Motherboard Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Cara kerja Motherboard


Pengertian Motherboard


Motherboard merupakan suatu jenis papan sirkuit elektronik yang memiliki fungsi sebagai tempat komponen-komponen komputer seperti processor, harddisk, RAM dan lain-lain. Motherboard sendiri berupa papan utama yang berbentuk PCB dan memiliki chip BIOS, jalur-jalur maupun konektor yang berfungsi menghubungkan masing-masing perangkat serta seluruh komponen penyususn komputer. Motherboard merupakan kompenen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC akan disatukan. Terdapat cara kerjanya yaitu mengatur hal teknis seputar BIOS( Basic Input Output System), Chipset( Pengatur Koneksi Input-Output), RAM( Memori Penyimpanan Data Sementara), VGA( Memori Penyimpanan Data Grafis, Processor dan Additional card (PCI,ISA).

 

Motherboard pertama kali dibuat pada tahun 1977, oleh Apple untuk Apple II-nya. Berbeda dengan sekarang dulu komponen-komponen komputer seperti CPU dan memori ditempatkan di satu kartu tersendiri, dan dihubungkan dengan kabel-kabel.

Karena tampilan yang tidak tertata dan sulit untuk menghubungkan satu komponen PC dengan komponen lainnya, para pengembang produk komputer membuat satu tempat khusus untuk menampung berbagai periferal komputer. Terciptalah suatu papan lebar yang berisi beragam slot sebagai tempat menghubungkan komponen-komponen PC, yang kemudian dinamai motherboard.

 

Baca Juga: CPU Adalah - Fungsi, Komponen, Jenis-Jenis, dan Cara Kerja CPU

 

 Fungsi Motherboard


Peran dari motherboard sebagai sebuah tulang belakang komputer bukan hal yang tidak beralasan, sebab motherboard memiliki berbagai macam fungsi. Selain dengan fungsi utamanya yaitu sebagai media yang menampung komponen pada komputer, motherboard juga berfungsi untuk mengatur kode basic input/output system (BIOS) pada chip read-only memory (ROM).

Kode BIOS adalah sebuah firmware, yang mana firmware tersebut tidak akan hilang meski komputer dalam kondisi off dan juga tidak dapat diubah oleh proses sistem operasi yang normal atau software aplikasi.

Selain itu bila anda memperhatikan pada motherboard terdapat kumpulan slot-slot yang memungkinkan penggunaan komponen atau perangkat eksternal yang mampu meningkatkan fleksibilitas dari komputer itu sendiri. Perangkat yang dimaksud ialah printer, keyboard, mouse, jack audio, hard disk eksternal, atau stick game. Perangkat tersebut dapat dihubungkan dengan komputer dengan menghubungkannya lansung ke motherboard dengan menggunakan port-port yang telah disediakan.

Lebih Rinci beberapa fungsi motherboard yaitu:

  1. Fungsi motherboard yang pertama yaitu menyediakan tata letak terbaik, karena semua komponen pemrosesan yang penting dari komputer, seperti Central Processing Unit (CPU), memori sistem (RAM) dan kartu grafis, tertanam di motherboard. Dan, motherboard menghubungkan semua komponen ini. Ini dikenal sebagai Hub Komponen.
  2. Motherboard memiliki papan sirkuit, dan pada papan sirkuit ini dirancang dengan jalur yang berbeda, yang dikenal sebagai buses. Fungsi motherboard melalui jalur tersebut berguna untuk mentransfer data ke semua komponen komputer.
  3. Fungsi motherboard yang berikutnya yaitu mengatur dalam mengedarkan daya untuk bagian-bagian komputer sesuai dengan kebutuhan setiap bagian.
  4. Fungsi motherboard yang selanjutnya adalah sebagai pusat komunikasi ke seluruh komponen komputer yang terhubung, baik secara langsung atau pun tidak langsung. Motherboard membantu mengirimkan semua lalu lintas data untuk semua bagian komputer sesuai kebutuhan per bagian.
  5. ROM (Read Only Memory) terpasang pada motherboard. ROM yang disimpan pada praprogram dikenal sebagai BIOS (Basic Input / Output System). Dan melalui BIOS ini fungsi motherboard memberikan bantuan untuk proses booting saat menyalakan daya komputer Anda.
  6. Fungsi motherboard yang terakhir yaitu memungkinkan menghubungkan berbagai komponen komputer langsung atau tidak langsung. Ada beberapa periferal seperti printer, keyboard, jack audio, hard drive, dan mouse. Yaitu menghubungkan langsung ke motherboard melalui berbagai port, soket, dan konektor.

 

 

 Jenis-Jenis Motherboard

Adapun jenis-jenis Motherboard yang diantaranya yaitu:

  • Motherboard AT Baby/AT

Motherboard ini merupakan tipe komputer pertama yang masih menggunakan format 386 serta 486. Lalu format inipun kemudian diubah menjadi tipe ATX dengan tujuan memberi sirkulasi udara yang lebih baik.

  • Motherboard ATX

Motherboard ini juga dapat diubah menjadi AT Baby jika kalian menginginkan kemudahan dalam cara pemakaian, kalian dapat memasukkan berbagai perangkat pripheral seperti konektor IDE yang terletak disamping disk. ATX sendiri terbagi menjadi beberapa kategori seperti Standar ATX, micro ATX, mini-ATX, nano-ATX dan pico-ATX.

  •  Motherboard BTX

Motherboard jenis ini dirancang agar kompatibel dengan produk intel serta di desain untuk mengoptimalkan sirkulasi udara, akustik serta pengendalian panas. Penggunaan mobo jenis ini puan juga menggunakan daya yang sama dengan daya yang dipakai mobo ATX.

  • Motherboard ITX

Motherboard jenis ini ialah tipe mobo yang sudah menggunakan Teknologi Informasi Extended, dimana ia sangat kompatibel menggunakan format VIA sehingga cocok untuk dijadikan mini PC, mobo ini juga memiliki jenis yang sama seperti mini-ITX atau nano ITX.

 

Komponen Motherboard


Komponen dari motherboard ada banyak dan hampir semuanya memiliki fungsi spesifik. Simak apa saja komponen dari motherboard di bawah ini:

  • Socket CPU - Motherboard adalah komponen penting untuk membantu komputer memasukkan prosesor dan juga memasang OS ke dalamnya. Nah, tempat untuk melakukan proses itu adalah socket CPU.
  • North Bridge - Berada di dekat socket CPU, fungsi dari kumpulan komponen di north bridge adalah untuk memory controller hub. Berbagai pusat penyimpanan ada di sini sehingga kerusakan di bagian ini bisa mengacaukan proses penyimpanan.
  • South Bridge - Komponen yang tersambung dengan beberapa bagian penting lain seperti konektor SATA, slot PCI, dan BIOS.
  • CMOS - Tempat pada motherboard yang berisi baterai kecil. Dengan baterai ini, beberapa memori pada komputer seperti setting tanggal dan waktu tidak terus diperbaiki setiap hari. Jadi, begitu komputer atau PC menyala, setting sudah sama seperti sebelum dimatikan.
  • Slot PCI - Slot Peripheral Component Interconnect atau PCI digunakan untuk menambahkan komponen lain dari PC seperti slot kartu untuk LAN, kartu untuk suara, sampai TV tuner. Jadi, PC yang dimiliki bisa memiliki lebih banyak fungsi.
  • Slot RAM - Biasanya RAM yang dimiliki oleh komputer bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan. Jadi, kalau RAM yang dipakai tidak kuat untuk bermain game atau menjalankan aplikasi editing, Anda bisa menyisipkan RAM tambahan pada slot di motherboard.
  • Slot AGP - Suka bermain game dengan grafik yang cukup baik, 3D, dan kadang agak berat? Slot AGP ini dibutuhkan untuk menambah kartu VGA. Jadi, komputer atau laptop bisa menjalankan game dengan lebih mulus.
  • Konektor IDE - Konektor ini digunakan untuk menyambungkan perangkat IDE atau Integrated Device Electronics. Alat yang bisa dipasangkan ke sana adalah harddisk atau DVD/CD drive. Jadi, komputer bisa membaca perangkat dan isi yang dimasukkan di dalamnya.
  • BIOS - Setiap komputer akan memiliki BIOS yang dipakai untuk proses Power On Self Test atau POST. Tanpa adanya BIOS, sulit bagi komputer untuk memasang OS dan melakukan modifikasi lainnya.
  • Konektor SATA - Perangkat yang dipakai untuk menyambungkan komponen data seperti harddisk dan SSD. Memori bisa langsung ditancapkan dengan konektor akan bisa terdeteksi dan menjadi bagian utama dari perangkat.

 

Baca Juga : Hardisk Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen-Komponen, Cara Kerja, dan Kapasitas penyimpanan

 

Cara kerja motherboard

Motherboard satu-satunya komponen utama tempat untuk komponen yang terhubung satu sama lainnya. Ia bekerja seperti sistem saraf tubuh kita dan terutama memiliki kemampuan untuk mengangkut data dari setiap jenis. Menghubungkan sejumlah perangkat namun sebagai fungsi dasar adalah menghubungkan CPU (processor) dengan bagian lain dari komputer. Ada dua jembatan utama pada motherboard yang menghubungkan berbagai komponen termasuk prosesor.

 

Demikian Penjelasan Tentang Motherboard Adalah - Fungsi,  Jenis-Jenis, Komponen, dan Cara kerja motherboard.Semoga Bermanfaat

 

Penelusuran terkait

  • harga motherboard adalah
  • motherboard dan fungsinya
  • yang bukan termasuk dalam komponen motherboard adalah
  • motherboard adalah brainly
  • perangkat keras yang bisa ditempatkan di motherboard adalah
  • fungsi motherboard adalah
  • perangkat berupa kartu yang terpasang di motherboard adalah
  • jenis-jenis motherboard

Belum ada Komentar untuk "Motherboard Adalah - Fungsi, Jenis-Jenis, Komponen, dan Cara kerja Motherboard"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel