputi Cara Kerja, Cara Kerja, Kapasitas, dan Tahapan Pengoperasian. Semoga Bermanfaat

 

Penelusuran terkait

  • macam macam alat berat tambang
  • macam-macam alat berat dan fungsinya
  • 10 jenis alat berat
  • jenis-jenis alat berat untuk proyek konstruksi
  • makalah macam-macam alat berat dan fungsinya
  • jenis alat berat dan fungsinya pdf
  • alat berat proyek konstruksi
  • kumpulan alat berat

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Wales Stump / Vibro Roller Meliputi Cara Kerja, Cara Kerja, Kapasitas, dan Tahapan Pengoperasian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel