Pengertian English Service Adalah - Ciri-ciri, Set Up, Peralatan, Sistem Pelaksanaan, Keuntungan dan Kelemahan English Service


Pengertian English Service

Pelayanan dengan sistem khas,yaitu hidangan yang telah disiapkan dibagikan oleh tuan rumah kepada para tamu,atau tamu tetap duduk dan mengambil sendiri hidangan yang telah diestafetkan mulai dari tamu yang berada di sebelah kanan tuan rumah dan seterusnya searah jarum jam,dan terakhir tuan rumah sendiri.

English Service kadang-kadang dipergunakan untuk acara makan malam special yang diselenggarakan diruang makan khusus dalam suatu restoran. English Service merupakan hidangan makan lebih khas yang disajikan oleh pembantu dirumah perorangan atau rumah pribadi.Makanan yang telah diatur dengan rapi diatas silver platter (piring-piring besar dari logam) dibawa keruang makan beserta piring-piring panasnya di depan host (tuan rumah) di meja utama. Host memotong-motong daging bila perlu, kemudian mengaturnya dengan rapi diatas piring-piring panas tadi berikut sayurannya, seperti kentang (direbus atau digoreng), buncis, wortel dan sebagainya. Pirirng-piring yang telah berisi hidangan itu lalu dioperkan kepada waiter/s yang telah siap berdiri disamping kiri host, yang akan menyajikan hidangan itu kepada tamu.

 

Baca Juga:   Pengertian Buffet Service Meliputi Ruang Lingkup, Alat, Ciri - Ciri, Jenis - Jenis, Langkah Pelayanan, Keuntungan dan Kelemahan Buffet Service

 
Mula-mula waiter/s itu akan melayani nyonya rumah, tamu-tamu kehormatan dan tamu lainnya. Hidangan penututp dapat juga disajikan dengan cara yang sama. Semua saus atau penyedap rasa, hidangan pendamping, dalam saat-saat tertentu juga sayurannya yang masih ada diatas meja makan, bisa dioperkan kepada tamu-tamu

Ciri-ciri English Service

Yaitu :

  • Sifat pelayanannya formil atau resmi
  • Family Service, artinya sifatnya cenderung kekeluargaan


English  Service  mirip  sekali   dengan   pelayanan   yang   biasa   kita   lakukan di rumah kalau kita makan bersama. English service biasa dipergunakan saat Thanks Giving Dinner di Amerika  pada  umumnya.  Tuan  rumah  sekeluarga  dan tamu duduk bersama menikmati makan malam dengan menu yang sama, mulai dari hidangan pembuka  atau  sop  sampai  kepada  hidangan  penutup. Yang melayani, membagi-bagi, memotong-motong daging, ikan dan sebagainya di atas meja makan adalah tuan rumah sendiri.

 Berikut ini model tipe English Service, yaitu :

  • Service A’la Ritz

Service a’la Ritz dapat diklasifikasikan ke dalam English Service yang sifatnya mewah, dimana yang melayani tamu-tamu bukan tuan rumah atau host. Tugasnya diambil alih oleh seorang Restaurant captain yang sudah berpengalaman dan ahli, dengan dibantu oleh waiter/s.
Captain memperlihatkan ketrampilannya dalam memporsi sop, memoton-motong daging, mencampur salad, membuat sauce dan sebagainya dihadapan para tamu. Ia juga melayani tamu yang mau tambah makanannya, sampai mereka selesai makan malam. Makanan pada umumnya disajikan dari sebelah kanan.piring
 
kotornya juga diangkat dari atas meja makan dari sebelah kanan, kecuali apa-apa yang terletak disebelah kiri, diangkat dari sebelah kiri tamu.

Set Up dan Peralatan English Service

Beberapa peralatan yang biasa digunakan pada sistem pelayanan English Service:

  1. Dinner Plate
  2. Dinner Spoon,Fork,dan Knife
  3. Dessert Plate
  4. Dessert Spoon,Fork,dan Knife
  5. Water Goblet,tea or coffee cup & saucer, dan sebagainya.

 

Sistem Pelaksanaan English Service

Langkah-langkahnya,antara lain:

  1. Menuangkan air es (pouring ice water) ke water goblet dari sebelah kanan tamu sesuai arah jarum jam.
  2. Menyajikan semua hidangan diatas piring lodor dan diletakkan diatas meja tamu,dan tamu akan melayani dirinya sendiri.
  3. Membersihkan sisa-sisa makanan (crumbing down) dari sebelah kiri tamu.
  4. Mengambil piring kotor (clear-up) dari sebelah kanan tamu sesuai arah jarum jam.
  5. Menyajikan tea or coffee dari sebelah kanan tamu searah jarum jam.
  6. Mengangkat tea or coffee cup and saucer dari sebelah kanan tamu searah jarum jam.


Keuntungan dan Kelemahan English Service

Keuntungan:

  • Lebih mencerminkan suasana kekeluargaan.
  • Hidangan mulai dari appetizer sampai dessert sudah disiapkan diatas meja.
  • Tamu dapat menentukan porsinya sendiri.
  • Sifat pelayanan yang sederhana merupakan keuntungan bagi waiter dan waitress karena meski belum banyak belajar tentang service, mereka sudah dapat melaksanakannya.
  • Tipe pelayanan ini cepat karena tamu benar-benar melayani sendiri.
  • Waiter dan waitress dapat melayani tamu lebih banyak daripada bila dipergunakan tipe pelayanan lain yang formal sifatnya.

Kelemahan:

  • Chef tidak dapat menentukan porsi.
  • Tamu hanya mendapat sedikit perhatian.
  • Makanan diambil dari platter yang semakin kurang menarik karena para tamu mengambil sendiri hidangannya.
  • Sistem pelayanan ini kurang sesuai diterapkan di restoran yang dikelola untuk tujuan komersial. 

 

Baca Juga:  Laundry Hotel - Prosedur Pencucian Jilbab Berdasarkan Bahan Kain Secara Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian English Service Adalah - Ciri-ciri, Set Up, Peralatan, Sistem Pelaksanaan, Keuntungan dan Kelemahan English Service. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa Selalu Kunjungi  Materismk.my.id   Untuk Mendapatkan Materi Lainnya.

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian English Service

  • pelayanan english service
  • family service adalah
  • ciri ciri english service
  • pengertian buffet service
  • counter service
  • russian service adalah modifikasi dari pelayanan
  • langkah-langkah english service
  • kelebihan dan kekurangan american service

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel