CPU Adalah - Fungsi, Komponen, Jenis-Jenis, dan Cara Kerja CPU

Pengertian CPU


CPU yang merupakan singkatan dari Central Processing Unit adalah komponen keras atau perangkat hardware pemroses data utama dalam sebuah komputer. CPU dapat disebut sebagai otak komputer karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya semua program termasuk aplikasi atau software di dalamnya.

Apapun itu semua hal yang berkaitan dengan proses dalam komputer baik suatu proses yang sepele sekalipun akan selalu diatur oleh CPU. Misalnya saat Anda menekan tombol huruf “H” pada keyboard saat mengetik, huruf “H” tersebut akan muncul di layar, CPU lah yang memungkinkan hal itu terjadi. Dengan demikian, tanpa adanya CPU dalam komputer maka komputer tidak akan bisa melakukan apapun atau komputer tidak dapat menjalankan programnya.

CPU secara teknis juga lebih sering disebut sebagai prosesor, oleh karena itu saat membaca dan mengenali spesifikasi suatu prosesor maka sebenarnya Anda sedang membaca spesifikasi CPU suatu perangkat.

 

Baca Juga: CMOS Adalah - Fungsi, Cara Kerja, Penyebab, dan Cara Mengatasi CMOS Yang Tidak Bekerja

 

Fungsi CPU Pada Perangkat Komputer

Beberapa ulasan di atas dalam perangkat CPU maka di sini akan kami sampikan beberapa fungsi dari cpu adalah sebagai berikut :

  1. Fungsi Storing - Fungsi Storing dapat menyimpan data dari CPU sehinga seseorang yang akan menggunakan komputer dapat membutuhkan perangkat untuk menyimpannya secara permanen.
  2. Fungsi Decoding - Fungsi Decoding adalah sistem CPU dengan program yang dapat dijalankan dengan kode instruksi sehingga dapat diterjemahkan pada CPU yang dapat mengenalinya pada kode biner.Dengan demikian decoding sebuah proses yang dapat menerjemahkan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU sehingga dapat juga dilakukan dalam semua program.
  3. Fungsi Executing - Fungsi Executing merupakan salah satu program yang dieksekusi oleh CPU yang dapat melakukan sesuatu sehinga perhitungan dengan menggunakan komponen CPU. Maka Fungsi Executing disebut sebagai ALU atau Arithmetical Logical Unit yang bertanggung jawab untuk semua proses komputasi logis di pada komputer dan perangkat yang lainnya.
  4. Fungsi Fetching - Fungsi Fetching adalah istilah yang dapat digunakan dalam komputasi sebagai mengambil atau memanggil data sehingga perangkat komputasi data dapat disimpan dengan alamat pada hard disk CPU. Maka Fungsi Fetching Mirip dengan data dalam prosesor dalam CPU yang diatur pada kumpulan alamat program yang dijalankan pada CPU dengan mengambil data dalam komponen.

 

Fungsi Siklus Instruksi CPU

Ketika suatu program berjalan pada komputer, instruksi disimpan dalam memori komputer sampai mereka dieksekusi. CPU menggunakan penghitung program untuk mengambil instruksi selanjutnya dari memori, di mana ia disimpan dalam format yang dikenal sebagai kode assembly. CPU mendekode instruksi menjadi kode biner yang dapat dieksekusi. Setelah ini selesai, CPU melakukan apa yang diperintahkan instruksi, baik melakukan operasi, mengambil atau menyimpan data atau menyesuaikan penghitung program untuk melompat ke instruksi yang berbeda.

Jenis operasi yang biasanya dapat dilakukan oleh CPU mencakup fungsi matematika sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. CPU juga dapat melakukan perbandingan antara objek data untuk menentukan apakah mereka sama.Semua hal luar biasa yang dapat dilakukan komputer dilakukan dengan ini dan beberapa operasi dasar lainnya. Setelah instruksi dieksekusi, instruksi selanjutnya diambil dan siklus berlanjut.

 

Fungsi Data CPU


Saat melakukan fungsi eksekusi dari siklus instruksi, CPU mungkin diminta untuk menjalankan instruksi yang membutuhkan data. Misalnya, menjalankan fungsi aritmatika membutuhkan angka yang akan digunakan untuk perhitungan. Untuk mengirimkan data yang diperlukan, ada instruksi untuk mengambil data dari memori dan menulis data yang telah diproses kembali ke memori.Instruksi yang digunakan oleh CPU dan data yang dioperasikannya disimpan di area memori yang sama. Alamat unik digunakan oleh CPU untuk melacak lokasi memori yang berbeda.

 

 Komponen CPU


Berikut ini terdapat beberapa komponen cpu, terdiri atas:

1. Unit Kontrol

Unit kontrol yang mengatur jalannya program. Komponen ini tentu ada di semua CPU. CPU bertugas mengontrol komputer sehingga sinkronisasi yang terjadi antara komponen bekerja dalam menjalankan fungsi operasi. termasuk tanggung jawab unit kontrol ialah mengambil perintah, instruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi.

Jika ada instruksi untuk aritmatika atau perbandingan logika, unit kontrol akan mengirim instruksi ke ALU. Hasil pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama untuk disimpan, dan waktu akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:

  • Mengatur dan mengontrol alat input (masukan) dan output (keluaran).
  • Mengambil instruksi dari memori utama.
  • Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
  • Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika dan perbandingan logika, lalau mengawasi kerja dari ALU.
  • Menyimpan hasil proses ke memori utama.


2. Register

Register adalah perangkat penyimpanan kecil yang memiliki akses ke kecepatan yang cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan / atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah atau data untuk diproses lebih lanjut.Dengan analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai memori dalam otak ketika kita melakukan pengolahan manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi kenangan, unit kontrol yang mengatur semua aktivitas tubuh dan memiliki tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.


3. Unit ALU


Unit ALU berfungsi untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering disebut bahasa mesin dikarenakan pada bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, arithmetika satuan dan boolean unit logika, yang masing-masing memiliki spesifikasi pekerjaan sendiri.Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder.

Tugas lain dari ALU adalah untuk membuat keputusan dari operasi logika sesuai dengan perintah program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (¹), kurang dari (<), kurang dari atau sama dengan (£), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³).

Interkoneksi yang CPU dan bus sistem koneksi yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan sistem lainnya, seperti memori utama, perangkat input / output.


4. CPU Interconnections

Adalah sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal CPU, yaitu ALU, unit kontrol dan register-register dan juga dengan bus-bus eksternal CPU yang menghubungkan dengan system lainnya. Seperti memori utama, piranti masukkan/keluaran.

 

Jenis-Jenis CPU

Saat ini di dalam dunia komputer beberapa jenis CPU yang biasa digunakan. Berikut ini jenis-jenis processor yang tengah beredar dipasaran saat ini:

1. Intel

CPU jenis intel ini merupaka salah satu jenis CPU yang sering digunakan di kalangan pengguna komputer saat ini. Selain itu, si biru ini menawarkan harga yang relatif murah intel juga memberika kualitas performa yang cukup baik yang bisa dipakai hingga bertahun-tahun lamanya disetiap produk keluarannya. Perusahaan yang didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1968 itu telah memproduksi banyak sekali microprocessor hingga saat ini. Berikut ini eberapa contoh produk intel yang ada di pasaran:

  1. Intel 4004 (1971)
  2. Intel 8008 (1972)
  3. Intel 8080 (1974)
  4. Intel 8085 (1876)
  5. Intel 8086 (1978)
  6. Intel 8088 (1979)
  7. Intel 286 (1982)
  8. Intel 386 (1985)
  9. Intel 468 (1989)
  10. Intel Pentium (1993)
  11. Intel Pentium Pro (1995)
  12. Intel Pentium II (1997)
  13. Intel Celeron (1998)
  14. Intel Pentium III (1999)
  15. Intel Pentium 4 (2000)
  16. Intel Xeon (2001)
  17. Intel Pentium M (2003)
  18. Intel Core Solo & Duo (2006)
  19. Intel Core 2 (2006)
  20. Intel Atom (2008)
  21. Intel Core i7 Series (2008)
  22. Intel Core i5 Series (2009)
  23. Intel Core i3 Serie (2010)
  24. Intel Core i9 Series (2017)

2. AMD (Advanced Micro Processor)

Hampir sama dengan intel perusahaan yang satu ini juga memproduksi microprocessor untuk komputer saat ini. Akan tetapi, popularitas dari si merah ini tidak terlalu populer bagi kalangan pengguna kantoran. Justru jenis CPU ini lebih dikenal bagi kalangan gamers atau beberapa pengguna komputer yang haus akan performa lebih. AMD sendiri merupakan perusahaan multinasional terbesar kedua setelah intel yang berbasis pengembangan produk CPU untuk komputer. Perusahaan memiliki pusat pengembangan dan produksi di Sunnyvale, California itu mengadopsi arsitektur X86. Berikut ini beberapa contoh produk dari AMD yang ada di pasaran:

  1. AMD K5
  2. AMD K6
  3. AMD Duron
  4. AMD Athlon Series
  5. AMD Athlon 64
  6. AMD Athlon 64 FX
  7. AMD Sempron
  8. AMD 64 X2 Dual Core
  9. AMD Opteron Series
  10. AMD Phenom Series
  11. AMD APU FM1 (Lianno) dan AMD APU FM2 (Trinity)
  12. AMD Cadiz
  13. AMD Turion
  14. AMD Bulldozer
  15. AMD Orochi
  16. AMD FX-series
  17. AMD Ryzen Series

3. Apple Processor

CPU ini pada awalnya dikenal dengan nama Apple Computer Inc. Akan tetapi perusahaan CPU berlisensi apple tersebut saat ini disebut Apple Inc saja dengan alasan pasca peluncuran produk baru iPhone. Perusahaan yang memiliki pusat pengembangan di Silicon Valley, Supertino, California tersebut telah memiliki beberapa produk Apple Inc yang beredar dipasaran, yaitu:

  1. Apple I
  2. Apple II
  3. Apple DOS
  4. Apple Pascal
  5. Apple CP/M
  6. Apple SOS
  7. Apple ProDOS
  8. Apple Macintosh

 

 Baca Juga: CD-Rom Adalah - Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Kekurangan, Perbedaan CD/DVD R dan CD/DVD RW

 

Cara Kerja CPU Secara Aritmatika dan Logika


Berikut Adalah  cara kerja  CPU yang di pisahkan berdasarkan dari urutannya sebagai adalah sebagai berikut:

  1. Instruksi atau data diberikan ke processing-devices, yang pertama sekali diletakkan di RAM (melalui Input-storage)
  2. Apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).
  3. Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter.
  4. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan.
  5. Hasilnya ditampung di Accumulator.
  6. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage.
  7. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

 

 Demikian Penjelasan Tentang CPU Adalah - Fungsi, Komponen, Jenis-Jenis, dan Cara Kerja CPU.Semoga Bermanfaat

 

Penelusuran terkait

  • fungsi cpu adalah
  • pengertian dan fungsi cpu
  • hal-hal berikut yang dilakukan cpu adalah
  • contoh cpu
  • tugas cpu adalah
  • gambar cpu
  • komponen cpu
  • alat yang digunakan sebagai pelindung alat proses cpu adalah

Belum ada Komentar untuk "CPU Adalah - Fungsi, Komponen, Jenis-Jenis, dan Cara Kerja CPU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel